carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini

Mari Ketahui 5 Perbedaan Evercoss M6, M6A, dan M60

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 18 Juni 2021
Update!
Untuk info harga HP terbaru klik di sini

Evercoss, sebagai perusahaan ponsel lokal selalu berupaya menyuguhkan inovasi baru. Hal tersebut tampak pada kelahiran tidak produk baru di seri M-nya antara lain Evercoss M6, Evercoss M6A, dan Evercoss M60. Ketiga ponsel kelas pemula tersebut dibanderol dengan harga yang terjangkau untuk sebuah perangkat mobile masa kini.

Ketiga ponsel tersebut kompakan berjalan di atas sistem operasi Android 10 yang menawarkan menu dan fitur lebih segar. Tidak hanya itu, ketiganya sudah didukung oleh beberapa fitur lainnya yang sangat fungsional seperti Bluetooth 4.2, proksimiti, dan akselerometer. Kamu bisa menyimak lebih lanjut tentang ketiga ponsel tersebut di spesifikasi singkatnya berikut ini:

Spesifikasi Evercoss M6

Evercoss M6
  • Rilis: Agustus 2020
  • Layar: IPS LCD 5,7 inci
  • Chipset: UNISOC SC9863A
  • CPU: Octa-core 1.6 GHz
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 32 GB
  • Kamera Belakang: 8 MP + Dual Camera
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Po 3200 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Evercoss M6A

Evercoss M6A
  • Rilis: November 2020
  • Layar: IPS LCD 6.088 inci
  • Chipset: Unisoc SC9863A (28 nm)
  • CPU: Octa-core (4x1.6 GHz Cortex-A55 & 4x1.2 GHz Cortex-A55)
  • GPU: IMG8322
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 64 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 8 MP + Triple Camera + AF + Flash
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Li-Po 3200 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Spesifikasi Evercoss M60

Evercoss M60 Spesifikasi
  • Rilis: Oktober 2020
  • Layar: IPS LCD 5.7 inci
  • Chipset: Spreadtrum SC9832E
  • CPU: Quad core 1.4 GHz
  • GPU: -
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC up to 32 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 8 MP + Dual Camera + AF + Flash
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: Li-Ion 3000 mAh, dapat dilepas

Perbedaan Evercoss M6, M6A, dan M60

Setelah kamu menelisik satu per satu spesifikasi dari ketiga produk Evercoss di atas, apakah kamu sudah menjumpai perbedaan antara Evercoss M6, M6A, dan M60?

Kalau belum tidak perlu gundah gulana karena Carisinyal akan menjabarkan satu persatu perbedaan dari ketiga ponsel pintar besutan anak bangsa tersebut. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

1. Tampilan Bodi dan Layar

Evercoss M6A Display

Secara penampilan ketiganya punya identitas yang berbeda. Pada Evercoss M6 dan Evercoss M60, keduanya memiliki bezel atas dan bawah yang hampir sama pada area depannya. Sedangkan, untuk Evercoss M6A telah mengimplementasikan layar ponsel Water Drop seperti air yang akan menetes.

Pindah ke kawasan belakang dari ketiga ponsel ini yang terbilang sedikit sekali perbedaannya. Diferensiasi tersebut bisa dilihat dari kotak kamera yang diletakkan pada cangkangnya menaungi jumlah sensor berbeda dan tulisan AI Vision-nya (horizontal atau vertikal).

Ketiga perangkat ini dianugerahi oleh panel IPS LCD, diklaim dapat lebih menghemat energi dan menjanjikan penggunanya dapat lebih nyaman dalam mengoptimalkan penglihatan saat menatap layar.

Sementara, untuk ukurannya dimenangkan oleh Evercoss M6A yakni 6,08 inci dan dilanjutkan oleh Evercoss M6 serta Evercoss M60 yang mempunyai ukuran layar 5,7 ini.

Sama-sama dirancang oleh layar beresolusi HD+, ketiga Evercoss ini menyajikan ketajaman dengan ukuran yang dibawanya masing-masing. Mulai dari Evercoss M6A dengan kerapatan piksel 282 ppi, dilanjutkan oleh Evercoss M6 yang ketajaman pikselnya mencapai piksel 267, dan untuk Evercoss M60 sepertinya dalam hal ini pada kisaran 200 - 300 ppi.

2. SoC (System on Chips)

Unisoc

Semua perangkat ponsel tidak akan berjalan tanpa adanya SoC (System on Chips). Nah, dalam hal ini kamu bisa melihat kalau Evercoss M6 dan Evercoss M6A kompakan dikudai oleh chipset Unisoc SC9863A yang punya manufaktur 28 nanometer.

Sementara, CPU Octa-core diracik dari empat buah Cortex-A55 dengan kecepatan 1.6 GHz dan empat inti Cortex-A55 melaju hingga 1.2 GHz.

Berbeda dengan Evercoss M60 yang mengandalkan Spreadtrum SC9832E sebagai dapur pacunya. Lalu, untuk melicinkan kinerjanya telah ditanamkan CPU Quad-core yang mempunyai kekuatan 1.4 GHz.

Beralih ke prosesor pengolahan grafis perangkat ini belum mengungkapkan apa nama GPU yang digunakan. Sedangkan, Evercoss M6 dan Evercoss M6A dibesut oleh IMG8322 pada GPU-nya.

3. Kapasitas Ruang Penyimpanan

RAM ROM

Kendati masuk ke jajaran ponsel kelas pemula ketiganya ternyata diberkati oleh kapasitas ruang penyimpanan yang lumayan luas. Semakin besarnya ukuran ruang penyimpanan pada sebuah ponsel maka memungkinkan penggunanya untuk menaruh banyak data dan memasang berbagai aplikasi.

Mengawali pada sektor ini ada Evercoss M60 yang membawa RAM berukuran 2 GB dengan memori internal sebesar 16 GB. Kemudian, disusul oleh Evercoss M6 dengan suguhan RAM berkapasitas 3 GB dan memori internal yang luasnya 16 GB.


Baca juga:

Di peringkat teratas tentunya Evercoss M6A yang mempunyai RAM 4 GB dan memori internal lebih lega dibandingkan rekan-rekannya kani 32 GB.

4. Konfigurasi Kamera

Kamera Utama Evercoss M6 Carisinyal
sumber: Youtube (Gadget Max)

Sebagai ponsel pintar yang hadir di era digital sudah barang tentu fitur kamera tidak akan ketinggalan saat proses penggarapan. Kamera pada ponsel kini seakan menjadi menjadi syarat mutlak untuk sebuah ponsel pintar di merek dan model apapun tanpa terkecuali pada Evercoss M6, Evercoss M6A, dan Evercoss M60.

Meski masuk ke ranah entry-level, namun soal keahlian membidik ketiganya mampu menghasilkan karya yang cukup mengesankan. Hal ini tidak terlepas dari konfigurasi yang diangkut oleh kameranya masing-masing. Akan tetapi, ketiga ponsel pintar ini nyatanya punya sedikit selisih dalam modul kamera yang digendongnya.

Pada bagian kamera belakang, Evercoss M6 menyuguhkan sensor primer 8 MP yang disertai oleh dual VGA. Sementara, pada Evercoss M6A membawa sensor utama berkonfigurasi 8 MP dengan aperture f/2.2 yang mendukung Triple Camera, Autofokus, dan Flash. Di lain sisi, hadir sensor wide dari Evercoss M60 berukuran 8 MP ditambah Dual Camera dengan dukungan Flash dan Autofokus.

Para perangkat dari Evercoss ini juga memiliki kamera depan untuk menunjang kegiatan mulai dari swafoto hingga video call. Seperti biasa terdapat modul yang berbeda antara ketiganya di sektor ini. Untuk Evercoss M6 dan Evercoss M60 menyajikan resolusi sebesar 5 MP, sementara Evercoss punya konfigurasi yang lebih bagus yaitu 8 MP pada kamera depannya.

5. Sumber Daya Baterai

Baterai Evercoss M6 Carisinyal
sumber: Youtube (Gadget Max)

Seperti yang kamu ketahui kalau untuk menjalankan sebuah ponsel pintar dibutuhkan yang namanya pasokan dari sumber daya baterai. Beruntung ketiga ponsel dari Evercoss ini telah disuntikan oleh baterai dengan daya kapasitas yang melimpah untuk di kategorinya. Akan tetapi, diam-diam ketiganya mendapatkan takaran daya yang berbeda.

Misalnya, pada Evercoss M60 memakai baterai berteknologi Li-ion dengan ponsel kapasitas sebesar 3.000 mAh. Lain halnya dengan Evercoss M6 dan Evercoss M6A yang ternyata punya selera sama dalam urusan penampungan daya yaitu menggunakan baterai Li-Po dengan kapasitas dayanya mencapai 3.200 mAh.

6. Harga

Price

Adapun distingi lain yang harus kamu ketahui di antara ketiga ponsel dari Evercoss ini tidak lain adalah harga. Bagi kamu yang berencana membeli Evercoss M6 maka siapkanlah dana sekitar Rp900 ribuan untuk tipe memori penyimpanan 3/16 GB.

Sementara, apabila lebih jatuh cinta dengan Evercoss M6A, perangkat ini memasang harga pada kisaran Rp1,1 jutaan untuk model ruang penyimpanan 4/32 GB. Namun, untuk meminang seunit Evercoss M60 dengan varian 2/16 GB maka budget yang harus dikeluarkan adalah Rp750 ribuan.

Itulah tadi pemaparan mengenai perbedaan Evercoss M6, Evercoss M6A, dan Evercoss M60. Menurutmu adakah perbedaan lain dari ketiga ponsel dari Evercoss tersebut?

Kalau kamu tahu perbedaan lain, jangan sungkan untuk komen di kolom komentar! Juga jangan sampai lupa untuk senantiasa pantau Carisinyal supaya kamu terus update seputar teknologi dan gawai, yah!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram