Review Asus TUF FX505GD: Laptop Gaming Murah Berbodi Kokoh

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Laptop gaming dari Asus bukan hanya ROG. Asus punya divisi laptop gaming khusus yang dinamakan TUF Gaming. Laptop TUF Gaming ini tidak dihadirkan untuk menyaingi ROG tetapi sebagai pelengkap. Sederhananya, ROG adalah brand laptop gaming yang sudah punya kelas dan ekosistemnya sendiri. Sementara TUF Gaming adalah laptop gaming yang ada di kelas lebih terjangkau dibandingkan ROG.

Asus TUF Gaming mulai dikenal sejak Asus mengeluarkan ASUS TUF Gamng FX504G. Laptop ini menghadirkan sebuah bodi laptop khas gaming, spesifikasi mumpuni, dan harganya cukup terjangkau untuk ukuran laptop gaming tentunya. Harganya ada di kisaran Rp11 jutaan.

ASUS TUF Gaming FX504G sendiri sudah digantikan dengan generasi berikutnya, yakni ASUS TUF Gaming FX505GD. Seperti apa ASUS TUF Gaming FX505GD? Apa yang membedakan laptop ini dengan ROG atau dengan laptop lain di kelas harga yang sama? Tanpa berlama-lama, simak pembahasannya berikut ini.

Spesifikasi Asus TUF Gaming FX505GD

Asus TUF Gaming FX505GD I5051T

  • Layar: 15.6-inch Full HD Anti-Glare LED Backlit Panel with 45% NTSC
  • Processor: Intel Core i5-8300
  • Graphic Card: Intel UHD Graphics 630, Nvidia GeForce GTX 1050 4 GB GDDR5
  • RAM: 8 GB RAM DDR4
  • Storage: 1 TB HDD
  • Konektivitas: Integrated 802.11 AC (2×2), Built-in Bluetooth V4.0
  • Port: 1 x Type A USB2.0 , 2 x USB 3.0 port(s) Type A, 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert. 1 x HDMI, Support HDMI 1.4, 1 x COMBO audio jack
  • Baterai: 3 Cells 48 Whrs Battery

Asus TUF Gaming FX505GD yang saya ulas kali ini memiliki spesifikasi tersebut. Namun, Asus TUF Gaming FX505GD juga punya beberapa tipe lain (SKU) lain yang menawarkan spesifikasi lebih baik.

Jika yang saya ulas ini adalah varian Prosesor Core i5, Asus TUF Gaming FX505GD juga punya varian lain, seperti varian yang memakai Intel Core i7 dan SSD. Atau varian yang sudah mendukung keyboard RGB. Varian lain dari laptop ini adalah model Red Matter yang memiliki pola warna merah tanpa motif, model Gold Steel yang warnanya hadir dengan desain warna emas dan hitam.

Varian ketiga adalah Red Fusion. Kebetulan yang saya pegang ini adalah model Red Fusion. Model ini memang model yang paling murah. Berbeda dengan varian Gold Steel yang memiliki desain mewah dan spesifikasinya juga tergolong mumpuni. Malah varian ini ada yang menawarkan penyimpanan SSD.

Isi Kotak Asus TUF Gaming FX505G

Asus TUF Gaming FX505GD yang kami terima ini datang dengan kotak yang besar. Wajar karena laptopnya juga memiliki ukuran yang besar. Isi di dalam kotak, terdapat satu unit laptopnya, dan satu unit power charger yang ukurannya besar. Untuk laptop gaming, memang biasanya power adapter yang disediakan ukurannya cukup besar. Untuk lebih lengkap soal isi kotaknya ini, bisa cek video unboxing-nya berikut ini.

YouTube video

Desain

Asus TUF Gaming FX505GD hadir dengan desain bodi yang kokoh. Hal ini terlihat dari permukaan bodinya yang tampak kokoh dengan motif garis penegas yang mengesankan kalau laptop gaming ini tidaklah murahan. Bentuk desain hexagonal juga sudah terlihat dari pandangan pertama melihat laptop ini. Kesan kokoh sudah dipastikan ketika saya juga memegang laptop ini.

Bentuk laptopnya yang menampilkan desain heksagonal, membuat laptop ini tampil tidak hanya kokoh tetapi lebih menarik dan beda. Selain itu, laptop ini juga semakin menunjukan kekokohannya ketika bagian bodinya ditepuk oleh tangan. Terasa sekali kalau laptop ini cukup kokoh.

Meskipun terlihat kokoh, Asus TUF Gaming FX505GD yang saya ulas ini memiliki bodi dengan pelindung plastik premium. Tetapi hal ini tidak membuat laptop terkesan murahan. Asus cukup bagus dalam mengemas laptop ini menjadi terlihat premium. Apalagi, laptop ini juga sudah mendapatkan sertifikasi MLI-STD 810G.

Sertifikasi tersebut didapatkan karena Asus TUF Gaming FX505GD sudah lolos uji standar militer Amerika. Hal ini berarti Asus TUF Gaming FX505GD ini dapat bertahan dengan berbagai pengujian ketahanan.

Tidak hanya bagian luar saja yang tampak kokoh. Bagian dalam laptop ini juga tergolong baik. Tiap detailnya tampak diperhatikan oleh Asus, termasuk dengan keyboard yang memang didesain untuk kenyamanan bermain gim. Hanya saja perlu diingat, keyboard pada laptop ini bukan keyboard RGB, hanya keyboard dengan lampu backlit berwarna merah.

Di bawah keyboard, terdapat area touchpad yang cukup luas. Soal touchpad, saya merasa touchpad masih kurang presisi dan terkadang responsnya terlalu sensitif. Karena hal ini, saya tidak banyak melakukan navigasi menggunakan touchpad.

Soal touchpad, mungkin bakal terkesan subjektif. Hal ini karena pada dasarnya saya lebih banyak memakai mouse wireless untuk melakukan navigasi dibandingkan touchpad. Mouse wireless juga punya kelebihan karena membuat perangkat tidak memiliki banyak kabel.

Untuk main gim juga, jelas mouse sangat berperan penting. Namun, harus diingat, sebaiknya tidak memakai mouse yang memakai kabel USB. Hal ini karena selain kurang praktis, posisi port USB ada di bagian sisi laptop. Jika memakai kabel, akan terasa kurang menarik dilihat meskipun tidak terlalu mengganggu.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram