Review Asus Vivobook S S430: Laptop Cantik dengan FItur Premium

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Saya sudah pernah membahas laptop Asus kelas premium yakni Asus ZenBook S UX391UA. Laptop ini merupakan laptop kelas atas yang harganya mahal dan belum tentu semua orang membutuhkan laptop tersebut. Menariknya, Asus tahu hal tersebut karena itu Asus memiliki kelas Notebook dengan nama "Vivobook".

Jika "Zenbook" berada di kelas premium dengan target pasar pengguna kelas atas, maka "Vivobook" ada di kelas harga yang lebih terjangkau dari "Zenbook". Bahkan, Vivobook ini memiliki kelasnya lagi karena ada Vivobook di bawah harga Rp10 jutaan ada juga Vivobook di atas Rp10 jutaan.

Vivobook yang harga banderolnya di atas Rp10 jutaan umumnya ditujukan untuk pengguna yang memang membutuhkan laptop untuk kebutuhan produktivitas, memiliki fitur premium, dan harga terjangkau. Dan hal tersebut ditujukan lewat salah satu seri Vivobook yang dinamakan Asus Vivobook S S430.

Seperti apa Asus Vivobook S S430 ini? Bagaimana performanya? Tanpa berlama-lama lagi, mari simak ulasan saya terkait produk Asus Vivobook S S430 ini.

Spesifikasi Asus Vivobook S UX391UA

ASUS VivoBook S14 S430

  • Layar: 14 inch LED baclit FHD 1920 x 1080 pixel with NanoEdge Display
  • Prosesor: Intel Core i5 8250 or Intel Core i7-8550U CPU 8M Cache, up to 4.00 GHz
  • Graphic Card: Nvidia MX MX150 2GB GDDR5 VRAM with Intel UHD 620
  • RAM: 8GB DDR4 2400MHz SDRAM
  • Storage: 256GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
  • Konektivitas: 1 x Type C USB3.1 (GEN 1), 1 x HDMI, 1 x USB 3.1 port (Gen 1), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port, 1 x MicroSD Card Reader, Dual-band 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2
  • Port: 1x USB 3.1 Type-C gen 1, 2x USB-C with Thunderbolt 3, mic/headphone
  • Baterai: 3 Cells 42 Whrs Lithium-Polymer Battery

Review Asus Vivobook S UX391UA

Setelah mengetahui spesifikasi dari Asus Vivobook S UX391UA, yuk sekarang simak ulasan dan apa saja hal yang menarik dari laptop ini. Cek detailnya pada poin-poin berikut ini!

Desain Cantik dan Menarik

Hal yang menarik pertama kali melihat Asus Vivobook S S430 adalah desainnya. Desain laptop ini memiliki warna yang kontras. Jika tampak luar, laptop ini memiliki warna hitam pekat layaknya laptop pada umumnya. Tetapi bagian dalam laptop ini, serta beberapa bagian sisinya, terlihat kalau laptop ini memiliki warna yang keren dan menarik.

Asus Vivobook S S430

Warna yang ditampilkan pada bodi laptop ini terlihat mencolok sehingga membuat laptop ini lebih terlihat cantik dan menarik. Padahal konstruksi bodi laptop ini menggunakan bodi plastik tetapi Asus mampu meramunya menjadi sebuah laptop dengan bodi plastik yang solid dan menarik.

Terlihat di gambar kalau kombinasi warna mencolok dengan bodi permukaan yang warna hitam tidak membuat laptop ini terasa norak. Kesan premium malah sangat terlihat dari keseluruhan warna bodinya.

Karena faktor warna ini, lubang port sebelah kiri dan lubang port sebelah kanan yang berjejer rapih tampak menyatu dan terlihat menonjol. Bandingkan dengan bodi laptop yang memiliki satu tone warna hitam yang kadang membuat jajaran port tidak terlalu menonjol.

Oh yah, port kanan laptop ini hadir dengan port audio jack, USB Type-C, HDMI, USB 3.1 , dan juga port DC. Kehadiran port HDMI di sebelah kanan membuat laptop ini lebih mudah terhubung dengan layar kedua yang umumnya ada di sebelah kanan.

Di port sebelah kiri, hadir port untuk microSD reader. Tersedia juga dua buah port USB  2.0. Selebihnya tidak ada port lain yang terlihat di sebelah kanan. Hal ini membuat bagian sisi sebelah kanan laptop ini tampak lebih lega.

Kehadiran port di kedua sisi tidak membuat nilai minus desain bodi laptop ini secara keseluruhan. Hal yang saya suka justru ketika laptop ini dibuka yang kemudian memperlihatkan pantulan warna mencoloknya bagi siapapun mata yang memandang.

Performa Oke untuk Kerja Maupun Main Gim

Setelah bahas desain, mari lihat bagaimana performa dari laptop ini. Bagi yang belum tahu atau malas baca tabel spesifikasi, Asus Vivobook S S430 ini dibekali dengan prosesor Intel Core i5 8250 yang dikombinasikan dengan kartu grafis Nvidia MX150. Di bagian RAM, tersemat RAM berkapasitas 8 GB.

Dengan spesifikasi tersebut, Asus Vivobook S S430 ini mampu digunakan untuk kebutuhan produktivitas maupun digunakan untuk hiburan. Saya beberapa kali mengerjakan tugas memakai laptop ini dan tergolong nyaman digunakan untuk kebutuhan mengetik maupun untuk nonton.

Asus Vivobook S S430

Bagaimana untuk hiburan seperti main gim ataupun untuk produktivitas yang lebih berat seperti edit video. Jelas Asus Vivobook S S430 mampu menjalankan hal tersebut. Hal ini sudah terbukti ketika saya uji Asus Vivobook S S430 lewat beberapa software benchmark.

Contohnya menggunakan Cinebench R15. Saya tes Cinebench R15 dengan kondisi laptop menggunakan tenaga baterai. Hasil yang didapatkan, Asus Vivobook S S430 mendapatkan skor OpenGL 45,35 fps dan skor CPU 435 cb.

cinebench baterai

Saya lakukan pengujian kedua dengan benchmark Cinebench R15 tetapi dengan kondisi laptop terhubung dengan listrik. Hasilnya, nilai benchmark jadi lebih tinggi jika dibandingkan sebelumnya. Asus Vivobook S S430 ini dapat nilai 561 cb untuk performa CPU dan dapat 73,08 untuk performa OpenGL alias kemampuan grafisnya.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram