Carisinyal / Laptop / 10 Fitur Unggulan Laptop Gaming Acer Nitro 5 AN515-51-58YX

10 Fitur Unggulan Laptop Gaming Acer Nitro 5 AN515-51-58YX

Ditulis oleh - Diperbaharui

Ada banyak laptop gaming murah 10 jutaan yang bisa dipilih, salah satu yang terbaik adalah Acer Nitro 5 AN515-51-58YX. Laptop gaming ini merupakan laptop gaming dengan price to performance yang tegolong cukup sangat baik. Laptop ini malah bisa dibilang sebagai salah satu laptop gaming yang kami sarankan untuk Anda yang sedang membutuhkan laptop gaming di kelas harga Rp 10 jutaan.

Memang apa yang menarik dari Acer Nitro 5 AN515-51-58YX ini? Ada banyak fitur dan keunggulan menarik yang membuat laptop ini layak Anda beli. Kami menyusunnya menjadi 10 poin unggulan yang bisa Anda simak berikut ini.

10 Fitur Terbaik Laptop Gaming Acer Nitro 5

1. Prosesor dan VGA untuk Gaming

Acer Nitro 5 AN515-51-58YX hadir dengan prosesor Intel i5-7300HQ. Prosesor ini memiliki kecepatan sampai 3,5GHz yang memiliki empat inti prosesor di dalamnya. Prosesor ini ditandemkan dengan kartu grafis NVIDIA GeForce® GTX 1050 4GB. Dengan sokongan RAM 8 GB, laptop ini mampu menjalankan gim dengan cukup baik. Bahkan pada beberapa gim, kinerjanya dapat mengejar Core i7 7700HQ.

Tidak berlebihan jika menyebut kemampuan prosesor Intel i5-7300HQ tergolong baik di kelasnya. Terlebih kehadiran NVIDIA GeForce® GTX 1050 yang merupakan kartu grafis dengan arsitektur Pascal yang mampu menghadirkan tampilan grafis yang memukau.

NVIDIA sendiri mengklaim jika kinerja kartu grafis ini memiliki performa yang lebih baik serta konsumsi daya yang lebih efisien jika dibandingkan seri sebelumnya. Karena itulah, tidak berlebihan jika menyebut Acer Nitro 5 AN515-51-58YX sebagai salah satu laptop gaming yang optimal untuk bermain berbagi gim modern.

2. Kemudahan untuk Upgrade Hardware

Salah satu daya tarik laptop gaming zaman sekarang adalah kemudahan untuk melakukan upgrade. Kebutuhan untuk upgrade ini biasanya sering dicari oleh orang yang kadang kurang puas dengan spesifikasi yang ditawarkan. Acer paham hal ini, karena itu pula Acer Nitro 5 AN515-51-58YX ini hadir sebagai salah satu laptop yang memungkinkan untuk upgrade.

Untuk melakukan upgrade di laptop ini juga tidak ribet. Cukup dengan membuka 1 mur, maka casing laptop ini akan terbuka dengan mudah. Acer menyebut casing yang mudah dibongkar ini sebagai teknologi backdoor compartment.

Anda yang misalnya tertarik membeli laptop ini dan ada keinginan untuk menambah kapasitas RAM atau mengganti penyimpanan, bisa melakukannya dengan mudah. Cukup ambil obeng dan membuka mur di bagian belakang bodi laptop ini.

Dengan cara tersebut, Anda tidak perlu repot ke service center untuk hanya sekedar melakukan upgrade. Hanya perlu diingat, laptop ini hanya mendukung upgrade untuk bagian RAM dan penyimpanan (HDD). Sebagai informasi, tipe penyimpanan pada laptop ini adalah HDD 1 TB. Jika kapasitas ini terasa kurang, Anda tentu bisa menambahnya dengan HDD yang memiliki kapasitas yang lebih besar.

3. Mendukung Penggunaan SSD NVMe

Salah satu upgrade yang banyak dilakukan orang, barangkali sebagian dari Anda, adalah menambah atau mengganti HDD dengan SSD. Nah, Acer Nitro 5 AN515-51-58YX ini mendukung penambahan kapasitas penyimpanan tipe SSD yang memang dikenal memiliki performa lebih cepat dibanding HDD.

Yang menarik, Acer Nitro 5 AN515-51-58YX ini mendukung penyimpanan SSD tipe SATA maupun SSD NVMe. Jika Anda berniat melakukan upgrade penyimpanan, sebaiknya memilih tipe SSD NVMe di laptop ini. Mengapa? Karena, jika Anda menambahkan SSD NVMe, Anda bisa mendapatkan performa SSD yang 635% lebih cepat dibandingkan HDD dan 111% lebih cepat jika dibandingkan SSD SATA.

Penggunaan SSD NVMe di laptop ini juga akan membuat Anda lebih cepat dalam proses memindahkan data. Pun ketika laptop menjalankan gim, kecepatan dalam memainkan gim lebih cepat jika dibandingkan memainkan gim dengan penyimpanan HDD.

4. Memiliki Teknologi Sistem Pendingin yang Baik

Jika Anda adalah pemain gim, pasti tahu jika memainkan gim di sebuah laptop gaming tidak terhindarkan dari munculnya panas. Nah, suhu laptop yang menjadi panas ini biasanya berpengaruh pada performa yang menurun. Tentu saja hal ini merupakan hal yang Anda tidak suka.

Nah, jika Anda bermain gim di Acer Nitro 5 AN515-51-58YX, Anda tidak akan mengalami masalah tersebut. Saat laptop ini digunakan bermain gim cukup lama, panas tidak akan meningkat melainkan diturunkan. Hal ini dapat dilakukan berkat teknologi Acer Coolboost.

Acer Coolboost ini merupakan teknologi sistem pendingan berupa kipas ganda dari Acer yang tergolong inovatif. Sistem pendingin ini dapat dikontrol dengan mudah oleh Anda. Dengan kecepatan 19%, sistem pendingin ini akan menurunkan temperatur panas laptop sampai 11% saja. Dengan fitur dan teknologi ini, Anda bisa mengucapkan “selamat tinggal laptop panas”.

5. Daya Tahan Baterai yang Cukup Lama

Acer Nitro 5 AN515-51-58YX dilengkapi dengan baterai tipe Li-Po 4-cell dengan kapasitas 3.220 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong cukup baik. Acer sendiri mengklaim jika baterai pada laptop ini dapat bertahan sampai 5,5 jam. Untuk sebuah laptop gaming, daya tahan baterai sampai 5,5 jam tergolong cukup baik.

6. Kualitas Suara Premium

Acer True Harmony

Acer Nitro 5 AN515-51-58YX dibekali dengan teknologi suara terbaik. Teknologi tersebut adalah kombinasi dari Dolby Audio Premium dan Acer TrueHarmony. Teknologi Acer TrueHarmony ini mampu menghasilkan kualitas suara yang lebih kaya dan lebih realistis. Dengan teknologi ini, pengalaman bermain gim dengan Acer Nitro 5 AN515-51-58YX akan lebih nyata lewat suara yang lebih menggelegar.

Sebagai gambaran bagaimana kualitas suara Acer TrueHarmony ini, Anda bisa melihat video berikut ini:

7. Layar Luas dengan Panel IPS

Acer Nitro 5 AN515-51-58YX

Laptop dari Acer ini mengusung layar 15,6 inci dengan resolusi full HD. Layarnya tergolong luas sehingga membuat pengalaman bermain gim tentunya menjadi lebih lega. Layarnya sendiri mengusung panel IPS dengan sudut pandang atau view angle sampai 178°.

Layar laptop ini jelas memiliki tampilan visual yang baik. Nilai sRGB layarnya juga tergolong cukup di kelasnya, yakni sekitar 54%. Dengan spesifikasi tersebut, layar laptop ini tergolong sudah pas digunakan untuk menampilkan visual gim-gim terbaru yang umumnya memiliki kualitas grafis yang ciamik.

8. Konektivitas Cukup Lengkap

port Acer Nitro 5 AN515-51-58YX

Acer Nitro 5 AN515-51-58YX sudah didukung dengan konektivitas yang tergolong lengkap. Di laptop ini, Anda bisa menemukan port USB 3.1 Type C, USB 3.0, dan HDMI. Tidak ketinggalan, port yang umum seperti port USB 2.0, RJ-45, dan slot SD Card Reader juga hadir pada laptop ini. Konektivitas laptop ini juga semakin lengkap berkat hadirnya Bluetooth 4.0 dan jaringan Wifi Fast 2×2 802.11ac MIMO.

9. Memiliki Build Quailty yang Baik

Sebagai entitas laptop gaming, laptop ini hadir dengan desain yang mencirikan sebuah laptop yang gahar khas gaming. Bentuk desainnya terbilang baik dan cukup gahar. Bahkan, bentuk desainnya sekilas mirip dengan seri Predator, laptop gaming kelas high-end milik Acer.

Desain bodi laptop ini juga memiliki build quality yang baik. Hal ini terlihat dari bodi desain laptop ini yang solid dan cukup kokoh, bahkan bagian engselnya juga tergolong kokoh.

Hal yang menarik dari desain bodi laptop ini adalah aksen merah yang banyak terlihat di beberapa tepi dan bagian. Aksen merah inilah yang membuat laptop ini terlihat sangat gahar. Aksen warna merah juga dominan terlihat di bagian keyboard.

Warna merah tersebut berasal dari backlight LED yang ada di keyboard. Tentu keberadan backlight ini bertujuan agar laptop ini nyaman Anda gunakan saat bermain gim di kondisi ruang yang kurang cahaya.

10. Dibekali Windows Original

Acer Nitro 5 AN515-51-58YX

Acer Nitro 5 AN515-51-58YX sudah dibekali dengan sistem operasi Windows original alias asli. Kehadiran sistem operasi original di laptop ini tentu membuat kamu tidak perlu repot lagi membeli Windows original. Kamu juga terhindar dari penggunaan Windows bajakan.

Poin keunggulan yang sudah dipaparkan tersebut barangkali bisa mencerahkan dan bisa jadi referensi untuk Anda yang tertarik dengan laptop ini. Jika Anda merasa tertarik dengan laptop ini, Anda bisa membeli laptop ini dengan kisaran harga Rp10.999.000 juta saja. Tertarik?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment