carisinyal web banner retina

13 Software Desain Rumah Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 20 Juli 2021

Dahulu, untuk mendesain sebuah bangunan, para arsitek menggambar desainnya secara manual di atas sebuah kertas. Hal tersebut tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama dan sang arsitek juga dituntut untuk memiliki ketelitian yang sangat tinggi.

Seiring berkembangnya zaman, kini mendesain rumah minimalis, interior rumah, atau gedung dapat dilakukan dengan bantuan software khusus. Perangkat lunak untuk mendesain arsitektur ini mendukung rancangan 2D dan 3D dari berbagai macam konstruksi bangunan.

Selain itu, software ini menawarkan sejumlah fitur otomatis yang mempermudah penggunanya dalam mendesain bangunan. Dengan kemudahannya tersebut, software ini juga bisa digunakan untuk pemula yang sedang belajar dunia arsitektur.

Nah, bagi Anda yang menggeluti dunia arsitektur atau ingin belajar mendesain, berikut adalah 13 software desain rumah terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Berbagai software ini bisa dijalankan secara offline di perangkat PC Anda.

1. Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10

Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10

Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10 adalah aplikasi yang serba lengkap, semua fitur-fiturnya sangat cocok untuk digunakan desainer interior pemula ataupun profesional. Dengan ribuan model 3D yang bisa dipilih, kini Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari model 3D di Google.

Tidak hanya dapat membuat ruangan dalam rumah menjadi lebih hidup, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk merancang desain beranda atau dek. Hasil render 3D pada software ini juga tidak kaleng-kaleng, kualitas teksturnya begitu tajam dan terlihat seperti aslinya. Sisi antarmuka yang menggunakan jendela wizard sungguh memudahkan navigasi bagi yang tidak terbiasa pakai software editing.

Oleh karena itu, wajar kalau software ini punya kebutuhan spek PC yang gahar. Minimal Anda harus pakai dedicated VGA dengan memori 2 GB. Lebih besar pastinya lebih bagus, karena akan meningkatkan kecepatan dan kualitas hasil rendering model 3D. Jangan lupa untuk pastikan RAM Anda sudah berkapasitas 8 GB, walaupun 4 GB masih terbilang cukup.

Terakhir, software ini dapat digunakan untuk sistem operasi Windows 7, 8, dan 10 pada arsitektur 64 bit. Sementara untuk kapasitas HDD dibutuhkan setidaknya 10 GB. Yuk beli dan unduh software ini seharga $99,99! Klik link ini untuk menuju laman pembelian.

2. RoomSketcher Pro

RoomSketcher Pro

RoomSketcher sebenarnya merupakan aplikasi gratis namun menawarkan beberapa paket berbayar. Salah satunya adalah versi Pro yang menyuguhkan semua fitur-fitur VIP ditambah beberapa fitur tambahan. Versi Pro ini memungkinkan Anda untuk melabeli floor plan dengan nama brand, khusus bagi Anda yang mewakili sebuah perusahaan.

Versi Pro juga punya kustomasi denah 3D yang lebih memukau, serta memungkinkan penggunanya untuk melihat hasil rancangan denah secara 360 derajat. Fitur eksklusif lainnya juga masih banyak, seperti melakukan kalkulasi pada total area dan pengukuran denah.  Software ini dapat dimiliki dengan membayarkan $99 per tahunnya, tersedia untuk platform Windows, Mac, serta tablet Android an iOS. Kunjungi link ini untuk membelinya.

3. Chief Architect Premier

Chief Architect Premier

Membuat sketsa rumah dijamin akan lebih mudah menggunakan Chief Architect Premier. Terkadang sulit bagi arsitek untuk mengkomunikasikan proyek dengan klien, oleh sebab itu Chief Architect Premier hadir sebagai solusi penggambaran desian rumah, lengkap dengan informasi ukuran yang detil serta ilustrasi 3D yang bisa muncul secara otomatis.

Aplikasi ini juga terbilang ringan, hanya diperlukan sisa storage 5 GB pada HDD atau SSD Anda. Selain itu, Chief Architect Premier juga tersedia untuk Windows 64 bit (7, 8, dan 10) dan juga MacOS (Catalina, Mojave, Big Sur). Pastikan laptop atau PC Anda memiliki RAM 4 GB dan VGA dengan VRAM 1 GB, ya!

Chief Archiect Premier sayangnya punya harga selangit. Dibutuhkan anggaran sebesar $2695 untuk membelinya, atau Anda juga bisa menyewa software dengan mengeluarkan $199 per bulan. Untuk info selengkapnya kunjungi link ini.

4. TurboFloorPlan Home & Landscape Pro 2019 Mac

TurboFloorPlan Home & Landscape Pro 2019 Mac

Kalau sedang mencari software desain rumah untuk MacBook atau Mac, Anda bisa mengandalkan TurboFloorPlan Home & Landscape Pro 2019. Keunggulan utama yang difokuskan pada aplikasi ini adalah penggunannya yang mudah.

Pengembang aplikasi ini mengklaim bahwa terlepas mengandung embel-embel Pro pada namanya, tapi sesungguhnya pengguna yang pemula juga dapat mengoperasikannya dengan perlu skill khusus sama sekali. Untuk dapat menginstalnya pada Mac atau MacBook Anda, pastikan berada versi 10,9 ke atas. Dapatkan software-nya dengan beli di sini seharga $149,99.

5. FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro with Lightworks

FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro with Lightworks

Satu lagi aplikasi PC dan laptop yang bisa digunakan untuk mendesain rumah dan bangunan. Ini adalah Floor Plan 2020 Home & Landscape Pro yang sekaligus berperan sebagai "simulasi" rumah. Ya, pengguna tidak perlu bingung membayangkan akan seperti apa hasil desain yang telah dibuat, karena tersedia fitur 360 degree Online Viewer. Dengan begini, Anda bisa menjelajahi isi rumah dan punya gambaran visual yang jelas.

Aplikasi ini memang diperuntukkan bagi arsitek profesional, namun bagi Anda yang baru belajar juga bisa nikmati fitur-fiturnya. Pasalnya, pihak Turbo CAD menyuguhkan antarmuka drag and drop untuk memudahkan penggunaan. Selain itu, ada ratusan video Training Center dan beberapa tips dan drik untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam menggunakan aplikasi ini.

Harganya cukup mahal, yakni di kisaran $199.99. Namun dengan berbagai fiturnya yang advanced seperti performa 2D Engine yang tinggi serta kemampuan export dan import dalam format DWG dan DXF, aplikasi ini cukup worth it dan sayang untuk dilewatkan.

Kalau ingin pakai aplikasi ini, pastikan laptop Anda menggunakan dedicated kartu VGA dengan minimal VRAM 64 MB. Sedangkan untuk CPU-nya, bebas pakai apa saja asalkan di atas 1 GHz dan berjalan pada arsitektur 64 bit. Oh iya, aplikasi ini juga khusus untuk beberapa versi Windows terbaru seperti 7, 8, dan 10. Yuk klik link ini untuk mengunjungi laman produknya!

6. SketchUp Pro

SketchUp Pro

Kalau Anda ingin lebih bebas mendesain dari mana saja, mengapa tidak gunakan SketchUp Pro? Aplikasi ini memiliki fitur yang dinamakan web-based 3D Modelling, sehingga Anda bisa melakukan desain rumah secara 3D melalui browser. Selain itu, SketchUp Pro juga cocok bila Anda membutuhkan saran dalam penataan ruang, karena fitur PreDesign akan memberikan rekomendasi desain berdasarkan tipe bangunan dan cuaca.

SketchUp Pro juga punya dukungan format file yang beragam, contohnya dapat melakukan impor file dari Photoshop, file JPG, PNG, PDF dan masih banyak lagi. Anda bisa menggunakan software canggih ini dengan berlangganan $299 per tahun.

SketchUp Pro tersedia untuk sistem operasi Windows 10 dan MacOS (Big Sur, Catalina, Mojave). Untuk pengguna Windows, usahakan untuk memiliki VGA discrete (bukan onboard) dengan memori 1 GB. Lalu pastikan hardisk laptop punya sisa 700 MB untuk menampung program. Oh iya, pihak pengembang juga menyarankan Anda punya CPU 2 GHz dan RAM minimal 4 GB. Dapatkan SketchUp Pro melalui link ini.

7. Lands Design

Lands Design

Kalau Anda sedang bosan membangun desain rumah, sesekali cobalah mendesain rancang bangun lanskap dengan menggunakan Lands Design. Segala bentuk gambar bangunan 2D maupun 3D dapat dihasilkan dengan menggunakan beragam tool di aplikasi ini.

Aplikasi Lands Design memang lebih cocok untuk pembangunan lahan hijau seperti taman, karena menawarkan lebih dari 1800 spesies model tanaman yang bisa dikustomasi. Tidak cuman itu saja, Anda juga bisa melakukan beragam pengaturan pada terrain alias medan tanah.

Kalau Anda masih pelajar atau mahasiswa, bisa lho mendapatkan software ini dengan harga yang lebih terjangkau. Ya, hanya perlu membayarkan $95 untuk dapat Student License baik itu untuk aplikasi Rhino maupun AutoCAD. Sedangkan untuk beli Commercial License, lisensi ini bisa didapatkan seharga $795.

Untuk system requirement-nya, Lands Design dapat dijalankan pada laptop yang sudah memiliki AutoCAD 2015 ke atas atau Rhino 6 ke atas. Sementara untuk sistem operasinya, aplikasi ini mendukung Windows 7 SP1, 8.1, dan 10. Yuk coba free trial-nya di link ini!

8. Home Designer Pro

Home Designer Pro

Tidak masalah kalau Anda bukan pro di industri desain interior ataupun arsitektur. Anda tetap dapat melakukan desain secara profesional berkat Home Designer Pro ini. Dijamin, beragam tool di dalam nya akan membuat Anda merasa seperti arsitek sungguhan. Dan karena diperuntukkan bagi non-profesional, maka navigasi serta cara pengoperasiannya pun akan terasa begitu mudah.

Baik itu mendesain rumah, melakukan remodeling, renovasi, dan menghitung perkiraan biaya, Home Design Pro hadir untuk menyelesaikan permasalahan Anda seputar membangun rumah. Anda bisa membelinya untuk Windows (7, 8, 10) atau Mac (Big Sur, Catalina, Mojave) seharga $495, atau bisa juga menyewa produk ini seharga $59 per bulan.

Sebelum instal, diperlukan setidaknya ruang sebesar 5 GB di HDD serta VGA bermemori 1 GB yang mendukung OpenGL 3.3 ke atas (Windows) atau 4.1 ke atas (Mac). Kalau soal ukuran RAM, hanya dibutuhkan setidaknya kapastias 4 GB saja. Tertarik dengan aplikasi ini? Klik saja laman pembeliannya di sini.

9. Sweet Home 3D

sweet home 3d

Sesuai dengan nama aplikasinya, Sweet Home 3D akan menampilkan efek 3D saat Anda sedang mendesain rumah. Awalnya, tentu Anda akan menggambar raw dari desain rumah, mulai dari bentuk bangunan, atap, tembok dan lainnya.

Setelah bangunan sudah terbentuk dengan sempurna, maka Anda bisa melanjutkannya dengan mendesain interior atau bagian dalam rumah. Misalnya, Anda ingin memberikan warna pada tembok, memasang pintu dan jendela, hingga menambahkan furniture. Pokoknya, semua bisa Anda lakukan dengan mudah di Sweet Home 3D. Yuk, coba!

10. HGTV Home & Landscape Platinum Suite

HGTV Home & Landscape Platinum Suite

Kalau Anda berencana untuk melakukan dekorasi ulang, mungkin Anda sudah beberapa kali punya kesempatan untuk memotret suasana interior rumah. Nah, foto-foto tersebut bisa Anda masukkan ke aplikasi Home & Landscape Platinum Suite. Nantinya, desain interior yang ada di foto bisa Anda "utak-atik" seperti mengubah warna cat dinding, hingga menaruh pajangan dinding.

Tentu aplikasi ini juga puya fitur lainnya yang tak kalah menarik, seperti Kitchen dan Bathroom Bulder Wizard yang dapat membantu Anda dalam merombak isi dapur dan kamar mandi. Tidak perlu khawatir susah, karena antarmukanya menggunakan drag and drop. Anda bisa beli aplikasui HGTV ini seharga $39,99. Klik di sini untuk membelinya.

11. Total 3D HomeV Home & Landscape Platinum Suite

Total 3D HomeV Home & Landscape Platinum Suite

Individual Software merupakan salah satu pengembang aplikasi dengan protofolio produk yang melimpah. Salah satunya, tentu saja ada Total 3D Home, Landscape, and Deck yang bisa mewujudkan rumah impian untuk Anda. Berbekal lebih dari 14ribu sampel denah untuk rumah dan kebun, Anda bisa dengan bebas meluapkan kreativitas dalam pembuatan desain rumah.

Apalagi, aplikasi ini juga cocok bagi pengguna yang tidak punya laptop atau PC yang powerful. Bagaimana tidak? Aplikasi Total 3D ini mendukung sistem operasi lawas Windows XP serta hanya membutuhkan RAM dengan kapasitas 128 MB. Miliki aplikasinya di sini.

12. Home Designer Suite

Home Designer Suite

Tidak hanya menawarkan varian Pro yang kaya fitur, Chief Architect Software juga punya varian di atasnya lagi yakni varian Suite. Home Designer Suite ini lebih unggul karena menyediakan beragam fitur automasi untuk pengalaman yang hassle-free. Seperti saat membuat ruangan baru, langit-langit akan terbentuk secara otomatis. Jadi tidak perlu lagi melakukan segalanya secara manual.

Anda hanya perlu bayar $99 untuk memiliki aplikasinya, pada perangkat laptop yang sudah terinstal dengan Windows (7, 8, 10) ataupun MacOS (Big Sure, Catalina, Mojave). Selama lapot atau PC punya RAM 4 GB dan video card dengan memori 1 GB, aplikasi ini sudah dapat dijalankan dengan lancar. Klik di sini untuk membelinya.

13. SmartDraw

smartdraw

SmartDraw bukanlah aplikasi khusus desain rumah, melainkan software untuk menghasilkan elemen visual apapun seperti bagan, slide presentasi, dan tentunya denah. Ya, Anda bisa melakukan pembuatan denah dengan cara yang begitu mudah dan intuitive. Antarmukanya juga tentu sudah menggunakan drag and drop sehingga elemen-elemen visualnya bisa dipindah-pindahkan dengan mudah.

Tidak begitu mahal untuk bisa mendapatkan SmartDraw, cukup berlangganan dengan harga $9,95 per bulan yang akan dicas setiap tahunnya. Dan apabila laptop Anda cukup kuat untuk menginstal Office, aplikasi SmartDraw juga pasti bisa dijalankan dengan lancar. Yuk dapatkan SmartDraw yang canggih ini dengan mengklik tautan ini!

14. RoomSketcher VIP

RoomSketcher VIP

Ketimbang Room Sketcher varian Pro, Anda juga bisa menikmati Room Sketcher VIP yang satu tingkat di bawah Pro. Fitur-fiturnya sih kurang lebih tetap sama hanya dengan beberapa kekurangan saja. Misalnya, Anda kini tidak lagi dapat melabeli denah dengan brand perusahaan Anda. Selain itu, Anda pun tak dapat melakukan kalkulasi total area ataupun melakukan pengukuran denah.

Jangan khawatir, setidaknya fitur-fitur esensial masih bisa Anda gunakan seperti denah 3D, fitur 360 derajat, dan aplikasi yang tersedia juga untuk perangkat Android dan iPhone. Harganya? Pastinya lebih murah, hanya perlu membayar $49 per tahun ketimbang Pro yang harganya $99 per tahun. Kalau Anda cukup tertarik untuk membelinya, klik saja link ini.

15. SketchUp Free

SketchUp Free

Tidak ingin repot-repot instal aplikasi untuk dapat membuat desain rumah? Look no further, karena SketchUp Free ini bisa Anda gunakan secara cuma-cuma, hanya dari browser Anda! Aplikasi ini bisa dibilang merupakan 3D Modelling App bagi Anda yang ingin rasakan immersion mendalam saat membuat denah.

Jangan khawatir data Anda hilang, karena aplikasi ini juga punya fitur penyimpanan cloud berkapasitas 10 GB yang bisa diandalkan selama Anda punya koneksi internet yang stabil. Malahan, hasil desain juga bisa dilihat saat berada di perjalanan menggunakan aplikasi HP. Menarik, bukan? Sayangnya, tidak ada fitur AR viewing seperti versi berbayarnya. Yuk langsung coba saja SketchUp Free di sini!

Pilihlah software desain yang sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Karena harga dari software desain ini tidak terbilang murah maka Anda harus memilih software yang tepat dengan apa yang Anda butuhkan. Anda juga perlu menyesuaikan aplikasinya dengan performa PC. Jika performa PC dirasa kurang gahar, pilihlah aplikasi yang paling ringan.

Oh iya, selain di PC, Anda juga dapat mencoba mendesain rumah melalui Android dan iOS dengan aplikasi yang pernah kami ulas di sini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram