Carisinyal / Aplikasi Desain / 11 Aplikasi Desain Rumah Terbaik untuk HP Android

11 Aplikasi Desain Rumah Terbaik untuk HP Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Anda yang suka mendesain rumah dan desain interior, tentunya Anda tidak boleh melewatkan aplikasi desain rumah yang banyak digunakan saat ini. Salah satu contohnya adalah Adobe Photoshop yang terkenal (termasuk Photoshop Touch dan Photoshop Express untuk mobile). Banyak dari Anda yang tentunya menggunakan aplikasi ini.

Namun, jika Anda merasa ribet untuk melakukan desain dengan Photoshop, Anda bisa menjajal aplikasi desain rumah secara online dan offline di Android. Aplikasi desain rumah ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Anda untuk membuat denah rumah impian. Apa sajakah aplikasi untuk desain rumah alternatif tersebut?

1. Design Home

Design Home

Ingin melakukan desain hanya bermodal HP Android saja? Cobalah aplikasi desain rumah, Design Home, satu ini. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang telah disebutkan. Desaign Home juga sama-sama menawarkan kemudahan dalma melakukan desain rumah impian para penggunanya.

Anda bisa menaruh dan mendekor berbagai macam furnitur untuk rumah Anda. Katalog furnitur yang ada pada Design Home pun tersedia dari berbagai macam brand furnitur ternama. Anda bisa mendesain rumah dengan kelas high-end dengan aplikasi ini. Tertarik? Download aplikasinya gratis di sini.

2. Houzz Interior Design Ideas

Houzz Interior Design Ideas

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi lainnya, Houzz Interior Design Ideas bukanlah aplikasi rancang desain atau sketsa. Aplikasi ini adalah aplikasi yang menawarkan Anda desain rumah yang sudah ada. Anda cukup melihat gambar-gambar desain interior yang tersedia di aplikasi ini. Anda bisa melihat berdasarkan kategorinya dan berdasarkan gayanya.

Aplikasi ini sendiri lebih ke arah konsep sharing social idea. Anda sebagai pengguna bisa melihat berbagai cerita, ide, gambar, foto tentang desain rumah yang hadir dari pengguna lainnya. Mengingat aplikasi ini terhubung dengan produk pendukung, Anda bisa melihat katalog produk desain interior dengan variasi harga.

Anda bisa mendapatkan ide desain rumah dari aplikasi ini. Anda juga bisa membagikan cerita atau foto tentang desain rumah yang sudah Anda kerjakan. Anda cukup daftar terlebih dahulu, atau jika ingin lebih mudah, Anda bisa mendaftar menggunakan akun Facebook Anda. Cukup menarik bukan? Segera download aplikasi ringan ini di link ini.

3. Planner 5D – Interior Design

Planner 5D - Interior Desaign

Memiliki ragam fitur kemudahan dalam melakukan desain rumah, aplikasi desain rumah Planner 5D – Interior Design hadir juga dengan bantuan gambar berupa 2D ataupun 3D. Anda akan merasakan mendesain rumah secara realistik dengan gambaran yang nyata pula.

Salah satu fitur yang terpasang yakni editor. Di sini Anda bisa bebas mengedit dan mengkreasikan istana anda sendiri. Tak hanya itu saja, bahkan Planner 5D – Interior Design telah menyediakan fitur catalog yang akan memberikan inspirasi untuk furnitur yang akan Anda gunakan. Jadi, sangat cocok untuk pemula yang baru mau mulai desain rumah sendiri. Bagaimana, Anda tertarik? Download aplikasinya dengan klik  di sini.

4. Floor Plan Creator

Floor Plan Creator

Menggunakan aplikasi Floor Plan Creator ini akan memberikan desain rumah yang nyata dan realistis. Aplikasi desain rumah satu ini memiliki beberapa fitur yang akan memberikan kemudahan, contohnya Anda bisa mendesain lantai yang akan disesuaikan dengan luasnya ruangan.

Tak hanya itu saja, fitur lain seperti 3D Tour Mode pun tak luput untuk turt andil dalam melakukan kemudahan mendesain rumah. Jadi, dengan 3D inilah Anda akan dengan mudah melihat bagaimana tampan rumah Anda. Anda ingin menggunakannya? Tinggal klik di sini dan langsung dapatkan aplikasinya.

5. Home Design 3D – FREEMIUM

Home Design 3D - FREEMIUM

Melakukan desain rumah sendiri memanglah tidak mudah. Namun, nyatanya Anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat dengan aplikasi desain rumah Home Design 3D – FREEMIUM. Pertama, Anda perlu melakukan desain untuk lantai rumah Anda.

Setelah selesai dengan desain lantai yang sesuai dengan selera, selanjutnya Anda bisa beralih untuk melakukan dekorasi untuk memasang furnitur dan barang-barang lainnya. Jika Anda merasa sudah cukup dengan semua desain rumahnya, Anda bisa langsung simpan hasil desain Anda. Mudah dan praktis bukan? Cukup klik di sini untuk langsung download aplikasinya.

6. Homestyler – Interior Design & Decorating Ideas

homestyler

Pindahan rumah tidak lagi membosankan berkat adanya aplikasi ini. Anda bisa berkreasi menambahkan furnitur-furnitur pada sebuah ruangan, dan hal ini dapat dilakukan secara virtual!

Anda hanya perlu memotret ruangan yang diinginkan dan mencocokkan angle pada sudut-sudutnya agar mendapatkan hasil yang akurat. Kemudian, barulah Anda bisa melakukan berbagai kustomasi pada benda-benda yang ada di kamar, seperti mengubah cat dinding, menambahkan sejumlah perabotan, dan masih banyak lagi!

Bahkan, perabotan yang dipilih bisa diatur posisinya dengan kontrol yang sangat mudah. Jika Anda tidak ingin menggunakan foto ruangan sendiri, tersedia juga beberapa desain ruangan pre-made dalam berbagai jenis – kamar mandi, ruang makan, ruang keluarga, dan sebagainya.

Yang membuatnya cukup unik, semua model furnitur yang tersedia memiliki desain 3D yang sangat realistis. Saking terlihat aslinya, Anda bisa saja memotret ruangan kosong, tambahkan serangkaian furnitur impian, dan bagikan ke medsos. Dijamin teman Anda tidak akan tahu kalau itu hanya buatan.


Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui link ini, dan Anda pun hanya perlu menghubungkan aplikasi Homestyler dengan akun Google, Facebook, atau email. Tertarik mencobanya?

7. Room Creator Interior Design

Room Creator Interior Design

Di zaman canggih yang serba instan saat ini juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan desain rumah. Room Creator Interior Design merupakan salah satu aplikasi desain rumah terbaik yang bisa Anda gunakan di smartphone Android. Aplikasi ini akan memberikan gambaran berupa 3D.

Anda hanya perlu melakukan drag and drop ketika ingin menambahkan berbagai macam furnitur di dalam ruangan. Room Creator Interior Design akan menjamin kemudahan para pengguna dalam melakukan desain rumah. Anda juga mau dimudahkan dalam mendesain rumah? Download aplikasinya di sini.

8. magicplan

magicplan

Teknologi memang sungguh memudahkan aktivitas manusia. Kini Anda pun tidak perlu repot-repot lagi mengukur luas ruangan secara manual. Sudah ada aplikasi bernama magicplan yang bisa memindai ruangan dan mengubahnya menjadi denah secara otomatis.

Aplikasi ini sungguh berguna jika Anda ingin mengukur biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi ruangan. Misalnya, estimasi ukuran dinding bisa memberikan besaran biaya yang diperlukan untuk mengecatnya.

Ini adalah aplikasi yang sungguh berguna bagi para arsitek yang ingin mengkomunikasikan proyek dengan kliennya. Anda bisa menggabungkan seluruh ruangan menjadi satu rumah, mengubahnya ke format PDF, SVG, dan XLS, serta melihat versi 3D dari hasil sketsa yang telah dibuat.

magicplan adalah aplikasi desain rumah yang tersedia secara gratis di Android. Jadi, tidak ada salahnya mencoba magicplan yang mengandalkan AR Core ini. Yuk unduh aplikasinya pada link ini!

9. Room Planner: Home Interior & Floorplan Design 3D

room planner

IKEA cukup terkenal di Indonesia berkat furnitur-furniturnya yang terjangkau serta pengalaman belanja self-service yang menyenangkan. Nah, kini bagi Anda yang penasaran apakah produk-produk tersebut cocok dengan ruangan Anda, sudah ada aplikasi bernama Room Planner: Home Interior & Floorplan Design 3D.

Sekilas, aplikasi ini adalah sebuah home planner yang cukup generik sehingga Anda pun akan merasa familiar saat menggunakannya. Tapi yang menjadikannya unik adalah model-model furniturnya yang didasarkan pada objek IKEA asli.

Anda pun dapat mencocokkan ukuran dan nuansa furnitur, bermain-main dengan warna cat dinding, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, pengeditan ruangan juga bisa dilakukan secara 3D maupun 2D (bird-eye view). Menarik, bukan? Belanja IKEA kini lebih asyik berkat Room Planner. Tapi siapkan kapasitas memori internal yang cukup besar ya! Soalnya aplikasi ini sebesar 400 MB.

10. Room Creator Interior Design

room creator

Kalau Anda tidak perlu tampilan desain yang realistis dan memukau, Room Creator Interior Design cukup handal dalam melakukan fungsinya. Anda bisa mendesain interior ruangan dengan sejumlah furnitur berdasarkan fungsi ruangan – daput, ruang kantor, ruang makan, dan lain-lain.

Tampilan desain modelnya memang tidak begitu menarik, tapi koleksi katalognya cukup lengkap. Bahkan Anda pun tidak perlu menunggu lama untuk mengunduhnya, aplikasi ini hanya memiliki ukuran di bawah 100 MB!

Uniknya lagi, Anda bisa “menjelajahi” ruangan dengan sudut pandang orang pertama supaya bisa mendapatkan feel yang sama seperti aslinya. Berminat untuk mencobanya? Unduh saja Room Creator Interior Design melalui link ini.

11. HomeAdvisor: Contractors for Home Improvement

homeadvisor

Nyatanya tidak semua orang bisa merenovasi rumah sendirian. Daripada salah, mengapa tidak mengandalkan ahlinya saja? Inilah aplikasi HomeAdvisor yang memungkinkan Anda memperkirakan suatu proyek dan memperkirakan biaya yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu saja, Anda pun dapat memesan seorang expert untuk datang ke rumah dan melakukan perbaikan rumah yang Anda inginkan. Atau jika ingin, Anda pun bisa melakukan konsultasi dengan video call supaya mereka memiliki gambaran sebelum datang ke rumah Anda.

12. Home Design 3D Outdoor/Garden

Home Design 3D Outdoor Garden

Hanya beberapa langkah mudah, Anda sudha bisa membuat desain istana sendiri. Dengan tampilan 3D pun ditawarkan oleh salah satu aplikasi desain rumah satu ini, Home Design 3D Outdoor/Garden. Dalam aplikasinya, para pengguna akan dijamin dalam hal kemudahan dan kepraktisan pembuatan desain rumah.

Tak cukup sampai di situ saja, bahkan Home Design 3D Outdoor/Garden juga menawarkan lebih dari 100 item untuk desain outdoor juga lho. Anda bisa menambahkan furnitur untuk taman, kolam renang, dan desain rumah outdoor lainnya. Mau? Download aplikasi Home Design 3D Outdoor/Garden di sini.

13. Homify

homify

Sebagian orang tidak ingin repot-repot membuat desain ruangan. Mereka hanya butuh inspirasi bagaimana caranya menyusun perabotan yang indah dan berestetika. Apakah Anda termasuk? Jika iya, inilah aplikasi Homify, sebuah aplikasi mirip Pinterest yang memungkinkan Anda mencari jutaan foto desain interior cantik.

Tinggal cari foto-foto yang disuka dan Anda pun bisa menyimpannya sesuka hati. Bahkan, Anda bisa menghubungi pemilik foto untuk berkonsultasi mengenai biaya dan waktu pengerjaannya.

Selain itu, pada tab Professionals, Anda pun bisa mencari profesional lokal yang bisa dipesan untuk merenovasi rumah. Pastikan filter-nya terisi dengan kota tempat tinggal Anda ya! Sebagai informasi, di kota Jakarta dan Bandung sudah tersedia ratusan ahli yang bisa dipilih. Tunggu apalagi? Unduh Homify sekarang juga!

14. iDecorama Home Interior Design

iDecorama Home Interior Design

Tak hanya memudahkan dalam hal mendesain rumah, iDecorama Home Interior Design juga akan memberikan info tentang berbagai macam style terbaru dalam hal desain rumah. Aplikasi desain rumah satu ini juga akan menyesuaikan desain rumah sesuai dengan budget yang dimiliki para pengguna.

Tak hanya itu saja, bahkan Anda bisa mendapatkan masukan gratis dari para experts yang sudah berpengalaman dalam hal desain rumah. Juga keunggulan lain yang ditawarkan dari aplikasi ini adalah, tak adanya iklan lho. Anda tertarik menggunakannya? Cukup klik di sini dan dapatkan aplikasinya secara gratis.

15. Dekoruma: Furniture & Dekorasi

Dekoruma Furniture & Dekorasi

Setelah Anda merasa puas dengan hasil desain rumah yang sudah dibuat, saatnya untuk mengisi ruangan dengan berbagai furnitur sesuai dengan kebutuhan. Menyocokan furnitur tidak mudah namun juga tidak sulit. Mungkin Anda butuh berbagai inspirasi. Anda bisa menggunakan aplikasi Dekoruma: Furniture & Dekorasi sebagai inspirasi dan langsung membeli furniturnya.

Anda bisa menyocokan macam-macam furnitur yang sesuai dengan kebutuhan juga selera di aplikasi Dekoruma: Furniture & Dekorasi. Dekoruma ini menyiapkan beberapa style dan memiliki banyak katalog furnitur yang bisa Anda pilih. Anda siap lengkapi rumah dengan furnitur terbaik? Download Dekoruma: Furniture & Dekorasi di sini.

16. Palette Home

palette home

Jangan lagi kebingungan saat mau mendekor rumah. Gunakan saja aplikasi Palette Home yang bisa memberikan visual ruangan secara nyata. Ubah warna dinding, tambahkan perabotan yang diinginkan, bahkan hingga penambahan jendela.

Semua dapat dilakukan dengan kontrol yang mudah dikuasai selayaknya bermain game. Desain modelnya yang cukup realistis juga dapat memberikan Anda immersion yang menyenangkan saat membuat desain. Palette Home adalah aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap desainer interior.

17. Kitchen Planner 3D

Kitchen Planner 3D

Sesuai dengan nama aplikasinya, Kitchen Planner 3D ini dibuat khusus untuk Anda yang ingin mendesain ruangan dapur dengan model 3D. Di sini, Anda bisa menentukan model perabot untuk dapur, warna, hingga menata ulang tata letak peralatan dapurnya. Bahkan, Anda juga bisa mengubah desain langit-langit di dapur dan juga lantai dapurnya.

Setelah Anda selesai membuat desain untuk dapur, barulah Anda bisa menyimpan hasil desain Anda. Namun sayangnya, untuk dapat menyimpan hasil desain tersebut, Anda harus melakukan upgrade aplikasi ke versi pro. Di versi pro sendiri ada fitur untuk bisa melakukan undo, save, dan menentukan size gambar. Jika tertarik menggunakan aplikasi ini, bisa langsung download aplikasinya di sini.

18. Virtual plan 3D

virtual plan 3d

Masih ingatkah Anda dengan permainan Pokemon Go? Bayangkan jika yang muncul bukan Pokemon, melainkan sebuah rumah. Wah, bagaimana bisa? Tentunya dengan menggunakan aplikasi Virtual Plan 3D.

Denah yang berupa print-out bisa Anda lihat versi 3D-nya dengan menggunakan kamera ponsel. Aplikasi ini menggunakan teknologi AR sehingga Anda pun bisa membidik sketsa rumah sambil berpindah-pindah sudut.

Jadi bagi Anda yang sulit memiliki gambaran saat melihat denah biasa, aplikasi Virtual Plan 3D ini tentu sangat membantu. Hingga sekarang, aplikasi ini hanya bekerja pada denah atau sketsa yang tersedia di situs https://virtualplan3d.com/. Anda bisa mengunduh Virtual Plan 3D pada link ini.

19. Photo Measures

photo measures

Tidak punya alat meteran di rumah? No worries! Inilah saatnya Anda mengandalkan teknologi seperti aplikasi Photo Measures untuk memudahkan urusan Anda saat mengukur.

Anda tidak hanya mampu mengukur panjang dan lebar ruangan, melainkan juga furnitur. Dengan begini, mustahil Anda membeli perabotan yang tidak muat di ruangan. Sayangnya aplikasi ini tidak gratis. Yuk beli aplikasi Photo Measures pada link ini!

20. Hutch

hutch

Daripada hanya sekadar mendesain, mengapa tidak sekaligus merealilsasikannya? Dengan menggunakan Hutch, Anda bisa membeli produk yang diinginkan setelah melihat pranalanya, lho!

Hutch Interior Inc. pun mengaku sudah ada ratusan merk produk yang bisa Anda pilih. Bahkan, Anda bisa melihat rating dari sebuah produk untuk mengetahui apakah Anda akan menyukainya atau tidak. Dari segi kustomasi pun aplikasi ini cukup lengkap dengan kemampuan mengubah warna tembok. Klik link ini untuk mencobanya.

Demikianlah beberapa aplikasi desain rumah alternatif yang bisa Anda pilih dan Anda gunakan. Anda bisa memilih sesuai selera. Jika Anda punya dana lebih, Anda bisa memilih aplikasi atau program yang berbayar karena biasanya program berbayar akan menawarkan fitur yang lebih.

Oh iya, kalau Anda lebih suka melakukan desain rumah lewat PC, sebaiknya Anda menggunakan beberapa Software Desain Rumah Terbaik di PC ini. Dalam artikel tersebut, Anda bisa mendapatkan aplikasi desain rumah PC offline dan aplikasi desain rumah PC Free.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

3 Responses

  1. terimakasih untuk infonya
    semoga bermanfaat dan sukses selalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *