carisinyal web banner retina
Carisinyal / Aksesoris / Yuk Kenali Generasi Prosesor Intel dari Dahulu hingga Kini

Yuk Kenali Generasi Prosesor Intel dari Dahulu hingga Kini

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 30 Januari 2021

Bila kita membahas sebuah perangkat komputer, tentunya tidak akan lepas dari yang namanya Prosesor. Komponen ini diibaratkan seperti ‘otak’ pada manusia, memiliki tanggung  jawab sebagai pusat pengendali dan mengoordinasikan semua fungsi dari komputer.

Prosesor adalah perangkat terpenting dalam sebuah komputer, tanpa adanya komponen ini maka komputer tersebut tidak dapat bekerja. Prosesor juga dapat dikatakan sebagai tenaga pelaksana sebuah program atau perintah.

Komponen utama pada komputer ini tersemat pada socket yang sudah disediakan oleh motherboard dan bisa diganti dengan Prosesor lain, dengan syarat sesuai socket yang ada di dalam motherboard. Sebuah Prosesor juga menjadi andil terhadap suatu kecepatan komputer.

Saat ini terdapat beberapa perusahaan Prosesor terkemuka yang memperkenalkan produk unggulannya, salah satunya yaitu Intel. Prosesor Intel selain terkenal juga dinobatkan sebagai pelopor dalam dunia teknologi, khususnya pada komputer.

Prosesor Intel ini tidak dapat kita lihat dari luaran komputer atau laptop, komponen ini telah tertanam di dalamnya. Tahukah Anda? Kalau ternyata Prosesor Intel memiliki beragam seri atau produk yang terus ditingkatkan atau upgrade dari masa ke masa.

Tentunya Anda wajib tahu soal ini, bukan tanpa alasan dengan mengetahui atau update soal perkembangan Prosesor Intel akan berguna bagi Anda saat membeli sebuah komputer atau Laptop. Dengan begitu, Anda akan terhindar penjual yang mungkin akan menipu.

Agar tidak tambah penasaran, berikut ini Carisinyal akan bahas berbagai seri Prosesor Intel dari masa ke masa berdasarkan generasi. Langsung saja baca sampai beres, yah!

1. Generasi Nehalem

Generasi Nehalem

*Sumber: https://www.ebay.co.uk/

Dirilis pada 2010, Nehalem adalah mikro-arsitektur prosesor Intel yang termasuk di generasi pertama. Nehalem merupakan penerus arsitektur core awal yang mempunyai keterbatasan tertentu seperti tidak memiliki keahlian dalam meningkatkan clock speed, tidak efisien, dll.

Generasi pertama ini menyematkan teknologi fabrikasi 45-nanometer dan menggabungkan RAM DDR3 di chip Prosesornya. Nehalem juga mengenalkan kembali teknologi hyper-threading yang sebelumnya telah ditinggalkan khususnya untuk model Prosesor core i3 seri pertama.

Perihal cache, Nehalem memiliki cache L1 64 KB, cache L2 256 KB per core dan cache L3 4 MB hingga 12 MB yang digunakan bersama dengan semua Prosesor core. Berikut adalah beberapa seri Prosesor intel dari generasi Nehalem:

  • Intel® Celeron® Prosesor E1200
  • Intel® Pentium® Prosesor E2200
  • Intel® Atom® Prosesor N270
  • Intel® Core™2 Quad Prosesor Q9550S

2. Generasi Sandy Bridge

Generasi Sandy Bridge

*Sumber: https://icecat.biz/

Diperkenalkan pada 2011, generasi kedua diberi nama Sandy Bridge hadir menggunakan teknologi fabrikasi 32-nanometer untuk menggantikan Architecture Nehalem. Teknologi tersebut yang membuat lebih praktis dan efisien dibanding generasi sebelumnya.

Generasi kedua ini menggunakan cache L1 62 KB dan 256 KB per core yang sama untuk cache L2, akan tetapi ada perbedaan pada cache L3 1 MB hingga 8 MB. Sedangkan, untuk Prosesor extreme, dari 10 MB sampai 15 MB.

Sandy Bride menggunakan socket 1155 LGA dan 2-channel DDR3-1066 RAM. Generasi ini dilengkapi dengan fitur VGA, GPU atau pengolah grafis di dalamnya. Berikut ini terlampir contoh seri Prosesor dari generasi Sandy Bridge:

  • Intel® Core™2 Duo Prosesor E8500
  • Prosesor Intel® Core™ i3-2120
  • Prosesor Intel® Core™ i5-2400S
  • Prosesor Intel® Core™ i7-2600K

3. Generasi Ivy Bridge

Generasi Ivy Bridge

*Sumber: https://www.techradar.com/

Generasi ketiga yang dinamai Ivy Bridge diumumkan ke publik pada September 2012. Menggunakan fabrikasi 22  Nanometer membuat Ivy Bridge menjadi lebih efisien dan jauh lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Didukung dengan port USB 3.0 dan PCle 3.0, rupanya Processor ini memiliki kekurangan yaitu lebih banyak mengeluarkan panas jika disandingkan dengan Sandy Bridge.

Sedangkan, untuk arsitekturnya generasi ketiga ini memakai socket LGA 1155 yang sama dengan DDR3-1333 sampai DDR3-1600 RAM. Di bawah ini ialah beberapa seri Prosesor Ivy Bridge:

  • Prosesor Intel® Core™ i3-3220
  • Prosesor Intel® Core™ i5-3570T
  • Prosesor Intel® Core™ i7-3770T
  • Prosesor Intel® Core™ i7-3370K

4. Generasi Haswell

Generasi Haswell

*Sumber: https://www.carousell.sg/

Haswell merupakan Prosesor Intel generasi keempat yang teknologi fabrikasinya sama seperti Ivy Bridge, 22 Nanometer. Akan tetapi generasi yang diluncurkan pada 2013 ini, memiliki kecepatan lebih unggul dibanding Ivy Bridge.


Kecepatan Prosesor Intel yang mencapai di atas 3.4 GHz ini, memiliki banyak fitur seperti didukung dengan socket baru (LGA 1150, BGA 1364, LGA 2011-33), desain cache baru, teknologi DDR4, dan lain-lain.

Keunggulan utama dari generasi Haswell yaitu kemampuannya dalam penggunaan pada perangkat ultra-portable, hal ini disebabkan karena  Processor memakan daya yang rendah. Selanjutnya, Anda akan melihat seri Prosesor Intel dari generasi Haswell:

  • Prosesor Intel® Core™ i3-4330
  • Prosesor Intel® Core™ i5-4670
  • Prosesor Intel® Core™ i5-4670K
  • Prosesor Intel® Core™ i7-4790K

5. Generasi Broadwell

Generasi Broadwell

*Sumber: https://www.pcmag.com/

Broadwell, lahir menjadi generasi kelima Prosesor Intel pada 2015. Menggunakan arsitektur fabrikasi 14 Nanometer yang berukuran 37% lebih kecil dan membuatnya lebih hemat daya dari pendahulunya.

Intel memaparkan bahwa kehadiran Broadwell CPU mendorong daya pakai baterai perangkat mampu ditingkatkan selama 1,5 jam. Untuk tampilan desain Broadwell lebih kecil terutama untuk komputer atau Laptop, tetapi performanya lebih tinggi 20% dari generasi sebelumnya.

Generasi Broadwell memakai socket LGA 1150 dan LGA 2011-v3 2-channel DDR3L-1333/1600 RAM. Berikut adalah beberapa seri Prosesor Intel dari generasi kelima:

  • Prosesor Intel® Core™ i5-5675C
  • Prosesor Intel® Core™ i5-5675R
  • Prosesor Intel® Core™ i7-5775C
  • Prosesor Intel® Core™ i7-5775R

6. Generasi Skylake

Generasi Skylake

*Sumber: https://www.expertreviews.co.uk/

Pada Agustus 2015, lagi-lagi Intel mengeluarkan generasi terbarunya yaitu Skylake. Generasi keenam ini menggunakan teknologi fabrikasi 14 Nanometer, meski sama dengan generasi sebelumnya kecepatan Prosesor ini mampu mencapai 50% lebih tinggi dan lebih hemat daya.

Menggunakan teknologi Speed Shift, Skylake mampu menekan pemborosan daya baterai. Generasi keenam tersebut juga mendukung penggunanya untuk menonton streaming video hingga kualitas 4K UHD. Di bawah ini adalah beberapa seri dari Prosesor Intel generasi Skylake:

  • Prosesor Intel® Core™ i3-6300T
  • Prosesor Intel® Core™ i5-6600T
  • Prosesor Intel® Core™ i7-6700T
  • Prosesor Intel® Core™ i7-6700K

7. Generasi Kaby Lake

Generasi Kaby Lake

*Sumber: https://www.funkykit.com/

Generasi Prosesor yang diluncurkan oleh Intel selanjutnya yaitu Kaby Lake. Generasi yang lahir pada 2016 ini masih sama menggunakan teknologi fabrikasi 14 Nanometer. Pada dasarnya, Kaby Lake adalah penyegaran arsitektur dari Sky Lake sehingga sedikit lebih efisien.

Kaby Lake menyematkan socket LGA 1151 dan mendukung dual-channel untuk tempat RAM DDR3L-1600 dan DDR4-2400. Keunikan dari generasi ketujuh ini, dilengkapi dengan arsitektur grafis baru untuk menunjang kinerja grafis 3D dan pemutaran video 4K lebih cepat.

Kaby Lake merupakan mikro-arsitektur pertama dari Intel yang tidak dilengkapi dengan driver resmi untuk sistem operasi yang lebih jadul (zaman dulu) dari Windows 10. Supaya tidak penasaran, selanjutnya akan dipaparkan seri-seri Prosesor Intel dari generasi Kaby Lake:

  • Prosesor Intel® Core™ i3-7300
  • Prosesor Intel® Core™ i3-7350K
  • Prosesor Intel® Core™ i5-7500T
  • Prosesor Intel® Core™ i7-7700T

8. Generasi Kabby Lake Refresh

Generasi Kabby Lake Refresh

*Sumber: https://arstechnica.com/

Generasi kedelapan ini merupakan Kabby Lake versi Refresh yang rilis pada 2017. Kendati memiliki desain MA yang sama dengan pendahulunya, namun performanya mengalami peningkatan yang sangat luar biasa.

Intel mengklaim bahwa peningkatan performa generasi Kabby Lake Refresh yaitu 40% dan 2,3 kali lebih cepat. Ini disebabkan Intel menambahkan jumlah core. Beberapa chipset generasi ini memiliki dukungan untuk RAM DDR4-2666 tetapi kurang didukung RAM DDR3. Di bawah ini Anda akan melihat beberapa seri Prosesor Intel dari generasi Kabby Lake Refresh:

  • Prosesor Intel® Core™ i3-8250U
  • Prosesor Intel® Core™ i3-8350U
  • Prosesor Intel® Core™ i7-8550U
  • Prosesor Intel® Core™ i7-8650U

9. Generasi Coffee Lake

Generasi Coffe Lake

*Sumber: https://www.tomshardware.com/

Nama yang unik untuk sebuah generasi Prosesor Intel berikutnya yaitu Coffee Lake. Generasi kesembilan ini dipublikasikan pada 2017. Generasi ini mampu menembus batas hingga 4 core per CPU.

Intel menyematkan penyebaran panas terpadu (HIS) ke CPU untuk meredam panas, sebab panas yang dihasilkan dalam inti processor Coffee Lake sangat besar.

Generasi ini  menggunakan socket LGA 1151 dengan piout yang diganti untuk menopang lebih dari 4 core bersama dengan cache L3 hingga 16 MB. Berikut adalah jajaran seri Prosesor Intel dari generasi Coffee Lake:

  • Prosesor Intel® Core™ i9-9900T
  • Prosesor Intel® Core™ i9-9900K
  • Prosesor Intel® Core™ i9-9880H
  • Prosesor Intel® Core™ i9-9980HK

10. Generasi Cannon Lake/Ice Lake

Generasi Cannon Lake

*Sumber: https://www.techspot.com/

Cannon Lake yang menjadi generasi kesepuluh Intel, menawarkan performa yang super cepat. Generasi yang diproduksi pada 2018 ini mempunyai teknologi 10 Nanometer yang semuanya anyar.

Disebut juga sebagai Ice Like, generasi ini menggunakan socket BGA1526, mendukung DDR4 3200 dan LPDDR4X 3733. Tidak hanya itu generasi ini dilengkapi dengan WiFi 6, HDR 4K, teknologi Thunderbolt 3, dan sistem cerdas lainnya. Berikut adalah beberapa seri Prosesor Intel keluaran generasi Cannon Like/Ice Lake:

  • Prosesor Intel® Core™ i7-1065G7
  • Prosesor Intel® Core™ i7-1068NG7
  • Prosesor Intel® Core™ i5-1035G4
  • Prosesor Intel® Core™ i3-1005G1

11. Generasi Tiger Lake

Generasi Tiger Lake

*Sumber: https://www.medcom.id/teknologi/

Seperti yang kita tahu peradaban terus mengalami kemajuaan, hal ini dibuktikan dengan perusahaan Intel yang merilis generasi Prosesor terbarunya bernama Tiger Lake. Prosesor generasi kesebelas ini menggunakan CPU dan GPU fabrikasi 1 nm++. Prosesor ini ditargetkan memiliki performa lebih kuat dan baterai hemat.

Tiger lake pada Laptop menghadirkan sembilan SKU produk dengan 4-core/8-thread dan di seri terbawah 2-core/4-thread, serta di antaranya memakai GPU Intel Iris Xe dan Intel UHD Graphics. Selain itu, generasi ini condong dipasangkan untuk Laptop dengan desain ringan dan tipis. Bagi Anda yang ingin check-out Laptop dengan Prosesor Intel Tiger Lake, berikut beberapa jajaran seri dari generasi ini:

  • Prosesor Intel® Core™ i7-1185G7
  • Prosesor Intel® Core™ i7-1165G7
  • Prosesor Intel® Core™ i5-1135G7
  • Prosesor Intel® Core™ i3-1115G4

Wah, banyak juga ternyata seri Prosesor Intel dari masa ke masa. Kalau boleh tahu, perangkat komputer atau Laptop Anda masuk generasi berapa dan seri apa? Coba cek laptopnya, biasanya ada tulisan Intel pada stiker yang menempel di dekat keyboard!

Bagi Anda yang berencana untuk membeli Laptop keluaran generasi teranyar, bisa menyambangi artikel bertajuk 10 Laptop dengan Intel Core i7 Termurah. Di sana Anda akan diberikan pilihan Laptop dengan Prosesor Intel sesuai bujet yang dimiliki.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram