Yuk Kenali Generasi Prosesor Intel dari Dahulu hingga Kini

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Bila kita membahas sebuah perangkat komputer, tentunya tidak akan lepas dari yang namanya Prosesor. Komponen ini diibaratkan seperti ‘otak’ pada manusia, memiliki tanggung  jawab sebagai pusat pengendali dan mengoordinasikan semua fungsi dari komputer.

Prosesor adalah perangkat terpenting dalam sebuah komputer, tanpa adanya komponen ini maka komputer tersebut tidak dapat bekerja. Prosesor juga dapat dikatakan sebagai tenaga pelaksana sebuah program atau perintah.

Komponen utama pada komputer ini tersemat pada socket yang sudah disediakan oleh motherboard dan bisa diganti dengan prosesor lain, dengan syarat sesuai socket yang ada di dalam motherboard. Sebuah Prosesor juga menjadi andil terhadap suatu kecepatan komputer.

Saat ini terdapat beberapa perusahaan Prosesor terkemuka yang memperkenalkan produk unggulannya, salah satunya yaitu Intel. Prosesor Intel selain terkenal juga dinobatkan sebagai pelopor dalam dunia teknologi, khususnya pada komputer.

Prosesor Intel ini tidak dapat kita lihat dari luaran komputer atau laptop, komponen ini telah tertanam di dalamnya. Tahukah Anda? Kalau ternyata Prosesor Intel memiliki beragam seri atau produk yang terus ditingkatkan atau upgrade dari masa ke masa.

Tentunya Anda wajib tahu soal ini, bukan tanpa alasan dengan mengetahui atau update soal perkembangan Prosesor Intel akan berguna bagi Anda saat membeli sebuah komputer atau Laptop. Dengan begitu, Anda akan terhindar penjual yang mungkin akan menipu.

Agar tidak tambah penasaran, berikut ini Carisinyal akan bahas berbagai seri Prosesor Intel dari masa ke masa berdasarkan generasi. Langsung saja baca sampai beres, yah!

1. Generasi Raptor Lake

intel generasi raptor lake_

Pada Oktober 2022, Intel memperkenalkan generasi Raptor Lake ke pasaran. Ini merupakan generasi Intel Core ke-13 setelah Alder Lake, membawakan peningkatan dari sisi performanya.

Seperti pada Alder Lake, generasi Raptor Lake juga kembali menggunakan desain arsitektur prosesor hibrida yang mengusung klaster high performance (P cores, Raptor Cove) dan klaster efisiensi daya (E cores, Gracemont).

Jumlah core tertinggi pada generasi ini dimiliki oleh Intel Core i9-13900K dan i9-13900KF, membawakan sebanyak 24 inti prosesor. 8 inti di antaranya merupakan P cores sedangkan 16 inti lainnya adalah E cores.

Hingga artikel ini ditulis (per November 2022), Intel Core i9-13900K merupakan prosesor gaming tergahar di dunia dengan clock speed yang mencapai 5.8 GHz pada inti high performance-nya.

Generasi Raptor Lake 13th gen juga memperkenalkan ragam prosesor lainnya yaitu Intel Core i7 (13700K dan 13700KF) serta Intel Core i5 (13600K dan 13600KF).

Intel Core generasi ke-13 juga membawakan peningkatan dukungan DDR5 hingga 5600 ketimbang 4800 pada generasi sebelumnya. Meskipun begitu, dukungan DDR4-nya tetap sama di angka 3200.

Sementara itu, sisi GPU-nya masih sama-sama gunakan Intel UHD Graphics 770 dengan proses Intel 7, seperti yang juga digunakan pada prosesor generasi 12 alias Alder Lake. Kehadiran Intel Core generasi ke-13 otomatis menjadikannya salah satu saingan terberat AMD Ryzen 7000 series yang duluan hadir di pasaran pada September 2022.

2. Generasi Alder Lake

intel alder lake

Pada ajang Consumer Technology Association (CES) 2022, Intel Alder Lake resmi diperkenalkan. Kode Alder Lake ini mengacu pada Intel Core generasi ke-12.’

Intel Alder Lake jadi prosesor yang menarik karena diperkenalkannya sistem kluster, yakni P-Core untuk performa dan E-Core untuk efisiensi daya. Sistem ini sedikit mirip dengan kluster prosesor yang ada di cip smartphone. 

Di awal perkenalan Alder Lake, Intel mengenalkan H-series, ada S-series, P-series, dan U-series.

Intel Alder Lake S menawarkan kemampuan prosesor sampai dengan 16 core dan 24 thread dengan TDP yang mampu menghantarkan daya 35 - 65 Watt. Intel mengklaim prosesor ini punya peningkatan 1,35 kali lebih cepat dalam multi-thread jika dibandingkan dengan CPU Intel Core generasi ke-10. Peningkatan performa juga terjadi di sektor grafis. 

Intel Alder Lake S-series hadirkan Intel UHD Graphics 770 yang digerakkan oleh arsitektur Intel Xe untuk mendukung tampilan virtual. 

Untuk H series, Intel hadirkan prosesor dengan 4 core CPU (6-P-core dan 8 E-core) serta 20 threads dengan rentang TDP mencapai 35-45 Watt. 

Intel juga hadirkan P-series dan U-series yang ditujukan untuk laptop. P-series adalah prosesor Intel Alder Lake untuk laptop yang punya desain ramping tapi ingin performa yang kencang. Sementara U-series yang beroperasi dengan rentang TDP 9-15 Watt juga diperuntukan untuk laptop yang lebih ramping. 

Selain itu, ada juga beberapa series baru seperti HX untuk gaming dan workstation dan juga series E. Untuk berbagai jenis prosesor dan tentang Alde Lake, dapat disimak pada lama resmi Intel soal Alder Lake.

3. Generasi Tiger Lake

Generasi Tiger Lake
*Sumber: https://www.medcom.id/teknologi/

Seperti yang kita tahu peradaban terus mengalami kemajuaan, hal ini dibuktikan dengan perusahaan Intel yang merilis generasi Prosesor terbarunya bernama Tiger Lake. Prosesor generasi kesebelas ini menggunakan CPU dan GPU fabrikasi 1 nm++. Prosesor ini ditargetkan memiliki performa lebih kuat dan baterai hemat.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram