advertisements

Pernahkah Anda membayangkan memiliki asisten pribadi virtual yang bisa menangani berbagai pekerjaan Anda sehingga meringankan tugas Anda? Beberapa waktu lalu Carisinyal memang sempat mengulas beberapa aplikasi untuk pebisnis yang mungkin bisa untuk membantu meringankan pekerjaan. Nah, sekarang lengkapi beberapa aplikasi bisnis tersebut dengan turut menginstall aplikasi yang bisa berperan sebagai asisten pribadi Anda.

Di beberapa film yang mengusung teknologi canggih, seperti film-film James Bond, kita bisa memerintah benda hanya dengan mengeluarkan perintah suara. Ingin memiliki pengalaman seperti itu? Coba install aplikasi asisten pribadi berikut ini di smartphone Android Anda.

AIVC (Alice)

advertisements

Di antara berbagai aplikasi asisten pribadi, AIVC (Alice) adalah aplikasi yang memiliki track record di atas rata-rata. Kemampuan dari aplikasi ini adalah mewujudkan hal-hal sederhana yang Anda minta, seperti membuka kalender, informasi cuaca, aplikasi, waktu, pengingat, kalkulator, dan mencari gambar di smartphone Anda.

Untuk lebih memanfaatkan AIVC sebagai asisten pribadi, maka Anda dapat meminta untuk mencari informasi seputar saham atau statistik melalui internet. Percayalah, AIVC tidak serumit Google Now dan lebih mampu menerima berbagai jenis suara secara tepat.

Cortana

Cortana Aplikasi Asisten Pribadi

Hi, I am Cortana… and now I can be your personal assistant. I can help you to get things done…” Sambutan inilah yang didapat ketika Anda membuka aplikasi Cortana untuk pertama kali. Jika Apple memiliki Siri, Microsoft juga menawarkan asisten pribadi, yaitu Cortana. Apa yang bisa dilakukan oleh Cortana?

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memanggil seseorang yang terdapat di kontak telepon smartphone, mengirim SMS dan email, menceritakan lelucon, membuat catatan, menambahkan hal ke kalender, dan masih banyak lagi. Cortana akan melakukan semua tugas yang Anda perintahkan melalui suara. Meskipun dibuat untuk Microsoft, Cortana tetap bisa dipakai di smartphone Android.

Cyman Mark 2

Cyman Mark 2

Cyman Mark 2 adalah aplikasi yang bisa berperan sebagai asisten pribadi untuk Anda, tetapi sayangnya aplikasi ini memang kurang dikenal. Hal-hal dasar yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini antara lain adalah mengotomatisasi tugas, mengirim pesan, mencari informasi di internet, dan banyak lagi.

Ugo Ano, developer yang mengembangkan Cyman Mark 2, berusaha menambahkan beberapa fitur pendukung, seperti terjemahan bahasa, manajemen daftar tugas, pengaturan alarm, konversi unit, dan perintah yang sudah dijadwalkan. Penasaran dengan Cyman Mark 2? Anda bisa mencoba versi gratis dari aplikasi ini yang tersedia di Play Store.

Dragon Mobile Assistant

Dragon Mobile Assistant

Ingin hidup yang lebih nyaman? Coba untuk menginstall aplikasi asisten pribadi ini, yaitu Dragon Mobile Assistant. Aplikasi ini dikembangkan oleh Nuance Communications Inc., yang merupakan developer pengembang keyboard ikonik Swype. Adapun Dragon Mobile Assistant akan menjalankan perintah suara untuk mengirim pesan, memposting status di Facebook dan Twitter, mengirim email, set pengingat, dan mencari informasi di internet.

Semua perintah hanya perlu diberikan melalui suara. Bahkan, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan teknologi pengenalan suara yang sangat akurat. Tak hanya itu saja, sebagai pengguna Dragon Mobile Assistant Anda juga berhak memilih jenis suara dan nama asisten pribadi Anda di aplikasi ini.

Google Allo

advertisements

Sedikit berbeda dengan aplikasi asisten lainnya, Google Allo adalah aplikasi chatting yang masih dikembangkan oleh Google. Nantinya, Google Allo ini bisa menjadi salah satu aplikasi chatting pintar yang sangat menarik. Bagaimana tidak, Anda bisa mengetik isi chat berdasarkan emosi yang Anda rasakan. Ukuran teks yang tertulis menandakan apakah Anda sedang berteriak atau berbisik.

Membalas pesan dengan Smart Reply akan menjadi terasa lebih mudah karena Anda tidak perlu mengetik. Fitur ini akan mempelajari pola respon Anda dan menyarankan tanggapan dengan teks maupun foto. Di Google Allo, Google juga mengombinasikan layanan messenger dengan asisten pribadi karena Anda juga memberikan perintah suara untuk tugas-tugas dasar.

Google Now

Nah, yang satu ini pasti sudah sangat akrab bagi pemilik smartphone Android. Google Now memang merupakan aplikasi bawaan di handset Android. Sejak pertama kali dirilis, kehadiran Google Now sudah dianggap sangat membantu. Anda bisa mencari berbagai tempat di lokasi yang terdekat dengan posisi Anda. Tempat tersebut bisa berupa restoran, ATM, bank, SPBU, minimarket, dan sebagainya.

Cari berbagai informasi di Google hanya dengan mengandalkan perintah suara melalui Google Now ini. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa membuat perintah, seperti mengirim pesan, melakukan panggilan, set alarm, dan masih banyak lagi. Untuk menggunakannya dengan benar, Anda bisa mengikuti tutorialnya di artikel ini.

Hound

Hound

Di antara beragam aplikasi asisten pribadi, Hound termasuk salah satu yang terbaik. Bahkan, aplikasi ini bisa disejajarkan dengan Cortana. Aplikasi ini akan merespon perintah Anda dengan tanggapan yang sangat cepat. Bahkan, Anda tidak perlu menyebutkan keyword khusus saat memberi perintah suara, cukup bicara secara alami saja.

Hound adalah aplikasi yang mampu memberikan layanan informasi, hiburan, dan komunikasi yang Anda inginkan. Anda bisa memberi perintah, seperti “OK, Hound. Play the top songs around the world” untuk memutar playlist lagu terkenal. Anda juga bisa memberi perintah untuk mencari informasi di Wikipedia atau Google.

Indigo Virtual Assistant

Indigo Virtual Assistant

Aplikasi asisten yang sangat favorit adalah Indigo Virtual Assistant. Ketika memberi perintah suara pada aplikasi ini, maka aplikasi ini akan memberikan pendapat. Ya, Anda akan merasa seperti sedang berbicara dengan manusia.

Indigo akan memberikan informasi berita, mengontrol musik, menceritakan lelucon, menerjemahkan, mencari video di YouTube, menemukan tempat tertentu, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, ketika Anda menggunakan Indigo Virtual Assistant, Anda akan merasa seperti memiliki asisten pribadi yang layaknya manusia.

Jarvis

Jarvis

Tahukah Anda tentang sosok bernama Jarvis, virtual asisten milik Iron Man? Nah, aplikasi ini akan menjadi “Jarvis” Anda meskipun tidak mampu melakukan hal-hal yang secanggih di film Iron Man. Kehadiran Jarvis sudah sangat membantu, terutama untuk mengatur wallpaper, mengontrol perangkat, dan lain-lain.

Aplikasi ini bisa digunakan di Android Wear. Sayangnya, ada satu kekurangan dari Jarvis, yakni aplikasi ini hanya mendukung perintah suara dalam Bahasa Inggris saja.

Robin

Robin

Robin adalah aplikasi asisten penantang Siri. Meskipun demikian, aplikasi ini masih dirilis dalam versi beta. Pengembang masih terus menambahkan berbagai macam fitur agar Robin bisa benar-benar menyaingi Siri dari Apple.

Anda bisa mencoba versi beta ini untuk mengirim SMS, mencari tahu tentang informasi lalu lintas, mencari tempat parkir, menelusuri harga BBM terbaru, dan masih banyak lagi. Robin diklaim dapat menjadi aplikasi asisten yang bisa menyaingi kinerja dari Siri.

Sejumlah aplikasi asisten pribadi ini akan sangat membantu Anda untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Nah, berminat untuk mencoba aplikasi pintar ini? Manakah aplikasi asisten yang ingin Anda coba terlebih dahulu? Share pengalaman unik Anda setelah menginstall dan mencoba salah satu aplikasi di atas, ya!

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan Sumber Gambar: