advertisements

Punya smartphone canggih, tetapi masih menggambar di atas kertas? Mengapa tidak coba memanfaatkan smartphone Anda untuk menjadi “kertas gambar” yang ramah lingkungan? Terlebih jika smartphone Anda dibekali dengan stylus pen, tentu saja kegiatan menggambar di smartphone jadi terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Berikut ini Carisinyal akan membagikan daftar aplikasi menggambar di Android. Sebagian besar aplikasi yang akan kami rekomendasikan ini bisa diunduh secara gratis, lho. Mari manfaatkan aplikasi menggambar di smartphone Anda untuk membuat sketsa, gambar anime, atau lukisan.

ArtFlow

advertisements

Aplikasi menggambar di Android yang terbaik ini bisa bekerja dengan optimal pada Samsung S Pen dan Nvidia Direct Stylus. Lantas, bagaimana jika smartphone Anda tidak dibekali dengan stylus? Anda tetap dapat menggunakan ArtFlow meskipun smartphone Anda tidak memiliki stylus.

Manfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini untuk menggambar. Ada lebih dari 70 jenis kuas dan alat-alat lainnya, 16 layers, undo tak terbatas, serta kanvas hingga ukuran 4096 x 4096 piksel. ArtFlow adalah aplikasi yang bisa diunduh secara gratis, tetapi versi Pro yang berbayar tentu saja menawarkan sejumlah fitur yang lebih mumpuni.

Painter Mobile

Painter Mobile aplikasi menggambar di android

Ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Corel dan memungkinkan Anda untuk membuat sketsa atau lukisan kapan dan di mana saja. Dengan aplikasi ini, impor file ke Corel Painter di dekstop juga jadi lebih mudah. Painter Mobile menawarkan sejumlah fungsi dan alat-alat dasar yang akan menunjang kegiatan menggambar Anda.

Painter Mobile memberikan beberapa fitur yang menarik, seperti efek unik, simetri lukisan, two finger canvas rotation, dan kemampuan untuk bekerja hingga 20 layers. Aplikasi ini bisa didownload gratis di perangkat Android Anda. Namun, jika Anda ingin menggunakan lebih banyak jenis kanvas atau menyimpan gambar dengan format PNG, Anda harus membeli Painter Mobile versi Pro.

Silk Paints Drawing

Silk Paints Drawing

Jika dilihat sekilas, Silk Paints Drawing adalah sebuah aplikasi menggambar biasa. Namun, aplikasi ini dilengkapi dengan cat multi-kuas yang unik untuk menciptakan sebuah keajaiban melalui setiap goresannya.

Selain dibekali dengan berbagai set kuas untuk menggambar, Silk Paints Drawing turut menawarkan fitur “life tracks” yang memungkinkan Anda untuk merekam proses menggambar dan menayangkannya kembali. Fitur tersebut juga memampukan Anda untuk membuat wallpaper dengan gambar animasi yang bisa bergerak. Silk Paints Drawing adalah aplikasi gratis yang disertai dengan beberapa fitur unggulan yang harus dibeli terlebih dahulu agar bisa digunakan.

SketchBook Express

SketchBook Express

Selanjutnya, ada aplikasi menggambar di Android khusus untuk profesional, yakni SketchBook Express. Aplikasi ini kompatibel terhadap berbagai perangkat Android dengan layar berukuran minimal 4 inci. Jika Anda pernah mencoba SketchBook Express Pro pada dekstop, aplikasi ini juga sama persis dengan versi dekstopnya.

Apa saja yang terdapat di dalam aplikasi ini? Tentu saja kuas yang canggih, 4 mode gambar berbeda, full layers control, 2500% zoom, alat transform gratis, dan masih banyak lagi. Semua yang ada di dalam aplikasi ini bisa dipakai secara gratis. Itulah sebabnya SketchBook Express kami rekomendasikan sebagai aplikasi terbaik untuk menggambar di perangkat Android Anda.

LayerPaint

advertisements

Apakah Anda seseorang yang gembar menggambar karakter anime? Jika ya, LayerPaint ini adalah aplikasi yang cocok dan sesuai untuk memenuhi kebutuhan Anda. LayerPaint adalah aplikasi menggambar yang mendukung multiple layers yang memungkinkan Anda untuk melukis dan menyimpan file dalam format PSD.

LayerPaint dalam versi Pro akan lebih banyak menawarkan kuas-kuas dan alat yang bisa membuat gambar Anda jadi tampak lebih sempurna. Namun, LayerPaint adalah aplikasi berbayar yang harus dibeli seharga USD $2.99. Sebagai bahan pertimbangan, aplikasi ini mendapat rating 4,4 di Google Play Store, yang artinya aplikasi ini cukup worth untuk dibeli.

Clover Paint

Masih membahas aplikasi yang bisa mendukung kegiatan menggambar karakter anime, Carisinyal merekomendasikan Clover Paint. Bagi pemula yang ingin mencoba aplikasi ini, mungkin tampak sedikit rumit pada awalnya. Akan tetapi, setelah Anda menggunakan aplikasi ini dalam beberapa waktu ke depan, maka semuanya akan tampak lebih sederhana dan mudah.

Di dalam aplikasi ini, Anda bisa menggunakan kuas yang canggih dan layer systems, dan custom hotkeys. Melalui Clover Paint, Anda dapat mengimpor atau mengekspor gambar dalam format PSD. Clover Paint bisa dibeli di Google Play Store dengan harga USD $5.99. Akan tetapi, rating 4,6 membuktikan bahwa Clover Paint adalah aplikasi yang layak dibeli.

Sand Draw

Sand Draw

Saat berada di pantai, mungkin Anda pernah menulis grafiti atau sekedar melukis gambar sederhana di atas pasir. Karena pada kenyataannya, melukis dengan menggunakan media pasir tidaklah mudah. Aplikasi menggambar di Android yang satu ini memampukan Anda untuk menggambar secara “realistis” di atas pasir.

Uniknya, Sand Draw menyediakan tekstur pasir yang berbeda, sea view yang bisa dipilih, dan tambahan objek pantai yang meliputi gulma, kerang, dan batu-batuan. Sand Draw tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

Sketch Master

Sketch Master

Ini adalah aplikasi menggambar yang ditujukan oleh pengguna profesional. Sketch Master berhasil membuktikan sebagai aplikasi yang terbaik karena aplikasi ini sudah dipasang sebanyak lebih dari 1 juta kali di perangkat Android.

Interface sederhana, beberapa jenis kuas yang canggih, fitur text-to-path, color picker, kemampuan zoom hingga 3000%, dan layers yang tak terbatas adalah keunggulan yang coba ditawarkan oleh Sketch Master. Keunggulan lain yang membuat Anda segera ingin mencoba aplikasi ini adalah Sketch Master bisa didownload secara gratis.

Magic Paint Kaleidoscope

Magic Paint Kaleidoscope

Dengan Magic Paint Kaleidoscope, Anda bisa menggambar sketsa kaleidoskop yang selama ini dianggap sulit. Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ini menawarkan berbagai jenis kuas, delapan mode kaleidoskop, dan galeri khusus untuk menyimpan segala hasil gambar kaleidoskop Anda. Tak hanya sampai di situ, Anda pun bisa memutar kaleidoskop buatan Anda sebagai gambar animasi melalui Magic Paint Kaleidoscope ini!

My Paints

Untuk membunuh waktu dan mengatasi kebosanan, menggambar adalah kegiatan yang sangat efektif. Namun, menggambar di kertas adalah suatu bentuk pemborosan. Bagaimana jika Anda menggambar melalui My Paints di perangkat Android Anda? Aplikasi ini dapat menjadi “kanvas” yang bisa dipakai untuk menggambar segala hal yang Anda inginkan.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menjadikan foto atau gambar yang sudah tersimpan di galeri perangkat Anda sebagai kanvas. My Paints dalam versi gratis menyediakan mode khusus untuk anak-anak. Sementara versi berbayar tidak ada iklan dan memiliki lebih banyak jenis kuas dan fitur.

Dengan aplikasi menggambar di Android ini, Anda bisa menyalurkan hobi menggambar Anda secara hemat dan mudah. Bahkan, hasil lukisan Anda bisa langsung dibagikan ke social media sehingga hasil karya Anda bisa dilihat oleh banyak orang.

Artikel Menarik Lainnya: