advertisements
advertisements

Memiliki HP Android membuat kita semakin betah untuk berlama-lama menggunakan ponsel tersebut, mulai dari chatting bersama teman hingga eksis di media sosial. Namun, pernahkah Anda sadari bahwa smartphone Android yang digunakan dengan intensitas yang tinggi bisa menjadi panas?

Suhu panas yang muncul ketika kita sering menggunakan smartphone terletak pada CPU-nya. Beberapa aktivitas yang disinyalir dapat membuat ponsel menjadi panas adalah bermain game, browsing, hingga menggunakan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

advertisements
advertisements

Jika suhu panas pada ponsel dibiarkan begitu saja, lama kelamaan ponsel akan menjadi rusak. Kerusakan tersebut bisa terjadi pada baterai yang mudah habis karena sering terpapar suhu panas, layar kurang responsif, hingga mesin yang mati karena overheat.

Lantas, apa solusi untuk mengatasi smartphone agar tidak panas saat digunakan untuk aktivitas multitasking yang berat tersebut? Solusinya cukup mudah karena Anda dapat menginstall aplikasi pendingin Android di smartphone Anda. Nah, berikut Carisinyal telah membuat daftar aplikasi terbaik untuk mendinginkan smartphone Android Anda tersebut.

Clean Master

fungsi clean master cpu cooler

Salah satu aplikasi pendingin Android yang paling populer adalah Clean Master. Aplikasi ini memiliki fitur CPU Cooler, di mana ia akan menghentikan aplikasi yang dapat membuat perangkat jadi lebih cepat panas secara otomatis.

Di samping itu, Clean Master juga dilengkapi dengan fitur bermanfaat lainnya, seperti Memory Boost, yakni fitur yang dapat membebaskan RAM sehingga perangkat jadi lebih dingin dan hemat baterai. Tak cukup sampai di situ, Clean Master juga menawarkan fitur Battery Saver, Anda bisa menghemat baterai perangkat secara efisien hanya dengan satu kali tap saja.

DU Battery Saver & Fast Charge

DU Battery Saver

Berikutnya, ada DU Battery Saver yang menawarkan fitur Phone Cooler. Cara kerja dari fitur ini adalah dengan memantau secara sistematis, mengelola, dan menonaktifkan aplikasi yang menggunakan CPU secara intensif. Pemakaian CPU secara berkala dapat membuat perangkat jadi lebih mudah panas, maka dari itu DU Battery Saver hadir dengan menonaktifkan aplikasi yang terlalu banyak menggunakan CPU.

Perangkat Anda tidak menyediakan fitur fast charging? Tak masalah, karena dengan DU Battery Saver ini, Anda bisa mengisi daya baterai secara lebih cepat. Pasalnya, aplikasi yang satu ini berperan sebagai booster yang mempercepat proses pengisian baterai hingga 20%.

Z Speed+

Z Speed+

Satu lagi aplikasi pendingin Android yang layak untuk dipertimbangkan, yakni Z Speed+. Aplikasi yang bisa didownload secara gratis di Google Play Store ini memiliki fitur Memory Boost untuk membebaskan memori telepon sehingga perangkat menjadi lebih dingin. Tak hanya itu saja, Z Speed+ juga akan meningkatkan kecepatan perangkat Anda hingga 60%.

Fitur Junk Cleaner yang terdapat dalam aplikasi ini juga bermanfaat untuk menghapus cache dari semua aplikasi di perangkat Anda. Pasalnya, cache dan junk juga berkontribusi dalam memperlambat performa smartphone Anda. Tingkatkan kecepatan perangkat Android Anda dengan menginstall Z Speed+, aplikasi hebat yang satu ini juga akan membuat suhu perangkat Anda jadi lebih sejuk.

Temperature Guard

advertisements

Baterai smartphone Anda cepat panas? Cobalah menginstall Temperature Guard pada smartphone Anda. Aplikasi ini bekerja dengan cara memantau suhu smartphone dan memperingatkan Anda bila suhu smartphone Anda sudah mencapai batas kritis. Notifikasi penginat tanda bahwa suhu baterai sudah sangat kritis adalah saat LED Flash pada smartphone Anda menyala.

advertisements

Ketika hal itu terjadi, Anda harus melakukan cara untuk mendinginkan smartphone secara manual, yakni dengan menutup semua aplikasi serta meletakkan smartphone di tempat yang sejuk dan memiliki ventilasi udara yang baik. Temperature Guard tidak banyak memakai CPU dan baterai Anda, sehingga aplikasi ini sangat layak untuk Anda pertimbangkan.

Cool Master

Satu lagi aplikasi profesional yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi dan menutup sumber daya yang membuat ponsel Anda menjadi overheating. Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, Cool Master bertindak untuk mengurangi penggunaan CPU dan mendinginkan ponsel Anda. Melakukan kegiatan multitasking di ponsel kini tak lagi jadi masalah semenjak ada Cool Master.

Cool Master memiliki algoritma pendinginan yang cerdas dan sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan baterai meskipun digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat, aktivitas multimedia, dan gaming. Fitur yang dimiliki Cool Master hampir sama dengan yang ada pada Cooler Master.

Kebanyakan ponsel akan menjadi panas saat sedang dicharge atau digunakan untuk menonton video. Nah, atasi masalah tersebut dengan Cool Master. Yuk, cari dan unduh aplikasi gratis ini di Google Play Store.

EaseUS Coolphone

EaseUS Coolphone

Dengan interface yang sederhana, EaseUS Coolphone hadir sebagai aplikasi pendingin Android yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini dapat mengatasi masalah overheating pada smartphone Anda hanya dengan sekali tap saja. Untuk menghasilkan suhu baterai yang lebih rendah, EaseUS Coolphone akan bekerja dengan menutup aplikasi yang dirasa terlalu banyak menggunakan CPU smartphone Anda.

Jika Anda tidak ingin melakukan pekerjaan ini secara manual, maka Anda dapat menggunakan Smart Controller Mode, di mana aplikasi ini akan menutup koneksi jaringan Wi-Fi dan aplikasi lainnya saat perangkat smartphone Anda terkunci. EaseUS Coolphone bisa Anda peroleh secara gratis melalui Google Play Store.

Cooler Master

aplikasi pendingin android cooler master

Aplikasi pemantau suhu profesional ini cukup populer dan menjadi idola sebagian besar pengguna ponsel Android. Cooler Master adalah sebuah aplikasi yang dapat mengendalikan dan mendeteksi sumber daya berat yang menggunakan RAM dan CPU cukup banyak.

Cooler Master akan mengendalikan aplikasi tersebut untuk mengurangi penggunaan CPU agar ponsel memiliki suhu yang lebih dingin. Cooler Master juga sudah didukung dengan beberapa bahasa, antara lain Inggris, Cina, Spanyol, Rusia, dan Indonesia. Seluruh fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini bisa Anda nikmati secara gratis.

Beberapa fitur yang tersemat pada aplikasi ini adalah Real-time Temperature Monitoring untuk monitor dan log suhu ponsel secara real time, Dynamic Overheating App Detection yang berfungsi untuk menganilisi penggunaan CPU secara dinamis dan menentukan penyebab ponsel menjadi overheating.

Terdapat pula fitur One Tap Cool Down yakni fitur yang memungkinkan Anda untuk menutup aplikasi overheating dalam satu kali menekan saja, dan Overheating Prevention yang dapat menutup aplikasi penyebab kenaikan suhu agar ponsel tidak panas.

Coolify

coolify

Ini merupakan sebuah aplikasi dengan interface yang menarik. Meskipun memiliki tampilan yang cantik, Coolify tetap tidak melupakan fungsi utamanya yakni menjaga suhu perangkat Anda agar tetap stabil. Coolify akan menjaga suhu ponsel tetap rendah dan mengoptimalkan kinerja baterai tanpa membuatnya panas.

Aplikasi yang ditawarkan oleh OneXuan App ini memang luar biasa. Pasalnya, Coolify mampu menjaga suhu ponsel tetap normal ketikan digunakan untuk bermain game dan multitasking. Menariknya, Anda juga dapat melakukan optimisasi hanya dengan satu klik.

Coolify juga mendukung modus Immersive agar tampilannya tampak modern dan simpel. Ya, tampilan interface yang sederhana merupakan andalan dari Coolify karena tidak ada orang yang mendambakan sebuah aplikasi dengan interface yang rumit dan susah digunakan, bukan?

Untuk menjaga smartphone dan tablet Android Anda agar tidak panas, Coolify adalah salah satu aplikasi terbaik yang bisa diandalkan. Aplikasi Coolify ini bisa didownload secara gratis melalui Google Play Store.

Device Cooler

device cooler

Apakah Anda membutuhkan aplikasi pendingin Android yang sederhana dan bisa mengatasi masalah umum yang membuat smartphone Anda menjadi panas? Device Cooler adalah jawabannya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Technoapp ini akan mengontrol penggunaan aplikasi tambahan yang membuat ponsel menjadi panas dan lambat.

Keunggulan Device Cooler adalah membersihkan memori cache dan membebaskan RAM secara otomatis. Bahkan, tak hanya berfokus pada suhu ponsel, Device Cooler juga mampu mengoptimalkan kecepatan ponsel. Di samping itu, aplikasi ini bekerja untuk mengurangi penggunaan CPU dan menjamin baterai ponsel tetap tahan lama.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika menggunakan smartphone untuk menjalankan aktivitas multitasking, karena Device Cooler dapat mengoptimalkan suhu dan kinerja ponsel hanya dengan satu kali tekan. Sama seperti Coolify, Device Cooler adalah aplikasi yang mudah digunakan dan bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

Device Cooler Heat Minimiser

Devide Cooler Heat Minimiser

Terakhir, kita akan berkenalan dengan aplikasi besutan Easy Logics, yaitu Devide Cooler Heat Minimiser. Penggunaan GPU dan CPU tinggi serta konsumsi RAM yang cukup banyak adalah salah satu faktor penyebab ponsel menjadi panas.

Dengan aplikasi ini, Anda  bisa mendeteksi dan menutup sumber daya yang banyak menggunakan CPU, GPU, dan RAM sehingga ponsel Anda menjadi lebih dingin. Dengan begitu, Anda bisa tetap menggunakan ponsel tanpa khawatir terjadi overheat.

Devide Cooler akan membersihkan aplikasi yang memonopoli penggunaan daya baterai. Selain itu, aplikasi pintar yang satu ini juga dapat membuat penggunaan RAM menjadi lebih efisien. Pasalnya, tanpa Devide Cooler ponsel Anda akan tetap memiliki suhu yang panas ketika digunakan untuk menjalankan aktivitas multitasking.

Devide Cooler Heat Minimiser akan memantau memori dari aplikasi overheating dan membatasi penggunaan RAM agar ponsel tidak menjadi panas. Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 500 ribu kali ini cukup dapat diandalkan untuk mengatasi masalah ponsel dengan suhu yang panas.

Semua aplikasi pendingin Android di atas bisa Anda download di Google Play Store. Selain itu, semua aplikasi tersebut tanpa root dan bisa didownload secara gratis. Silahkan coba aplikasinya agar Anda dapat beraktivitas dengan smartphone Android tanpa takut kepanasan lagi.

Artikel Menarik Lainnya: