Carisinyal / Aplikasi Komunikasi / 10 Aplikasi untuk Membuka Email Terbaik di PC dan Laptop

10 Aplikasi untuk Membuka Email Terbaik di PC dan Laptop

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mengelola tugas dengan cerdas dan efisien merupakan kunci untuk meningkatkan produktivitas. Aplikasi email bisa memainkan peran penting, tidak hanya mengelola kotak masuk, tetapi juga merapikan isi email. Selain itu, hal penting lainnya adalah menata jadwal dengan rapi dan mengelola tugas dengan baik. Untuk itu kamu harus menggunakan aplikasi email yang tepat.

Jika kamu berpikir bahwa aplikasi email yang kamu gunakan sekarang ada kekurangan fleksibilitas dan fitur yang diperlukan untuk menangani banyak tugas secara bersamaan, di bawah ini Carisinyal akan membahas rekomendasi aplikasi email untuk PC yang dapat diandalkan dengan baik.

1. eM Client

eM Client

* sumber: www.predictiveanalyticstoday.com

Aplikasi email ini dirilis pada tahun 2007. eM Client merupakan aplikasi email yang populer untuk Windows yang menawarkan fitur seperti email, kalender, dan manajemen kontak dalam versi gratisnya. Versi gratis lisensinya terbatas hanya untuk satu perangkat dengan dua akun email non-komersial.

Tujuan utama eM Client yaitu menawarkan informasi kontekstual dari email yang kamu miliki. Kamu tidak hanya bisa mengetahui tentang pengirim, tapi juga perlu mengetahui sejarah komunikasi, riwayat lampiran, dan agenda yang dapat menghemat banyak waktu bagi siapa pun.

2. Microsoft Outlook

Microsoft Outlook

* sumber: www.microsoft.com

Microsoft Outlook merupakan aplikasi email untuk sebagian besar bisnis dan perusahaan. Aplikasi ini telah ada selama beberapa dekade, dengan asal-usulnya berasal dari MS-DOS. Sudah jelas bahwa aplikasi ini memiliki keterkaitan erat dengan layanan Microsoft lainnya, dan tak sekedar bertukar pesan.

Outlook mempunyai keuntungan karena terintegrasi penuh dengan Kalender Outlook, sehingga membuat berbagi kalender untuk mengkoordinasikan rapat dapat dilakukan dengan cepat. Integrasi ini juga meluas sampai ke Kontak Outlook.

Outlook tak hanya mendukung platform Windows, tapi juga lintas platform seluler iOS dan Android. Microsoft Outlook tersedia sebagai bagian dari suite Microsoft Office, yang dapat dibeli sebagai Office 2016 mandiri, atau Office 365 berbasis langganan.

3. Mozilla Thunderbird

Mozilla Thunderbird

* sumber: www.ghacks.net

Mozilla Thunderbird merupakan aplikasi email berfitur lengkap dan aman serta RSS feed reader. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengelola surat secara efisien dan dengan gaya, dan seperti program email lainnya, aplikasi ini juga menyaring surat sampah.

Thunderbird terlihat menonjol dibandingkan program email Windows gratis lainnya dalam banyak hal, contohnya mendukung banyak add-on, memungkinkan kamu mengunduh tema untuk menyesuaikan seluruh tampilan aplikasi, dan memberikan akses penuh untuk mengubah banyak pengaturan dan fitur.

4. Windows Mail

Windows Mail

* sumber: tomope.zaribanks.co

Windows Mail merupakan aplikasi default yang sudah terpasang sebelumnya pada Windows, dan sangat simpel. Jika kamu adalah pengguna Windows, kamu akan mengenali nuansa khas program ini. Di bilah sisi kiri, kamu bisa mengakses kalender, tugas, dan kotak masukmu.

Setelah masuk ke kotak masuk email, semuanya cukup mendasar. Kamu tidak akan menemukan pilihan snooze, yang ada justru kemampuan untuk menjadwalkan pesan, atau bahkan mengedit HTML. Ada opsi untuk menggambar di dalam pesan: Mulailah menulis pesan baru, lalu klik pada tab Draw di bagian atas.

5. Mailspring

Mailspring

* sumber: mac.softpedia.com

Pada Agustus 2017, tim Nylas Mail mengumumkan bahwa mereka tidak lagi mengerjakan aplikasi tersebut dan membuka sumbernya untuk umum. Salah satu pencipta aplikasi ini kemudian membuat proyek baru dari aplikasi lama dan meluncurkan kembali Nylas Mail sebagai Mailspring.

Dia mengoptimalkan dan meningkatkan banyak komponen internal, menghasilkan sinkronisasi yang lebih cepat, penggunaan RAM yang lebih sedikit, waktu peluncuran lebih cepat, dan banyak lagi. Bagi kamu yang menginginkan keandalan dan daya tahan yang teruji, Thunderbird bisa jadi pilihan.

Namun untuk kamu yang menginginkan sesuatu yang segar, baru, menarik, dan penuh potensi masa depan, Mailspring merupakan aplikasi email pilihan. Aplikasi email ini gratis untuk digunakan tanpa batas dengan beberapa fitur canggih yang akan terkunci kecuali kamu sudah berlangganan.

6. Postbox

Postbox

* sumber: www.malavida.com

Postbox merupakan aplikasi email yang kamu butuhkan untuk menjaga kotak masukmu bebas dari gangguan dan dengan cepat mengakses pesan dari banyak akun email. Dengan membawa semua akun emailmu di satu tempat, kamu akan bisa memindai pesan dengan lebih cepat.

Dari segi antarmuka, Postbox terasa cukup bagus dan menarik. Dengan banyak pilihan penyesuaian yang diterapkan, kamu mendapatkan cukup kebebasan untuk mempersonalisasi aplikasi sehingga tetap sesuai dengan permintaanmu.

Pemfilteran real-time menarik karena bisa memisahkan pesan yang tidak perlu. Kamu juga bisa mengatur pesan dengan tag yang berbeda. Selain itu, kamu juga bisa memisahkannya berdasarkan kontak supaya email dari VIP tidak hilang karena kekacauan.


Lebih baik lagi, kamu dapat membuat pengingat tentang hal-hal yang harus kamu lakukan dan meletakkannya tepat di bagian atas daftar pesan sehingga matamu tidak pernah gagal menemukan pengingat tersebut.

7. Mailbird Pro

Mailbird Pro

* sumber: condorwingman.wordpress.com

Mailbird Pro merupakan aplikasi email yang memberikan jaminan untuk menghemat waktu mengelola banyak akun dan membuat emailmu jadi mudah dan indah. Aplikasi email yang satu ini menawarkan banyak tema gratis, sehingga bisa memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan saat mengelola email.

Berbeda dari beberapa aplikasi email Microsoft-sentris lainnya, Mailbird Pro mendukung beragam aplikasi terintegrasi, termasuk WhatsApp, Google Calendar, Google Documents, Facebook, Dropbox, Twitter, dan Slack, semuanya menjadikan alur kerja yang disederhanakan menjadi lebih baik.

Namun, satu kelemahan yang perlu diperhatikan di sini yaitu aplikasi ini tidak memiliki dukungan untuk filter atau aturan untuk mengatur kotak masukmu. Mailbird Lite tersedia secara gratis, namun ada juga yang berbayar dengan harga sekitar Rp 125.000.

8. The Bat

The Bat

* sumber: www.ritlabs.com

The Bat mungkin akan langsung membangkitkan tokoh superhero yang biasa berkostum seperti kelelawar. Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi sejumlah masalah keamanan yang, walaupun tidak selalu umum, berpotensi mempengaruhi aplikasi email lainnya.

Aplikasi email ini membutuhkan kunci untuk mendekripsi semua data yang disimpannya. Ini berarti data hanya dapat diakses melalui aplikasi itu sendiri, tidak seperti aplikasi email yang lain yang menyimpan informasi dalam folder lokal, di mana itu dapat diperoleh dari luar program.

Dengan enkripsi disk on-the-fly, semua data yang dikelola melalui aplikasi akan disimpan dan dienkripsi di hard drive pengguna, memberikan perlindungan berlapis ekstra pada sistem cadangan yang sangat efisien.

9. Zoho Mail

Zoho Mail

* sumber: www.youtube.com

Zoho sebelumnya sudah menawarkan aplikasi terbaik untuk bisnis selama beberapa tahun. Dan, aplikasi emailnya cukup sesuai dengan reputasi itu. Aplikasi ini memiliki semua fitur untuk menjadi solusi email bisnis terpercaya.

Aplikasi ini memiliki fitur kolaborasi canggih yang memungkinkan seluruh tim untuk tetap sinkron dan bekerja pada suatu proyek. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan email khusus berbasis domain khusus untuk karyawanmu. Dengan bantuan email dan domain alias, kamu akan dapat mengelola domainmu secara efisien.

Zoho Mail dilengkapi dengan alat migrasi yang berguna yang membuatnya cukup mudah untuk mentransfer email dari layanan email lainnya. Aplikasi ini sepenuhnya mengenkripsi email untuk melindungi datamu.

Aplikasi ini terintegrasi secara ideal dengan catatan, kontak, kalender, dan tugas sehingga kamu bisa mengelola kontakmu, membuat catatan penting, merencanakan acara dan bahkan melaksanakan tugas dengan mudah. Yang terpenting, Zoho Mail membuat semua lampiranmu diatur berdasarkan jenisnya.

10. Front

Front

* sumber: frontapp.com

Front berpusat pada satu konsep utama, yaitu kolaborasi. Aplikasi email ini dirancang untuk seluruh tim untuk bekerja bersama dalam sistem kotak masuk bersama. Semua kotak masuk yang kamu buat bersifat pribadi secara default, tetapi kamu dapat mengundang anggota tim tertentu.

Aplikasi Front juga menawarkan fitur chat atau obrolan, sehingga kamu dapat tetap terlibat dengan rekan timmu semua dalam satu aplikasi. Front juga terintegrasi dengan lebih dari 40 aplikasi dan layanan, termasuk Dropbox, Asana, HubSpot, Trello, dan Slack.

Karena aplikasi ini merupakan aplikasi email yang berorientasi bisnis, Front juga menyediakan seluruh bagian analitik yang tidak hanya membahas metrik yang berkaitan dengan perilaku klien dengan email yang dikirim, tetapi juga produktivitas dan interaksi anggota tim, seperti waktu respons dan balasan.

Jika tugasmu yang berkaitan erat dengan mengirim dan menerima email, pemilihan aplikasi email yang tepat menjadi hal yang harus kamu perhatikan. 10 aplikasi email tadi merupakan kumpulan aplikasi terbaik yang bisa jadi pilihan. Kira-kira mana yang akan kamu pilih?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *