Carisinyal / Aplikasi Ojek Online / Inilah Cara Cek Tarif Gojek dan Grab yang Mudah Dilakukan

Inilah Cara Cek Tarif Gojek dan Grab yang Mudah Dilakukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Layanan transportasi yang bisa dipesan secara online amat sangat membantu saat ini. Kemudahan untuk memesan kendaraan yang bisa mengantar kita bahkan bisa diandalkan untuk menembus kemacetan sehingga dapat menghemat waktu.

Dengan fasilitas yang sama, tarif penggunaan transportasi online juga relatif lebih murah. Dua perusahaan yang memberikan layanan transportasi online yang aktif beroperasi di Indonesia adalah GoJek dan Grab.

GoJek

GoJek

* sumber: www.gojek.com

GoJek merupakan salah satu perusahaan yang dimulai dengan memberikan layanan transportasi berupa ojek online. Pada tahun 2010 layanan pertama GoJek melalui pemesanan ojek melalui call-center muncul ke pasaran.

Ssaat pertama kali berdiri GoJek hanya memiliki 20 orang pengemudi. Pada tahun 2015 GoJek meluncurkan aplikasi berbasis Android dan iOS untuk mengganti sistem pemesanan menggunakan call-center. Kini GoJek telah memiliki lebih dari 1 juta pengemudi di seluruh Indonesia.

GoJek semakin berkembang. Kini mereka memiliki lebih dari 20 layanan, di antaranya GoSend untuk layanan transportasi barang, GoFood untuk layanan pemesanan makanan, GoBox untuk layanan pengantaran barang berukuran besar, GoTix untuk layanan pemesanan tiket, GoAuto untuk layanan montis, GoMed untuk layanan pembelian obat, GoPay untuk layanan pembayaran digital dan masih banyak lagi.

Ide untuk mendirikan GoJek dapat dari pengalaman pribadi Founder GoJek yaitu Nadiem Makarim yang hampir setiap hari menggunakan ojek untuk menuju tempat kerjanya yang saat itu masih bekerja sebagai Co-Founder dan Managing Director Zalora Indonesia dan Chief Innovation Officer Kartuku di Jakarta.

Nadiem merasa penggunaan ojek sangat efektif untuk menuju tempat kerja karena cepat sampai dan dapat menghindari kemacetan. Namun ketersediaan ojek tidak semua transportasi lain padahal sangat dibutuhkan.

Dari situ Nadiem memulai mewawancarai tukang ojek yang ternyata kebanyakan mengeluh tentang sulitnya mencari pelanggan. Akhirnya GoJek didirikan dengan awal sebagai manajemen ojek kecil.

Semakin berkembangnya GoJek semakin menarik perhatian para investor untuk turut memberikan dana pada GoJek. Pertama kali GoJek mendapatnya bantuan dana dari NSI Ventures pada Oktober 2015. Dilanjutkan KKR, Warburg Pincus, Farallon Capital dan Capital Group Private Markets pada 2016.

Untuk pertama kalinya Google memberikan investasi ke startup di Asia yaitu pada GoJek di tahun 2018. Terakhir pada Juni 2020 GoJek mendapatkan bantuan dana dari Facebook dan PayPal.

Grab

Grab

* sumber: en.wikipedia.org

Grab yang dulunya dikenal GrabTaxi merupakan platform layanan on demand yang didirikan di Kuala Lumpur, Malaysia pada Juni 2012. Kini Grab telah beroperasi di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Kamboja. Saat ini Grab memiliki kantor pusat di Singapura.

Grab merupakan startup decacorn pertama di Asia Tenggara, yaitu sebutan untuk startup yang memiliki valuasi perusahaan sebesar 10 milyar US Dollar. Pendanaan pertama kali diberikan oleh Vertex Venture Holdings pada April 2014. Selanjutnya pada Mei 2014, Grab mendapatkan dana dari GGV Capital. Disusul pendanaan dari Softbank Corp. pada 2014, dan masih banyak pendanaan dari perusahaan-perusahaan lainnya yang masih tetap memberikan investasi pada Grab.

Sebelumnya Uber sempat masuk ke Asia Tenggara tahun 2016 namun karena kerugian yang makin membengkak, Uber memutuskan untuk menghentikan pengoperasiannya pada 2018. Kemudian pada Maret 2018 Grab mengumumkan bahwa mereka mengakuisisi Uber. Sehingga kini Uber memiliki saham 28% di Grab. Tak hanya mendapatkan investasi, Grab juga turut memberikan investasi. Salah satunya pada OVO milik Lippo Group yaitu platform pembayaran digital pada November 2018.

Kemudian Grab menggunakan OVO sebagai pembayaran digital untuk melakukan transaksi atau layanan di Grab. Saldo OVO akan terhubung langsung sebagai alat pembayaran sehingga para pengguna Grab cukup mengisi saldo OVO mereka untuk membayar dengan mudah.

Grab tak hanya memiliki layanan transportasi, ada GrabHitch yaitu layanan taksi namun dengan banyak penumpang dengan tujuan yang searah sehingga biaya yang ditanggung lebih murah. Sedangkan di Indonesia sendiri Grab melayani GrabBike untuk layanan transportasi moto, GrabCar untuk layanan transportasi mobil, GrabFood untuk layanan pesan antar, GrabExpress untuk layanan antar barang, Grabmart untuk layanan pembelian di toko atau swalayan dan GrabWheels untuk layanan penyewaan skuter di beberapa kota.

Pada 14 Februari 2020 Grab membuka layanan GrabCare untuk layanan pekerja di bidang kesehatan seperti perawat atau dokter di Singapura yang mulai beroperasi 24 jam untuk Tan Tock Seng Hospital dan National Centre for Infectious Diseases. Layanan ini dibuat karena banyak para pekerja kesehatan yang kesulitan mendapatkan kendaraan karena kondisi COVID-19. Layanan ini kemudian akan diperluas ke rumah sakit lain yang ada di Singapura.

Cara Melihat Tarif GoJek dan Grab

Dalam aplikasi GoJek dan Grab kalian bisa melihat tarif perjalanan yang harus kalian bayar tanpa perlu melakukan order terlebih dahulu. Kali ini Carisinyal akan membagikan cara mengecek tarif perjalanan GoJek dan Grab dengan layanan ojek motor atau mobil.

Lewat Aplikasi GoJek

Untuk mengetahui tarif perjalanan menggunakan ojek online ataupun mobil menggunakan aplikasi GoJek.

  • Buka Aplikasi GoJek lalu pilih layanan yang ingin kalian gunakan. GoRide untuk ojek motor online atau GoCar untuk mobil online.

Aplikasi GoJek

  • Masukkan destinasi yang ingin kalian tuju. Jika kalian ingin memasukkan titik penjemputan yang berbeda dengan posisi kalian saat mengecek GoJek, kalian bisa mengedit lokasi penjemputan.

Aplikasi GoJek

  • Tarif GoJek otomatis akan tertera di layar lengkap dengan perbandingan tarif semua layanan yang tersedia.

Aplikasi GoJek

Lewat Aplikasi Grab

Kalian juga bisa mengecek tarif Grab langsung pada aplikasi Grab. Berikut adalah caranya.

  • Buka Aplikasi Grab lalu pilih layanan Bike untuk motor atau Car untuk mobil.

Aplikasi Grab

  • Langsung masukkan tujuan kalian jika posisi kalian merupakan rute yang ingin kalian cek tarifnya. Jika ingin mengecek tariff dengan titik penjemputan yang berbeda kalian bisa mengedit lokasi penjemputan terlebih dahulu.

Aplikasi Grab

  • Tarif Grab akan langsung muncul pada layar, bersamaan dengan tarif Grab pada layanan yang ada.

Aplikasi Grab

Lewat Google Maps

Selain untuk melihat rute perjalanan, kalian juga bisa mengecek tarif GoJek atau Grab lewat Google Maps.

  • Masukkan tujuan kalian yang ingin dicek tarifnya.

Lewat Google Maps

  • Klik directions kemudian masukkan titik awal seperti halnya titik penjemputan di GoJek atau Grab.

Lewat Google Maps

  • Lihat tab paling kanan dengan gambar orang mengangkat tangan. Pada tab ini kalian dapat melihat tarif perjalanan baik dari GoJek maupun Gojek lengkap dengan jenis kendaraan seperti motor atau mobil.

Lewat Google Maps

Itulah langkah-langkah untuk mengecek tarif perjalanan transportasi baik ojek motor atau mobil menggunakan GoJek dan Grab. GoJek dan Grab kerap memberikan promo untuk para penggunanya, kalian bisa menambahkan voucher promo untuk mendapatkan potongan tarif. Atau berlangganan layanan dari GoJek atau Grab yang memberikan kelebihan berupa potongan tarif dengan ketentuan yang berlaku. Selamat berkendara dengan GoJek ataupun Grab!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *