10 Cara Convert PDF ke Word dengan Mudah dan Cepat

Ditulis oleh Carisinyal

Saat ini banyak dokumen ataupun ebook yang dibuat dalam format PDF. Namun format tersebut kurang begitu bersahabat jika Anda berencana untuk merubah isinya jika dibandingkan dengan format Microsoft Word. Oleh karena itu kali ini Carisinyal akan mengulas cara convert PDF ke Word dengan sangat mudah.

Tutorial ini akan mengulas dua macam cara untuk merubah file PDF tersebut. Yang pertama adalah merubah secara online bagi Anda yang memiliki koneksi internet. Sedangkan yang kedua adalah merubah secara offline melalui aplikasi PDF converter.

Situs Converter PDF ke Word

Untuk mengubah PDF ke Word secara online, ada beberapa situs internet yang memang dibuat khusus untuk itu. Beberapa di antaranya adalah PDF to Word, dan PDF Online. Keduanya menyediakan fitur PDF converter yang gratis dan mudah digunakan.

1. PDF to Word

Situs pertama adalah PDF to Word yang dapat mengubah PDF dengan cara yang mudah dan juga cepat. Pertama-tama, pilihlah file PDF yang akan Anda ubah menjadi bentuk Word dengan mengklik tombol browse. Setelah itu masukanlah alamat email yang Anda miliki pada kolom yang ada di bawahnya.

Setelah mengisi form dengan alamat email yang Anda miliki, Anda harus mengisi kode CAPTCHA untuk memastikan bahwa Anda bukan bot spam. Terakhir, klik tombol Convert to Word dan tunggulah beberapa detik sampai proses upload yang dilakukan selesai.

2. PDF Online

Selain menggunakan situs PDF to Word, Anda juga dapat mengubah PDF ke Word dengan menggunakan situs PDF Online. Situs ini juga menyuguhkan fitur PDF converter yang mudah untuk digunakan dengan hanya beberapa langkah saja.

Setelah Anda membuka situs tersebut, klik menu "Upload a File to Convert”, hingga muncul sebuah Pop Up. Setelah itu pilihlah file PDF yang akan diubah ke dalam bentuk Word dari komputer anda. Proses converting akan langsung dimulai dan Anda harus menunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Setelah selesai akan muncul gambar yang menyuruh Anda untuk mendownload file yang sudah di convert secara otomatis pada situs tersebut. Anda dapat langsung mendownload file tersebut dan  menyimpannya di komputer. Silahkan simak video di bawah ini untuk tutorial lengkapnya:

Itulah beberapa cara convert PDF ke Word yang dapat dilakukan secara online. Kelebihan mengubah PDF ke dalam bentuk Word secara online yaitu sangat cepat prosesnya dan caranya juga sangat mudah. Anda tidak perlu menginstal aplikasi pada komputer sehingga Anda tidak repot dalam mengubahnya.

Kekurangan menggunakan cara online untuk mengubah file PDF adalah Anda harus memiliki akses internet pada komputer Anda. Tentunya dengan koneksi internet yang cepat maka proses upload file dapat berjalan dengan cepat pula. Proses pengubahannya pun dapat dilakukan dengan ringkas jika koneksi internet dapat berjalan dengan lancar.

Bagi orang yang masih awam dengan internet mungkin sangat sulit untuk dilakukan. Namun, apabila Anda sudah hafal dengan cara menggunakan internet, maka mengubah PDF dengan cara online merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Dengan begitu Anda akan dapat mengerjakan semua tugas atau pekerjaan dengan lancar.

Program Converter PDF ke Word

Selain dapat dilakukan secara online, mengubah PDF ke dalam bentuk Word juga dapat dilakukan secara offline alias tanpa menggunakan akses internet. Tentunya Anda harus download PDF to Word converter dulu untuk melakukannya. Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk mengubah PDF ke dalam bentuk word antara lain:

1. WPS PDF to Word Converter

*

WPS PDF to Word Converter adalah salah satu perangkat lunak terbaik untuk mengubah file PDF ke Word. Aplikasi ini bisa dengan akurat mempertahankan agar font dan tata letak tetap utuh, termasuk poin dan tabel. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk dapat memisahkan atau menggabungkan halaman untuk konversi PDF, dan file PDF dapat dipilih untuk dikonversi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa menggunakan WPS PDF to Word Converter untuk jumlah file terbatas. Sedangkan untuk mendapatkan fitur penuh dan konversi tanpa batas, Anda bisa berlangganan dengan harga mulai 19,99 dolar per tahun atau sekitar Rp 280 ribu.

2. Nitro PDF to Word Converter

Nitro PDF to Word Converter juga termasuk perangkat lunak andalan untuk mengubah file PDF ke Word. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengunggah kumpulan file, tetapi file Anda yang dikonversi dikirim melalui email kepada Anda sehingga Anda perlu memberikan alamat email untuk menerima dokumen Anda.

Nitro PDF to Word Converter memiliki versi Pro yang menawarkan percobaan hingga 14 hari. Dengan Nitro Pro, Anda dapat mengonversikan file PDF ke dan dari format Microsoft Office apa pun, edit file PDF apa pun, termasuk semua gambar, paragraf, dan halaman, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan Nitro Pro, Anda harus membayar sekitar Rp 2,8 juta rupiah.

3. AnyBizSoft

cara convert pdf ke word anybizsoft

AnyBizSoft merupakan software yang dapat mengubah file PDF ke dalam bentuk file word secara langsung. Penggunaan software ini terbilang mudah untuk dilakukan meskipun bagi orang yang masih awam. Software ini juga dapat diperoleh dengan gratis tanpa mengeluarkan biaya. Namun untuk menggunakannya Anda harus sudah menginstal Microsoft Word di dalam komputer yang digunakan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram