Cara Membuat Soal dengan Ilustrasi Sederhana di Ms.Word

Ditulis oleh Shafwan Nugraha

Sebagai seorang pendidik, saya sangat sering menyusun naskah soal. Namun begitu, berhubung mata pelajaran atau kuliah yang saya bawakan adalah bidang ilmu bahasa, soal-soal yang saya buat kebanyakan berupa teks saja.

Beberapa rekan guru dan dosen pernah meminta kepada saya untuk mengajari mereka menyusun naskah soal. Banyak di antara mereka yang berasal dari bidang ilmu lain, seperti fisika, matematika, biologi, dan ilmu sosial.

Ketika belajar menyusun dan memformat dokumen untuk soal, para guru yang berasal dari bidang matematika dan fisika seringkali terkendala ketika harus membuat ilustrasi di dalam soal. Ilustrasi yang dimaksud adalah gambar yang mendukung perintah dalam soal.

Berangkat dari kendala itu saya menyusun sebuah tutorial yang dapat digunakan oleh para guru atau pendidik dalam bidang-bidang ilmu pasti alam (natural science) seperti fisika dan matematika. Tutorial ini adalah tutorial membuat gambar ilustrasi untuk soal-soal ujian, khususnya untuk mata pelajaran matematika dan fisika.

Sebenarnya untuk keperluan membuat gambar ilustrasi, program yang paling enak digunakan adalah Corel Draw atau Adobe ilustrator karena keduanya memang merupakan aplikasi pengolah grafis vektor sejati.

Untuk alternatifnya, kita bisa menggunakan aplikasi Inkscape yang sudah dikenal di dunia per-Linux-an dan open-source meskipun tersedia pula versi untuk sistem operasi Windows-nya.

Namun begitu, tidak semua guru atau lancar bahkan tahu menggunakan aplikasi-aplikasi itu. Tidak sedikit guru yang bahkan hanya mengenal aplikasi komputer standar semacam Microsoft Office (dan segala aplikasi yang termasuk di dalam paketnya). Nah, tutorial ini sengaja disusun untuk membantu para guru dan pendidik untuk membuat soal cukup dengan memanfaatkan Microsoft Word.

Mengenal Tools yang Dibutuhkan

Microsoft Word adalah sebuah aplikasi yang canggih. Microsoft Word bukan sekadar mesin tik digital karena telah dibekali dengan berbagai macam fitur, perlengkapan, dan peralatan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Fitur itu termasuk pembuatan objek-objek vektor untuk menggambar.

Menggambar di Microsoft Word memang pekerjaan yang tidak begitu sering dilakukan karena bukan merupakan fungsi utamanya.

Selain itu, meskipun fitur dan tools yang disediakan banyak dan beragam, jangan terlalu berekspektasi bahwa ilustrasi yang dibuat akan sangat indah dan bisa menyaingi ilustrasi yang dibuat menggunakan aplikasi pengolah digital vektor sejati semacam Corel Draw.

Namun begitu, dengan teknik yang baik dan kreativitas, kita dapat membuat ilustrasi yang cukup bagus dan mudah dipahami, terutama ketika kita harus membuat ilustrasi dalam naskah soal. Sebelum mulai membuat objek-objek dasar dan mengenal teknik-teknik menggambar, kita kenali dulu fitur dan fungsi yang akan digunakan.

Menu yang akan sering kita gunakan adalah tab menu Insert. Di dalam tab menu ini, kita akan menemukan grup fungsi Illustrations. Grup fungsi Illustrations terdiri dari beberapa tools: Picture, Online Pictures, Shapes, SmartArt, Chart, dan Screenshot.

Mengenal Tools yang Dibutuhkan 1_

Untuk membuat gambar ilustrasi, kita akan sering menggunakan tool Shapes. Jika Anda mengeklik tool Shapes, akan keluar sebuah menu yang menampilkan daftar objek yang bisa dibuat.

Mengenal Tools yang Dibutuhkan 2_

Di dalam daftar tersebut, bentuk-bentuk objek dikelompokkan menjadi beberapa bagian.

  • Recently used shapes berisi daftar objek yang terakhir digunakan.
  • Lines berisi objek garis dan panah.
  • Rectangles berisi objek-objek segi empat.
  • Basic shapes berisi bangun-bangun ruang sederhana seperti elips, segitiga, trapesium, jajar genjang, dan sebagainya.
  • Block arrows berisi objek-objek berbentuk anak panah.
  • Flowchart berisi objek-objek yang digunakan untuk diagram alir.
  • Stars and banners berisi objek-objek berbentuk pita.
  • Callouts berisi objek berbentuk balon bicara (untuk komik)

Setelah membuat sebuah objek, Anda akan mendapati tambahan ribbon baru. Ribbon baru itu berlabel Drawing tools. Ribbon tersebut memiliki tab Format. Di dalam tab tersebut tersedia pengaturan kustomisasi objek-objek yang dibuat.

Mengenal Tools yang Dibutuhkan 3_

Jika pengaturan pada tab Format masih kurang, kita bisa membuka pengaturan tambahan melalui panel Shape Styles. Untuk membuka panel tersebut, klik tanda panah kecil di pojok grup fungsi Shape Styles.

Mengenal Tools yang Dibutuhkan 4_

Tombol tersebut akan membuka panel Shape Styles yang muncul di bagian kanan jendela Microsoft Word.

Mengenal Tools yang Dibutuhkan 5_

Tools dan Menu yang saya paparkan tadi akan kita gunakan dalam tutorial berikutnya.

Membuat dan Memodifikasi Objek

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, membuat objek dilakukan melalui tab Insert dan menu Shapes. Secara spesifik, berikut adalah langkah-langkah membuat objek dalam Microsoft Word.

1. Membuat Objek Segi Empat dan Bujur Sangkar

Nah, kini saatnya memasuki ke tutorial dalam pembuatan objek segi empat dan bujur sangkar. Cara ini mudah jika Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  • Untuk membuat objek segi empat, klik tab Insert, lalu menu Shapes. Dari daftar objek yang keluar, arahkan mouse ke kelompok Rectangles. Klik objek segi empat yang diinginkan.
Membuat Objek Segi Empat dan Bujur Sangkar 1_

  • Selanjutnya, klik ruang kosong pada halaman yang akan digambar. Tahan klik itu, lalu seret sampai membentuk sebuah objek segi empat.
  • Membuat Objek Segi Empat dan Bujur Sangkar 2_

  • Jika Anda ingin membentuk objek bujur sangkar yang keempat sisinya kongruen, tekan dan tahan tombol SHIFT di keyboard ketika membuat objek segi empat tadi.
  • Membuat Objek Segi Empat dan Bujur Sangkar 3_

  • Selain membuat segi empat dan bujur sangkar, bentuk-bentuk Rectangles juga ada beberapa macam. Kebanyakan variasi objek segi empat itu berbeda pada jenis sudutnya. Ada segi empat dengan sudut membulat, ada pula yang hanya satu atau dua sudutnya yang membulat atau terpotong. Anda bisa mencoba berkreasi dengan tiap-tiap objek tersebut.
  • Membuat Objek Segi Empat dan Bujur Sangkar 4_

  • Pada objek-objek segi empat dengan jenis sudut tidak lancip, kita bisa mengubah pengaturan potongan sudut yang tidak lancip itu. Pada objek segi empat yang ujungnya membulat, kita juga bisa mengubah besar pembulatan sudut tersebut. Caranya adalah dengan menggeser titik berwarna kuning yang terdapat pada sisi yang tidak lancip.
  • 1 234»
    cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram