Carisinyal / Youtube / Inilah 3 Cara Download Lagu MP3 dari YouTube yang Praktis

Inilah 3 Cara Download Lagu MP3 dari YouTube yang Praktis

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

YouTube memiliki daya tarik sendiri yang tidak dihadirkan pada berbagai aplikasi streaming musik seperti Spotify, Joox, ataupun yang lainnya. Pasalnya, kanal YouTube dari Google ini bisa menampakkan beragam jenis user generated content atau konten-konten yang diunggah secara bebas, seperti podcast, tutorial, ataupun live performance.

Bedanya, jenis konten yang ada di YouTube tentu saja berupa video. Kalau Anda ingin menikmati konten YouTube berupa audionya saja, hal ini untungnya bukan suatu hal yang mustahil karena sudah banyak cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendownload file MP3 dari YouTube. Daripada penasaran, langsung saja kami berikan beberapa cara download lagu MP3 dari YouTube yang mudah dan praktis berikut ini.

Melalui Software PC (Any Video Converter)

Jika Anda menggunakan PC, salah satu cara paling mudah untuk mendownload lagu dari YouTube adalah melalui software. Di luaran sana sudah bertebaran aplikasi-aplikasi pengunduh lagu dari YouTube yang berkualitas, dan kami akan sajikan tutorial untuk salah satu software terbaik saja yakni Any Video Converter Free. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi laman download Any Video Converter Free melalui link ini.
  2. Klik pada tulisan Free download seperti pada gambar di bawah.
    cara download lagu mp3 dari youtube 1
  3. Tunggu beberapa saat sampai ada jendela yang muncul untuk menanyakan folder penyimpanan. Klik tombol Save untuk menyimpan file setup berukuran sekitar 60 MB.
  4. Saat proses download selesai, kini file setup sudah bisa dibuka dengan cara mengklik file tersebut seperti di bawah ini. Klik Yes jika ada jendela UAC (User Account Access) yang muncul.
    cara download lagu mp3 dari youtube 2
  5. Setelah jendela instalasi terbuka, klik tombol Install Now untuk melanjutkan.
    cara download lagu mp3 dari youtube 3
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai, kemudian klik Start Now untuk menjalankan program.
    cara download lagu mp3 dari youtube 4
  7. Klik bagian nomor 1 seperti pada gambar untuk menampilkan pilihan format. Lalu, klik simbol lagu (bagian nomor 2) dan pilih format output menjadi MP3.
    cara download lagu mp3 dari youtube 5
  8. Siapkan URL video YouTube yang ingin didownload dalam bentuk MP3, kemudian klik tombol Add URL, klik simbol tanda plus, dan paste-kan URL video YouTube di kolom yang tersedia. Terakhir, klik Start Download.
    cara download lagu mp3 dari youtube 6
  9. Saat video selesai diunduh, klik tombol Convert Now.
    cara download lagu mp3 dari youtube 7

Nah, itu tadi langkah-langkah yang mesti ditempuh jika Anda ingin download lagu MP3 dari YouTube melalui Any Video Converter. Setelah proses konversi selesai, akan muncul jendela Windows Explorer yang menampilkan file MP3. Sekarang file tersebut sudah siap dimasukkan ke library pada pemutar lagu favorit Anda ataupun dipindahkan ke perangkat HP dan tablet.

Satu keuntungan dari menggunakan software adalah fitur-fiturnya yang sungguh kaya seperti mengkonversi video ke format lain ataupun menambahkan subtitle, dan masih banyak lagi.

Melalui Perangkat Android (InsTube)

Tidak sempat menyalakan laptop? Jangan khawatir, Anda masih bisa mendownload lagu MP3 dari YouTube dengan hanya perangkat HP atau tablet. Caranya pun sama mudahnya dengan metode sebelumnya.

Salah satu aplikasi yang bisa dipakai mendownload lagu dari YouTube di HP adalah InsTube. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan menawarkan berbagai fitur yang cukup lengkap juga. Selain download lagu dari YouTube, aplikasi ini juga mendukung beragam lebih dari 100 platform lainnya, serta menghadirkan pengunduhan video hingga resolusi 4K. Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini!

  1. Kunjungi laman unduhan InsTube di link ini.
  2. Lakukan tap pada tombol Download seperti di bawah ini.
    cara download lagu mp3 dari youtube 8
  3. Setelah selesai mengunduh aplikasi InsTube, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu. Jika ada pop-up yang mengingatkan Anda soal bahaya menginstal dari sumber yang tidak dikenal, pilih menu Allow Once.
  4. Jika aplikasi sudah diinstal, buka YouTube di HP lalu kunjungi laman video yang ingin diunduh dalam bentuk MP3.
  5. Tap pada logo share seperti gambar di bawah.
    cara download lagu mp3 dari youtube 9
  6. Pilih menu Download with InsTube di antara pilihan-pilihan lainnya.
    cara download lagu mp3 dari youtube 10
  7. Tunggu sampai keseluruhan tampilan web berhasil dimuat, lalu tekan tombol download seperti di bawah.
    cara download lagu mp3 dari youtube 11
  8. InsTube akan menampilkan pilihan resolusi dan format yang tersedia. Untuk mendownload YouTube dalam bentuk MP3, pilihlah format MP3 kemudian tap Fast Download.
    cara download lagu mp3 dari youtube 12
  9. Untuk melihat MP3 yang berhasil Anda unduh, kunjungilah laman My Files dengan melakukan tap pada simbol di pojok kanan atas.
    cara download lagu mp3 dari youtube 13
  10. Selamat! Anda sudah berhasil mengunduh file MP3 dari video YouTube! File yang ditandai di bawah adalah file MP3 dari video yang berhasil kami unduh. Anda pun bisa mengatur file unduhan seperti menghapusnya dari daftar, menghilangkannya dari kartu memori, melakukan play, membagikannya ke social media, dan sebagainya.
    cara download lagu mp3 dari youtube 14

Bagaimana? Ternyata mendownload lagu dari YouTube di Android tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Dengan aplikasi InsTube, bahkan Anda tidak perlu meng-copas link YouTube seperti saat menggunakan Any Video Converter.

Melalui Browser (YTMP3)

Masih ada satu metode lagi yang bisa digunakan, yakni melalui browser. Beberapa keuntungan dari metode ini adalah Anda tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi apapun, sehingga lebih hemat kuota dan tidak memakan ruang pada memori internal.

Bahkan, cara ini pun terbilang fleksibel karena bisa dilakukan pada perangkat manapun seperti PC, tablet, Android, dan iOS. Salah satu situs yang menyediakan layanan ini bernamakan YTMP3. Situs ini memiliki tampilan yang ramah pengguna dan juga menghadirkan opsi Dark Mode. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka situs YouTube dan salinlah URL video yang ingin diproses.
  2. Buka situs YTMP3 dengan mengklik link ini atau dengan menginputkan ytmp3.cc pada address bar.
  3. Paste-kan alamat URL video pada kolom yang disediakan. Kemudian klik tombol Convert.
    cara download lagu mp3 dari youtube 15
  4. Pilih menu Download.
    cara download lagu mp3 dari youtube 16
  5. Pilih folder penyimpanan untuk menampung file MP3 yang akan di-download, lalu klik Save.

Dengan kehadiran situs-situs seperti YTMP3, Anda pun kini tak perlu lagi repot menginstal aplikasi untuk menikmati podcast atau live performance dalam bentuk MP3. Cara ini pun dijamin berjalan dengan menggunakan browser manapun di segala perangkat.

Simpulan

Nah itu tadi berbagai macam cara untuk mendownload lagu YouTube berbentuk MP3. Kami sengaja berikan lebih dari satu metode supaya Anda tetap bisa melakukannya terlepas dari kondisi Anda sekarang – baik itu sedang menggunakan PC ataupun ponsel.

Anda lebih menyukai cara yang mana? Yang jelas, kalau ingin fiturnya komplit, penggunaan aplikasi memang jalan yang terbaik. Tapi kalau Anda lebih mengutamakan fleksibilitas, mendownload MP3 dari YouTube menggunakan browser jauh lebih praktis. Selamat mencoba ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *