Carisinyal / Youtube / Cara Download Video Youtube dengan Mudah di HP dan PC

Cara Download Video Youtube dengan Mudah di HP dan PC

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sudah lama saya mengenal Youtube. Sejak internet masih tidak terlalu kencang dan belum banyak orang memakai smartphone. Kala itu, menonton video Youtube kurang memberikan pengalaman karena koneksi internet yang tidak terlalu kencang sehingga membuat opsi streaming kuranglah layak.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, saya sering download video Youtube daripada menontonnya langsung. Cara ini lebih cepat dan membuat saya bisa menonton lagi video tersebut di lain waktu. Sayangnya, Youtube tidak menyediakan opsi download video. Saat itu, saya menggunakan berbagai layanan atau pihak ketiga untuk download video di Youtube.

Di era ponsel pintar banyak digunakan orang dan koneksi internet yang kencang, orang sudah jarang download atau unduh video di Youtube. Namun, tidak sedikit pula yang lebih memilih opsi untuk download video di Youtube.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan cara download video di Youtube dengan berbagai metode yang sudah saya coba sendiri. Cara ini beragam, ada yang khusus untuk smartphone, ada yang khusus untuk perangkat PC Desktop/laptop, ada yang metodenya bisa digunakan dua-duanya.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut pemaparan berbagai cara download video dari Youtube. Anda bisa memilih salah satu metode yang sesuai dan yang Anda suka.

Download Langsung dari Aplikasi

Video di Youtube bisa di-download atau diunduh langsung dari aplikasi Youtube di smartphone, baik ponsel dengan Android maupun Apple iPhone. Untuk caranya, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Silakan membuka aplikasi Youtube terlebih dahulu. Bila ponsel Anda belum menginstal Youtube, silakan instal terlebih dahulu melalui toko aplikasi bawaan ponsel.
  • Setelah itu, cari judul video yang ingin Anda unduh atau download. Anda bisa mengetik pencarian di kotak pencarian Youtube.
  • Misalnya, saya mencoba mengunduh salah satu video dari Carisinyal berikut ini.
  • Buka video tersebut, kemudian cari menu “download” di bawah video. Seperti terlihat yang ditunjukan tanda panah merah yang ada pada gambar di bawah ini.

aplikasi Youtube

  • Setelah memilih tombol “download”, Anda akan diminta untuk memilih resolusi video dari video tersebut. Resolusi video yang tinggi memiliki ukuran file yang tinggi pula.

aplikasi Youtube

  • Untuk kualitas terbaik, sebaiknya memilih resolusi paling bagus, mislanya 720p.
  • Setelah memilih resolusi video, aplikasi Youtube akan mengunduh video.
  • Video yang sudah diunduh akan tampil di bagian “Hasil Download” di bawah “History”

aplikasi Youtube

  • Setelah download selesai, Anda bisa menonton video tersebut tanpa terhubung ke koneksi internet. Video bisa diputar di aplikasi Youtube sendiri bukan di aplikasi pemutar video lainnya.
  • Jika Anda sudah menonton video tersebut dan tidak mau tersedia lagi secara offline, Anda bisa mengklik videonya dan menghapusnya.

aplikasi Youtube

 

Cara ini merupakan cara download video di Youtube yang praktis. Cara ini cocok bagi Anda yang sering menonton video yang sama berulang-ulang. Hanya saja, cara ini tidak bisa diterapkan ke semua video.

Karena masalah hak cipta, banyak video di Youtube yang menonaktifkan fitur “download”. Umumnya video musik atau video lainnya yang memang mengandung hak cipta yang sangat ketat. Contohnya adalah video musik JK48 berjudul RIVER berikut ini.

aplikasi Youtube

Terlihat pada gambar tersebut, tombol “download” berwarna abu-abu yang berarti tidak bisa dipilih atau tidak bisa digunakan. Untuk itu, jika Anda ingin menggunakan cara ini untuk unduh video di Youtube, cek terlebih dahulu, apakah video tersebut bisa diunduh atau tidak.

Memakai Situs Pengunduh Video/Video Downloader

Cara download video YouTube lainnya adalah tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini memanfaatkan layanan situs pengunduh video alias situs video downloader. Ada beberapa situs yang menyediakan layanan ini. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

1. Savefromnet

Cara pertama adalah menggunakan situs Savefromnet yang bisa diakses di id.savefrom.net. Situs ini bisa diakses di browser smartphone maupun di PC. Langkah untuk mengunduhnya sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Youtube dan cari video yang ingin Anda download.
  • Jika sudah, klik bagian “bagikan” atau “share” di aplikasi tersebut. Pilih opsi “salin link”

Savefromnet

  • Akses id.savefrom.net menggunakan browser apapun. Contohnya Google Chrome, Firefox, Safari dan lainnya. Setelah itu, paste atau tempel link di kotak “masukan url”.

Savefromnet

  • Kemudian pilih opsi tanda panah yang ada di kotak hijau. Nantinya tanda panah akan berubah mengarah ke bawah. Kemudian Anda akan menemukan opsi unduh.

Savefromnet

  • Seperti terlihat pada gambar di atas, Anda bisa unduh video tersebut dengan format WebM dengan resolusi 720p. WebM ini merupakan format video dari Google dan sudah banyak aplikasi pemutar video yang mendukung format ini.
  • Anda juga bisa memilih resolusi lain dengan mengklik tanda panah bawah di bagian kotak unduh. Nantinya ada opsi lain seperti terlihat pada gambar berikut.

Savefromnet

  • Savefromnet ternyata menyediakan opsi MP4. Sayangnya, resolusi tertinggi tidak menyediakan suara. Terlihat pada gambar di atas, tampak ada tanda suara dan lambang “x”. Itu artinya, jika Anda memilih opsi tersebut, video yang Anda unduh tanpa suara alias hanya videonya saja.
  • Anda juga bisa mengunduh langsung melalui savefromnet dengan cara menambahkan tanda “SS” di depan angka Youtube.
  • Contohnya, Anda akan download video dengan tautan “https://www.youtube.com/watch?v=e5EIBDNdfi0”
  • Anda cukup menambahkan “SS” sebelum Youtube di tautan tersebut sehingga menjadi https://www.ssyoutube.com/watch?v=e5EIBDNdfi0
  • Jika Anda mengakses dengan tautan tersebut, nantinya tautan akan langsung mengarah ke Savefromnet dan langsung menyediakan opsi download.

Savefromnet

 

2. Keepvid

Situs lain yang bisa Anda gunakan untuk download video di Youtube adalah Keepvid. Situs ini sudah lama ada. Dulu, saya sering menggunakan Keepvid untuk download video Youtube. Untuk menggunakan layanan ini, silakan lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Salin link atau tautan video Youtube yang ingin Anda unduh.
  • Buka situs keepvid dengan mengakses keepv.id di browser apapun, Chrome, Firefox, Opera dan lainnya.
  • Paste link Youtube tersebut di kotak warna putih seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

keepvid

  • Pilih opsi “Go”. Nantinya, situs akan menampilkan link download video di bagian bawah.
  • Untuk download videonya, klik kanan “saved link as..” atau “save linked content as…”.

keepvid

  • Nantinya, browser akan mengunduh video tersebut. Tunggu sampai hasil unduhan selesai.
  • Anda juga bisa memilih opsi untuk mengunduh berbagai tipe resolusi. Anda cukup scroll ke bawah dan Anda akan melihat opsi pilihan download seperti gambar berikut ini.

keepvid

  • Agar video bisa diputar di TV yang mendukung pemutaran video, Anda bisa pilih format MP4. Jika Anda membutuhkan audio dari video tersebut, Anda bisa unduh format audio saja. Anda juga bahkan bisa unduh videonya tanpa suara.
  • Saya gunakan contoh di atas menggunakan browser Opera di PC. Jika Anda ingin mengunduhnya melalui browser di smartphone, Anda bisa melakukan langkah yang serupa.
  • Usahakan browser yang digunakan adalah browser populer dan bukan versi mini. Anda bisa memakai Chrome, Safari (untuk iOS), Firefox, Opera, UC Browser, dan lainnya.

keepvid

3. Y2mate.com

Website lain yang menyediakan situs untuk mengunduh video dari Youtube adalah Y2mate.com. Situs ini merupakan situs yang praktis untuk mengunduh video. Anda tinggal mengunjungi situs Y2mate.com kemudian memasukan link atau tautan video Youtube. Nantinya, situs dengan cepat akan langsung menampilkan pilihan video untuk diunduh
y2mateAnda bisa langsung memilih berbagai format, video maupun audio dengan format mp3. Cukup praktis bukan? Langkah lain untuk lebih cepatnya adalah dengan menyisipkan huruf “pp” setelah tulisan Youtube.

Contohnya, Anda akan mengunduh video dengan link ini.

https://www.youtube.com/watch?v=VQ-qjEV1m6M

Selanjutnya, Anda cukup menyisipkan “pp” di link tersebut. Maka akan menjadi,

https://www.youtubepp.com/watch?v=VQ-qjEV1m6M

Dengan langkah ini, Anda situs akan membuka y2mate.com dan langsung menampilkan opsi download seperti pada gambar sebelumnya.

4. Y2Mate IO

Situs lainnya yang bisa Anda coba adalah Y2Mate IO. Situs ini bisa Anda akses di https://y2mate.guru/id. Sama seperti situs lainnya, Anda cukup masukan tautan atau link Youtube di kotak putih seperti gambar di bawah ini.

Y2Mate IO

Setelah itu, klik “mulai”, Nanti situs ini akan menampilkan opsi resolusi video yang akan Anda download. Anda juga diberikan opsi untuk mengunduh format audio dari video Youtube.

Y2Mate IO

Pilih opsi “download” yang ada di kotak hitam, jika Anda akan mengunduh videonya. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu sampai video terunduh penuh.

5. Clipconverter.cc


Situs lain untuk mengunduh video dari Youtube adalah Clipconverter.cc.  Situs ini sering saya gunakan untuk konversi video Youtube  dan mengunduhnya. Cara memakai situs ini sendiri gampang. Anda tinggal akses situsnya kemudian masukan link ke kotak “Video URL to Download”, kemudian pilih “Continue”.

Clipconverter.cc

Selanjutnya, situs akan menampilkan opsi resolusi video dari standar sampai resolusi Full HD, tergantung dari maksimal resolusi video bawaannya.

Clipconverter.cc

Anda juga bisa memilih format video dan audio yang ingin dipilih. Karena situs ini melakukan konversi video terlebih dahulu sebelum bisa Anda download. Jika Anda sudah memiliki resolusi video, dan format video dan audio, Anda pilih “Start”.

Clipconverter.cc

Situs Clipconverter.cc kemudian akan menampilkan halaman download. Silakan pilih “Download” untuk mengunduh video tersebut.

Situs Clipconverter.cc ini tergolong bagus untuk download video dari Youtube. Sayangnya, situs ini cukup ketat karena tidak memungkinkan download video dengan musik yang berhak cipta. Sehingga, Anda akan menemukan beberapa video yang tidak bisa diunduh memakai situs ini.

Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak mau dibatasi dengan pilihan tombol “download” atau tidak, Anda bisa download video YouTube menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sayangnya, aplikasi pihak ketiga untuk download video Youtube ini tidak tersedia di toko aplikasi seperti Google Play Store.

Untuk itu mengunduh aplikasi-aplikasi ini, Anda bisa mendapatkannya di toko aplikasi lain selain Google Play Store. Atau Anda juga bisa mengunduhnya melalui browser seperti Google Chrome di sumber lain. Berikut beberapa aplikasi untuk download Youtube di Android.

1. TubeMate

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang cocok untuk mengunduh video di Android. Aplikasi ini memiliki fitur yang oke untuk download video di Youtube. Untuk memakai aplikasi ini, silakan ikuti tutorialnya berikut ini.

  • Karena aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store, Anda bisa akses ke situs resminya di Tubemate.net melalui browser di ponsel Android Anda.
  • Anda bisa memilih empat situs yang menyediakan link download di aplikasi ini.

tubemate

  • Saya memilih Uptodown untuk unduh aplikasi TubeMate.
  • Setelah terunduh, pastikan jika ponsel Anda mengizinkan untuk menginstal aplikasi dari pihak ketiga.

tubemate

  • Jika belum, Anda bisa memilih “settings”, kemudian pilih opsi “allow apps from this source”.
  • Setelah itu, buka aplikasi Tubemate. Aplikasi ini nantinya akan meminta untuk berjalan di atas aplikasi lain. Silakan, nyalakan dengan cara menggeser opsi ini agar Tubemate bisa berjalan di atas aplikasi lain.

tubemate

  • Kemudian Anda bisa membuka TubeMate.
  • Pilih salah satu video untuk Anda download. Di bagian bawah, terdapat tombol warna merah dengan tanda panah ke bawah.

tubemate

  • Setelah dipilih, TubeMate akan menyediakn opsi pilihan resolusi video.

tubemate

  • Anda bisa bebas memilih resolusi video manapun. Pada contoh di atas, saya memilih resolusi video 720p.
  • Sekarang tinggal menunggu hasil unduhan selesai. Anda bisa mengecek hasil unduhannya dengan cara slide ke kiri.

tubemate

2. VidMate

Aplikasi lainnya untuk mengunduh video dari Youtube adalah VidMate. Aplikasi ini merupakan aplikasi pengunduh video Youtube yang paling praktis dan tidak ribet. Pasalnya, aplikasi ini serupa Youtube yang diberi tambahan fitur untuk download video. Untuk download video Youtube dengan aplikasi ini, ikuti langkah berikut ini.

  • Buka browser di ponsel Android Anda.
  •  Akses VidMate di videmateapp.com

vidmate

  • Download aplikasi VidMate dengan cara memilih opsi “unduh”.
  • Setelah selesai, buka aplikasi VidMate.
  • VidMate akan tampil seperti aplikasi Youtube dengan berbagai tambahan fitur.
  • Selanjutnya cari video yang ingin Anda download. 

vidmate

  • Setelah ada hasil pencarian, Anda tidak perlu membuka videonya. Cukup pilih opsi tanda panah bawah di sebelah kanan, jika Anda yakin, video tersebut adalah video yang ingin Anda unduh atau download. 
  • Anda juga bisa membuka videonya, terlebih dahulu, kemudian memilih tanda lingkaran merah dengan tanda panah ke bawah, seperti terlihat pada gambar berikut ini.

vidmate

  • Selanjutnya, VidMate akan mengunduh videonya. Jika Anda mengunduh video musik, Anda diharuskan untuk menginstal  aplikasi PLAYit untuk memutar video yang diunduh.

vidmate

  • Anda bebas memilih opsi resolusi video maupun memilih opsi untuk mengkonversi video menjadi audio.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa memutar videonya menggunakan aplikasi PLAYit. Contoh tangkapan gambar video salah satu lagu Raisa ini diputar memakai PLAYit.

vidmate

3. Videoder

Videoder merupakan aplikasi untuk mengunduh video dari Youtube. Aplikasi ini tergolong bagus karena aplikasi ini menawarkan konsep browser dengan fitur tambahan download untuk video. Karena fitr ini, Videoder bisa digunakan tidak hanya untuk download video dari Youtube tapi dari situs lainnya.

videoder

Videoder sama seperti aplikasi download video Youtube lainnya, tidak bisa didapatkan di Google Play Store. Anda bisa mengunduhnya dari sumber lain tetapi yang paling bagus adalah dari sumber resminya, yaitu videoder.com. Lalu, bagaimana cara memakai aplikasi ini? Berikut langkah-langkahnya.

  • Download Videoder terlebih dahulu di situs videoder.com.

videoder

  • Setelah selesai download, pasang aplikasinya seperti biasa.
  • Buka aplikasi Videoder dan akses video Youtube yang ingin Anda download. 

videoder

  • Ada opsi “Quick Download”, yakni opsi untuk download langsung video tanpa membukanya.
  • Sementara ketika Anda membuka videonya, opsi download juga tersedia di bawah video.
  • Kedua fitur ini tergolong bagus, tetapi opsi download saat video dibuka memungkinan Anda untuk mengunduh video menjadi format audio atau mp3.
  • Videoder juga memungkinkan Anda untuk download video dari situs penyedia video lain, seperti Dailymotion. Bahkan, video di Instagram juga bisa diunduh melalui aplikasi ini.

videoder

Sebenarnya masih banyak aplikasi lainnya yang bisa dipilih, tetapi saya rasa 3 aplikasi sudah tergolong bagus dan bisa diandalkan. Jika ponsel Anda adalah iPhone, sayangnya, saya tidak menemukan aplikasi untuk download video Youtube. Kalaupun Anda, dibatasi dengan masalah region.

Untuk itu, jika Anda adalah pengguna iPhone dan ingin mengunduh video di Youtube, cara paling gampang dengan memakai layanan situs download. Cara tersebut lebih praktis karena tidak perlu menginstal apapun.

Download Memakai IDM dan Videoder untuk PC

Cara download video YouTube selanjutnya yang akan saya bahas adalah cara download video Youtube di PC, terutama PC dengan sistem operasi Windows. Cara ini bisa Anda pilih, jika Anda tidak mau memakai situs layanan pengunduh video. Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda coba beserta penjelasan cara unduh videonya.

1. IDM

Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk download video di PC. Yang paling terkenal adalah IDM alias Internet Download Manager. Aplikasi ini merupakan aplikasi download video paling ampuh dan banyak digunakan.

Mengapa? Karena ketika IDM sudah terpasang, tombol aplikasi ini biasanya akan muncul di atas sebuah video, terutama Youtube. Untuk memasang IDM, berikut cara pasangnya.

  • Download IDM terlebih dahulu kemudian instal. Anda bisa download IDM di situs resminya yaitu, https://www.internetdownloadmanager.com

INTERNET DOWNLOAD MANAGER

  • Karena aplikasi ini berbayar, sebaiknya Anda menyediakan uang untuk membeli aplikasi ini. Anda bisa membeli lisensi selama setahun ataupun seumur hidup. Pembelian lisensi seumur hidup tentu lebih baik.

INTERNET DOWNLOAD MANAGER 2

  • Banyak juga situs yang menyediakan IDM dengan lisensi ilegal tetapi saya tidak akan memberikan link tersebut. Silakan. Anda cari tahu sendiri dengan resiko ditanggung sendiri. Ingat, aplikasi ilegal rawan disusupi virus!
  • Setelah download IDM, silakan pasang IDM di PC Desktop atau laptop Anda.
  • Jika Anda sudah memberi lisensi, Anda akan diminta untuk memasukan kode lisensi.

cara memakai  IDM

  • Setelah terpasang, buka browser, kemudian Anda perlu mengaktifkan extension IDM di Google Chrome atau add on di Firefox.

cara memakai  IDM

  • Biasanya, extension IDM ini akan otomatis terpasang.
  • Setelah itu, buka salah satu video yang ingin Anda download. 
  • Jika extension berhasil dipasang, akan muncul tombol IDM di atas video. Seperti gambar bawah ini.

cara memakai  IDM

  • Saat Anda memilih tombol download this video, Anda juga akan diberikan opsi resolusi video yang akan Anda unduh atau download. Jika belum muncul resolusi yang diinginkan, ubah terlebih dahulu resolusi video.

cara memakai  IDM

  • Pilih resolusi yang diinginkan, kemudian pilih “Start Download” dan IDM akan melakukan download dengan cepat.

cara memakai  IDM

  • Tunggu sampai download benar-benar selesai.
  • IDM nantinya akan memunculkan kotak pemberitahuan kalau video telah selesai di download. 

cara memakai  IDM

  • Informasi tentang file yang sudah diunduh juga bisa disimak di aplikasi IDM. Anda bisa membukanya.
  • Anda akan melihat di aplikasi IDM, kalau IDM juga dapat berfungsi untuk download selain video. Aplikasi ini juga akan menggantikan fitur download bawaan browser.

2. Videoder untuk PC

Jika Anda malas memakai IDM alias Internet Download Manager karena berbayar, maka Anda bisa menggunakan aplikasi lain untuk download video dari Youtube. Aplikasi tersebut adalah Videoder. Aplikasi ini ternyata tidak hanya tersedia untuk Android tetapi juga untuk Windows. Berikut langkah cara memakai Videoder.

  • Download Videoder terlebih dahulu di situs Videoder.com.

Videoder untuk PC

  • Pilih opsi “Download for Windows”.
  • Jika sudah selesai, pasang Videoder di komputer Anda.
  • Buka Videoder, kemudian di kotak pencarian, tulisakan video yang ingin Anda download. 

Videoder untuk PC

  • Buka salah satu video , nantinya Videoder akan menampilkan opsi untuk download format video maupun audio. Pilih tanda panah ke bawah yang ada di sebelah kanan untuk download. 

Videoder untuk PC

  • Nantinya, Videoder akan mengunduh video tersebut. Anda pun bisa melihat proses laju download di bawah Home.

Videoder untuk PC

  • Setelah selesai, Anda bisa membuka video tersebut dan membukanya.

Yang menarik dari Videoder adalah memungkinkannya aplikasi ini untuk download video selain dari Youtube. Videoder mengklaim mendukung lebih dari 1.000 situs.

Videoder untuk PC

Saya pun coba mengetes untuk unduh atau download video dari Facebook. Caranya, cukup mudah. Cukup ambil link video Facebook tersebut kemudian masukan link tersebut di kotak pencarian.

Videoder untuk PC

Nantinya, Videoder akan menampilkan opsi download seperti halnya ketika mengunduh video Youtube. Tergolong menarik bukan?

Selain berbagai layanan situs dan aplikasi, ada banyak cara download video Youtube. Hanya saja, menurut saya, cara-cara yang sudah saya sampaikan di atas tergolong praktis dan gampang digunakan. Apalagi memakai layanan situs download yang sangat praktis dan tidak perlu usaha untuk menginstal aplikasi tambahan. Jadi, cara yang mana yang ingin Anda coba?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *