carisinyal web banner retina

7 Cara Download Video di Instagram yang Paling Mudah

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Sudah tidak asing lagi dong dengan aplikasi sosial media bernama Instagram? Ya, salah satu aplikasi hits di kalangan anak muda ini memungkinkan kamu untuk melihat video-video dan juga beragam gambar dari akun-akun menarik di Instagram.

Nah, terkadang juga kamu ingin mengambil atau men-download video yang ada di Instagram. Sayangnya, kamu tidak bisa langsung men-download video di Instagram secara langsung. Bagaimana cara download video di Instagram? Gampang kok, Kamu hanya perlu mengikuti beberapa tutorial termudah dari saya untuk cara download video di Instagram. Ini pembahasannya,

Cara Download Video di Instagram Tanpa Aplikasi

Pertama, saya akan memberikan tutorial untuk men-download video tanpa menggunakan aplikasi. Kamu hanya perlu melakukan copy link video di Instagram kemudian paste link tersebut ke web browser penyedia download video. Nah, berikut ini adalah beberapa web browser yang bisa men-download video di Instagram.

1. Snapinsta

Situs yang bisa kamu coba andalkan untuk mengunduh video dari Instagram adalah Snapinsta. Situsnya mampu memberi kamu fasilitas unduhan untuk IGTV, Reels, Instagram Story, maupun video Instagram biasanya. Ini cara mengunduh dengan Snapinsta:

  • Buka situs Snapinsta di perangkat kamu. Gunakan browser, ya.
  • Cari link video yang ingin diunduh di Instagram. Copy dan paste link-nya di Snapinsta.
  • Tekan tombol "Download" berwarna hijau.
  • Tunggu sampai videonya diproses.
snapinsta-1-1
  • Di laman baru, silakan tekan tombol "Download video" berwarna biru.
snapinsta-2-1

Setelah ini, unduhan akan dimulai. Video langsung tersimpan ke perangkat kamu setelah unduhannya beres.

Menurut saya, situs ini benar-benar menawarkan kemudahan dalam mengunduh video dari Instagram. Bahkan, setiap jenis video bisa langsung diunduh di tempat yang sama. Baik itu Reels, Story, foto dari Feed atau iGTV.

Minus dari situs ini mungkin adanya iklan yang cukup mengganggu. Namun, hal ini patut dimaklumi mengingat layanannya juga gratis.

2. IGDownloader

Kalau situs satu ini menawarkan tampilan dan fitur yang sederhana, tapi bermanfaat. Situsnya didominasi warna putih dan tak begitu dihiasi banyak iklan. Cara pakai IGDownloader tak jauh berbeda dari situs lain. Ini langkahnya:

  • Buka situs IGDownloader di browser.
  • Cari dan copy-paste tautan video, foto atau Instagram Story yang ingin diunduh pada kolom link di situs ini.
  • Ketuk tombol "Download" di samping kolom link.
ig downloader 1-1
  • Tunggu sampai video selesai diproses.
  • Silakan pilih video, foto atau Story yang ingin diunduh. Tekan tombol unduhan berwarna biru untuk menyimpan kontennya.
ig-downloader-2-1

Ketika memakainya di awal, memang iklan yang ada pada situs ini hanya sedikit saja. Namun, setelah cukup lama, iklannya bertambah. Untungnya, masih tak begitu menggangu. Yang menarik dari situs ini adalah, tersedia opsi untuk mengunduh konten dari akun Instagram yang diprivat, lho.

3. Download4.cc

Download4.cc video instagram (Copy)

Download4.cc merupakan salah satu web browser terbaik dan tercepat yang bisa membantu kamu untuk men-download video di Instagram dengan praktis dan mudah.

Selain untuk mengunduh video dari Instagram, kamu juga bisa memakainya untuk unduh video atau file musik dari platform lain seperti YouTube, Facebook, Twitter, Tiktok, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah tutorial super mudah untuk mengunduh video dari Instagram menggunakan Download4.cc:

  • Buka aplikasi Instagram, dan temukan video yang ingin kamu unduh. Lalu, salin tautan video tersebut.
  • Kemudian buka web browser Download4.cc. Lalu, paste link yang telah kamu salin sebelumnya di kolom kosong yang tersedia. Tekan "Start now".
download4cc-1-1
  • Tekan tombol "Download", dan kamu bisa memilih resolusi video yang kamu inginkan. Cotohnya 1080p Full HD.
  • Setelah itu, klik kanan pada tombol download dan pilih “Save link as” untuk mengunduh dan menyimpan file video di perangkat penyimpanan Anda.
download4cc-2-1

Bagaimana? Sangat mudah dan cepat sekali, bukan? Untuk mengunduh dengan situs ini, saya sarankan gunakn PC/laptop saja, ya.

4. SaveFrom

savefrom-1-1

Rasanya tidak ada yang tak kenal dengan SaveFrom. Situs ini sudah ada, bahkan sejak bertahun-tahun lalu. Dulu, saya aktif memakai situs ini untuk mengunduh video dari ragam laman web. Kini, SaveFrom menyediakan opsi untuk mengunduh video dari Instagram. Ini caranya:

  • Buka SaveFrom.net dari browser di perangkat kamu.
  • Salin dan tempel tautan konten Instagram yang ingin diunduh pada kolom link yang tersedia di situs ini.
  • Tekan tombol "Download MP4" yang ada di samping thumbnail video.
savefrom-2-1

Setelah selesai, video akan langsung terunduh ke perangkatmu. Oh iya, saya mencoba mengunduh Reels di situs in dan berhasil. Sayangnya, ketika ingin mengunduh Instagram Story, malah tidak bisa dilakukan sama sekali. Kemungkinan, situs ini tak mendukung unduhan Story karena alasan privasi.

5. DownloadGram

downloadgram-1-1

Selanjutnya, ada situs DownloadGram. Situs ini punya tampilan yang cukup mirip dengan IGDownloader. Cara pakainya juga tak jauh berbeda. Cukup copy-paste tautan video atau konten yang ingin diunduh dari Instagram, lalu dapatkan kontennya melalui DownloadGram.

Sayangnya, saat saya coba, situs ini tak dapat dipakai untuk mengunduh Story dan Reels. Jadi, hanya tersedia opsi untuk mengambil video IGTV dan foto saja. Sangat disayangkan, karena sekarang ada banyak sekali Reels yang bertebaran.

Meski begitu, saya tetap salut dengan kemudahan yang diberikan oleh situs ini. Iklan yang hadir jug tak bikin sakit mata. Kalau mau coba, silakan langsung meluncur ke situsnya ya.

Cara Download Video di Instagram dengan Aplikasi

Nah, jika kamu merasa ribet dengan langkah-langkah men-download video Instagram tanpa aplikasi, maka kamu bisa coba mendownloadnya dengan aplikasi untuk download video Instagram.

Tenang saja, aplikasi yang digunakan merupakan aplikasi gratis yang tersedia di Play Store. Jadi, cara yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh para pengguna smartphone Android saja. Kira-kira aplikasi apa saja itu? Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Video Downloader - InShot

inshot-video-downloader

Video Downloader dari InShot merupakan aplikasi yang menawarkan fitur unduhn Instagram.

Menurut saya, hal menarik dari aplikasi ini adalah video bisa di-download secara instan tanpa menanyakan pilihan tempat penyimpanan. Ini tentunya sangat praktis dan menghemat waktu. Caranya juga mudah, tinggal copy dan paste saja link dari foto atau video yang ingin diunggah.

InShot akan langsung membawa Anda ke laman video tersebut dan mengunduhnya secara singkat. Jadi, Anda tak perlu menunggu lama.

Aplikasi InShot juga dapat dipakai untuk mengunduh beragam konten dari media sosial atau website lain, seperti Facebook, Vimeo dan DailyMotion. C

Saya juga bisa menggunakan layanan InShot Video Downloader tanpa membayar biaya sepeser pun. Meski ada iklan di dalamnya, pengembang sudah menyediakan opsi untuk menghapus iklan tersebut.

2. Repost for Instagram – Regrann

regrann

Regrann merupakan aplikasi download video Instagram yang cukup simpel. Cara pakainya mirip dengan Video Downloader dari InShot. Untuk bisa me-repost, Anda hanya perlu memilih "Salin URL".

Buat saya, Regrann layak jadi salah satu apikasi terbaik untuk mengunduh video Instagram. Alasannya karena Aaa fitur editing foto yang dapat dipakai langsung dalam aplikasi. Walau hanya penambahan teks dan filter saja. Namun, menurut saya ini sudah lebih dari cukup untuk editing cepat.

Itulah beragam cara download video di Instagram paling mudah dan paling praktis. Kamu bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga ataupun secara langsung tanpa aplikasi. Nah, kamu lebih suka menggunakan cara yang mana? Atau kamu punya cara lainnya? Silakan langsung tuliskan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram