Carisinyal / Tips Trik / Tips Android / Cara Hide Aplikasi di HP Xiaomi Paling Mudah dan Praktis

Cara Hide Aplikasi di HP Xiaomi Paling Mudah dan Praktis

Ditulis oleh

Apakah Anda penngguna HP Xiaomi? Tahukah Anda bahwa di ponsel Xiaomi ada fitur menarik yang tidak ada di UI lain. Oh yah, HP Xiaomi yang dimaksud tentu adalah HP Xiaomi yang mengusung antarmuka MIUI bukan HP Xiaomi dengan OS Android.

Di fitur MIUI, ada fitur yang tergolong menarik, fitur tersebut adalah untuk hide atau untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel. Mengapa menarik? Karena biasanya fitur semacam ini hanya berlaku untuk menyembunyikan file atau data saja. Semisal menyembunyikan data atau video dan menguncinya dengan kata sandi tertentu.

Mengingat sekarang banyak orang bergantung pada aplikasi tetentu, tentu fitur menyembunyikan aplikasi akan sangat bermanfaat. Terlebih Anda yang punya akun media sosial yang ingin akunnya tetap aman dan tak mau dijahili teman, karena itu sangat penting untuk menyembunyikan aplikasi tertentu di HP Anda.

Secara umum, ada beberapa alasan mengapa orang menyembunyikan aplikasi di smartphone. Nah, sebelum membahas cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi, ketahui dulu alasan orang menyembunyikan aplikasi yang bisa disimak berikut ini.

Alasan Orang Menyembunyikan Aplikasi

privacy policy

* sumber: www.iubenda.com

1. Alasan Privasi Data Pribadi

Salah satu alasan untuk menyembunyikan data atau menyembunyikan aplikasi adalah karena alasan yang sifatnya pribadi. Atau, dalam hal ini Anda tidak mau privasi Anda diintip orang lain. Semisal ada catatan penting di aplikasi notes terkait diri Anda seperti jadwal minum obat karena Anda menyembunyikan penyakit Anda dari teman Anda.

Atau bisa juga alasan privasi data Anda di media sosial. Seperti yang diketahui, media sosial adalah identitas lain kita di dunia maya. Anda ingin menghindari tangan usil teman-teman dari pembajakan akun media sosial. Kan, tidak lucu, Anda seorang yang berwibawa tiba-tiba menulis status yang tak senonoh di media sosial.

2. Privasi Pekerjaan

Jika Anda seorang profesional atau karyawan, pastinya sering mencatat di aplikasi khusus. Misalnya menulis kerjaan yang sifatnya rahasia dan hanya karyawan yang harus tahu. Jadi, Anda perlu menyembunyikan aplikasi yang berisi informasi rahasia perusahaan tersebut dari orang lain, termasuk pasangan Anda.

Terlebih jika Anda punya HP yang sering dipinjam teman atau saudara karena punya HP bagus, tentu Anda sungkan jika tidak meminjamkannya. Tapi, untuk menjaga hal yang sifatnya berhubungan dengan pekerjaan Anda, maka Anda merasa perlu merahasiakan aplikasi tersebut.

3. Menghindari Ketidaksengajaan Uninstal

Anda yang ponselnya sering dipinjam oleh anggota keluarga, terutama anak-anak, harus waspada. Sebaiknya, Anda membuat dua user di HP Anda untuk menghindari anak mengotak-atik ponsel Anda. Tapi, apabila itu terasa repot dan ponsel pintar Anda tidak mendukung dual user login, Anda tentu bisa memilih opsi menyembunyikan aplikasi.

Tujuannya jelas, agar ketika anak-anak main ponsel Anda, Anda tak khawatir jika anak Anda kemudian secara tidak sengaja menghapus atau uninstal aplikasi penting. Atau, takut anak Anda main media sosial memakai akun Anda, tentu Anda bisa menyembunyikan aplikasi media sosial tersebut.

4. Menghindari Diintip Pasangan

Ada banyak orang yang tidak ingin ranah pribadi diketahui oleh pasangan. Semisal pacar yang ingin terus tahu chat Anda dengan teman-teman Anda. Atau pacar Anda kepo ingin tahu apakah Anda memasang aplikasi pencari jodoh semacam Tinder atau tidak.

Buat yang sudah berpasangan resmi, Anda juga bisa menyembunyikan chat dari mantan atau selingkuhan Anda. Sebenarnya, hal ini kurang baik. Sebaiknya, Anda tidak menyalahgunakannya. Di sini, hanya sebagai contoh, jika misalnya ada pasangan yang sering chat dengan lawan jenis di aplikasi lain. Nah, aplikasi tersebut ingin disembunyikan dari istri, maka jelas Anda butuh fitur untuk menyembunyikan aplikasi.

Kalau contoh tersebut dianggap kurang pantas, coba dengan gambaran lain seperti, Anda ingin memberikan kejutan kepada istri dengan belanja di aplikasi toko online tertentu. Tentu Anda perlu menyembuinyikan aplikasi tersebut agar istri mendapat kejutan dan istri tidak tahu Anda belanja sesuatu yang akan jadi hadiah untuknya.

Cara Hide Aplikasi di HP Xiaomi

MIUI

* sumber: www.youtube.com

Setelah mengetahui alasan untuk menyembunyikan aplikasi, sekarang lanjut ke pembahasan tentang cara menyembunyikan atau cara hide aplikasi di HP Xiaomi. Sudah disebutkan sebelumnya jika fitur menyembunyikan aplikasi ada di MIUI, user interface besutan Xiaomi, yang terpasang di hampir semua HP Xiaomi.

Fitur ini tentu bermanfaat agar pengguna HP Xiaomi dapat merasakan keamanan privasi dan terhindar dari pengguna lain yang semena-mena terhadap HP Anda saat dipinjamkan ke mereka. Fitur ini sendiri bisa menyembunyikan berbagai jenis aplikasi.

Anda bisa sembunyikan aplikasi Instagram, Twitter, bahkan WhatsApp. Atau semua media sosial Anda sembunyikan dan teman Anda di dunia nyata akan beranggapan kalau Anda tak punya akun media sosial. Fitur menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi ini dapat dihidupkan dengan mengikuti instruksi berikut ini:

1. Ambil HP Xiaomi Anda (yang mengusung tipe MIUI tentunya) kemudian langsung menuju bagian pengaturan atau settings.

* sumber: en.miui.com

2. Pada bagian halaman pengaturan, ketikan App invisible di bagian kotak pencarian ‘App invisible’.

apps invisible

* sumber: en.miui.com

3. Jika Anda sudah menemukannnya, masuklah ke bagian opsi App invisible.

4. Setelah itu, Anda tinggal memilih aplikasi apa yang akan Anda sembunyikan. Anda cukup memberi centang di bagian lingkaran yang ada di samping tiap-tiap aplikasi.

* sumber: en.miui.com

5. Setelah memberi centang pada aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, pilihlah OK agar pengaturan bisa tersimpan. Jika Anda keluar dari “pengaturan” dan belum memilih “OK”, maka aplikasi tersebut statusnya belum disembunyikan.

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, silakan Anda masuk ke tampilan utama yang menunjukkan aplikasi. Cek kembali apakah aplikasi yang Anda sembunyikan ada di pilihan aplikasi atau tidak. Kalau langkahnya sesuai, pasti aplikasi yang Anda centang tadi tidak muncul di daftar aplikasi utama.

Jika Anda ingin menampilkan kembali aplikasi yang tadi disembunyikan, Anda bisa masuk kembali ke bagian “App Invisible” di menu “setting” seperti langkah yang tadi disebutkan. Kemudian, hilangkan tanda centang di aplikasi yang tercentang untuk disembunyikan. Dengan cara ini, aplikasi Anda kini kembali muncul.

Cara Hide Aplikasi di HP Android Lain

Beberapa tipe HP Xiaomi ternyata ada yang tidak dibekali dengan fitur ini, hanya beberapa memang tidak banyak. Jika HP Xiaomi Anda salah satu yang tidak punya, fitur ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang berfungsi menyembunyikan aplikasi Android, contohnya adalah Hide App-Hide Application. Anda juga bisa menggunakan apliaksi semacam CM Locker atau LOCKit. Karena dibantu dengan aplikasi pihak ketiga, jelas aplikasi ini juga mampu dijalankan untuk HP Android lain yang bukan merek Xiaomi.

Jadi, jika HP Android Anda bukan tipe merek Xiaomi, Anda bisa memakai aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi Anda. Anda cukup mencarinya di Google PlayStore. Demikianlah pembahasan terkait tips dan cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dengan gampang dan cepat. Semoga membantu!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

One Comment

  1. Ime l at - Reply

    Saya mencari app invisible tapi tidak ada

Leave A Comment