carisinyal web banner retina

Cara Menghilangkan Mode Headset di HP Xiaomi

Ditulis oleh Aris Wibowo

Meski beberapa smartphone sudah dibekali speaker yang baik, beberapa pengguna lebih memilih menggunakan headset agar bisa lebih menikmati audio. Sayangnya, tidak sedikit juga pengguna yang merasakan masalah setelah menggunakan perangkat seperti headset atau earphone ini.

Salah satunya adalah munculnya bug seperti mode headset yang tetap aktif, meski headset sudah dicabut. Hal ini terjadi di beberapa merek HP, termasuk Xiaomi. Hal ini tentu cukup mengganggu karena suaranya malah tidak bisa keluar. nah, kira-kira apa penyebab dari aktifnya mode headset ini dan bagaimana cara menghilangkannya? Silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Penyebab Mode Headset Tetap Aktif di HP Xiaomi

Munculnya bug mode headset yang tetap aktif meski tanpa ada headset yang terpasang ini bisa disebabkan berbagai hal. Nah, agar lebih jelas, silakan simak beberapa hal yang mungkin menyebabkan mode headset tetap aktif di HP Xiaomi berikut ini.

1. Sistem yang Eror

poco m4 pro

Mode headset di HP Xiaomi yang tetap aktif tanpa ada perangkat terpasang biasanya disebabkan karena sistem yang eror. Sistem operasi pada HP ini bisa mengalami kerusakan, sehingga menganggap ada perangkat yang selalu terhubung ke smartphone

Eror ini biasanya mudah muncul pada smartphone yang memiliki sistem peningkatan audio, baik audio HP maupun headset. Walaupun tidak menutup kemungkinan bug ini akan muncul juga pada smartphone dengan sistem audio standar.

2. Port Audio Kotor

charger redmi note 11 pro

Penyebab ringan dari masalah ini adalah port audio yang kotor. Seiring pemakaiannya yang lama, tentu akan membuat smartphone jadi kotor, terutama pada lubang-lubang kecil seperti lubang port audio. Kotoran berupa debu atau air ternyata dapat memicu sensor pada port, sehingga membuat smartphone berpikir bahwa masih ada headset yang terpasang, padahal tidak.

3. Komponen Audio yang Rusak

poco m4 pro

Penyebab lainnya yang mungkin terjadi adalah karena adanya komponen yang rusak. Ini merupakan penyebab yang fatal dan serius. Smartphone memiliki komponen-komponen elektronik yang rumit dan sensitif.

Nah, aktifnya mode headset ini bisa karena IC Audionya yang rusak. Rusaknya IC bisa disebabkan karena smartphone sering dihubungkan ke headset atau speaker yang tidak sesuai dengan spesifikasinya.

Cara Menghilangkan Mode Headset di HP Xiaomi

Setelah mengetahui beberapa hal sebagai penyebab dari aktifnya mode headset di HP Xiaomi padahal tidak ada headset yang tersambung. Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk menghilangkan mode headset tersebut.

1. Restart HP

Cara Restart HP Xiaomi

Cara termudah untuk menghilangkan mode headset di HP Xiaomi adalah dengan me-restart HP. Anda cukup mematikan sejenak smartphone, untuk kemudian dinyalakan kembali. Jika bug belum terlalu parah, biasanya mode headset akan hilang sendirinya setelah restart HP selesai.

2. Cek Pengaturan Audio

Mode headset yang muncul bisa juga disebabkan karena adanya masalah pada sistem peningkatan audio. Maka dari itu, Anda bisa mengecek pengaturan audio di telepon untuk mengatasi masalah seperti ini. Anda bisa masuk ke Settings > Additional settings > Sound effects

sound-xiaomi-
sound-xiaomi-2-

Untuk beberapa tipe HP Xiaomi yang lebih baru, Anda bisa masuk ke Settings > Sound > Sound effects. Dalam pengaturan tersebut, Anda bisa memilih headset yang sesuai. Lalu, hubungkan headset ke HP Xiaomi Anda, dan lepaskan headset. Jika bug ini kesalahan sistem, maka cara menghilangkan mode headset di HP Xiaomi ini seharusnya berhasil.

3. Membersihkan Port Audio

poco m4 pro

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah membersihkan port audio pada smartphone. Caranya, Anda bisa menggunakan cotton bud yang diberi sedikit minyak kayu putih. Lalu bersihkan port audio secara perlahan. Jika port audio kemasukan air, Anda bisa mengeluarkan dulu air dan mengeringkan port audio tersebut. 

hal yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah mencongkel port audio karena dapat menyebabkan kerusakan bertambah. Selain itu, hindari membersihkan smartphone menggunakan benda tajam atau benda berbahan logam. Lebih baik gunakan kertas, tisu, atau kain lembut lainnya.

4. Update Sistem Operasi

redmi note 11 pro miui 13

Cara menghilangkan mode headset di HP Xiaomi yang tetap aktif selanjutnya adalah dengan melakukan update sistem operasi. Jika bug muncul pada sistem operasi, maka update sistem operasi menjadi jalan keluar paling mudah. Pasalnya, dalam setiap update sistem operasi akan ada perbaikan bug dari pengembang.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan update pada aplikasi audionya. Jika tidak, Anda bisa menggunakan aplikasi headset toggle untuk mematikan mode headset.

Aplikasi headset toggle tersebut bisa Anda unduh melalui Google Play Store secara gratis. Dengan bantuan aplikasi ini, setidaknya audio smartphone masih bisa menyala meski logo headset masih muncul.

Demikian beberapa hal yang mungkin menyebabkan mode headset tetap aktif di HP Xiaomi. Bila semua cara di atas masih belum mampu membenahi audio HP yang tidak muncul, sebaiknya bawa smartphone Anda ke tempat service resmi agar ditangani langsung oleh ahlinya di sana.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram