Akurat, Inilah 3 Cara Melihat Koordinat di Google Maps

Ditulis oleh Siti Hasanah

Saat ini sepertinya setiap orang mempunyai Google Maps di gawainya. Google Maps sendiri merupakan aplikasi peta digital yang sama fungsinya dengan peta pada umumnya. Hanya saja bentuknya lebih ringkas dan ada fitur yang melengkapi aplikasi peta ini.

Salah satu yang disukai dari Google Maps adalah adanya layanan berbagi lokasi dari suatu tempat dalam bentuk koordinat. Ini tentu merupakan alternatif lain yang semakin menambah kenyamanan para pengguna Google Maps untuk mengakses suatu titik di belahan Bumi lain.

Nah, apa itu koordinat Google Maps dan bagaimana cara melihat titik koordinatnya? Sepertinya kamu tidak boleh berhenti membaca informasi ini. Pasalnya kami akan sedikit memberikan gambaran seputar hal tersebut.

Gambaran Singkat Mengenai Titik Koordinat Google Maps

Sumber: www.google.co.id/maps

Jadi, seperti layanan navigasi pada umumnya, Google Maps juga menggunakan sistem koordinat geografi dalam layanannya. Ini berguna untuk membantu para pengguna dalam menavigasi suatu lokasi.

Sistem koordinat geografi sejatinya adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk menunjukan posisi suatu tempat di seluruh belahan Bumi dalam bentuk rangkaian huruf, angka dan simbol tertentu.

Ada beragam penggambaran posisi yang bisa digunakan dalam sistem tersebut. Namun, secara umum penggambaran posisi tersebut biasanya ditunjukan dalam bentuk garis lintang dan garis bujur serta ketinggian suatu tempat sebagaimana pada Google Maps.

Walaupun kamu bisa membagikan data-data koordinat tersebut menggunakan tautan di layanan Google Maps, tetapi sebetulnya kamu bisa membagikan titik lokasi dalam bentuk koordinat langsung agar lebih akurat.

Google Maps mendukung format Degree Minute and Second (DMS), misalnya 41°24’12.2″N 2°10’26.5″E, dan Degrees and Decimal Minutes (DMM) seperti 41 24.2028 2 10.4418 serta Decimal Degrees (DD) seperti 41.40338, 2.17403.

Oleh karena itu, agar berhasil dalam pencarian lokasi dengan metode koordinat, kamu harus mengikuti beberapa format penulisan titik koordinat sesuai standar Google Maps.

Pertama-tama, gunakan derajat huruf “d”. Kedua, pakai tanda titik (.) untuk membuat angka desimal. Terakhir, cantumkan koordinat lintang terlebih dahulu baru setelah itu koordinat bujur.

Cara Agar Bisa Melihat Titik Koordinat di Google Maps

Sekarang kita tiba di ulasan utama, yaitu tentang bagaimana caranya agar kita bisa melihat titik koordinat Google Maps. Bagi kamu yang lebih nyaman membagikan titik lokasi dengan rangkaian angka, huruf dan simbol dari Google Maps ini, simak dengan baik informasinya.

1. Melalui Ponsel Android

1 2»
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram