Tutorial Cara Membuat Google Form untuk Berbagai Keperluan

Ditulis oleh Listiorini

Mungkin beberapa dari Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google Form. Perlu Anda ketahui, Google Form merupakan inovasi dari Google Docs yang bisa membuat template kuisoner ataupun formulir pendaftaran secara online melalui Google. Bagaimana cara membuat Google Form dengan mudah?

Sebelum membahas cara membuat Google Form, Carisinyal akan membahas sedikit mengenai Google Form. Seperti yang diketahui, Google Form dapat mempermudah siapapun untuk membuat kuisoner ataupun formulir pendaftaran secara online.

Namun sebelumnya, pastikan Anda sudah memiliki akun Google terlebih dahulu. Anda bisa membuat email di Gmail.com. Ketika Anda sudah memiliki akun google, secara otomatis Anda akan terkoneksi dengan yang namanya Google Drive. Google Drive inilah sebagai wadah untuk membuat Google Form. Lantas apa fungsi dan manfaat dari Google Form?

Fungsi dan Manfaat Google Form

cara membuat google form Fungsi dan Manfaat Google Form

* sumber: sobat.gedhe.or.id

Jika Anda bertanya-tanya fungsi dan manfaat Google Form yakni mempermudah Anda dalam membuat dan mengumpulkan data yang dibutuhkan. Mengapa? Sebab Google Form akan benar-benar mengumpulkan data yang Anda butuhkan secara real-time.

Anda tidak perlu repot untuk menanyakan satu persatu atau bahkan melakukan print untuk membuat kuisoner. Anda hanya perlu membuat Google Form kemudian membagikan link Google Form yang telah dibuat untuk diisi oleh orang lain sebagai data kuisoner.

Tentu hal ini bermanfaat dan tidak membuang waktu, kertas, bahkan tenaga. Selain itu juga, Anda bisa menjamin keamanan data kuisoner ataupun formulir Anda dengan aman. Pasalnya, semua data yang Anda buat di Google Form akan disimpan ke dalam Google Drive. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk kehilangan data atau rusak data. Google siap menyimpannya untuk Anda.

Cara Membuat Kuisoner

Nah, setelah Anda mengetahui mengenai Google Form dan juga manfaatnya, kini saatnya ke bagian ini yakni cara membuat Google Form dalam bentuk kuisoner. Seperti yang dikatakan pada bahasan sebelumnya bahwa Anda harus memastikan sudah memiliki akun.

Setelah Anda merasa yakni sudah memiliki akun Google berupal e-mail dari Gmail, maka Anda bisa membuka web browser. Anda bisa langsung mengakses gmail kemudain pastikan Anda membuka halaman Google Docs - Form dengan klik di sini. Setelah masuk, ikuti langkah berikut ini untuk cara membuat Google Form dengan template kuisoner:

1. Pilih Template

1 cara membuat kuisoner

*

Setelah Anda memasuki Google Docs, Anda akan dihadapkan beberapa pilihan template. Jika tidak ada template yang sesuai maka Anda bisa memilih “blank” dengan gambar “ + “ background putih. Klik langsung pada tanda “ + “ tersebut.

2. Mengisi Title dan Form Description

2 cara membuat kuisoner

*

Sudah memasuki Google Docs dan memilih template blank, kini saatnya untuk Anda mengisi kebutuhan kuisoner yang Anda butuhkan. Anda akan melihat kolom “Untitled Form” dengan huruf yang cukup besar. Anda bisa mengkliknya dan mengetikan judul dari kuisoner yang akan Anda buat.

Setelah Anda mengisi judul perhatikanlah bagian bawah judul terdapat “Form description.” Anda bisa memaparkan secara deskriptif mengenai kuisoner yang Anda buat. Buatlah deskripsi yang jelas sehingga membuat orang mudah memahami tujuan kuisoner yang Anda buat.

3. Membuat Pertanyaan

3 cara membuat kuisoner

*

Jika Anda sudah selesai menentukan judul dan deskripsi dari kuisoner, kini Anda sudah bisa memasuki tahap mengajukan pertanyaan untuk kuisoner Anda. Pada bagian bawah “form description” ada yang namanya “Question.” Anda bisa mengetikan pertanyaan yang Anda inginkan.

4 cara membuat kuisoner

*

Selain itu juga Anda bisa memilih jenis pertanyaan yang ingin Anda ajukan. Misalnya, Anda hanya butuh pertanyaan dengan jawaban “ya,” “tidak,” atau “mungkin.” Maka Anda bisa memilih jenis pertanyaan “Multiple Choice.” Namun jika Anda menginginkan pertanyaan dengan jawaban yang mengharuskan menulis jawaban berupa deskripsi, Anda bisa memilih “short answer” atau “paragraph.”

4. Membuat Pertanyaan dengan Jawaban Multiple Choice

5 cara membuat kuisoner

*

Bagi Anda yang memilih pertanyaan dengan Multiple Choice, tentu harus mempersiapkan jawabannya. Misalnya Anda hanya membutuhkan jawaban “ya, tidak, dan mungkin” maka tulislah dalam kolom “add option” untuk menuliskan jawaban “ya.”

Jika Anda ingin membuat jawaban lainnya, Anda hanya perlu mengklik “Add another” pada bagian samping “add option.” Anda bisa mengikuti step yang sama seperti ini untuk membuat jenis pertanyaan Checkboxes dan Dropdown.

5. Membuat Pertanyaan dengan Jawaban Short Answer dan Paragraph

6 cara membuat kuisoner

*

Jika sebelumnya Anda membuat pertanyaan dengan jawaban yang sudah Anda maka kali ini para pengisi kuisoner harus menuliskan jawabannya sendiri. Anda bisa membuat pertanyaan dengan memilih “Short Answer” atau “paragraph.”

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram