Carisinyal / Google Drive / Tutorial Cara Membuat Google Form untuk Berbagai Keperluan

Tutorial Cara Membuat Google Form untuk Berbagai Keperluan

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mungkin beberapa dari Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google Form. Perlu Anda ketahui, Google Form merupakan inovasi dari Google Docs yang bisa membuat template kuisoner ataupun formulir pendaftaran secara online melalui Google. Bagaimana cara membuat Google Form dengan mudah?

Sebelum membahas cara membuat Google Form, Carisinyal akan membahas sedikit mengenai Google Form. Seperti yang diketahui, Google Form dapat mempermudah siapapun untuk membuat kuisoner ataupun formulir pendaftaran secara online.

Namun sebelumnya, pastikan Anda sudah memiliki akun Google terlebih dahulu. Anda bisa membuat email di Gmail.com. Ketika Anda sudah memiliki akun google, secara otomatis Anda akan terkoneksi dengan yang namanya Google Drive. Google Drive inilah sebagai wadah untuk membuat Google Form. Lantas apa fungsi dan manfaat dari Google Form?

Fungsi dan Manfaat Google Form

cara membuat google form Fungsi dan Manfaat Google Form

* sumber: sobat.gedhe.or.id

Jika Anda bertanya-tanya fungsi dan manfaat Google Form yakni mempermudah Anda dalam membuat dan mengumpulkan data yang dibutuhkan. Mengapa? Sebab Google Form akan benar-benar mengumpulkan data yang Anda butuhkan secara real-time.

Anda tidak perlu repot untuk menanyakan satu persatu atau bahkan melakukan print untuk membuat kuisoner. Anda hanya perlu membuat Google Form kemudian membagikan link Google Form yang telah dibuat untuk diisi oleh orang lain sebagai data kuisoner.

Tentu hal ini bermanfaat dan tidak membuang waktu, kertas, bahkan tenaga. Selain itu juga, Anda bisa menjamin keamanan data kuisoner ataupun formulir Anda dengan aman. Pasalnya, semua data yang Anda buat di Google Form akan disimpan ke dalam Google Drive. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk kehilangan data atau rusak data. Google siap menyimpannya untuk Anda.

Cara Membuat Kuisoner

Nah, setelah Anda mengetahui mengenai Google Form dan juga manfaatnya, kini saatnya ke bagian ini yakni cara membuat Google Form dalam bentuk kuisoner. Seperti yang dikatakan pada bahasan sebelumnya bahwa Anda harus memastikan sudah memiliki akun.

Setelah Anda merasa yakni sudah memiliki akun Google berupal e-mail dari Gmail, maka Anda bisa membuka web browser. Anda bisa langsung mengakses gmail kemudain pastikan Anda membuka halaman Google Docs – Form dengan klik di sini. Setelah masuk, ikuti langkah berikut ini untuk cara membuat Google Form dengan template kuisoner:

1. Pilih Template

1 cara membuat kuisoner

*

Setelah Anda memasuki Google Docs, Anda akan dihadapkan beberapa pilihan template. Jika tidak ada template yang sesuai maka Anda bisa memilih “blank” dengan gambar “ + “ background putih. Klik langsung pada tanda “ + “ tersebut.

2. Mengisi Title dan Form Description

2 cara membuat kuisoner

*

Sudah memasuki Google Docs dan memilih template blank, kini saatnya untuk Anda mengisi kebutuhan kuisoner yang Anda butuhkan. Anda akan melihat kolom “Untitled Form” dengan huruf yang cukup besar. Anda bisa mengkliknya dan mengetikan judul dari kuisoner yang akan Anda buat.

Setelah Anda mengisi judul perhatikanlah bagian bawah judul terdapat “Form description.” Anda bisa memaparkan secara deskriptif mengenai kuisoner yang Anda buat. Buatlah deskripsi yang jelas sehingga membuat orang mudah memahami tujuan kuisoner yang Anda buat.

3. Membuat Pertanyaan

3 cara membuat kuisoner

*

Jika Anda sudah selesai menentukan judul dan deskripsi dari kuisoner, kini Anda sudah bisa memasuki tahap mengajukan pertanyaan untuk kuisoner Anda. Pada bagian bawah “form description” ada yang namanya “Question.” Anda bisa mengetikan pertanyaan yang Anda inginkan.

4 cara membuat kuisoner

*

Selain itu juga Anda bisa memilih jenis pertanyaan yang ingin Anda ajukan. Misalnya, Anda hanya butuh pertanyaan dengan jawaban “ya,” “tidak,” atau “mungkin.” Maka Anda bisa memilih jenis pertanyaan “Multiple Choice.” Namun jika Anda menginginkan pertanyaan dengan jawaban yang mengharuskan menulis jawaban berupa deskripsi, Anda bisa memilih “short answer” atau “paragraph.”

4. Membuat Pertanyaan dengan Jawaban Multiple Choice

5 cara membuat kuisoner

*

Bagi Anda yang memilih pertanyaan dengan Multiple Choice, tentu harus mempersiapkan jawabannya. Misalnya Anda hanya membutuhkan jawaban “ya, tidak, dan mungkin” maka tulislah dalam kolom “add option” untuk menuliskan jawaban “ya.”

Jika Anda ingin membuat jawaban lainnya, Anda hanya perlu mengklik “Add another” pada bagian samping “add option.” Anda bisa mengikuti step yang sama seperti ini untuk membuat jenis pertanyaan Checkboxes dan Dropdown.

5. Membuat Pertanyaan dengan Jawaban Short Answer dan Paragraph

6 cara membuat kuisoner

*

Jika sebelumnya Anda membuat pertanyaan dengan jawaban yang sudah Anda maka kali ini para pengisi kuisoner harus menuliskan jawabannya sendiri. Anda bisa membuat pertanyaan dengan memilih “Short Answer” atau “paragraph.”


Apa perbedaannya? Jika “Short Answer” hanya bisa mengetikan beberapa kata saja. Namun untuk jenis “paragraph” para kuisoner bisa menuliskan jawaban dengan panjang lebar. Cara membuat Google Form untuk kuisoner berupa short answer dan paragraph cukup mudah. Anda hanya perlu menuliskan pertanyaannya saja dan pilihlah jenis “Short Answer” atau “paragraph.”

6. Kirim Kuisonernya Sekarang!

7 cara membuat kuisoner

*

Setelah Anda merasa sudah lengkap dengan semua pertanyaannya, maka langkah terakhir adalah mengirimkan kuisoner kepada orang yang Anda pilih. Anda bisa mengirimnya menggunakan email secara langsung ataupun mengcopy link Google Form yang sudah Anda buat. Pertama, Anda bisa mengklik “send” yang ada pada bagian kanan atas.

8 cara membuat kuisoner

*

Setelah itu Anda akan diberikan pilihan untuk mengirim Form dengan menggunakan e-mail. Anda bisa menuliskan alamat email yang ingin Anda kirim dan klik “include form in email.” Lalu, Anda bisa langsung klik “send” yang ada di kanan bawah.

9 cara membuat kuisoner

*

Anda juga bisa melakukan copy paste untuk mengirimkan link kuisoner yang telah Anda buat. Anda hanya perlu mengklik simbol seperti “peniti” kemudian akan muncul link yang bisa Anda copy. Jika link dirasa terlalu panjang, Anda bisa memperpendeknya dengan mengklik “Shorten URL.” Setelah itu copy-lah link yang sudah tersedia. Cara membuat Google Form untuk kuisoner sangat mudah bukan?

Cara Membuat Formulir Pendaftaran

Setelah Anda sudah mengetahui tata cara membuat kuisoner dengan menggunakan Google Form, kali ini Carisinyal akan memberikan tutorial cara membuat formulir pendaftaran. Formulir ini dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan seperti pendaftaran siswa, pendaftaran acara, dan lainnya.

Tidak jauh berbeda dengan membuat kuisoner. Pertama-tama tentu Anda harus memiliki gmail terlebih dahulu dan masuk ke Google Docs – Form dengan klik di sini. Kemudian Anda bisa ikuti cara selanjutnya seperti berikut ini:

1. Pilih Template

1 cara membuat formulir pendaftaran

*

Seperti membuat kuisoner, Anda bisa langsung memilih blank template untuk membuat formulir pendaftaran. Mengapa selalu blank template? Pasalnya blank template lebih leluasa untuk Anda membuat Google Form sesuai yang diinginkan. Namun, Anda juga bisa memilih template yang sudah tersedia di Google Form.

2. Isi Title dan Form Description

2 cara membuat formulir pendaftaran

*

Langkah kedua ini juga sama seperti saat Anda membuat kuisoner. Anda perlu mengisi judul formulir pendaftaran serta deskripsi dari formulir pendaftaran yang Anda buat. Anda bisa menuliskannya secara singkat, padat, namun tetap jelas dan mudah dipahami.

3. Buat Pertanyaan yang Dibutuhkan

3 cara membuat formulir pendaftaran

*

Berbeda sedikit dari kuisoner. Formulir pendaftaran biasanya tidak memerlukan pertanyaan dengan jawaban multiple choice. Jadi, Anda bisa memilih jenis jawaban “short answer” atau pun “paragraph.” Anda bisa menuliskan nama, umur, tempat lahir, dan sebagainya ke dalam “untitled question.”

4. Kirim dan Bagikan Formulir Pendaftaran

4 cara membuat formulir pendaftaran

*

Setelah Anda selesai dengan membubuhkan pertanyaan yang dibutuhkan, kini saatnya Anda menyebarkan atau membagikan formulir pendaftaran yang sudah Anda buat. Sama seperti membuat kuisoner, Anda hanya perlu klik “send” yang ada di bagian kanan atas.

5 cara membuat formulir pendaftaran

*

Anda bisa langsung membagikannya lewat e-mail dengan langkah-langkah yang sama dengan cara membuat kuisoner. Anda bisa langsung menuliskan alamat e-mail yang dituju, jangan lupa untuk mengklik “include form in email.” Kemudian, langsung saja klik “send.”

6 cara membuat formulir pendaftaran

*

Jika Anda membutuhkan link untuk membagikan formulir pendaftaran yang sudah dibuat, maka Anda bisa mengklik simbol seperti “peniti.” Setelahnya, link dari formulir pendaftaran yang Anda buat akan muncul. Anda juga memperpendek link formulir pendaftaran dengan mengklik “Shorten URL.” Kemudian, Anda bisa langsung klik “Copy.” Mudah bukan?

Cara Melihat Survey

Sesudah Anda membuat kuisoner dan juga formulir pendaftaran, kini Anda bisa melihat hasil survey dari form yang telah dibuat. Caranya pun tidak ribet dan cenderung mudah. Ikutilah langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke Form yang Telah Dibuat

1 cara melihat survey

*

Pertama, Anda bisa masuk ke form yang sudah dibuat. Masuklah seperti pertama kali Anda akan membuat Google Form. Anda bisa klik di sini untuk mengakses google form. Di bagian bawah ada Google Form yang telah Anda buat sebelumnya. Klik salah satu form yang ingin Anda lihat survey-nya. Di sini Carisinyal akan memberikan contoh melihat survey dari kuisoner.

2. Lihat Hasilnya

2 cara melihat survey

*

Setelah itu, Anda akan melihat form yang sudah dibuat. Di bagian samping “Questions” ada yang namanya “Responses.” Anda bisa klik “responses” untuk melihat yang sudah mengisi kuisoner Anda.

3 cara melihat survey

*

Kemudian Anda akan diperlihatkan berapa banyak yang telah merespon kuisoner Anda. Tidak hanya jumlah dari orang yang merespon, namun lengkap dengan jawaban yang telah di isi oleh para perespon kuisoner Anda. Ada dua jenis untuk melihat hasilnya yakni “Summary” dan “Individual.”

Untuk melihat hasil respon Summary, Anda akan diberikan rangkuman dari keseluruhan jawaban dari para pengirim jawaban. Sedangkan untuk hasil survey Individual, Anda akan diperlihatkan jawaban detail dari para pengirim jawaban.

Itulah dia tutorial cara membuat Google Form untuk kuisoner dan juga formulir pendaftaran. Anda hanya perlu internet dan Komputer/Laptop saja tanpa harus menghabiskan kertas. Sangat mudah, simple, dan tidak ribet. Anda berhasil melakukannya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

9 Responses

  1. Alhamdulillah, terima kasih semoga Tulisan Anda ini menjadi amal jariyah (sedekah jariyah) bagi Anda, amin . . .

  2. Alhamdulillah…jazaakallahu khairan.

  3. terimakasiih
    alhamdulillah tulisann ini membantuu
    jazakumullah

  4. tingkyuu penjelasannya jelas sekali bagi newbie spt saya

  5. sangat bermanfaat, dan sangat membantu. terima kasih infonya. cara downloudnya bgmn ya ?

  6. Alhamdulillah, terimakasih…sangat bermanfaat. Semoga menjadi amal jariyah bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *