Carisinyal / Tips Trik / Tips Laptop / 10 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Pada Laptop dan Router

10 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Pada Laptop dan Router

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 September 2018

Di jaman sekarang ini WiFi sudah bukan sesuatu yang asing lagi di telinga kita. Hampir di berbagai tempat kita bisa dengan mudah menemukan hotspot yang menyediakan layanan internet secara gratis ataupun berbayar. Sayangnya, terkadang kita harus mengetahui cara memperkuat sinyal WiFi karena tidak semua hotspot di negara kita ini memiliki jaringan yang bagus.

Selain jaringan WiFi yang kurang baik, kecepatan internet di Indonesia juga sangat lambat. Ya,  Indonesia merupakan salah satu negara peringkat bawah di ASEAN dalam hal kecepatan akses internet. Sungguh merupakan ironi bahwa bangsa sebesar Indonesia kalah dengan negara tetangga seperti Myanmar, Brunei Darussalam, Malaysia, bahkan Laos.

Maka dari itu kali ini Carisinyal akan mengulas berbagai macam tips dan trik mudah untuk memperkuat penerimaan sinyal dari jaringan WiFi. Cara ini dapat diaplikasikan untuk laptop, PC, hingga smartphone dan tablet Android.

1. Gunakan teknologi WiFi terbaru

wireless abgnac

Cara pertama dan yang cukup efektif adalah mengganti wireless card di laptop atau PC dengan teknologi paling mutakhir. Seperti kita ketahui, teknologi wireless semakin hari semakin berkembang dan saat ini sudah terdapat lima jenis teknologi yang tersedia yakni Wireless A, B, G, N, dan AC.

Teknologi Wireless A, B, dan G merupakan teknologi lama yang kecepatannya masih lambat. Sedangkan Wireless N dan AC merupakan yang terbaru dan tercepat di segi kecepatan. Maka dari itu, jika router yang digunakan sudah menggunakan teknologi wireless N dan AC , maka gunakanlah wireless card dengan teknologi keduanya juga agar kecepatannya maksimal.

2. Cari posisi yang tepat

Sinyal WiFi menggunakan udara sebagai media perambatannya. Maka dari itu, semakin sedikit penghalang antara perangkat Anda dengan router, maka akan semakin baik pula sinyal yang didapat. Selain itu, berada di posisi yang dekat dengan router juga akan membuat penerimaan sinyal menjadi lebih baik.

Namun terkadang posisi yang dekat dengan router tidak akan membantu penguatan sinyal jika terlalu banyak halangan di sekitar. Pasalnya berbagai benda padat dapat menahan dan memantulkan sinyal tersebut sehingga menjadi tidak beraturan. Maka dari itu, carilah posisi yang tapat agar mendapatkan sinyal terkuat karena seperti kata pepatah “posisi menetukan prestasi”.

3. Jauhkan dari perangkat elektronik lain

Tidak hanya router lain yang dapat mengganggu kualitas sinyal, namun beberapa perangkat elektronik lain seperti microwave juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menjauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari router. Selain itu Anda juga bisa menggunakan router dual band agar dapat memindahkan frekuensinya dengan mudah.

4. Gunakan channel yang kosong

Cara memperkuat sinyal WiFi

Jika di wilayah Anda terdapat banyak orang yang menggunakan router WiFi, maka bisa jadi Anda berada pada channel yang sama dengan router tersebut sehingga kualitas sinyalnya menurun. Maka dari itu pilihlah channel WiFi yang kosong atau yang sedikit penggunanya agar tidak terjadi gangguan sinyal. Anda dapat menggunakan aplikasi inSSIDer untuk melakukan trik ini.

5. Gunakan sistem keamanan yang baik

Jika Anda memiliki paket internet yang cepat namun ternyata tetap lambat ketika diakses via WiFi, bisa jadi ada orang lain yang membobol menggunakan koneksi WiFi Anda. Oleh karena itu gunakanlah sistem keamanan yang baik pada jaringan WiFi Anda. Sistem enkripsi terbaik saat ini adalah WPA2. Gunakan juga password yang unik agar tidak mudah ditebak oleh para hacker.

6. Kontrol aplikasi pemakan bandwidth

Jika Anda tidak sendirian menggunakan koneksi WiFi, maka bisa jadi pengguna yang lainlah penyebab koneksi menjadi lambat. Mengakses layanan video streaming, bermain game online, ataupun mengunduh file torrents merupakan sedikit dari penyebab koneksi menjadi lambat.

Untuk mengatasi masalah trsebut, Anda dapat mengatur Quality of Service atau QoS di router untuk mengontrol penggunaan bandwith. Dengan cara tersebut Anda dapat memprioritaskan sebuah layanan di atas layanan lainnya agar tidak terjadi penggunaan bandwidth yang berlebihan.

7. Gunakan DD-WRT firmware

Cara memperkuat sinyal WiFi lainnya yang cukup efektif adalah dengan menggunakan aplikasi DD-WRT firmware. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk meng-hack router agar kekuatan pemancar sinyalnya menjadi lebih tinggi lagi.

Seperti dikutip dari Lifehacker.com, meskipun cukup berbahaya untuk router namun setidaknya Anda bisa menaikannya hingga 70 mW. Dengan begitu, jangkauan dari sinyal router Anda akan bertambah hingga lebih dari dua kali lipat. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam opsi keamaan bagi router Anda.

8. Menggunakan kaleng bekas

Cara memperkuat sinyal WiFi kaleng bekas

Seperti disinggung di atas, sinyal memiliki sifat merambat di udara sehingga mudah terhalang atau berubah arah. Nah, agar sinyal tersebut dapat mengarah ke suatu tempat saja, Anda dapat menggunakan kaleng bekas untuk menyiasatinya.

Bahan yang akan digunakan hanyalah kaleng bekas minuman bersoda ataupun yang lainnya. Caranya, potong bagian bawah dan atas kaleng hingga menyisakan beberapa centimeter saja. Kemudian, potong sisi bagian dalam kaleng hingga menjadi terpisah.

Setelah itu, lebarkan bagian dalam kaleng yang sudah dipotong menjadi dua tersebut dan letakkan kaleng diantara penacar router. Trik ini juga dapat digunakan untuk memperkuat sinyal modem GSM dan CDMA dengan cara meletakannya di dekat modem. Selain kaleng, Anda juga dapat memanfaatkan benda lainnya seperti panci bekas dan alumunium foil.

9. Gunakan  WiFi repeater

Cara memperkuat sinyal WiFi repeater

Sesuai dengan namanya, repeater merupakan alat untuk menerima sinyal Wi-Fi kemudian memancarkannya kembali dengan sinyal yang lebih kuat. Maka dari itu jika di tempat Anda penerimaan sinyal WiFi sangat buruk, gunakanlah repeater untuk memperbaikinya.

WiFi repeater juga perangkat yang cukup bagus digunakan di tempat yang memiliki banyak penghalang atau tembok. Anda dapat membeli repeater baru ataupun menjadikan router lama Anda yang sudah tidak terpakai menjadi sebuah repeater.

10. Reboot secara rutin

reboot router

Sama halnya seperti smartphone dan PC, router juga sering mengalami masalah jika dipakai dalam waktu yang lama. Oleh karena itu lakukanlah reboot atau restart router secara rutin agar kondisinya menjadi segar kembali dan siap untuk digunakan tanpa masalah. Anda dapat menggunakan aplikasi DD-WRT firmware untuk melakukan reboot secara otomatis pada waktu-waktu tertentu.

Sepuluh cara di atas merupakan cara yang paling mudah untuk memperkuat sinyal Wi-Fi pada laptop dan router Anda. Satu hal yang perlu ditekankan, tips dan trik di atas hanyalah untuk memperkuat sinyal WiFi dan bukan untuk mempercepat koneksi internet.

Pasalnya sebagus apapun sinyal WiFi yang Anda terima, tetap koneksinya akan lambat apabila Anda menggunakan paket internet yang lambat. Maka dari itu, gunakanlah paket internet yang cepat agar koneksinya semakin handal. Anda juga dapat membaca trik mempercepat koneksi internet Speedy di artikel ini.

Selain sepuluh cara di atas, apakah Anda mempunyai cara memperkuat sinyal WiFi lain yang cukup efektif? Jika Anda memilikinya, silahkan bagikan pengalaman Anda dengan kami pada kolom diskusi di bawah ini. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

3 Comments

  1. Mas Adam September 13, 2016 at 6:00 pm - Reply

    wkwkwkw Copy Paste Jalan Tikus Ea ? :v

  2. Gun Mei 15, 2017 at 12:58 pm - Reply

    Info ygcara rubah router lama yg tdk terpakai mjd repeater

Leave A Comment