Carisinyal / Tips Laptop / Inilah 7 Cara Mendinginkan Laptop dengan Mudah dan Aman

Inilah 7 Cara Mendinginkan Laptop dengan Mudah dan Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Juni 2019

Suhu laptop yang sedang kita gunakan pasti akan terus naik seiring beban kerja yang ditanganinya. Saat suhu laptop sudah cukup tinggi dan mencapai batas kemampuannya, maka kinerjanya akan menurun. Agar kinerjanya kembali dapat diandalkan, maka suhu laptop harus kembali normal dan stabil.

Terdapat banyak cara mendinginkan laptop yang bisa kamu lakukan. Hal ini sangat penting dilakukan agar laptop bisa kembali bekerja pada performa terbaik mereka. Berikut ini Carisinyal akan membahas beberapa cara mendinginkan laptop yang bisa kamu terapkan dengan mudah.

1. Matikan Laptop

* sumber: pixabay.com

Jika suhu laptop kamu sudah cukup tinggi hingga menyebabkan kinerjanya menurun, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah mematikan laptop untuk sementara waktu. Ketika hal ini dilakukan, semua komponen bergerak di dalam laptop akan berhenti bekerja sehingga membuat suhunya turun.

Kamu juga dapat mengaktifkan mode tidur atau hibernasi agar laptop bisa beristirahat sejenak. Saat lelah kita juga butuh istirahat, baik dengan tidak beraktivitas maupun tidur. Begitu juga dengan laptop, perangkat tersebut tidak bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Cobalah untuk istirahatkan laptopnya sejenak sebelum siap digunakan kembali.

2. Bersihkan Ventilasi Laptop

* sumber: commons.wikimedia.org

Setiap laptop pasti memiliki lubang ventilasi di bagian bawahnya. Hal itu berfungsi agar udara panas yang dihasilkannya bisa dikeluarkan dengan mudah menggunakan bantuan kipas laptop. Namun, seiring berjalannya waktu, lubang ventilasi tersebut bisa menjadi sarang debu dan benda-benda kecil lainnya sehingga udara panas sulit menghilang.

Agar sirkulasi udaranya tetap baik, kamu perlu membersihkan ventilasi laptop ini dari segala hal yang menyumbatnya. Kamu bisa menggunakan alat sejenis sapu kecil untuk melakukan pembersihan. Jika kamu sudah paham bongkar-bongkar laptop, cobalah untuk membersihkan pula bagian dalamnya (terutama kipasnya).

3. Gunakan Kipas Pendingin Laptop

Agar suhu laptop tetap terjaga saat kita gunakan, kamu bisa menggunakan kipas atau bantalan pendingin (cooling fan / pad) di bagian bawah laptop. Alat ini berfungsi menstabilkan suhu laptop supaya tidak cepat panas. Jika kamu seorang gamer, maka cooling pad adalah aksesoris laptop yang perlu kamu miliki. Biasanya terdapat cooling pad yang khusus dibuat untuk laptop-laptop gaming.

Bantalan atau kipas pendingin laptop tersedia dalam banyak model dan merk. Harga bantalan pendingin umumnya lebih mahal dari kipas pendingin. Hal itu karena fitur-fitur yang dibawa bantalan pendingin lebih banyak dibandingkan kipas pendingin. Bantalan pendingin juga memiliki desain yang lebih kompak, ergonomis, dan keren.

Ingin mendapatkan cooling fan atau pad laptop dengan mudah? Kami sarankan untuk membelinya di Bukalapak melalui link ini. Dapatkan salah satunya dengan harga yang kompetitif.

Beli cooling fan laptop dengan mudah di Bukalapak (klik di sini).

Beli cooling pad laptop dengan mudah di Bukalapak (klik di sini).

4. Coba Tambah RAM

 

Kamu sudah tahu kan fungsi dari sebuah RAM? RAM atau Random Access Memory adalah perangkat keras dalam perangkat komputasi tempat sistem operasi (OS), program aplikasi, dan data yang sedang digunakan disimpan sehingga dapat dengan cepat dijangkau oleh prosesor perangkat.

RAM adalah memori utama dalam komputer atau laptop. Benda ini memiliki kemampuan membaca dan menulis yang lebih cepat daripada jenis penyimpanan lain, seperti HDD dan SSD. Ukuran RAM pada mayoritas komputer dihitung dalam GB.

Semakin tinggi ukuran RAM yang digunakan, semakin tinggi pula kinerja komputer yang dihasilkan. Sebaliknya semakin rendah ukuran RAM yang digunakan, maka kamu jangan berharap performa laptop yang cepat. Setiap laptop datang dengan ukuran RAM yang berbeda-beda, tergantung harga jual yang ditawarkannya.

Saat laptop cukup banyak mengkonsumsi RAM hingga mencapai batasnya, maka suhunya akan naik. Jika kamu merasa bahwa jumlah RAM dalam laptopmu terlalu kecil, kamu bisa menambah RAM dalam ukuran tertentu yang didukung laptopmu. Laptop dengan RAM yang memadai mampu bekerja lebih cepat sehingga suhunya tidak cepat naik.

Beli RAM laptop dengan mudah di Bukalapak (klik di sini).

5. Tempatkan Laptop di atas Permukaan Keras dan Datar

* sumber: www.pexels.com

Menempatkan laptop di permukaan yang tidak datar dan halus (seperti bantal, kasur, dan karpet) bisa membuat sirkulasi udaranya menjadi buruk karena ventilasinya tertutup. Hasilnya suhu laptop akan cepat naik dan performanya menurun.

Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya tempatkan laptop di atas permukaan yang keras dan datar, seperti meja belajar. Tidak hanya keras dan datar, sebaiknya kamu memilih permukaan yang mampu menyerap panas yang dihasilkan oleh laptop.

Jika sewaktu-waktu kamu harus bekerja di atas kasur, kamu bisa membeli meja laptop portabel berbahan metal. Dengan menggunakan alat ini, kamu tidak perlu lagi menyimpan laptop di atas bantal atau kasur yang berpotensi merusak laptop jika dilakukan terlalu sering.

Beli meja laptop portabel dengan mudah di Bukalapak (klik di sini).

6. Tempatkan Laptop di Ruangan Bersuhu Dingin

* sumber: www.pexels.com

Jika suhu laptopmu sudah memanas dan ruangan bekerjamu juga panas (baik karena udara sekitar atau sorotan sinar matahari langsung), segera tempatkan laptop di ruangan yang suhunya lebih rendah. Ruangan ber-AC bisa lebih cepat menurunkan suhu laptop yang sedang naik.

Hindari menggunakan laptop di bawah sinar matahari langsung agar suhunya tidak cepat panas. Jika kamu saja merasa tidak nyaman bekerja kepanasan, maka laptop juga demikian.

7. Sesuaikan Pengaturan Laptop

Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Proses mendinginkan laptop juga bisa dilakukan dengan cara menyesuaikan pengaturannya. Misalnya jika kamu seorang gamer atau video editor, pastikan laptop yang kamu gunakan sesuai dengan bidang pekerjaanmu. Di saat yang sama, jika perangkat lunak yang kamu gunakan untuk bekerja masih berfungsi sebagaimana mestinya, cobalah untuk tidak memperbaruinya jika tidak perlu.

Hal itu bertujuan untuk mengurangi beban kerja laptop. Coba juga pengaturan lainnya seperti menurunkan kecerahan layar laptop, mencabut perangkat yang mengambil daya dari laptop melalui kabel USB, dan menutup aplikasi yang sedang menganggur. Terakhir, pastikan pengaturan manajemen daya laptopmu diaktifkan dengan benar.

Itulah beberapa cara mendinginkan laptop yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Laptop memiliki jangka waktu pemakaian setiap harinya sehingga langkah-langkah di atas sangat penting untuk diterapkan agar laptop tidak cepat rusak. Jika suhu laptop sering melebihi batas kemampuannya, maka komponen-komponen yang ada di dalamnya bisa lebih cepat rusak dan masa pakainya pendek.

Jika kamu harus bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama dengan menggunakan laptop, menggunakan pendingin sangat disarankan agar suhu laptop tetap terjaga normal.

Aksesoris laptop yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan mudah dan harga yang kompetitif di Bukalapak. Cukup klik link yang kami sediakan di atas dan dapatkan produk pendingin laptop yang kamu butuhkan. Di Bukalapak kamu bisa menemukan berbagai macam produk pendingin laptop dari banyak brand-brand terkenal. Yuk, langsung belanja di Bukalapak melalui Carisinyal!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar