Carisinyal / Tips Trik / 5 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

Ditulis oleh

Kebutuhan akan flashdisk memang cukup penting bagi sebagian orang. Pasalnya, flashdisk bisa dijadikan tempat penyimpanan data dan file sementara bagi mereka yang membutuhkan. Terkadang, flashdisk juga akan sangat berguna untuk dijadikan tempat backup untuk file-file penting.

Namun, ada kalanya di mana flashdisk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa terbaca pada laptop ataupun PC Anda. Maka dari itulah, kali ini Carisinyal memberikan tips dan trik untuk para pembaca dalam mengatasi flashdisk yang tidak terbaca di PC / laptop dengan mudah dan praktis. Berikut ulasannya, bisa disimak sampai akhir, ya.

5 Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

1. Cek Port USB pada PC/Laptop

Pertama, untuk cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca adalah dengan mengecek kondisi port USB yang akan digunakan. Ada kemungkinan, port USB pada laptop sedang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat membaca flashdisk Anda.

Untuk mengeceknya sangat mudah, Anda bisa coba mencolok flashdisk ke port USB yang ada di laptop lain. Jika memang flashdisk bisa terbaca di port USB laptop lainnya, maka besar kemungkinan port USB yang ada di laptop Anda sedang bermasalah.

2. Cek Flashdisk

cara memperbaiki flashdisk yang rusak

Selain port USB, Anda juga perlu antisipasi kerusakan yang ada pada flashdisk. Anda bisa mengecek kondisi flashdisk yang kini tengah Anda pakai, apakah flashdisknya masih bagus atau memang sudah rusak. Pasalnya, jika flashdisk Anda memang mengalami kerusakan, secara otomatis flashdisk tidak akan bisa terbaca di laptop Anda.

Cara mengecek flashdisknya, Anda bisa coba mencolokan flashdisk lain ke port USB yang ada di laptop Anda. Jika flashdisk lain berhasil dibaca oleh laptop Anda, berarti memang flashdisk Anda kemungkinan mengalami crash atau kerusakan. Jadi, memang sangat wajar jika flashdisk Anda tidak bisa dibaca oleh laptop, kan?

3. Cek Flashdisk dengan Fitur yang Ada di Windows

Sebenarnya, Windows memiliki fitur untuk melakukan scanning flashdisk. Pemindaian pada flashdisk ini juga dapat memperbaiki atau mengatasi flashdisk yang memang ada kerusakan. Jika ditemukannya ada kerusakan, maka secara otomatis Windows akan memperbaiki flashdisk kita.

Bisanya, yang merusak flashdisk adalah kehadiran virus. Untuk itu, Anda bisa ikuti beberapa langkah ini untuk melakukan scanning sebagai salah satu cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca. Berikut langkah-langkah praktisnya:

  • Colokan flashdisk pada port USB di laptop ataupun PC Anda.
  • Kemudian, Anda bisa klik kanan pada simbol Windows dan pilihlah Disk Management.

Cek Flashdisk dengan Fitur yang Ada di Windows 1

  • Lalu, pilihlah Disk Flashdisk Anda. Di sini, Disk yang ada pada Flashdisk berada di (E) maka kami klik kanan pada (E).

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

  • Setelah Anda mengklik kanan, pilihlah properties dan akan otomatis muncul Windows baru.
  • Lalu, Anda bisa klik tools dan pilihlah fitur check.

Cek Flashdisk dengan Fitur yang Ada di Windows 3

  • Terakhir, Anda bisa klik scan and repair drive dan tunggulah beberapa saat sampai selesai.

Cek Flashdisk dengan Fitur yang Ada di Windows 4

Nah, setelah Anda melakukan scanning maka Anda bisa mencoba lagi dengan mencabut flashdisk dan mencolokannya lagi ke port USB. Kini, flashdisk Anda sudah berhasil terbaca di laptop, bukan?

4. Format Flashdisk dengan CMD

Format Flashdisk dengan CMD 2

Sudah melakukan semua cara di atas, namun tetap flashdisk tidak terbaca. Tenang saja, Carisinyal masih punya cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca lainnya, yakni dengan cara menghapus alias melakukan format pada flashdisk Anda.

Ya, memang cara yang satu ini terbilang ekstrem apalagi Anda memiliki banyak file penting di flashdisk. Namun, cara ini juga bisa disebut cara yang efektif, karena bisa saja di dalam flashdisk Anda tersebar virus yang membuatnya tidak bisa terbaca di PC ataupun laptop.

Lalu, bagaimana caranya melakukan format jika flashdisknya saja tidak bisa terbaca? Mudah, kok, karena Windows punya fitur CMD yang bisa membantu Anda untuk melakukan format ulang pada flashdisk. Jika Anda ingin mencoba cara mengatasi flashdisk tidak terbaca yang satu ini, maka bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, tentu Anda harus mencolokan atau memasang flashdisk pada port USB yang ada di PC.
  • Jika sudah terpadang, Anda bisa klik Windows dan langsung ketik Setelahnya, akan muncul Windows CMD secara otomatis.
  • Sekarang, Anda bisa ketikan FORMAT F: /FS:FAT pada CMD tersebut. Perlu diketahui, bahwa huruf F yang ada di bagian pertama formatnya menunjukan lokasi flashdisk. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan lokasi flashdisk masing-masing, karena lokasi flashdisk bisa berbeda. Ada yang di F, E, atau D.
  • Di akhir, Anda kini hanya perlu mengklik enter. Secara otomatis, flashdisk Anda akan diformat oleh Windows dan menghapus semua file yang ada di flashdisk tersebut.

5. Format Flashdisk dengan Disk Management

Format Flashdisk dengan Disk Management

Disk Management juga bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda yang mengalami masalah flashdisk tidak terbaca. Ya, cara ini juga akan menghapus atau melakukan format untuk semua file yang ada pada flashdisk Anda.

Pada cara sebelumnya, Disk Management ini bisa untuk melakukan scanning and repair drive. Namun, kali ini Carisinyal akan mengulas cara melakukan format ulang flashdisk di Disk Management. Berikut beberapa langkah yang harus Anda ikuti:

  • Seperti biasa, Anda harus memasang flashdisk ke laptop atau PC Anda.
  • Kemudian, klik menu windows dan langsung ketikan msc. Secara otomatis, akan langsung muncul jendela program compmgmt.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung klik menu Disk Management.
  • Jika sudah, maka secara otomatis akan muncul jendela Disk Management dengan beberapa informasi mengenai semua partisi yang ada di laptop / PC Anda, termasuk flashdisk.
  • Nah, kini Anda hanya perlu memilih bagian partisi flashdisk, baik itu di E, F, D, ataupun lainnya. Pastikan Anda memilih lokasi flashdisk bukan lokasi hardisk, ya. Jika salah memilih lokasi flashdisk, nantinya justru akan mem-format partisi hardisk.
  • Setelah Anda yakin dengan lokasi flashdisknya, kini Anda bisa klik kanan dan pilihlah fitur format.
  • Terkahir, tunggulah sampai proses penghapusan dan format selesai. Dan kini, flashdisk Anda sudah berhasil diformat ulang. Mudah, kan?

Begitulah beberapa cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca di laptop ataupun PC dengan mudah. Anda bisa mencoba salah satu caranya. Namun, jika punya cara lainnya, silakan sharing di kolom komentar, ya. Dan untuk Anda yang punya masalah USB Not Recognized, bisa cek caranya di artikel ini. Semoga membantu!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment