carisinyal web banner retina

3 Cara Menghubungkan HP Oppo ke TV Secara Praktis & Mudah

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 September 2021

Ada kabar bagus bagi pengguna HP Oppo yang gemar menonton. Kini kamu dapat menikmati tayangan-tayangan favorit yang biasa diakses via HP melalui layar besar televisi. Mengkoneksikan HP ke layar televisi seperti ini disebut screen mirroring atau screen sharing.

Agar kamu dapat menikmati kenyamanan menonton televisi dengan tayangan dari ponselmu, ada beberapa cara menghubungkan HP Oppo ke televisi yang mudah dilakukan. Sebelumnya, kamu harus memeriksa dulu apakah HP Oppo milikmu dan televisinya terdapat fitur screen sharing.

Pastikan televisimu merupakan jenis smart TV yang mampu mendukung semua aplikasi tambahan agar semua perangkat HP dan televisi bisa terkoneksi dengan perangkat kabel lainnya. Apabila ternyata salah satunya tidak mendukung koneksi sharing screen, maka mungkin menghubungkan HP Oppo ke televisi menjadi gagal karena perangkat tidak terbaca.

Jika semua perangkat sudah benar-benar mendukung, kamu dapat mulai mengaktifkan fitur screen sharing dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Menghubungkan HP Oppo ke Televisi dengan Kabel

3 Cara Menghubungkan HP Oppo ke TV Secara Praktis & Mudah 1
*Sumber: Shopee

Cara pertama untuk menghubungkan HP Oppo ke televisi adalah dengan menggunakan kabel. Kamu perlu mempersiapkan kabel tambahan yang disebut dengan kabel HDMI atau High Definition Multimedia Interface. Selain kabel HDMI, kamu juga bisa menggunakan kabel data MHL atau Mobile High Definition Link. Ini adalah kabel yang akan mengubah televisi menjadi extender display bagi HP Oppo.

Pastikan TV dan HP kamu memiliki port HDMI cadangan agar kamu dapat menghubungkan keduanya. Pada umumnya port HDMI akan diberi keterangan AV1, AV2 dan seterusnya. Untuk menghubungkan kabel dengan HP kamu perlu menghubungkan salah satu portnya.

Jika HP Oppo tidak memiliki perangkat yang mendukung terpasangnya kabel HDMI, kamu dapat menggunakan kabel MHL sebagai gantinya. Pastikan perangkat Oppo mendukung perangkat kabel MHL tersebut. Selain itu, usahakan kabel MHL punya dua konektor agar HP Oppo terhubung dengan TV. Jika semua hal tersebut sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah menghubungkan HP Oppo ke televisi dengan cara berikut ini:

  • Matikan Televisi

Mematikan televisi menjadi langkah yang sangat awal dan krusial. Sebab ini dapat mengganggu ketahanan dan keawetan perangkat televisimu. Ketika kamu akan mengaktifkan screen sharing, televisi harus dalam keadaan mati. Jangan sampai perangkat malah mengalami kerusakan dalam proses aktivasi screen sharing ini.

  • Masukkan Port Kabel HDMI ke Televisi dan Port Kabel USB HP Oppo

Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan port kabel HDMI yang terdapat pada televisi. Selanjutnya kabel HDMI yang berbentuk pipih disambungkan ke port USB HP Oppo. Kabel ini nantinya akan menjadi penghubung dua perangkat ini dan dengan adanya kabel ini pula kamu dapat menggunakan fitur yang terdapat pada HP melalui layar televisi.

  • Hidupkan Televisi

Jika kabel sudah terpasang semuanya kamu dapat menghidupkan televisi sekarang. Selanjutnya, pilih menu HDMI pada pilihan fitur televisimu. Pada pengaturan HP Oppo, pilih pilihan koneksi HDMI. Tampilan HP Oppo sekarang dapat terpasang pada layar televisi. Ini menandakan aktivasi screen sharing telah berhasil. Sekarang kamu dapat mengoperasikan HP Oppo pada layar yang lebih besar.

2. Menyambungkan HP Oppo ke Televisi dengan Aplikasi Miracast

3 Cara Menghubungkan HP Oppo ke TV Secara Praktis & Mudah 3
*Sumber: Google Play

Cara yang kedua adalah menghubungkan HP Oppo ke televisi tanpa kabel. Kamu memerlukan aplikasi Miracast for Android to TV. Aplikasi ini adalah sebuah perangkat untuk memindahkan tampilan layar dan audio dari sebuah perangkat ke perangkat yang lainnya.

Dengan menggunakan fitur Miracast kamu dapat memutar video, membuka file gambar, file audio, bermain online game dan presentasi dari perangkat Windows atau HP pintar ke televisi. Miracast didesain khusus bagi pengguna yang ingin menikmati kepuasan menonton atau presentasi dengan layar yang lebih lebar.

Fitur yang ada pada Miracast beragam. Selain sharing screen, kamu juga dapat mengganti resolusi yang mendukung pada perangkat Android lainnya, dan masih banyak lagi. Untuk dapat menghubungkan HP Oppo dengan menggunakan aplikasi Miracast kamu perlu memperhatikan beberapa langkah berikut ini:

  • Koneksikan Perangkat Televisimu Pada Miracast

Langkah pertama adalah memastikan perangkat televisi dapat dihubungkankan dengan aplikasi Miracast. Fitur Miracast tidak dapat berjalan pada perangkat iPhone, Mac dan iPad. Perangkat-perangkat tersebut punya fitur screen mirroring sendiri. Perangkat televisi tidak harus terkoneksi jaringan WiFi, sebab pemindahan layar dari HP ke televisi tidak memerlukan jaringan internet. Namun, yang pasti perangkat televisi harus terbaca oleh aplikasi Miracast.

  • Install Aplikasi Miracast Pada HP Oppo Terlebih Dahulu

Pastikan di ponselmu sudah terpasang aplikasi Miracast. Jika belum aplikasi ini dapat kamu unduh di Google Play Store. Aplikasi ini sangat penting, sebab dengan adanya Miracast, screen mirroring dapat dijalankan. Jika sudah terpasang, nyalakan WiFi pada HP Oppo.

Setelah itu buka aplikasi Miracast yang telah diinstal pada ponsel. Kemudian, masuk ke menu pengaturan dan aktifkan fitur screen sharing. Nantinya aplikasi Miracast dapat mendeteksi HP Oppo yang akan dihubungkan. Lalu, jika sudah terkoneksi tekan tombol Connect Device.

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukan kode keamanan. Masukan kode tersebut dan tunggu beberapa saat. Baru setelah itu, ponselmu telah benar-benar terkoneksi dan dapat digunakan pada layar televisi.

3. Menghubungkan HP Oppo dengan Google Chromecast

3 Cara Menghubungkan HP Oppo ke TV Secara Praktis & Mudah 5
*Sumber: Best Buy

Aplikasi lain yang dapat menghubungkan HP Oppo ke televisi adalah dengan menggunakan Google Chromecast. Aplikasi Google Chromecast diperkenalkan ke khalayak pada akhir tahun 2013. Produk ini pada dasarnya adalah dongle TV yang memungkinkan pengguna melakukan kegiatan online.

Kegiatan seperti streaming online dari ponsel, tablet atau dari layar televisi dapat dilakukan secara online selama terhubung dalam koneksi yang sama. Dengan begini kegiatan online kamu tidak akan terhambat karena ukuran layar yang terlalu sempit.

Pada dasarnya Google Chromecast mempunyai mekanisme kerja yang hampir sama dengan Apple TV dan AirPlay. Yang perlu kamu lakukan adalah terkoneksi dengan jaringan WiFi yang telah terkoneksi dengan Google Chromecast. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyambungkan Google Chromecast.

  • Install Aplikasi Google Chromecast dari Google Play Store

Pertama-tama kamu perlu mengunduh aplikasi Google Chromecast pada HP Oppo. Lalu siapkan perangkat Chromecast yang kamu miliki dan masukkan perangkat tersebut ke dalam port HDMI televisi. Selanjutnya aktifkan fitur WiFi pada HP Oppo. Untuk perangkat Google Chromecast-nya dapat kamu beli di toko-toko online dan offline. Google Chromecast dijual satu paket beserta remote control-nya.

  • Aktivasi Google Chromecast

Selanjutnya, aktifkan WiFi pada HP Oppo dan nantinya koneksi Google Chromecast akan terdeteksi oleh aplikasi yang terpasang pada HP Oppo mu. Setelah ini kamu dapat mengatur channel televisi ke HDMI dengan menggunakan remote control.

Langkah selanjutnya adalah sinkronisasi perangkat HP dan televisi dengan cara memasukan kode yang tertera pada televisi melalui Google Chromecast. Jika kedua perangkat sudah tersinkronkan maka perangkat sudah bisa kamu gunakan.

Itulah beberapa cara menghubungkan HP Oppo ke televisi dengan mudah. Kabel data HDMI, MHL dan perangkat lainnya tidak sulit dicari kok. Semua kabel-kabel tersebut tersedia di toko aksesoris komputer dengan harga yang terjangkau.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram