carisinyal web banner retina

Yuk, Cari Tahu Cara Reset HP OPPO dengan Mudah di sini

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 27 Juni 2021

Di dalam artikel kali ini kami akan mengulas tentang cara reset ponsel OPPO. Nah, kamu pasti sering mendengar tentang ponsel yang berasal dari Tiongkok ini. Atau bisa jadi kamu adalah salah satu penggunanya?

Buat kamu yang sedang mengalami gangguan karena berbagai hal, kamu berada di halaman yang tepat. Artikel ini akan mengulas semua cara reset ponsel OPPO untuk semua tipe.

Dalam dunia teknologi, reset ponsel merupakan sebuah hal yang umum. Ini berguna untuk memulihkan kinerja ponsel yang sudah mulai lambat dan membersihkan semua bugs yang memperberat kerja perangkat.

Apabila eror yang dialami oleh ponsel masih bersumber dari software, reset bisa jadi solusi. Namun, jika sudah kena hardware, sebaiknya gunakan cara lainnya.

Factory Reset Ponsel OPPO

Yuk, Cari Tahu Cara Reset HP OPPO dengan Mudah di sini 1Sumber: androidsphone.com

Pada prakteknya factory reset mudah dilakukan. Kamu hanya harus membuka menu setelan pada ponselmu. Untuk bisa melakukan factory reset, pastikan kamu sudah mencadangkan semua file yang ada di dalam penyimpanan internal dan eksternal ponselmu. Begini Langkah-langkahnya:

  • Sebelum kamu memulai proses reset pastikan data di dalam ponselmu sudah dicadangkan pada media penyimpanan yang lainnya. Misalnya, pada flashdisk, akun Google Drive atau penyimpanan pada komputermu.
  • Buka menu Setting pada ponselmu.
  • Cari opsi Cadangkan dan Reset (Backup & Reset) pada menu tersebut.
  • Selanjutnya, pilih opsi Reset Data Pabrik (Factory Data Reset).
  • Centang kotak dialog Erase Phone Storage yang berisi persetujuan untuk menghapus semua data-data pada ponsel seperti lagu, foto, video dan dokumen. Jika kamu tidak akan menghapusnya, abaikan kotak dialog tersebut.
  • Apabila semua sudah siap, kamu bisa mulai proses reset ponsel dengan menyentuh opsi Reset Phone.
  • Tunggu beberapa lama sampai proses reset selesai.

Cara Hard Reset Ponsel OPPO Lewat Android Recovery

Yuk, Cari Tahu Cara Reset HP OPPO dengan Mudah di sini 3Sumber: gadget2reviews.com

Hard reset ponsel OPPO bisa kamu praktekkan lewat Android Recovery. Pada semua ponsel berbasis Android, ada satu fitur yang diciptakan oleh pengembang untuk masuk ke sistem Android yang mengalami kerusakan, misalnya boot, pengaturan tidak bisa dibuka, flash pada Android, dll.

Sederhananya, Android Recovery merupakan sebuah opsi perbaikan yang ditambahkan pada sebuah perangkat ponsel yang berfungsi untuk melakukan perbaikan dari dalam sistem ketika terjadi kerusakan. Nah, langkah untuk hard reset melalui Android Recovery adalah seperti ini:

  • Pertama-tama, matikan ponselmu.
  • Tekan tombol power dan tombol volume bawah dan tahan beberapa lama.
  • Setelah ponsel masuk ke menu Recovery, pilih bahasa pengantarnya (pilih bahasa Inggris agar mudah dipahami). Gunakan tombol volume untuk menavigasi pilihan, tombol power untuk mengeksekusi pilihan. Untuk ponsel OPPO terbaru, bisa gunakan layar sentuh untuk navigasi.
  • Selanjutnya, pilih opsi Wipe Data and Cache.
  • Tekan Yes.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Reboot.
  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai dan ponsel akan secara otomatis melakukan restart.
  • Selesai.

Factory reset dan hard reset pada dasarnya sama-sama dilakukan melalui menu setting pada ponsel. Dan tujuannya pun sama, yaitu untuk mengembalikan setelah ponsel ke setelah awal (pabrikan).

Bedanya pada hard reset, opsi untuk melakukan prosesnya dilakukan di luar sistem Android. Sedangkan pada factory reset, proses reset dilakukan di dalam system Android.

Ini berarti ketika terjadi masalah pada system Android dan tidak mungkin masuk ke pengaturan, reset bisa dilakukan dengan fitur Android Recovery.

Hal yang Perlu Ketahui Mengenai Reset Ponsel OPPO

Yuk, Cari Tahu Cara Reset HP OPPO dengan Mudah di sini 5Sumber: www.semutimut.com

OPPO Electronic Corp adalah sebuah perusahan elektronik yang menyajikan berbagai barang elektronik. Salah satunya adalah ponsel. Ponsel merek OPPO sudah banyak digunakan di hampir seluruh dunia.

Keunggulan dari spesifikasi dan tampilan ponselnya menjadi alasan mengapa ponsel ini digandrungi. Dari semua tipe ponsel yang dibuat oleh OPPO, tentunya ada saja masalah yang muncul apalagi saat ponsel telah lama digunakan. Misalnya munculnya masalah pada sistem Android dan aplikasi.

Ponsel yang bermasalah biasanya memunculkan notifikasi kerusakan di layar, seperti ‘aplikasi sudah berhenti’, ‘bilah status telah berhenti’, atau launcher yang bermasalah.

Ada pula masalah yang lebih serius, semisal layar tidak merespon Ketika disentuh, layar blank, hang, hard brick, lupa pola kunci dan bootloop. Namun, kamu perlu mengetahui beberapa hal mengenai reset ponsel OPPO terbaru.

1. Reset Tidak Selalu Mengatasi Semua Masalah

Mari kita sedikit membahas mengenai masalah pada ponsel OPPO. Perlu kamu ketahui bahwa semua masalah yang dialami oleh ponsel OPPO akan teratasi dengan melakukan hard reset. Di atas sempat disinggung jika sumber masalah terdapat pada system Android (ColorOS), maka reset bisa dilakukan.

Namun, pada beberapa ponsel bisa saja mengalami blank atau booting sampai logo saja (stuck logo). Masalah tersebut bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada hardware. Salah satunya adalah kerusakan chipset, meskipun hal itu pun tidak selalu disebabkan seperti itu.

Kalau sudah seperti itu, solusi terbaiknya adalah dengan menemui teknisi ponsel atau pergi ke pusat servs resmi OPPO. Sehingga ponsel yang mengalami gangguan tersebut bisa ditangani dengan cara-cara professional.

2. Reset Ponsel untuk Mengatasi Lupa Pola Kunci

Kata sandi adalah salah satu metode pengamanan untuk membatasi akses dari orang-orang yang iseng. Setiap pengguna bisa membuat pola sandi apa pun, misalnya membuat sandi dari rangkaian angka dan huruf, kalimat unik, pola tertentu dan lain-lain.

Masalahnya sering kali pengguna ponsel itu sendiri lupa pola kunci layar ponselnya. Saking seringnya gonta-ganti pola sandi menyebabkan kamu lupa pola seperti apa atau sandi yang mana yang sedang kamu gunakan pada ponselmu.

Sebetulnya masalah lupa pola kunci ini terlihat remeh, namun pada prakteknya hal ini tidak sesederhana kelihatannya. Pada ponsel keluaran terbaru, penanganan lupa pola kunci jadi lebih rumit. Tidak seperti dulu yang bisa diselesaikan melalui reset ponsel.

Pada sistem Android ponsel OPPO keluaran terbaru, terjadi peningkatan sistem keamanan yang menjamin keamanan data dan privasi semua penggunanya. Ini berarti OPPO berusaha untuk membatasi akses orang lain. Hanya pengguna ponsel itu sendiri yang bisa mengakses ponsel OPPO.

Misal ada kejadian seperti ini. Ponsel OPPO milikmu dicuri oleh orang lain. Dan kondisinya ponsel tersebut sedang dalam keadaan terkunci. Si pencuri tidak akan bisa membuka ponsel tersebut meskipun ia mereset ponselnya. Satu-satunya cara agar ponsel terbuka adalah dengan cara pergi ke pusat layanan dan memverifikasi ulang data diri melalui email dan akun OPPO.

Bagi orang yang paham mengenai program ponsel, ia pasti bisa membuka akun tersebut dengan cara bypass. Dengan cara tersebut ia bisa menerobos kunci pengamanan ponsel. Selain itu, kamu perlu tools khusus untuk bisa membuka ponsel OPPO yang terkunci itu.

Proses mereset ponsel OPPO tidak sesederhana itu, ‘kan? Berbicara mengenai reset, pada dasarnya proses reset bukan hanya bertujuan untuk memperbaiki software ponsel yang mengalami gangguan. Mereset mempunyai kelebihan lain, yakni untuk membersihkan data-data yang di dalam ponsel sebelum ia menjualnya.

Sebetulnya, setiap ponsel biasanya dilengkapi dengan fitur cleaning yang bisa membasmi virus dan beberapa sampah lainnya. Namun, hasil ‘bersih-bersih’ yang diperoleh dari proses reset adalah lebih baik.

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram