Carisinyal / Tips PC / 3 Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Dengan Mudah

3 Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Oktober 2019

Menyambungkan laptop ke TV biasa dilakukan ketika kita hendak menonton film. Pasalnya, layar laptop yang umumnya hanya 14 inci membuat kita kurang nyaman saat harus menonton film box office. Oleh karena itu, kita akan segera mencari cara untuk menyambungkan laptop ke TV agar kita bisa menonton film di layar yang lebih besar.

Selain itu, laptop juga sering disambungkan ke TV ketika kita hendak melakukan presentasi. TV dapat berfungsi sebagai pengganti layar proyektor, terlebih apabila TV tersebut memiliki ukuran layar yang sangat besar.

Nah, apakah Anda menemukan kesulitan saat henda menyambungkan laptop Anda ke TV? Jika ya, Carisinyal akan membagikan 3 cara menyambungkan laptop ke TV yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis laptop atau TV Anda.

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV dengan Kabel HDMI

cara menyambungkan laptop ke tv hdmi

Hampir sebagian besar televisi LED maupun LCD terbaru selalu dibekali dengan fitur HDMI. Namun, tak banyak orang yang tahu mengenai fungsi dari HDMI yang tersemat pada TV mutakhir ini. HDMI adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop ke TV. Keberadaan port HDMI di sebagian besar televisi masa kini tentu saja memudahkan kita untuk menyambungkan laptop ke TV tanpa ribet.

Cara menyambungkan laptop ke TV melalui HDMI adalah dengan memasang kabel HDMI dari bagian belakang TV lalu disambungkan ke port HDMI yang terdapat di laptop. Pastikan Anda menggunakan kabel dengan panjang yang sesuai antara jarak TV dan laptop.

Perlu Anda ketahui bahwa ini adalah cara termudah untuk menyambungkan laptop ke TV dibandingkan kedua cara lainnya. Selain itu, menyambungkan laptop ke TV dengan HDMI akan memberikan kualitas gambar HD yang terbaik. HDMI dapat menangani file di laptop Anda dalam bentuk audio maupun video.

Nah, bagi Anda yang masih bingung mengenai bagaimana cara untuk menyambungkan televisi dengan laptop menggunakan kabel HDMI, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan bahwa Windows pada laptop Anda sudah up-to-date
  2. Nyalakan laptop maupun TV yang akan disambungkan
  3. Kemudian sambungkan kabel HDMI dari laptop ke port HDMI yang ada di TV Anda
  4. Pilih input HDMI yang benar pada TV Anda (biasanya bisa dilakukan dengan menekan tombol AV)
  5. Jika laptop Anda tidak langsung otomatis menghadirkan tampilan pada layar TV, maka Anda harus melakukan setting secara manual, yakni masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution > Pilih TV pada Display drop down box

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV dengan Kabel VGA

kabel vga

Apa perbedaan antara kabel HDMI dengan VGA? Bukankah keduanya sama-sama berbentuk kabel yang bisa menyambungkan laptop ke TV Anda? Perlu Anda ketahui bahwa VGA adalah alternatif untuk menyambungkan laptop ke TV jika jenis televisi Anda terlalu tua untuk memiliki fitur HDMI. Jadi, Anda harus membeli kabel VGA ini sendiri agar bisa menyambungkan TV ke laptop.

Cara menyambungkan laptop ke TV dengan kabel VGA ini berlaku pada TV tabung maupun monitor PC yang belum dibekali dengan fitur HDMI. Namun kekurangannya, kabel VGA hanya bisa menyalurkan gambar dari laptop ke TV tanpa audionya.

Sejatinya, jika Anda menggunakan kabel VGA maka laptop akan langsung terhubung secara otomatis dengan TV. Namun, bila tidak kunjung terhubung, maka Anda harus melakukan setting secara manual. Masih bingung bagaimana cara menyambungkan TV ke laptop dengan menggunakan kabel VGA? Yuk, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Nyalakan laptop dan TV Anda sebelum mulai disambungkan
  2. Sambungkan kabel VGA dari laptop ke TV melalui port VGA yang ada pada TV maupun laptop Anda. Karena di TV keluaran lama tidak tersedia port HDMI, jadi Anda harus menggunakan port VGA ini untuk menyambungkannya ke laptop Anda dengan kabel VGA
  3. Apabila gambar di laptop Anda tidak segera tampil di layar TV secara otomatis, maka Anda harus melakukan setting manual dengan cara, dengan menggunakan laptop masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution > Pastikan Anda memilih TV pada Display drop down box
  4. Kabel VGA ini tidak akan menyambungkan suara dari laptop ke TV. Oleh karena itu jika Anda ingin menyambungkan suaranya juga, maka silahkan gunakan kable audio tambahan.

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Tanpa Kabel

chromecast

Bisakah kita menyambungkan laptop ke TV tanpa menggunakan bantuan kabel apapun? Bisa, jika Anda mengandalkan Chromecast. Dengan Chromecast, kita bisa menyambungkan laptop ke TV secara wireless.

Chromecast adalah perangkat yang diluncurkan oleh Google untuk memungkinkan Anda dapat menonton video melalui televisi. Cara menyambungkan laptop ke TV tanpa kabel dengan Chromecast ini dinilai yang paling praktis dan modern.

Anda hanya memerlukan laptop dengan sistem operasi Windows atau Mac untuk menjadi remote control pada televisi Anda. Keunggulan lain ketika Anda hendak menayangkan video di televisi melalui Chromecast adalah Anda tidak hanya bisa menggunakan laptop aja, tetapi juga bisa menggunakan smartphone atau tablet berbasis Android dan iOS. Hal ini tentu saja membuat Chromecast mendapat sambutan yang baik bagi semua pengguna gadget.

Kali ini, Carisinyal akan membagikan cara menyambungkan laptop ke TV dengan menggunakan Chromecast, mari simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Chromecast dilengkapi dengan kabel ekstensi HDMI pendek, yang nantinya bisa Anda gunakan sesuai dengan lokasi port HDMI pada televisi Anda. Namun, kabel HDMI ini tidak disambungkan ke laptop atau perangkat yang nantinya akan menjadi remote control TV Anda. Hubungkan kabel ini di port HDMI TV, lalu hubungkan ujung lainnya ke port USB yang tersedia di TV Anda.
  2. Nyalakan TV Anda. Jika TV tidak mendeteksi Chromecast yang sudah dipasang, coba pindahkan ke input yang tepat. Gunakan remote control TV Anda untuk memilih input HDMI yang sesuai dengan Chromecast.
  3. Apabila Anda menggunakan perangkat Android atau iOS, cari “Chromecast” di Google Play Store atau App Store, lalu install aplikasi gratis tersebut ke perangkat Anda. Namun, jika Anda menggunakan laptop Windows atau Mac, Anda bisa langsung pergi ke halaman browsing dan masuk ke google.com/chromecast/setup.
  4. Setelah berhasil menginstall aplikasi Chromecast, segera buka dan tekan “Set-Up” untuk menghubungkan ke jaringan Wi-Fi Anda. Pilih negara tempat Anda berada saat ini, lalu pilih Next untuk melanjutkan ke step berikutnya.
  5. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi yang ada di perangkat Anda berhasil terhubung ke Chromecast. Kemudian, verifikasi kode yang sama di TV dan perangkat yang Anda gunakan sebagai remote control. Anda dapat mengubah nama default sesuka hati.

Selain berbentuk kabel, Chromecast juga tersedia dalam bentuk USB. Di Indonesia, Chromecast dalam bentuk USB ini dijual dengan harga Rp 690.000, sementara yang berbentuk kabel dijual dengan harga sekitar Rp 320.000. Anda bisa membeli keduanya melalui Chromecast di link ini.

Nah, 3 cara menyambungkan laptop ke TV ini bisa Anda sesuaikan dengan jenis TV maupun perangkat yang Anda gunakan. Jika ingin yang lebih murah, maka gunakan HDMI atau VGA. Akan tetapi, bila Anda ingin mencoba teknologi mutakhir yang lebih modern, belilah seperangkat Google Chromecast. Nah, cara manakah yang akan Anda coba?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

25 pemikiran pada “3 Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Dengan Mudah”

  1. klo kasusnya di balik gmn bang. jadi apa yg tayang di tv ingin saya tayangkan juga di laptop. kalau seperti itu bagaimana caranya. mohon petunjuknya.
    terimakasih

  2. pertanyaan paling goblok yang pernah saya baca di internet. sama saja menanyakan bisakah bensin diganti dg air kencingmu

    • hargai saja orang yang bertanya walaupun mungkin anda jauh lebih pintar dan berpengalaman

    • Klo dibalik jg, bisakah air kencing pengganti bensin? Sama-sama gk bisa

    • sapa bilang gk bisa,…makanya bnyk belajar ,..biar gk bikin malu….

    • Sadis…. kalo org sudah terlalu pintar menjawab

  3. Gan kalo Tv saya ini gak ada port VGA dan HDMI nya.. gimna
    Makasih

  4. Min, kalau laptop saya cuma ada port vga, trs LED saya cuma ada pirt hdmi, bisa kah?

    TOLONG DIREPLY BAGI SIAPA SAJA YANG BACA & BISA JAWAB

  5. Tingal beli aja gan kabel vga to hdmi

  6. Gan,ane pake converter vga to rca,tp setting pada laptop ane munculnya cuma 1 layer,ga ada layer lain,gimana gan?

  7. saya rasa bisa ntk menampilkan acara tv di laptop,,
    pada intinya tv kan menampilkan acara tv,,jadi kita cukup membeli tv tuner supaya dpasang di laptop,jadi kita bisa nonton tv di laptop

  8. kalo laptop aneh lcd nya rusak gimana cara menyambungkan ke tv tabung bisa gak bales bos

  9. maaf sy mau tanya

    sy sudah beli kabel hdmi dari leptop ke tv 55′ tapi tetap saja tidak mau conek apa permasalahnya yaa

  10. Hello there Dear,

    This is nicole from Cheung Yeon WIFI orBLE clever light Manufacture more than 10years.
    Grateful to understand your info from website.
    We more than happy to share you our New hot WiFi clever light bulb as well as table light, which are wonderful for your life.As we understand more and more intelligent products. Inning accordance with our market research, the sales quantity of Alexa sound has been impressive.

    Comptetive Advantage:1. Top quality wi-fi wise light bulb
    2. The time switch, delay switch
    3. The phone APPLICATION control operation, push-button control, a numerous light bulbs, can regulate group
    4.16 million true shade adjustment
    5. A selection of functions scene design is optional
    6. A brightness control
    7. At the very same time support Amazon.com Alexa and also Google home voice control
    8. wifi relay, communicate the wireless signal, increase the protection of cordless signal.
    Any kind of interested, cost-free example & rate will be sent out for analysis.

    Wish your reply.
    Tks
    nicole
    website :www.iwoole.com
    Tel:0755-82119004 Email:[email protected]
    whatsapp:+86 18675509095

  11. Di laptop saya ga muncul “TV display” gimana gan bisa dibantu?

  12. saya pakai kabel hdmi kok gak bisa ya gan..padahal pengaturan ditv hdmi sudah on..mohon penjelasanya..trima kasih..

  13. Mau tanya, kalau kita nyambungin tv ke laptop apakah bisa merusak tvnya ya? Terima kasih

    • Itu TV nya TV LED kan? kayaknya selama pemakaiannya berlebihan masih wajar

      sebenarnya lebih bagus kalau monitor komputer sesuai fungsinya, yakni untuk komputer dan laptop. Sementara TV khusus untuk TV. Cuman kebanyakan malah dialihfungsikan. Kayak monitor TV dijadiin monitor komputer atau monitor LED komputer dijadiin TV kabel karena ada HDMI nya.

  14. Sy sdh pakai VGA to VGA, tapi klo putar video, suaranya tu ada tapi gambar videonya tdk muncul… mohon pencerahan agan agan

  15. Kadang rumit utk orang awam.
    Thx bgt penjelasannya.
    Kalau kesulitan tinggal bawa perangkat ke ahli komputer. Pasti bereslah.
    😁😁😁

  16. biar bisa lihat siaran tv dan juga video informasi dari laptop pada satu layar tv gimana caranya ya?? apakah ada software khusus?
    jadi satu layar tv di pecah jadi 2 tampilan,satu siaran tv satu aplikasi informasi dari laptop/minipc.mohon pencerahannya

Tinggalkan komentar