carisinyal web banner retina

10 Merk Kabel HDMI yang Bagus dan Berkualitas 2022

Salah satu kabel berkinerja tinggi yang banyak dibutuhkan di masa sekarang adalah kabel HDMI (High Definition Multimedia Interface). Kabel ini berfungsi penghubung antar perangkat elektronik untuk mentransfer sinyal video dan audio dengan definisi tinggi sekaligus. Kabel ini biasanya digunakan untuk menyambungkan laptop ke TV, laptop ke proyektor, dan lainnya.

Saat ini ada banyak pabrikan teknologi yang memproduksi berbagai model kabel HDMI ke pasaran. Harga yang ditawarkannya pun bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal. Nah, di bawah ini Carisinyal akan membahas beberapa merk dan model kabel HDMI yang bagus yang layak Anda pilih.

1. Vention

10 Merk Kabel HDMI yang Bagus dan Berkualitas [year] 1

Inti usaha Vention adalah kabel untuk berbagai keperluan. Maka tak heran bila kabel HDMI bikinan Vention terkenal akan kualitasnya yang mendunia. Meski begitu, produsen asal Tiongkok ini juga tetap berupaya agar kabel yang dijualnya punya harga terjangkau.

Dari sekian model yang diproduksi Vention, ada satu kabel HDMI dengan kategori paling laris. Adalah Vention HAD yang merupakan kabel konverter Display Port (DP) Male to HDMI Male. Kabel ini tersedia dengan panjang 1,5, 2, dan 3 meter, dan mampu digunakan untuk menyetel video hingga resolusi 1080p (Full HD, 60 fps).

Keunggulan kabel seharga Rp100 ribuan ini adalah punya daya hantar yang baik karena punya ketebalan cukup: 30 AWG. Selain itu, ia tahan untuk pemakaian jangka panjang lantaran memakai pelindung aluminium foil dan bungkus bermaterialkan PVC ramah lingkungan.

2. PX

10 Merk Kabel HDMI yang Bagus dan Berkualitas [year] 3

Sebelum Tiongkok maju seperti sekarang, Taiwan telah lebih dahulu menjadi salah satu barometer teknologi manufaktur. Tak heran bila banyak perusahaan elektronik dari sana yang produknya termasyhur seantero dunia. Salah perusahaan Taiwan yang jadi pemain besar di bidang perkabelan adalah Trans Electric Co dengan merek dagang PX.

Kabel-kabel PX sudah melanglangbuana sejak 1968 dan jadi rujukan merek kenamaan seperti Philips. Karena itu, jika Anda mencari kabel HDMI yang sip, PX sangat layak dipertimbangkan. Salah satu model kabel HDMI PX terlaris adalah PX HDMI-3MX. Kabel seharga Rp100 ribuan ini punya panjang 3 meter, berkonektor HDMI Male to Male, dan bisa menyetel video hingga resolusi 4K 60 fps.

Kabel dengan garansi 18 bulan ini menarik karena mendukung video bandwith hingga 10,2 Gbps, ketajaman warna 48 bit, Dolby True HD, DTS HD, dan gamut warna lebar. Maka dari itu, kabel ini cocok dipakai buat entertainment berkualitas tinggi seperti menonton film Netflix atau bermain Play Station.

3. ORICO

10 Merk Kabel HDMI yang Bagus dan Berkualitas [year] 5

ORICO adalah merek periferal yang punya reputasi tinggi di dunia periferal komputer dan smartphone. Merek asal Tiongkok ini telah menjual barang-barangnya ke lebih dari 100 negara di dunia. Barang-barang itu termasuk kabel HDMI yang kualitasnya 'oke punya'.

ORICO punya portofolio kabel HDMI yang cukup lengkap, sehingga Anda tak perlu khawatir gagal menemukan kabel yang ingin dibeli. Namun, jika Anda mencari model kabel HDMI ORICO apa yang paling laku, jawabannya adalah ORICO HD303-10. Kabel dengan konektor HDMI to HDMI ini punya panjang 1 m.

Salah satu keunggulannya adalah ia memakai material tembaga murni yang konduktivitasnya tinggi. Tak heran bila kabel dengan garansi 2 tahun ini bisa dipakai buat menyetel video 4K 60 fps. Selain itu, harganya pun sangat murah, hanya Rp50 ribuan.

4. Lindy

10 Merk Kabel HDMI yang Bagus dan Berkualitas [year] 7

Misi yang diusung Lindy sejak berdiri di Jerman pada 1932 adalah menjadi solusi penghubung berkualitas untuk perangkat elektronik. Dalam hal ini, perangkat IT dan audio-video. Atas dasar itu, produk kabel Lindy dipercaya oleh konsumen di seluruh dunia, tak terkecuali kabel HDMI.

Contoh kabel HDMI Lindy yang paling populer adalah Lindy 41681. Kabel dengan panjang 1 m ini memiliki konektor HDMI to micro HDMI, dan tergolong premium. Mengapa premium? Sebab, punya pin kontak berlapis emas 24 karat dan pelindung konektor dari chrome dengan strain-relief.

Itu semua membuatnya kuat untuk cabut-pasang. Melalui kabel ini, Anda bisa menyetel video hingga resolusi 4K 60 fps. Adapun harga yang dibanderol buat Lindy 41681 yakni sekitar Rp200 ribuan.

5. Sony

10 Merk Kabel HDMI yang Bagus dan Berkualitas [year] 9

Siapa sih yang tidak kenal dengan Sony? Sepertinya tidak ada karena perusahaan asal Jepang ini punya produk berkualitas dan memiliki penggemar di seluruh dunia. Bahkan Sony tak asal menciptakan produk, mereka juga sering menciptakan paten atau standar-standar baru dalam dunia teknologi.


Jenis produk Sony pun sangat banyak, termasuk kabel HDMI. Sony punya produk HDMI karena mereka juga menjual TV, kamera, dan aneka perangkat yang berhubungan dengan video. Adapun salah satu kabel HDMI Sony yang paling populer adalah DLC-HX10.

Kabel dengan konektor HDMI to HDMI ini tergolong premium karena harganya menyentuh 600 ribuan. Harga yang cukup tinggi tersebut bukan tanpa alasan. Maklum, kabel ini bisa dipakai buat menonton video HDR dengan resolusi 4K 60 fps. Selain itu, ia juga punya transfer rate 18 Gb/detik.

6. Uneed

10 Merk Kabel HDMI yang Bagus dan Berkualitas [year] 11

Anda yang sering mencari aksesori pihak ketiga buat HP mungin tak asing dengan merek Uneed. Ya, beberapa reviewer merekomendasikan kabel USB merek ini karena sudah memakai lapisan braided (berpilin) yang awet dengan harga miring.

Hal yang sama ternyata diterapkan Uneed pada produk-produk kabel HDMI-nya. Misalnya, kabel HDMI Uneed UCB301.1H yang punya panjang 1 meter. Kabel HDMI ini cukup mumpuni karena punya transmisi data 18 Gb/detik. Imbasnya, video beresolusi 4K bisa disetel dengan kualitas suara mantap.

Harga kabel dengan berat 200 gram ini pun cukup murah, tidak sampai Rp100 ribu. Kalau sedang diskon, uang Rp50 ribu yang Anda bayar masih ada kembaliannya.

7. Baseus

10 Merk Kabel HDMI yang Bagus dan Berkualitas [year] 13

Baseus kondang dengan macam-macam produk aksesori HP. Seperti cas, kabel USB, headset, TWS, hingga powerbank. Orang mencari merek ini karena harga produknya murah serta punya kualitas jempolan. Nah di luar aksesori HP, produsen asal Tiongkok ini juga punya benda jualan lain seperti kabel HDMI.

Banyak model kabel HDMI Baseus yang cukup mencuri perhatian. Namun, model BS-CA-KGQ1M-BK adalah yang paling populer. Kenapa begitu? Pertama, kabel ini sudah mendukung HDMI 2.0. Kedua, transmisi datanya bisa mencapai 18 Gb/detik. Ketiga, ia mampu dipakai untuk video 4K 60 fps.

Keempat, harganya cukup murah. Kabel dengan panjang 1 m dan bobot 150 gram ini punya harga Rp90-an ribu. Jika sedang diskon, harganya bisa terjun ke rentang Rp50 ribuan. Garansi 6 bulan melengkapi paket penjualan kabel ini.

8. Mediatech

10 Merk Kabel HDMI yang Bagus dan Berkualitas [year] 15

Mediatech tentu tak asing di telinga jika Anda adalah gadget enthusiast lama. Benar saja, produk-produk Mediatech telah mewarnai pasar Indonesia sejak 1998. Nilai plus dari merek ini tak lain adalah desainnya yang apik dengan harga bersahabat.

Mediatech pun patut Anda pertimbangkan saat sedang mencari kabel HDMI. Misalnya kabel lightning to HDMI yang cukup banyak dicari dari merek ini. Tanpa software neko-neko, file media yang Anda miliki di smartphone iPhone bisa ditampilkan ke layar dengan baik melalui kabel Mediatech ini.

Kabel dengan panjang 2 meter tersebut bersifat plug and play dengan bantuain mirroring, dan mendukung pemutaran video 1080p. Soal harga, kabel ini bisa ditebus pada kisaran Rp100 ribuan.

9. M-Tech

10 Merk Kabel HDMI yang Bagus dan Berkualitas [year] 17

Merek M-Tech mungkin sering nongol di warnet-warnet yang ada di sekitar Anda. Wajar saja ini terjadi karena tidak jarang keyboard, mouse, webcam, hingga gamepad yang dipakai bermerek M-Tech. Merek ini diburu karena produk-produknya yang ramah kantong.

Sama halnya dengan kabel HDMI to HDMI M-Tech. Kabel dengan panjang 1,5 m ini cuma dihargai Rp14 ribu! Bagaimana tidak murah? Apalagi, kabel yang bisa dipakai untuk menyetel video 1080p 60 fps ini punya garansi menarik. Yaitu ganti baru jika dalam 3 bulan pemakaian mengalami gangguan.

10. Ugreen

10 Merk Kabel HDMI yang Bagus dan Berkualitas [year] 19

Ugreen jadi penyedia aksesori HP yang namanya sudah kondang di Indonesia. Merek asal Tiongkok ini menjual produk semacam charger dan kabel USB berkinerja tinggi. Selain itu, Ugreen juga punya sejumlah model kabel HDMI yang sudah di pasarkan ke berbagai negara

Satu model kabel HDMI Ugreen yang difavoritkan oleh orang-orang adalah Ugreen HD104. Kabel ini cukup bagus karena punya ketebalan 30 AWG (OD 7,3 mm) dan bermaterialkan tembaga nir-oksigen. Isolatornya pun berlapis-lapis. Kemudian, kabel ini bisa dipakai untuk menyetel video 4K 60 fps.

Anda bisa membeli kabel Ugreen HD104 dengan berbagai variasi panjang: 1 m, 3 m, 5 m, dan 10 m. Khusus yang panjangnya 1m, harganya kurang dari Rp100 ribu, dengan garansi 12 bulan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi merk dan model kabel HDMI yang bagus untuk berbagai keperluan. Jika Anda menginginkan produk yang sangat berkualitas (namun cukup pricey), maka Monster adalah rekomendasi terbaik. Selebihnya adalah pilihan untuk kategori budget dan menengah.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram