Carisinyal / Whatsapp / Cara Menyadap WA Memakai Whatsapp Web di HP dan PC

Cara Menyadap WA Memakai Whatsapp Web di HP dan PC

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau mau menyebut aplikasi paling populer dan hampir di pasang di semua ponsel, maka jawabannya adalah WhatsApp. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang menggantikan peran ‘SMS’ dan bahkan peran “telepon”.

Aplikasi ini jugalah yang membuat banyak aplikasi chat lain jadi kurang populer, bahkan beberapa aplikasi chat sudah tidak ada akibat kalah saing dengan WhatsApp. Meski masih ada layanan chat lain yang bertahan, WhatsApp tetaplah yang paling banyak digunakan. Apalagi sekarang orang akan meminta “nomor WhatsApp” bukan “nomor telepon”. Padahal sama.

Hal yang membuat WhatsApp semakin populer adalah fitur yang memungkinkan WhatsApp digunakan di browser PC. Orang menyebutnya sebagai WhatsApp Web. Layanan ini bisa diakses di Web.whatsapp.com. Cukup scan dengan QR code dan Anda pun bisa melakukan chat di browser. Penjelasan lengkap soal ini bisa dibaca pada artikel tentang cara memakai WhatsApp Web.

Hadirnya layanan WhatsApp untuk Web ini memungkinkan orang berkomunikasi sambil bekerja. Karena itulah, tidak sedikit perusahaan yang juga banyak berkoordinasi memakai WhatsApp karena mungkin lebih praktis daripada harus memakai layanan chat lainnya. Hal in pulalah yang menyebabkan aplikasi lain menjadi kurang populer.

Kehadiran WhatsApp Web juga membantu kalangan pebisnis. Misalnya customer care toko online yang banyak menerima chat dari konsumen atau calon konsumen mereka. Tentu lebih praktis dan cepat membalas memakai WhatssApp Web dibanding chat di ponsel. Kebayang bukan, ada banyak chat masuk dan harus dibalas satu-satu?

Cara Menyadap WhatsApp dengan WhatsApp Web di PC

Kehadiran WhatsApp Web memang membantu banyak orang untuk berkomunikasi dengan mudah. Tetapi kehadiran WhatsApp Web juga membuka peluang lain yang sebenarnya terasa kurang beretika. Peluang tersebut adalah memungkinkan Anda untuk melakukan penyadapan isi chat WhatsApp orang lain.

Cara ini tentu bisa Anda lakukan jika Anda memang mencurigai aktivitas seseorang, misalnya pasangan Anda. Anda ingin tahu siapa yang sering berkomunikasi dengan pasangan Anda, karena itu Anda tentu ingin menyadap atau setidaknya melihat isi chat pasangan Anda. Bisa juga Anda adalah orang tua yang cemas terhadap anak Anda yang belum dewasa.

Untuk melakukan penyadapan ini, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini. Silakan ikuti langkahnya baik-baik.

  • Anda pinjam ponsel pasangan Anda.
  • Setelah itu, silakan buka WhatsApp Web di browser komputer Anda. Bisa memakai Google Chrome, Opera, Firefox, Safari dan lainnya.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

  • Anda akan melihat kode QR atau QR code yang ada di samping kanan, seperti pada gambar di atas.
  • Lakukan scan QR code dengan WhatsApp.

Cara Mengakses Whatsapp Web 2

  • Anda cukup pilih tanda titik tiga di bagian atas kemudian pilih WhatsApp Web.

Cara Mengakses Whatsapp Web 3

  • Kemudian pilih opsi “scan code”

Cara Mengakses Whatsapp Web 4

  • Di iPhone, Anda harus memilih setting, kemudian pilih WhatsApp Web atau Desktop.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

  • Nantinya, WhatsApp Web akan memunculkan pesan chat persis seperti WhatsApp di ponsel.

whatsap web chat

  • Setelah itu, Anda berikan ponsel tersebut ke pasangan Anda. Anda pun bisa memata-matai chat pasangan Anda.
  • Namun harus diingat, cara ini cukup berisiko jika pasangan Anda tahu. Pasalnya, ketika aplikasi WhatsApp terhubung dengan WhatsApp Web, ada tanda di notifikasi kalau WhatsApp sedang diakses di WhatsApp seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Cara Menyadap WhatsApp dengan WhatsApp Web di HP

Jika Anda malas memakai browser di komputer atau karena ribet tidak bisa dipantau terus jika Anda kemana-mana, maka Anda bisa melakukannya dengan browser yang ada di HP Anda. Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka browser di ponsel Anda. Sebagai contoh adalah Google Chrome.
  • Akses Web.whatsapp.com di Google Chrome.
  • Pilih tanda titik tiga di kanan atas.

cara menyadap whatsap

  • Pilih mode “Desktop site” seperti terlihat pada gambar berikut ini.

cara menyadap whatsap

  • Nantinya, Web.whatsapp.com akan berubah tampilannya seperti Anda mengakses WhatsApp Web di browser PC.

cara menyadap whatsap

  • Kemudian lakukan scan QR code menggunakan WhatsApp pasangan Anda.
  • WhatsApp Web di browser ponsel pun hadir dan bisa Anda pantau layaknya WhatsApp Web di PC.

Cara ini tentu lebih praktis. Karena Anda tinggal memantau lewat smartphone atau ponsel. Anda pun bisa memantau dari mana saja tanpa repot-repot mengeluarkan laptop. Tentu cara ini lebih praktis dan mudah.

Cara Menyadap WhatsApp Memakai Airdroid

AirDroid

Anda juga bisa menyadap WhatsApp menggunakan aplikasi yang dinamakan Airdroid. Aplikasi ini merupakan aplikasi managemen ponsel yang memungkinkan PC Desktop atau laptop Anda terhubung dengan ponsel Android.

Aplikasi ini juga berguna untuk melakukan mirorring, mencari ponsel Anda yang hilang dengan fitur Find Location, dan masih banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Salah satu yang paling menarik adalah munculnya notifikasi ponsel yang juga bisa muncul di komputer Anda.

Nah, untuk melakukan penyadapan WhatsApp memakai aplikasi ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Silakan buka situs Airdroid di browser yang ada di PC Anda.
  • Pilih “Download”, nanti Anda akan melihat opsi download untuk Android dan iOS dan  desktop client.

cara menyadap whatsap airdroid

  • Anda bisa download aplikasi untuk komputer Windows atau MacOS. Silakan pilih.
  • Yang paling praktis sebenarnya adalah memilih Airdroid Web karena tidak perlu download dan instal alias aplikasinya berbasis cloud.
  • Sebagai contoh, mari gunakan Airdroid Web yang aksesnya adalah http://web.airdroid.com.

cara menyadap whatsap airdroid

  • Silakan buat akun terlebih dahulu di Airdroid. Anda juga bisa membuka akun dengan akun Google maupun akun media sosial.

cara menyadap whatsap airdroid

  • Setelah itu, silakan login Airdroid di PC Anda.
  • Pinjam ponsel pasangan Anda. Instal aplikasi Airdroid dengan mengunduhnya di Google Play Store atau App Store.

airdroid

  • Setelah terpasang, silakan login memakai akun yang tadi Anda buat. Alias Anda cukup login memakai akun yang sama.
  • Buka bagian Security & Remote Features.

cara menyadap whatsap airdroid

  • Kemudian aktifkan fitur Desktop Notif.

cara menyadap whatsap airdroid

  • Aplikasi Airdroid akan meminta izin permisi. Silakan berikan izin permisi untuk aplikasi ini.
  • Nantinya, Anda akan bisa melihat notifikasi yang masuk ke ponsel pasangan Anda. Contohnya notifikasi WhatsApp.

cara menyadap whatsap airdroid

Dengan cara ini, Anda bisa melihat siapa saja yang kirim chat ke pasangan Anda melalui Airdroid di PC Anda. Hanya saja cara ini hanya memungkinkan Anda melihat notifikasi yang masuk, bukan melihat tampilan seperti halnya WhatsApp Web. Tetapi fitur ini sudah tergolong bagus dalam memantau chat siapa saja yang masuk ke WhatsApp pasangan Anda.

Penggunaan Airdroid juga bakal memunculkan kecurigaan dari pasangan Anda. Karena dia pasti mengetahui ada aplikasi Airdroid dan ada notifikasi dari aplikasi yang bahkan dia tidak download sama sekali.

Karena itu, agar penggunaan Airdroid tidak diketahui, Anda perlu menyembunyikan aplikasi Airdroid. Ada banyak aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi. Anda bisa memakai CM Locker, Security Master, Lock itu dan aplikasi lainnya. Pastikan aplikasi tersebut mampu menyembunyikan Airdroid dengan baik.

Demikianlah penjelasan soal cara menyadap WhatsApp, terutama di WhatsApp Web. Cara ini memang cukup mengganggu privasi karena itu penggunaan cara ini harus dilakukan dengan bijak. Cara menyadap WhatsApp ini juga sebenarnya bisa dilakukan oleh Anda para orang tua yang ingin mengawasi anaknya. Terutama anak-anak belum dewasa.

Karena bagaimanapun, anak yang belum dewasa masih perlu bimbingan dan arahan orang tua. Dan tidak ada yang salah untuk memantau chat Anak.

Tentu sebagai orang tua, Anda pastinya tidak mau anak Anda salah pergaulan atau chat yang tidak-tidak dengan orang lain atau tak dikenal. Terlebih Airdroid juga punya berbagai fungsi yang tidak hanya melihat notifikasi WhatsApp tetapi juga hal lainnya sehingga membuat orang tua bisa gampang memantau anak.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *