Carisinyal / Whatsapp / Tips dan Trik Cara Menyimpan Chat Whatsapp dengan Mudah

Tips dan Trik Cara Menyimpan Chat Whatsapp dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2018

Kamu seorang pengguna Whatsapp yang sangat aktif? Memiliki banyak chat yang penting? Kamu ingin menyimpan semua chat yang penting dengan aman dan mudah? Jawabannya simpel, ikuti tips dan trik cara menyimpan chat Whatsapp yang akan Kami bahas di artikel kali ini.

Sebelum memasuki pada tahap tutorial, Kami akan memaparkan sedikit mengenai aplikasi sosial media yang cukup hits di kalangan pengguna smartphone, Whatsapp, atau yang sering disingkat dengan WA. Ini merupakan aplikasi simpel untuk tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain secara mudah.

Dengan WA, Kamu tidak hanya sekedar mengirimkan pesan berupakan tulisan saja. Pasalnya, Kamu juga bisa mengirim pesan berupa gambar, video, voice call, bahkan video call. Tak jarang, orang-orang menggunakan WA sebagai media untuk membicarakan hal penting dan bersifat pribadi.

Nah, maka dari itulah di sini Carisinyal akan membahas cara menyimpan chat Whatsapp. Jadi, bagi Kamu yang memiliki chat penting di WA, tak usah khawatir chat akan terhapus dan hilang. Sebab, ada banyak cara untuk menyimpannya. Penasaran? Langsung saja simak berikut ulasannya di Carisinyal ya!

Menyimpan Chat WA dengan Orang Tertentu

Jika Kamu ingin menyimpan chat Whatsapp dengan orang tertentu maka Kamu bisa mengandalkan e-mail. Ya, Whatsapp menyediakan fitur dimana Kamu bisa menyimpan chat Whatsapp dengan orang tertentu melalui e-mail.

Jadi, Whatsapp akan menduplikat semua chat Whatsapp Kamu dengan orang tertentu ke e-mail. Dan secara otomatis, WA akan mengumpulkan semua chat tersebut dalam bentuk dokumen dan bisa siap dikirim ke e-mail orang lain atau hanya disimpan di draft e-mail. Masih bingung dengan penjelasannya? Kalau begitu langsung saja ikuti tutorial berikut ini ya:

1. Buka aplikasi Whatsapp yang ada di Smartphone Kamu.
2. Pilihlah chat Whatsapp yang akan Kamu simpan. Di sini Kamu memilih berdasarkan orang yang melakukan chatting denganmu, ya.
3. Jika sudah memilih, langsung masuk ke dalam obrolan dengan teman yang ingin Kamu simpan chat-nya. Lalu, langsung klik simbol titik tiga di bagian pojok kanan atas.

Menyimpan Chat WA dengan Orang Tertentu 1

4. Setelah itu, Kamu bisa langsung pilih menu more yang ada di pilihan paling bawah.

Menyimpan Chat WA dengan Orang Tertentu 2

5. Selanjutnya, ada menu email chat dan Kamu langsung klik menu tersebut untuk menyimpan chat Whatsapp melalui e-mail.

Menyimpan Chat WA dengan Orang Tertentu 3

6. Nah, Whatsapp akan memberikan pilihan yaitu menyimpan semua chat Whatsapp termasuk media (video, foto, voice call) atau hanya akan menyimpan pesan saja. Jika Kamu memilih untuk menyimpan pesan saja, maka pilihlah WITHOUT MEDIA. Dan sebaliknya, jika Kamu ingin menyimpan semuanya termasuk media maka Kamu bisa pilih opsi ATTACH MEDIA.

Menyimpan Chat WA dengan Orang Tertentu 4

Sedikit informasi, ketika Kamu memilih untuk menyimpan semua chat termasuk semua media maka kapasitas e-mail akan semakin berat dan besar. Artinya, Kamu akan menghabiskan banyak ruang di e-mail Kamu dan juga akan banyak menguras kuota internet. Jadi, pastikan Kamu memiliki kapasitas e-mail yang longgar untuk menyimpan chat Whatsapp ya!

7. Jika sudah selesai memilih, maka secara otomatis Kamu akan digiring ke e-mail. Di sini, Kamu bisa langsung mengirimkan e-mail kepada seseorang atau Kamu bisa langsung masukkan ke dalam draft e-mail.

Kami sarankan untuk disimpan di dalam draft e-mail saja. Sebab, chat Whatsapp merupakan obrolan pribadi, jadi sebaiknya Kamu simpan sendiri agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

8. Nah, untuk Kamu yang ingin mengirimkan chat WA ke e-mail orang lain, bisa langsung tuliskan alamat e-mailnya. Kemudian kirimkan dengan klik simbol panah ke kanan di bagian atas.

Menyimpan Chat WA dengan Orang Tertentu 5

9. Namun, bagi Kamu yang ingin menyimpannya di draft, maka silahkan klik simbol titik tiga di bagian pojok kanan atas dan langsung pilih save draft. Bagaimana, mudah bukan?

Menyimpan Chat WA dengan Orang Tertentu 6

Cara Backup Semua Chat Whatsapp

Cara menyimpan chat Whatsapp sebelumnya memang hanya bisa dilakukan untuk menyimpan pesan WA dengan orang tertentu saja. Artinya, chat Whatsapp dengan orang lain atau chat grup tidak akan tersimpan di dalam e-mail.

Lantas bagaimana cara menyimpan semua chat di Whatsapp? Gampang kok! Andalkan Google Drive saja. Kini, Whatsapp menyediakan sebuah fitur backup dimana semua chat Whatsapp akan di-backup ke dalam Google Drive. Namun, Kamu harus pastikan untuk memiliki akun Gmail terlebih dahulu agar bisa mengakses Google Drive.

Nah, jika Kamu sudah bisa mengakses Google Drive, artinya Kamu sudah siap untuk melakukan backup semua chat Whatsapp. Begini cara menyimpan chat Whatsapp secara keseluruhan:

1. Buka aplikasi Whatsapp yang ada di smartphone, iOS, Android, atau Windows.
2. Kemudian, klik simbol titik tiga di bagian pojok kanan atas.

Cara Backup Semua Chat Whatsapp 1

3. Berikutnya, pilihlah menu settings yang berada di pilihan akhir.

Cara Backup Semua Chat Whatsapp 2

4. Setelah itu, Kamu bisa langsung klik Chats.

Cara Backup Semua Chat Whatsapp 3

5. Secara otomatis akan muncul beberapa opsi. Nah, Kamu hanya perlu klik Chat backup.

Cara Backup Semua Chat Whatsapp 4

6. Di sini akan langsung ditampilkan beberapa term and condition. Namun, sebelum kamu klik backup, disarankan untuk mengatur beberapa pengaturan dalam melakukan backup, seperti back up to Google Drive, Account, Back up over, dan juga include videos.

Untuk back up to Google Drive adalah menentukan kapan saja Kamu akan melakukan backup ke Google Drive. Sedangkan Account adalah akun gmail yang Kamu pakai untuk melakukan backup. Lalu, Back up over menentukan Kamu akan melakukan backup dengan menggunakan kuota internet atau wifi. Dan terakhir, include videos menentukan akan melakukan backup video.

Cara Backup Semua Chat Whatsapp 5

7. Sudah selesai mengatur semuanya? Nah, saatnya Kamu klik backup dan tunggulah beberapa saat sampai proses backup

Menyimpan Chat Whatsapp dengan Screenshot

cara Menyimpan Chat Whatsapp dengan Screenshot

* sumber: www.apowersoft.com

Jika Kamu merasa terlalu banyak menghabiskan kuota untuk melakukan backup chat Whatsapp, maka Kamu bisa gunakan cara yang satu ini. Ya, dengan cara melakukan screenshot untuk setiap obrolan yang ingin Kamu simpan.

Cara menyimpan chat Whatsapp dengan screenshot ini tergolong lebih mudah bagi Kamu yang hanya sekedar menyimpan 1 atau 2 obrolan saja. Selain itu, dengan melakukan screenshot juga tidak akan menghabiskan banyak kuota seperti dua cara sebelumnya.

Caranya mudah, Kamu hanya perlu masuk ke dalam chat WA yang ingin disimpan lalu langsung screenshot chat yang ingin Kamu simpan. Untuk cara ini bisa disesuaikan dengan ponsel masing-masing ya. Namun, pada umumnya melakukan screenshot di Smartphone biasanya menekan tombol volume + power.

Ada juga beberapa smartphone yang menggunakan screenshot dengan cara menekan tombol power + home. Jadi, semua tergantung pada ponsel masing-masing ya. Cek juga beberapa aplikasi screenshot terbaik untuk smartphone Android di sini.

Menyimpan Chat Whatsapp di Note

Ada cara lainnya untuk menyimpan chat Whatsapp yakni mengandalkan aplikasi note. Seperti yang diketahui bahwa Kamu bisa melakukan copy paste setiap chat Whatsapp. Nah, Kamu bisa manfaatkan copy paste tersebut untuk kemudian menyimpan chat Whatsapp di note.

Namun sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa Kamu sudah memiliki aplikasi note di smartphone. Jika sudah memiliki aplikasinya maka Kamu bisa langsung mengikuti beberapa tahap berikut ini:

1. masuk ke dalam aplikasi WA.
2. Kemudian, tentukanlah chat WA yang ingin Kamu simpan.
3. Lalu, tekan sedikit agak lama sampai muncul tanda biru di bagian chat dan langsung klik simbol copy yang ada di atas.

Menyimpan Chat Whatsapp di Note 1

4. Sudah selesai melakukan copy, maka Kamu bisa langsung masuk ke dalam aplikasi note yang ada di Smartphone. Setelah itu, klik paste untuk menduplikat pesan WA yang ingin disimpan.

Menyimpan Chat Whatsapp di Note 2

Nah, kini Kamu sudah selesai menyimpan chat Whatsapp dengan mengandalkan aplikasi note. Menyimpan chat WA dengan aplikasi note juga lebih mudah dan lebih irit kuota lho. Sebab, Kamu hanya perlu melakukan copy paste saja.

Berikut tadi adalah kumpulan cara menyimpan chat Whatsapp termudah dan paling simpel yang Kami rekomendasikan untuk Kamu. Jika Kamu memiliki cara lainnya, silahkan bagikan di kolom komentar ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

4 pemikiran pada “Tips dan Trik Cara Menyimpan Chat Whatsapp dengan Mudah”

  1. Chat lamaku terpadam sendiri hari demi hari..Chat itu terpadam sedikit demi sedikit..apakah cara untuk hentikan daripada chat ini terus menerus terpadam dengan sendir? Dan bolehkan chat yang terpadam itu dikembalikan semula? Mohon penjelasan

  2. Tutorial yang sangat bagus dan membantu, terimakasih semoga amalan mu menjadi berkah!

Tinggalkan komentar