carisinyal web banner retina

Cara mengatasi Video WA Tidak Tersimpan di Galeri HP

Ditulis oleh Aris Wibowo
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Sama seperti berkirim pesan teks, terkadang Anda ingin menyimpan video yang dikirim di WA atau WhatsApp ke galeri HP. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot lagi membuka WhatsApp dan mencari video di antara pesan-pesan teks yang menumpuk. Sayangnya, beberapa pengguna WA justru masih mengalami kesulitan saat akan menyimpan video WhatsApp ke galeri HP. Lantas, adakah solusinya?

Penyebab Video WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri HP

Nah, jika Anda juga salah satu yang mengalami hal tersebut mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa, sih, penyebabnya. Dalam artikel ini, saya telah menyimpulkan beberapa hal yang bisa jadi penyebab video yang dikirim di WhatsApp tidak tersimpan di galeri. Silakan simak sampai habis, ya.

1. Koneksi Internet Buruk

redmi pad 28_

Koneksi internet yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab video yang dikirim lewat WhatsApp tidak tersimpan di galeri.

Perlu dipahami bahwa WhatsApp merupakan aplikasi kirim pesan yang membutuhkan koneksi internet agar dapat digunakan. Alhasil, ketika koneksi internet tidak ada atau tidak stabil, maka pesan atau panggilan yang masuk ke HP juga akan terganggu. 

Hal ini berlaku juga ketika Anda hendak mengunduh foto atau video di WhatsApp. Bila ada video yang dikirim lewat WhatsApp tapi tidak tersimpan, bisa jadi karena belum terunduh sempurna atau sampai selesai.

2. Pengaturan Waktu yang Salah

redmi pad 10_

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang terpaku pada tanggal dan jam yang sesuai kenyataan. Maka dari itu, jika pengaturan waktu di HP Anda salah atau tidak sesuai, server WhatsApp akan mengalami gangguan karena tidak tersinkronisasi dengan baik. Hal ini juga akan mempengaruhi ketika hendak mengunduh video dan menyimpannya di galeri.

3. Aplikasi WhatsApp Kedaluwarsa

whatsapp coverSumber: Pixabaya

Bila Anda merasa koneksi internet di HP sudah cukup baik, tanggal dan waktu sesuai, tapi video yang dikirim masih tidak muncul di galeri. Kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut adalah bug dari WhatsApp-nya sendiri. Salah satunya karena WhatsApp yang digunakan belum diperbarui atau kedaluwarsa.

Perlu diingat, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang cukup rajin memberikan update atau pembaruan aplikasi. Update ini dilakukan WhatsApp untuk memperbaiki bug yang sempat ada dan meningkatkan performa aplikasi.

Nah, bila aplikasi WhatsApp Anda belum di-update dalam waktu yang cukup lama, tentu performanya akan menurun dan menyebabkan banyak bug terjadi.

4. Sistem Operasi Sudah Tidak Didukung

samsung galaxy a33 5g

Penyebab keempat bisa jadi soal dukungan sistem operasi. Pasalnya, WhatsApp terus melakukan pembaruan yang berefek pada HP lawas yang tidak bisa terpasang. Mulai 24 Oktober 2023, WhatsApp hanya bisa berjalan di perangkat Android dengan OS Android 5.0 atau lebih baru. Untuk perangkat iOS, WhatsApp hanya bisa berjalan di iPhone dengan iOS 12 atau lebih baru.

Bisa jadi, memang bug video yang tidak tersimpan di galeri HP disebabkan sistem operasinya yang sudah tidak mendukung.

5. Video Tersimpan di Folder Sent

whatsapp-sent

Untuk Anda yang sering merekam video secara langsung menggunakan aplikasi kamera WhatsApp, terkadang video tersebut tidak muncul di galeri HP Anda.

Hal ini disebabkan karena video tersimpan di folder memori internal, yakni di folder sent. Folder tersebut memang tidak ditampilkan di galeri, jadi Anda harus membukanya langsung ke file manager atau memori internalnya.

Solusi agar Video yang Dikirim Lewat WhatsApp Bisa Tersimpan di Galeri

Setelah memahami penyebab video yang dikirim lewat WhatsApp tidak tersimpan di galeri, kini Anda bisa memulai beberapa tips berikut sebagai solusi untuk mengatasi hal-hal tersebut.

1. Aktifkan Fitur Download Otomatis

Cara pertama mengatasi penyebab video yang dikirim lewat  WhatsApp tidak tersimpan di galeri ialah mengecek pengaturan di WhatsApp itu sendiri. Pasalnya, dalam aplikasi kirim pesan ini sudah tersedia berbagai fitur untuk memudahkan penggunanya.

Salah satunya fitur download otomatis. Nah, jika video WhatsApp tidak tersimpan di galeri, bisa jadi fitur ini belum dinyalakan. Silakan ikuti langkah-langkah ini:

  • Pilih titik tiga di pojok kanan atas layar.
  • Masuk ke opsi "Settings".
WA-auto-download-1-1
  • Lalu, pilih "Storage and data".
WA-Auto-download-2-
  • Cari kolom "Media-auto download" dan aktifkan pilihan saat menggunakan data seluler maupun saat terhubung WiFi. Aktifkan semua pilihan dari foto, audio, video, dan dukumen dengan mencentangnya.
WA-Auto-download-3-
WA-Auto-download-4-
WA-Auto-download-5-

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka semua media akan otomatis tersimpan di galeri HP. Baik Anda menggunakan jaringan seluler atau WiFi.

2. Nyalakan Fitur Media Visibility

Untuk menampilkan foto maupun video dari WhatsApp, Anda juga perlu menyalakan fitur media visibility. Cara mengaktifkannya juga mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke "Settings" dengan menyentuh titik tiga di kanan atas layar.
WA-auto-download-1-1
  • Pilih menu "Chats".
WA-media-visibility-1-
  • Pada bagian kolom "Chat settings", aktifkan menu "Media visibility" dengan menekan toggle di sampingnya sampai berwarna hijau.
WA-Media-visibility-2-
WA-media-visibility-4

Jika sudah aktif, semua media yang baru saja terunduh akan ditampilkan pada galeri di HP Anda.

3. Update Aplikasi dan Sistem Operasi

update-wa-

Jika cara-cara di atas masih tidak berhasil, Anda mungkin perlu meng-update atau memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Anda bisa memperbaruinya melalui aplikasi Google Play Store agar lebih mudah. 

Jika cara ini masih belum berhasil juga, tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan update pada sistem operasi. Jangan lupa back-up data sebelum update, ya. Dengan update sistem operasi dan aplikasi, Anda akan mendapatkan berbagai fitur baru yang tidak bisa ditemukan di WhatsApp versi sebelumnya.

4. Memindahkan File Video Secara Manual

WA-Sent-folder-2

Agar video bisa terbaca di galeri, silakan pindahkan file secara manual. Caranya yaitu silakan masuk ke file manager di HP Anda terlebih dahulu.

Setelah itu, silakan buka Internal storage > Android > Media > com.whatsapp > WhatsApp > Media > WhatsApp Video > Sent. Biasanya di folder ini video yang Anda kirimkan tersimpan.

Silakan pilih beberapa video yang ingin ditampilkan di galeri, lalu copy atau cut dan pindahkan ke folder yang terbaca oleh galeri seperti folder screenshot, picture, serta camera.

Nah, itulah beberapa penyebab video yang dikirim lewat WhatsApp tidak tersimpan di galeri. Selain itu, Anda juga langsung bisa melakukan tips yang akan membantu menampilkan video tersebut di galeri. Cara-cara yang digunakan pun tidaklah sulit atau mudah untuk dilakukan. Sampai sini dulu pembahasan saya kali ini, dan selamat mencoba.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram