carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Games / Ini Dia Daftar Cheat Game PC Stronghold Crusader 2

Ini Dia Daftar Cheat Game PC Stronghold Crusader 2

Ditulis oleh Ahmad Tsalis - Diperbaharui 28 Juni 2021

Butuh waktu lebih dari satu dekade bagi Firefly Studios untuk membuat sekuel lanjutan dari Stronghold: Crusader. Ya, Stronghold Crusader 2 - yang meluncur pada 2014 - berjarak 12 tahun dari Stronghold: Crusader (2002). Firefly Studios bukannya vakum mengembangkan game strategi berlatar belakang sejarah peradaban ini.

Sebab, sejak Stronghold dirilis pada 2001, beberapa sekuel lahir setelahnya. Di antaranya adalah Stronghold 2 (2005), Stronghold Legends (2006), Stronghold Crusader Extreme (2008), Stronghold 3 (2011), dan Stronghold (2012).

Di balik penantian panjang selama 12 tahun, Firefly Studios ternyata melakukan pekerjaan besar untuk membenahi Stronghold Crusader. Hal yang paling kentara adalah soal kualitas grafisnya, baik antarmuka gim maupun efek animasi.

Peningkatan kualitas grafis ini disebabkan karena Firefly Studios menggunakan game engine berbasis 3D, tidak seperti Stronghold Crusader yang masih 2D. Di luar grafis, Stronghold Crusader 2 memiliki alur cerita yang kurang lebih sama dengan pendahulunya.

Sebagian pihak menyebut bahwa game ini permainan 'daur ulang' sebagai sarana nostalgia pemain lama Stronghold: Crusader. Meski begitu, gim ini tetap mendapat penilaian positif dari majalah PC Gamer. Rating yang diberikan adalah 64/100.

Sebagai pecinta game real-time strategy, Anda wajib mencicipi gim yang hadir khusus untuk platform PC Windows ini. Jangan khawatir andai menghadapi kesulitan, sebab Carisinyal bakal membagikan beberapa kode cheat yang bisa Anda coba.

Namun, selain itu, beberapa informasi terkait Stronghold Crusader 2 juga akan kami sajikan dalam artikel ini. Jadi, simak dari awal sampai habis, ya!

Spesifikasi Minimum Stronghold Crusader 2

sumber: steam.steampowered.com
  • OS: Windows 7 SP1, 8, 8.1, 10 | 32 bit atau 64 bit
  • Prosesor: Intel Core 2 Duo E4400 (2 GHz), AMD Athlon 64 X2 3600+, atau yang selevel
  • RAM: 2 GB
  • Ruang simpan minimal: 4 GB
  • VGA: NVIDIA GeForce 8800GT 512MB, AMD Radeon HD 2900XT 512MB, atau yang lebih baik
  • Sound card: kompatibel dengan DirectX 9.0
  • Perangkat lain: Keyboard dan mouse

Latar Belakang Stronghold Crusader 2

sumber: fireflyworlds.com

Abad ke-11 adalah era ketika dua kerajaan berebut satu tempat yang kala itu disebut sebagai Kota Suci. Atas nama Tuhan, kedua kerajaan berperang karena sama-sama merasa bahwa kota tersebut layak mereka jaga. Keyakinanlah yang mendasari kedua kerajaan punya ikatan batin dengan Kota Suci.

Dalam gim ini, Anda diminta memilih di antara dua faksi yang berperang, yakni Pejuang Arab atau Tentara Salib. Perjuangan Anda dimulai ketika membangun kerajaan dari nol. Membangun kamp-kamp pelatihan tentara, kastil, dan bangunan lain yang mendukung keberlangsungan hidup kerajaan.

Oleh sebab itu, Anda tidak hanya akan memikirkan kekuatan pasukan saja, tapi juga kekuatan perekonomian kerajaan. Semuanya demi bisa mendominasi medan perang lalu menjadi penguasa Kota Suci.

Game Play dan Fitur

sumber: fireflyworlds.com

Cerita yang diangkat Stronghold Crusader 2 memang serupa dengan Stronghold Crusader pertama. Fitur-fitur yang ada di edisi pertama pun dimunculkan lagi di edisi ini. Namun, Firefly Studios juga memberi penyegaran seperti dengan memasukkan beberapa unit pasukan baru sebagai tentara bayaran.

Pada saat memainkan gim ini, Anda akan memperoleh tutorial singkat diikuti dua perang kecil sebagai perkenalan. Setelah itu, pemain wajib membangun gedung, ekonomi, dan kastil setelah mendapat modal 1000 koin. Setelahnya, Anda harus mengirim pasukan untuk menyerang musuh, menghancurkan pertahanannya, dan membunuh tokoh pemimpin musuh.

Hal yang unik adalah ekonomi kerajaan Anda sangat ditentukan oleh seberapa banyak kayu yang dimiliki. Emas dan sumber daya yang lainnya juga penting, tetapi bisa diakali. Sama seperti Anda bisa memberi makan lebih sedikit pada pekerja atau membayar pajak lebih rendah, asalkan rakyat tetap bahagia dan punya kepercayaan pada kerajaan Anda.

Selain itu, Anda bisa membangun pasukan dari kastil sendiri atau mengumpulkan tentara bayaran dengan iming-iming emas. Gim ini juga mengizinkan Anda menciptakan map sendiri untuk dimainkan di mode skirmish (singleplayer) atau multiplayer.

Mode skirmish adalah permainan singkat yang meminta Anda melawan musuh AI. Sedangkan mode multiplayer mengizinkan delapan pemain terlibat dalam pertempuran. Pemain yang terlibat itu bisa seluruhnya manusia, atau sebagian AI.

Uniknya, di mode multiplayer, dua pemain bisa mengendalikan kastil yang sama. Hal ini membuat Anda bisa menjalin kerja sama dengan pemain lain, dan bertugas sesuai keahlian masing-masing.

Kode Cheat Stronghold Crusader 2 untuk PC

sumber: SerguiHellDragoonHQ (youtu.be/l78fvEYujKQ)

Entah disengaja atau tidak, sebuah gim pasti memiliki celah agar dapat lebih mudah dimainkan oleh konsumen. Dalam hal ini, Stronghold Crusader 2 punya kode cheat yang bisa Anda gunakan. Dilihat dari jumlahnya, cheat yang bisa dipakai di game ini memang tidak sebanyak edisi sebelumnya.

Meski begitu, Carisinyal akan coba menjelaskannya buat Anda, siapa tahu kelak berguna. Yuk, simak saja selengkapnya di bawah ini!

Cheat agar Dianggap sebagai The Wolf

Anda memang tidak bisa berperan sebagai The Wolf di Stronghold Crusader 2. Sebab, di gim ini, ia hanyalah sebuah kecerdasan buatan (AI). Adapun The Wolf adalah karakter yang punya reputasi tinggi di serial Stronghold berkat kekuatan militer dan benteng pertahanan kuat yang dimilikinya.

Namun demikian, Anda bisa menyerupai karakter antagonis ini untuk menakut-nakuti lawan Anda. Khususnya jika Anda memainkan gim ini untuk melawan NPC (karakter yang dikendalikan oleh komputer). Ikuti caranya seperti berikut agar Anda bisa menyamar sebagai The Wolf.

  1. Tekan tombol Options di tampilan menu
  2. Lalu, klik logo Graph
  3. Ketikkan "The Wolf" atau "Wolf" (tanda tanpa kutip "...") sebagai nama karakter Anda
  4. Tunggu hingga narator mengucapkan "Greetings the wolf not dead yet I see sire."

Cheat agar Dianggap sebagai Dart Vader

Jika Anda mengikuti novel, komik, atau serial film Star Wars, pasti tidak asing dengan karakter Dart Vader. Ya, karakter antagonis ini juga muncul di game ini sebagai AI. Anda bisa dianggap sebagai Dart Vader oleh NPC dengan cara yang sama seperti saat menyamar menjadi The Wolf.

  1. Tekan tombol Options di tampilan menu
  2. Lalu, klik logo Graph
  3. Ketikkan "Vader" atau "Lord Vader" (tanda tanpa kutip "...") sebagai nama karakter Anda
  4. Tunggu hingga narator mengucapkan "Obi won has trained you well, but you’re not a Jedi yet!"

Tips Blokade Kastil

Blokade kastil penting untuk menahan agar musuh tertahan alias tetap berada di dalam kastil mereka. Pertama-tama, Anda perlu memastikan apakah musuh sudah menutup celah pertahanannya. Jika tembok sudah mengitari seluruh kastil, itu tandanya musuh telah menutup celah pertahanan kastilnya,

Kemudian, tempatkan Gatehouse Anda di sebelah Gatehouse musuh. Setelah itu, segera taruh dua Oxen Tethers di depan Gatehouse Anda. Hal ini akan membuat musuh tidak akan bisa masuk ataupun keluar. Langkah berikutnya adalah nonaktifkan aktivitas industri Oxen Theters dengan cepat.

Dengan begitu, bangunan atau industri apa pun yang ada di luar benteng pertahanan musuh akan tak berfungsi. Pasalnya, para pekerja yang bertugas memasok sumber daya tidak bisa masuk.

Itulah kode cheat Stronghold Crusader II yang bisa Anda gunakan. Apabila Anda punya informasi lain mengenai game ini, Anda bisa membagikannya di kolom komentar. Adapun jika Anda ingin tahu koleksi kode cheat dari game-game lainnya, silakan mengaksesnya di sini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram