10 Rekomendasi Filter Instagram Terbaik yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji

Siapa sih yang tak kenal media sosial Instagram? Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Instagram memberikan kebebasan kepada para penggunanya untuk mengunggah dan membagikan berbagai momen, baik foto mau pun video.

Seiring berkembangnya waktu, Instagram semakin kaya akan fitur-fitur yang menarik dan futuristik. Beberapa fitur menarik yang dimiliki Instagram adalah siaran langsung, Insta story, Reels, IGTV dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu, Instagram juga terkenal dengan berbagai filter yang aesthetic dan menarik. Filter-filter ini bisa dibuat oleh para pengguna Instagram, kemudian dibagikan untuk umum.

Banyak sekali filter-filter menarik yang dapat membuat foto atau video Anda semakin cantik dan aesthetic. Penasaran kan filter apa saja sih yang aesthetic dan menarik untuk dicoba? Untuk itu, yuk simak rekomendasinya di bawah ini!

1. Disposable

disposable

Rekomendasi filter Instagram yang pertama ada “Disposable” dari @gezsang. Filter Disposable ini menjadi salah satu filter yang sempat viral dan banyak digunakan oleh pengguna Instagram. Hal ini tentu berdasarkan alasan yang menarik. Filter Disposable identik dengan tone warna kehijauan yang khas.

Selain tone warnanya yang keren, filter Disposable juga memberikan sedikit noise. Namun, kulit akan tetap terkesan halus dan natural. Hasil fotonya tentu akan semakin bagus seperti hasil foto menggunakan kamera profesional. Filter yang satu ini cocok untuk berbagai objek foto. Baik orang, pemandangan, atau pun benda yang ada di sekitar agar lebih terlihat keren.

2. Blue Sky

Potret langit yang biru memang selalu menjadi daya tarik tersendiri dalam sebuah foto atau video yang kita unggah. Untuk mendapatkan potret langit yang lebih biru dan eye-catching, Anda bisa menggunakan filter “Blue Sky” dari @husein_danar. Sebagaimana namanya, filter yang satu ini dapat membuat potret langit menjadi lebih biru dan cerah.

Hal ini karena filter Blue Sky memberikan saturasi yang tinggi pada warna biru sehingga berbagai benda berwarna biru akan terlihat lebih mencolok. Filter ini sangat pas untuk digunakan di area terbuka, karena dapat memberikan efek yang lebih cerah dan berwarna. Bagi Anda yang gemar berkegiatan outdoor, pastikan filter Blue Sky ini ada dalam deretan filter Anda, ya!

3. Side to Side

“Side to Side” adalah filter Instagram dari @vieryvito yang tak kalah menarik untuk dicoba. Berbeda dari filter lainnya, Side to Side bukan hanya memberikan sentuhan tone warna yang bagus, akan tetapi juga memberikan ilustrasi gambar layaknya polaroid. Sebuah konsep yang cukup unik, bukan?

Untuk bagian tengah polaroid diberikan filter oranye kemarahan dengan efek sinar yang juga berwarna oranye. Sementara di bagian background-nya diberi warna abu-abu sehingga terkesan ala-ala vintage. Tak hanya cocok untuk siang hari, filter yang satu ini juga cocok digunakan saat malam hari.

4. Ceritanya Aesthetic

Filter Instagram bernama “Ceritanya Aesthetic” milik @layllaaf juga wajib Anda miliki pada jajaran filter di Insta story Anda. Seperti namanya, filter yang satu ini super aesthetic dan cocok untuk berbagai objek foto. Filternya identik dengan highlight yang rendah sehingga terkesan gelap, namun tetap terlihat elegan.

Filter ini cocok digunakan saat siang atau pun malam. Untuk malam hari, Anda disarankan mengambil gambar menggunakan blitz agar foto semakin menarik. Hasil foto dengan filter "Ceritanya Aesthetic" akan terkesan lebih gothic dengan tingkat cahaya yang low key. Bagi Anda yang gemar dengan tema aesthetic gelap, maka Anda wajib menjajal filter yang satu ini.

5. Golden Sparkles

Bagi Anda yang gemar dengan warna-warna cerah, maka filter “Golden Sparkles” cocok untuk digunakan. Filter yang satu ini bisa Anda temukan di akun @darkbloods_. Filter Golden Sparkles sangat pas untuk digunakan saat Anda berada di luar ruangan, karena tone warnanya akan bekerja maksimal ketika objek terkena sinar matahari langsung.

Saturasi pada filter yang satu ini agak tinggi, sehingga objek akan terlihat lebih colorful dan lebih terang. Tak hanya bagus untuk pemandangan, filter ini juga akan sangat keren digunakan untuk selfie karena akan membuat kulit lebih soft dan natural. Dijamin, hasil foto Anda akan semakin keren dan berkelas.

6. Mirror Vintage

Gaya vintage memang memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga, tak heran banyak orang menyukainya. Gaya vintage ini identik dengan gaya yang klasik dan antik. Untuk Anda yang tertarik dengan gaya vintage, maka wajib rasanya menggunakan filter Instagram bergaya vintage yang satu ini.

Bernama “Mirror Vintage” dari @kaaaaaaaaaaat, filter ini merupakan filter dengan animasi kaca antik bergaya vintage. Para penggunanya dapat mengambil gambar dengan bingkai kaca yang antik, seolah-olah gambar tersebut berada dalam sebuah kaca. 

Bagi Anda yang gemar melakukan mirror selfie, saat ini Anda tak perlu lagi bersusah payah menyesuaikan kaca untuk bergaya, karena Anda dapat memanfaatkan filter ini. Praktis, bukan? Sangat cocok digunakan untuk selfie yang kekinian ala-ala vintage tanpa perlu Anda edit lagi.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram