carisinyal web banner retina

10 Game Online untuk Para Remaja di HP Android

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Bermain game tak cuma bisa melepas lelah, tapi juga jadi ajang mencari teman dan bahkan menambah pundi penghasilan. Hadirnya game online membuat pilihan permainan di HP semakin marak. Dari anak-anak, remaja hingga dewasa, semua ikut main game online.

Nah, saya kembali kali ini untuk membahas daftar game online di Android, di mana seluruh permainannya cocok untuk dijajal oleh anak remaja. Seluruhnya punya rating untuk pemain di bawah usia 18 tahun, ya. Yuk, intip daftarnya.

1. Metal Slug: Awakening

metal-slug-awakening

Salah satu game terbaik yang bisa dimainkan oleh para remaja adalah Metal Slug:Awakening. Buat saya dan juga anak 90-an, mungkin nama game ini sudah tak asing. Hadirnya game yang diluncurkan oleh Tencent ini tentu menjadi ajang Nostalgia.

Metal Slug: Awakening datang dengan membawa gameplay seru ala seri pendahulunya. Kini, game run and gun ini membawa tampilan visual yang lebih baik, dilengkapi dengan musik dan efek suara yang menambah keseruan permainan.

Dalam permainannya, saya dihadapkan pada sebuah misi utama terlebih dulu: menjatuhkan pasukan tentara yang ingin menangkap sang tokoh utama. Ya, awalnya saya bertualang bersama Marco Rossi, salah satu karakter ikonik dari Metal Slug. 

Saya harus membantu Rossi menumpas pasukan tentara, tank, bahkan pesawat canggih dengan senjata keren. Berbekal pistol, machine gun, bazooka dan granat, saya berhasil membereskan misi dengan cukup baik. Hadirnya ultimate skill berupa penggunaan dua senjata machine gun mempermudah saya untuk menjatuhkan para musuh.

Nah, saya terbantu lagi dengan adanya dua pilihan mode menembak: auto dan manual. Kalau tangan sudah terasa pegal, atau kontrol agak lemot, mode auto bisa diandalkan. Kalau mau menembak dengan lebih presisi, mode manual bisa jadi pilihan.

Metal Slug: Awakening memberikan saya kesempatan untuk respawn sebanyak lima kali jika tewas dalam misi. Menurut saya, game-nya cukup adiktif dan cocok buat digunakan sebagai alat untuk killing time. Mau coba? Game ini bisa dimainkan untuk remaja usia 12 tahun ke atas, ya.

2. Garena Undawn

GARENA UNDAWN_

Garena Undawn, game zombie dengan stunning visuals ini juga pas buat dimainkan. Selain visual, saya kagum dengan konsep yang dibawa oleh permainan MMORPG ini.

Di Garena Undawn, Anda tak cuma sibuk dan fokus dalam menghabisi para zombie saja, melainkan juga membantu karakter utamanya untuk survive di tengah kiamat zombie itu sendiri.

Contohnya dengan membangun shelter, mencari bahan makanan untuk dimasak, menjaga kebersihan tubuh, hingga menjaga pola tidur yang  baik. Bahkan, selama bermain saya juga diharuskan untuk mencuci baju karakternya.

Hal lain yang saya suka dari game ini adalah adanya opsi untuk melakukan crafting. Ya, selain bisa buat bangunan sendiri, senjata buat lawan zombie juga bisa dirakit dari nol. Seru, kan?

Game ini bersifat open-world. Jadi, Anda diperbolehkan untuk bertualang sesuai keinginan sambil menjalankan setiap misi yang diberikan. Nggak sendirian, kok. Anda akan ditemani penyintas lain yang tergabung dalam kelompok “The Raven”. Unduh Garena Undawn pada tautan berikut ini.

3. Super Mario Run

super-mario-run

Kangen dengan game Super Mario di Nintendo? Kini, permainan serupa dengan nama Super Mario Run hadir di Android. Gameplay-nya masih mirip dengan versi jadul. Anda harus membantu Mario menuntaskan misi, sembari berlari di platform untuk mendapatkan koin dan menumpas musuh.

Saya betah memainkan game ini dalam waktu yang cukup lama. Selain karena visual 3D-nya yang bagus, kontrolnya pun memudahkan saya untuk menyelesaikan misi. Ya, tinggal tap layar saja, Anda sudah bisa membuat Mario melompat tinggi dan melewati seluruh rintangan dengan mudah.

Untuk rintangan dan musuh yang tak begitu sulit, Mario bahkan akan melewatinya secara otomatis. 

Selama menjalankan misi, Anda akan diberi waktu yang tak cukup banyak. Jadi, pastikan misi selesai sebelum waktunya habis, ya. Tenang, Anda punya enam world dengan misi berbeda yang bisa dijajal di setiap world-nya. Tak perlu takut game-nya cepat tamat, deh!

4. Teacher Simulator

teacher-sim

Mau mencoba simulasi jadi guru di sekolah? Coba mainkan Teacher Simulator. Ini adalah sebuah game kasual yang cukup menarik. Misi utama Anda tentu saja menjalankan tugas sebagai seorang guru. Nantinya, Anda akan dihadapkan pada tumpukan PR siswa yang harus dicek. 

Ada pula tugas untuk mengontrol dan memantau kelakuan siswa. Kalau Anda menemukan siswa nakal, mereka wajib Anda laporkan ke kepala sekolah.

Nah, serunya lagi, Teacher Simulator ini memperbolehkan kita untuk memilih kelas mana yang ingin diambil. Sebagai contoh, saya pilih kelas Ilmu Pengetahuan Umum. Di dalam kelas, saya harus memberi tugas, mengajukan pertanyaan, dan tentu memeriksa PR para siswa. Setiap kelas punya besaran gaji yang berbeda, lho. Gaji Anda bisa dipakai buat beli item dalam game.

Menurut saya, permainan ini lumayan seru dan pas buat dimainkan kalau sedang santai. Sayangnya, saya terganggu beberapa kali oleh kemunculan iklan. 

5. Eggy Party

eggy

Selanjutnya, ada Eggy Party. Game satu ini mirip dengan Stumble Guys. Hanya saja, buat saya Eggy Party lebih menarik. Di dalam gameplay, Anda harus bersaing dengan 31 pemain lain untuk menjadi pemenang. Lari dan lompat di atas platform sampai ke garis finish dan jadi satu-satunya pemain yang bertahan, ya.

Dalam satu match, akan ada empat stage yang dilewati. Setiap stage hadir dengan tantangan berbeda. Salah satunya adalah melewati platform dengan banyak kardus. Nah, yang menarik dari Eggy Party adalah tersedianya berbagai senjata dan booster yang bisa membantu Anda untuk mendapat peluang menang lebih besar.

Serunya lagi, di sini Anda bisa menemukan teman baru dengan bergabung ke dunia virtualnya. Buat saya, main Eggy Party nggak cukup satu jam doang. Eggy Party pun bisa dimainkan oleh semua kalangan, ta terkecuali para remaja. Ingin mencoba game satu ini? Unduh game ini di Google Play Store pada tautan ini.

6. Uni - Craft your world

uni-create-your-world

Bisa dibilang, Uni - Craft your World ini mirip dengan Minecraft. Di dalam game-nya, Anda bisa membuat sebuah realm atau dunia sendiri sesuai dengan keinginan. Gunakan alat dan bahan bangunan, bahkan juga perlengkapan tidur untuk membangun rumah Anda sendiri. Atau, Anda bisa membangun realm unik seperti yang saya kunjungi.

Nah, selama bermain, ada beberapa tempat yang sudah saya singgahi. Salah satunya adalah sebuah room bernama “Kabur dari Penjara”. Room/realm ini merupakan buatan sesama pemain Uni. Anda punya satu misi utama: mencari jalan keluar dari penjara sembari mengumpulkan koin. 

Jangan salah, di sini, Anda akan menghadapi musuh dan bersaing dengan sesama pemain lainnya. Pastikan strategi Anda sudah benar, ya.

Uni - Craft your world tak hanya bisa jadi alat refreshing atau killing time saja. Anda pun dapat bertemu banyak teman, bahkan juga menuangkan kreativitas masing-masing. Unduh game-nya di Google Play Store untuk mulai bermain Uni - Craft your world. 

7. Tiny Room Stories Town Mystery

tiny-room

Tiny Room Stories Town Mystery adalah sebuah game puzzle yang akan membawa Anda pada kisah seorang detektif muda. Ia harus mencari tahu apa yang terjadi pada kota Redcliff setelah yahnya mengirim pesan.

Di awal permainan, saya langsung disuguhi teka-teki yang lumayan rumit. Saya harus mencari jalan supaya pintu portal menuju kota terbuka. Di sini, saya diberi kesempatan untuk mengeksplor sebuah bangunan guna mencari alat dan juga hal penting lainnya yang saya butuhkan.

Semakin dalam saya masuk ke kota, teka-teki yang harus dibereskan makin rumit lagi. Hal ini jadi keseruan tersendiri. Alhasil saya jadi nggak cepat bosan saat main. Kalau sudah mulai bingung, saya pakai opsi hint untuk mendapatkan bocoran atau petunjuk. Sayangnya, hint ini cuma bisa diakses dengan menonton iklan.

Kalau Anda lagi cari game puzzle dengan visual 3D, plot dan teka-teki yang oke, Tiny Room Stories Town Mystery cocok buat dimainkan.

8. Boom Karts Multiplayer Racing

boom-karts

Boom Karts Multiplayer Racing bisa jadi alternatif untuk Anda yang mencari game balap mirip Mario Kart Tour. Secara tampilan grafis, mungkin game ini tak sebaik Mario Kart Tour, ya. Namun, Boom Karts Multiplayer Racing juga tak kalah seru, kok.

Anda akan bertarung di arena balapan melawan beberapa pemain lain secara online. Race-nya tak punya durasi yang begitu panjang. Tak sampai 5 lap, tapi tetap menyenangkan. Apalagi, pilihan map-nya juga bervariasi. Walau di mode story tak bisa memilih map sendiri.

Game ini juga sedikit mengingatkan saya pada Crash Team Racing, permainan balapan klasik dari Naughty Dog. Penasaran dengan Boom Karts Multiplayer Racing? Unduh game-nya di Google Play Store.

9. MONOPOLY GO

monopoly go_

Game MONOPOLY GO bisa jadi pilihan buat Anda juga. Serupa dengan game monopoli di dunia nyata, Anda harus mengocok dadu dan ‘berjalan’ di atas papan monopoli virtual sesuai dengan jumlah kocokan dadu tadi.

Nah, yang bikin seru, di MONOPOLY GO ini Anda dapat melakukan “Bank Heist” untuk ‘mencuri’ uang milik sesama pemain, lho. Jumlah uang yang dicuri tergantung kekayaan pemain tersebut. Semakin kaya mereka, semakin banyak pula uang yang didapat. Lalu, hasilnya ini juga bergantung pada seberapa akurat Anda menyelesaikan mini game-nya.

Saya sudah mencoba bermain dan mencapai level yang cukup tinggi. Kesempatan mengocok dadu pun berubah sesuai level. Karena kesempatan mengocok dadu bertambah, alhasil saya juga dapat keuntungan lebih.

Sayangnya, makin tinggi level permainan, makin mahal juga harga properti yang dibangun dan dibeli. Namun tentu, harga sewa juga akan naik. Penasaran dengan game ini? Unduh MONOPOLY GO untuk Android di Google Play Store.

10. Burger Shop Deluxe

burger-shop

Dulu, Burger Shop Deluxe biasa saya mainkan di PC. Kini, game-nya sudah tersedia di HP Android, lho. Bisa dibilang, Burger Shop Deluxe adalah salah satu ‘sesepuh’ game time-management bergenre masak-memasak. 

Sudah jelas, di game-nya Anda harus mengelola sebuah gerai makanan cepat saji dengan menu burger, kentang, onion rings sampai es krim. Layani semua konsumen dan jangan sampai happiness bar-nya turun jadi nol. Buat mereka puas dengan layanan super cepat.

Buat saya, main game semacam ini lebih pas dilakukan di ponsel dengan layar sentuh. Kalau di PC, cukup repot, ya. Nah, jika kita main dengan jari terasa lebih leluasa untuk bergerak. Setiap makanan dan minuman di sini harus disusun dan disiapkan sedemikian rupa.

Misalnya untuk burger saja, Anda harus buat dan susun dari roti paling bawah, daging, keju, dan roti paling atasnya. Kebayang repotnya, kan?

Secara visual, masih sama saja dengan Burger Shop Deluxe versi jadul. Tapi ini tak mengurangi keseruan permainannya, lho. Yuk, mainkan Burger Shop Deluxe.

Seluruh game di atas dapat dicoba dengan gratis. Beberapa memang menampilkan iklan, dan sebagiannya lagi ada yang menerapkan pembelian dengan uang sunguhan untuk setiap item. Manakah game yang mau Anda coba?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram