carisinyal web banner retina

10 Game Mirip Genshin Impact yang Bertema Open-World & RPG

Tidak berlebihan jika menyebut Genshin Impact sebagai game mobile paling berpengaruh di era modern. Game hasil racikan miHoYo ini dalam sekejap menjadi buah bibir sejak dirilis secara meluas pada tahun 2020 silam.

Game ini berisi lebih dari 20 karakter dengan desain, latar cerita, hingga kemampuan yang unik. Dunia Teyvat yang ditawarkannya juga amat megah. Anda dapat melakukan banyak hal, mulai dari bertarung, berenang, memanjat sampai membuat masakan spesial.

Semua keseruan ini akan terus berlipat ganda mengingat pihak developernya saja terus menggulirkan pembaruan demi membahagiakan para pemain setianya. Ramainya game dari pengembang HoYoverse (dulu bernama MiHoYo) ini membuat pasar game juga kebanjiran dengan game tipe serupa.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami hadirkan 10 game yang mirip dengan Genshin Impact. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Honkai Impact

honkai impact_

Honkai Impact 3rd jelas merupakan game alternatif yang paling mirip dengan Genshin Impact mengingat ia dikembangkan oleh perusahaan yang sama, HoYoverse.

Mengusung tema furutistis, Honkai Impact 3rd menyajikan kedahsyatan kombo pertarungan, dunia terbuka, serta game sampingan dalam atmosfer yang kurang lebih sama seperti yang ditawarkan oleh Genshin Impact.

Sebagaimana Genshin Impact, game ini juga pada dasarnya gratis, tapi masih mengusung elemen gacha yang dapat mengganjar pemain dengan karakter Valkryie baru atau senjata yang lebih kuat. Makannya, kalau Anda pemain gratisan, jangan terkejut kalau progres permainan Anda berjalan lamban. Ingin merasakan keseruannya? Unduh langsung di Play Store dan App Store.

2. Azure Lane

azure lane_

Sebuah game yang memuaskan dahaga fantasi para pecinta kendaraan militer dan karakter animasi Jepang yang menggemaskan. Ya, Cuma di Azure Lane Anda dapat melihat wujud para gadis 2D yang cantik dalam wujud garang mereka sebagai kapal perang berbagai armada dari seluruh negara.

Selain gaya art karakternya, kemiripan Azure Lane dengan Genshin Impact juga bisa langsung Anda ketahui dari penggunaan penyulih suara langsung oleh aktris Jepang.

Terakhir, tentu saja, ada mekanisme gacha yang mau tidak mau harus Anda tempuh jika ingin mendapatkan karakter super langka dengan daya serang yang lebih mematikan, lebih cepat, atau dengan pertahanan yang lebih tebal untuk menerima hantaman torpedo lawan. Download Azure Lane di Play Store dan App Store.

3. Tales of Luminaria

tales of luminaria_

Sama-sama mengusung lanskap open-world, tapi ciri yang membedakan game ini dengan Genshin Impact adalah penggunaan orientasi vertikal. Meski mendapat cercaan dari para pemain setianya, tapi keputusan ini rupanya tidak seburuk yang kita bayangkan.

Anda masih bisa melancarkan kombo dengan rapi dan terarah pada para binatang purba yang siap mengadang Anda di sepanjang perjalanan. Anda juga masih bisa menikmati dunia fantasi yang ditawarkan dan yang paling penting, Anda dapat memainkan game role-playing ini dengan satu tangan.

Terdapat 21 karakter yang langsung dapat Anda mainkan tanpa direpotkan sistem gacha. Namun, perlu diingat, bahwa game yang dirilis pada Januari kemarin ini baru menghadirkan kisah latar bagi beberapa karakternya saja. Tenang, pihak developer menjanjikan perilisan episode baru setiap pekannya. Download Tales of Luminaria di Play Store dan App Store.

4. Final Fantasy: Brave Exvius

final fantasy- brave exavius_

Game ini boleh saja tidak menampilkan gaya karakter atau lingkungan yang seindah Genshin Impact. Tapi, dari nama yang disandangnya saja Anda pasti akan langsung tahu kalau Final Fantasy: Brave Exvius bakal menitikberatkan pada aspek cerita dan pengalaman bermain yang sangat berbobot.

Sangat cocok buat Anda yang menyukai cerita berkualitas yang terselubung dalam game berkelas. Game-nya mengisahkan latar ketiga karakter utamanya, Laswell, Rain, dan Fina serta petualangan ketiganya dalam menyatukan keping demi keping teka-teki konflik yang terjadi di semesta ini.

Mekanisme bertarungnya bukan hack-and-slash yang bebas, melainkan turn-based yang ternyata masih terasa relevan untuk dinikmati di era sekarang.

Kelihatannya memang mudah, tapi Anda tetap harus mempertimbangkan setiap langkah pertarungan dengan cermat agar tidak menghabiskan banyak sumber daya. Tertarik mencoba? Unduh di Play Store dan App Store.

5. Legend of Zelda: Breath of the Wild

legend of zelda breath of the world_

Mengingat Genshin Impact adalah game multiplatform, maka kami pun ingin merekomendasikan game non-mobile kepada Anda. Dan game yang sangat layak untuk dijadikan alternatifnya adalah Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Game sarat penghargaan yang dirilis ekslusif di platform Nintendo ini merupakan inspirasi utama dari Genshin Impact. Masih mengetengahkan Link, Zelda, dan kerajaan Hyrule dengan semua konflik yang melibatkan sihir magis dan linimasa yang porak-poranda.

Kemampuan untuk memanjat, berseluncur di udara, dan berenang dalam game ini juga diadopsi oleh Genshin Impact. Tak hanya eksplorasi atau asal menebas tubuh musuh, Anda pun harus membekali diri dengan informasi soal aneka material dalam game ini yang dapat memberi Anda bonus kekuatan, stamina, hingga darah.

6. Fire Emblem Heroes

fire emblem hero_

Sama halnya dengan Final Fantasy, Fire Emblem juga merupakan waralaba game veteran yang belakangan memutuskan untuk “membuka cabang” di platform mobile dengan merilis Fire Emblem Heroes.

Game yang mengusung genre role-playing taktikal ini memungkinkan Anda untuk memilih empat pahlawan. Setiap pahlawan punya keunikan tersendiri yang dibedakan oleh kemampuan sihir, serta pergerakan antarpetak. Lantaran orientasinya portrait, maka Anda dapat memainkannya dengan satu tangan saja.

Heroes menggabungkan macam-macam karakter serta latar tempat dari game-game Fire Emblem yang lebih dulu dirilis, seperti Fates maupun Shadow Dragon and the Blade of Light yang direkatkan dalam cerita yang orisinal, sehingga buat Anda pecinta franchise Fire Emblem, wajib memainkan seri spin-off ini di Android.

7. The Alchemist Code

the alchemist code_

Masih dari semesta JRPG, kali ini saya mau memperkenalkan Anda kepada The Alchemist Code. Anda akan memerankan Logi dan Dias, sepasang protagonis yang berpetualang dan dalam perjalanannya akan diramaikan oleh karakter sampingan untuk membantu Anda.

Game ini memilih format bertarung giliran (role-playing) yang klasik dan meleburkannya dengan medan 3D. Selain ditentukan oleh kekurangan maupun kelebihan elemen yang Anda pakai, damage yang diterima musuh juga akan sangat dipengaruhi oleh jangkauan maupun kondisi medan (tinggi atau rendah) tempat Anda dan musuh berada.

Anda harus mempelajari semua elemen yang ada, keunggulan tiap karakter, hingga kelas-kelasnya juga. Terlebih, game ini kurang baik dalam memandu pemain baru. Seperti biasa, sistem gacha disediakan bagi pengguna berbayar yang mendambakan kelengkapan karakter maupun senjata langka. Download game ini di Play Store dan App Store.

8. Hyper Light Drifter

hyper light drifter_

Jangan sampai Anda tertipu oleh penggunaan gaya piksel 2D. Sebab, game yang terinspirasi oleh Zelda series ini sangat menantang untuk dimainkan. Game ini sendiri bisa dimainkan di PC via Steam dengan banderol harga cukup terjangkau.

Menceritakan seorang pendekar pedang yang menjelajahi dunia terbengkalai yang indah. Waspadalah, karena di saat Anda terkagum, saat itulah musuh biasanya muncul untuk menghabisi Anda. Mutakhirkan pedang Anda lalu belilah zirah dan senjata api yang dahsyat.

Selain visualnya yang menakjubkan, iringan musik latarnya juga serasi dalam merepresentasikan kesunyian yang dirasakan oleh karakter utamanya. Hebatnya lagi, game yang digagas melalui platform Kicstarter ini mampu bercerita dengan lugas meski tidak menampilkan kata-kata di sepanjang permainannya.

9. RAID: Shadow Legends

raid shadow legends_

Anda pasti sering mendengar nama game ini dikumandangkan secara agresif di iklan YouTube atau Twitch. Sebelum Anda telanjur menghakimi, ketahuilah kalau game ini memang layak untuk Anda jadikan favorit.

Game dengan tema fantasi abad pertengahan ini diperagakan di sebuah tempat bernama Teleria. Cara bermainnya adalah pertarungan secara bergilir. Kendati tidak terlalu menantang, tapi presentasi visualnya patut diacungi jempol.

Entah itu saat karakter melancarkan serangan berbasis elemen api atau ketika seekor naga dengan ganasnya melahap sang pendekar.

Namun, gelombang cemooh yang menghantam game ini juga disebabkan oleh ketidakadilan sistem gacha yang benar-benar mengharuskan pemain untuk merogoh kocek sangat dalam jika ingin merangsek ke peringkat yang lebih tinggi. Buktikan saja langsung dengan mengunduh di Android dan iOS.

10. Ni No Kuni: Revenant Kingdom

ni no kuni revenant_

Daftar ini ditutup dengan sebuah game yang hanya tersedia di PS4, Nintendo Switch, dan PC. Salah satu sekuel paling sukses yang haram dilewatkan oleh para penggemar JRPG kelas berat. Dalam game yang menggunakan kaca mata orang ketiga ini, Anda dapat menggerakkan karakter sesuka hati saat bertarung dan tidak lagi terbelenggu sistem turn-based.

Peningkatan bukan hanya terjadi pada aspek sistem kombat, melainkan simulasi manajemennya, ceritanya yang lebih dalam, dan tentunya visual yang mungkin akan mengingatkan Anda pada Genshin Impact. Tertarik? Mainkan mainkan game ini di PC via Steam.

Sekian sepuluh game yang sangat mirip dengan Genshin Impact, baik itu dari segi gameplay, pemilihan open-world, serta elemen role-playing. Jadi, game mana saja yang pernah Anda mainkan?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram