​10 Game Mirip Harvest Moon yang Seru untuk Dimainkan di PC

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Harvest Moon menjadi game simulasi pertanian yang sangat populer dan paling banyak diminati oleh game di seluruh dunia. Game bergenre farm simulation dan role-playing game ini diterbitkan oleh Natsume dan dirilis pertama kali pada Agustus 1996 untuk Super Nintendo di Jepang.

Kepopuleran yang didapatkan game ini dimulai ketika versi globalnya dirilis untuk pertama kali dengan judul Harvest Moon: Back to Nature untuk konsol Playstation 1.

Game Harvest Moon ini tidak hanya populer di kalangan anak-anak saja, karena bahkan para remaja dan orang dewasa pun tidak sedikit yang masih setia memainkannya.

Hal itu bukan tanpa alasan, selain karena game tersebut memiliki tampilan dan grafis yang menarik dan alur cerita yang tidak membosankan. Game ini juga memberikan kesan nyata kepada para pemain, sehingga para pemain akan merasa terikat dengan game ini.

Selain itu, Harvest Moon juga selalu berusaha memberikan pengalaman terbaik untuk pemainnya. Hal itu bisa terlihat dari jumlah seri yang telah dirilis untuk berbagai konsol dengan pembaruan pada setiap serinya. Harvest Moon telah memiliki lebih dari 12 seri game yang berbeda di luar judul-judul khusus yang dirilis di Jepang.

Sulit rasanya untuk berpaling jika sudah terikat dengan game satu ini. Namun, saat ini telah banyak muncul game bertemakan tentang simulasi pertanian yang telah diluncurkan sebagai alternatif dari Harvest Moon dan tidak kalah seru untuk dimainkan. Selain itu, beberapa game tersebut juga bisa dimainkan menggunakan PC agar bermain lebih mudah dan nyaman.

Kami sudah merangkum 10 rekomendasi game PC sebagai alternatif dari Harvest Moon yang membawakan tema simulasi pertanian yang tidak kalah seru dan menarik untuk dimainkan. Berikut daftarnya.

1. Stardew Valley

stardew valley_

Game PC simulasi pertanian yang paling direkomendasikan adalah Stardew Valley. Stardew Valley menjadi game simulasi pertanian yang paling mirip dengan Harvest Moon.

Para pemain memiliki tugas untuk memanfaatkan lahan pertanian sebagai warisan dari kakeknya di kota kecil yang bernama Pelican Town. Selain mengurus pertanian, pemain juga akan diberikan tugas untuk beternak dengan menjaga dan mengurus unggas, serta hal-hal lainnya yang berkaitan.

Stardew Valley pertama kali rilis pada tahun 2016 dan bisa dibilang menjadi saingan berat bagi Harvest Moon sebagai game simulasi pertanian, sehingga tidak berlebihan jika Stardew Valley disebut sebagai game simulasi pertanian terbaik untuk PC selain Harvest Moon.

2. Farmer’s Dynasty

farmer's dynasty_

Game simulasi pertanian untuk PC selanjutnya adalah Farmer’s Dynasty. Game ini memiliki jalan cerita yang tidak jauh berbeda dengan Stardew Valley, yaitu karakter yang dimainkan adalah seorang anak yang mendapatkan warisan sebuah lahan pertanian dari sang kakek.

Para pemain juga akan diberikan tugas untuk mengurus pertanian tersebut seperti yang dilakukan sang kakek sebelumnya. Selain itu, pemain juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan lainnya, misalnya memancing, berinteraksi dengan peduduk sekitar, bahkan membangun sebuah keluarga kecil di dalamnya.

Game Farmer’s Dynasty juga memiliki tampilan yang menarik untuk dilihat, sehingga cocok untuk dimainkan ketika merasa bosan.

3. My Time at Portia

my time at portia_

My Time at Portia menjadi game alternatif Harvest Moon yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Game buatan Pathea ini pada mulanya hanya dirilis untuk dimainkan di PC, tetapi karena sukses mendapatkan peminat yang banyak, akhirnya game ini bisa dimainkan di platform lainnya misalnya Switch, Xbox One, PS4, bahkan Android dan iOS.

My Time at Portia memiliki latar belakang game yang berbeda dengan game simulasi pertanian sebelumnya. Game bertemakan mekanik RPG dan crafting ini berlatar pada masa setelah peradaban dihancurkan, sehingga manusia akan saling berusaha membangun ulang peradaban yang telah hilang.

Banyak hal yang bisa dilakukan di dalam game ini, sehingga tidak akan merasa bosan ketika memainkannya.

4. Farming Simulator 22

farming simulator 22_

Farming Simulator 22 merupakan seri terbaru dari franchise ini yang rilis pada bulan November 2021. Seri pertama dari Farming Simulator dirilis pada tahun 2018 dan menjadi game simulasi pertanian untuk PC yang sangat populer hingga kini ketika seri terbarunya dirilis.

Farming Simulator 22 memiliki grafik dan tampilan yang tampak realistis dan mengambil latar waktu yang lebih modern. Dalam permainannya, para pemain akan disuguhkan dengan 400 lebih peralatan pertanian terkini dan kendaraan yang bisa digunakan untuk membantu kegiatan bertani dan beternak.

5. Staxel

staxel_

Staxel menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Bagi Anda yang mencari alternatif dari Harvest Moon dan menyukai game sejenis Minecraft, pasti menyukai game yang satu ini. Karena meski menjadi game alternatif dari Harvest Moon, tampilan yang diberikan game ini lebih mirip seperti Minecraft.

Dalam permainannya, Staxel memberikan konten yang lebih banyak daripada game lainnya yang ada di daftar ini. Para pemain akan memiliki tugas untuk mengembangkan sistem pertanian dan membangun desa tersebut dari hasil bertani atau beternak.

6. Farm for your Life

Farm for you life_

Game PC berikutnya sebagai alternatif Harvest Moon ini memiliki keunikannya sendiri. Pada dasarnya, Farm for your Life merupakan game simulasi pertanian yang mengharuskan pemainnya melakukan kegiatan-kegiatan bertani, seperti menanam benih dan merawatnya hingga tanaman tersebut menjadi subur.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram