carisinyal web banner retina

10 Game PS2 Terbaik untuk Dimainkan Secara Multiplayer

Ditulis oleh Yanyan Andryan - Diperbaharui 11 Mei 2020

Hampir semua konsol video game seperti PlayStation, Xbox, dan Nintendo pasti selalu menghadirkan permainan dengan mode multiplayer. Dalam mode tersebut, kamu akan diajak untuk merasakan keseruan bermain game dengan melibatkan pemain lain termasuk teman-temanmu. Hadirnya fitur multiplayer dapat menjadi alternatif hiburan untuk mengisi waktu senggangmu.

Kali ini, Carisinyal akan membawamu untuk menjelajahi game-game multiplayer yang ada di PlayStation 2. Di antara game-game yang akan dibahas di bawah ini mungkin salah satunya akan mengingatkanmu ke masa-masa serunya bermain PS2 di waktu dulu. Nah, supaya tidak penasaran, berikut adalah 10 rekomendasi game PS2 multiplayer terbaik untuk dimainkan

1. Twisted Metal: Black (2001)

Twisted Metal

* sumber: infinitygameconsole.lnwshop.com

Dalam game ini para pemain diharuskan memilih kendaraan tempur untuk bertarung di sebuah tempat yang sudah ditentukan. Perlengkapan senjata tersebar di seluruh arena pertarungan, dan bisa digunakan untuk melumpuhkan para pemain lainnya.

Permainan ini cukup sederhana. Kamu mesti menghancurkan lawan-lawanmu dan menjadi orang yang terakhir selamat untuk memenangkan pertandingan. Latar tempat di game ini sendiri berlangsung dalam satu kota yang dikenal sebagai Midtown. Karakter-karakter yang kamu mainkan nantinya berasal dari rumah sakit jiwa bernama Blackfield.

Twisted Metal: Black memiliki beragam pemain yang terdiri dari karakter baru dan lama. Setidaknya ada total 15 karakter yang dapat dipilih, di mana sepuluh di antaranya dapat digunakan sejak awal permainan. Sementara sisanya, harus didapatkan dengan menemukannya di sepanjang permainan.

2. WWE SmackDown: Here Comes The Pain (2003)

WWE SmackDown

* sumber: tarunkumarblackpc.blogspot.com

Game Smackdown menjadi salah satu permainan yang sangat seru jika dimainkan berdua. Untuk para pemain setia game ini, mungkin sudah hapal betul karakter-karakter sangar seperti The Rock, John Cena, Undertaker, Kane dan Stone Cold.

Nah, di dalam seri Smackdown ini, tokoh-tokoh petarung tersebut tetap dihadirkan dan menjadi karakter yang dapat dimainkan yang bisa kamu pilih untuk saling bertarung di atas ring.

SmackDown! Here Comes The Pain menghadirkan setidaknya 50 karakter yang merupakan anggota aktif dari daftar WWE (World Wrestling Entertainment). Game ini menawarkan pertarungan yang cepat di atas ring gulat. Maka tak heran, kedua pemain yang berada di arena pertarungan harus siap siaga karena setiap lawan mampu menyerang kapan saja.

3. Grand Theft Auto: San Andreas (2004)

Grand Theft Auto

* sumber: www.pinterest.at

Grand Theft Auto: San Andreas mengambil tempat di wilayah fiktif bernama San Andreas yang didasarkan pada negara bagian California dan Nevada. Di dalamnya terdapat tiga kota seperti Los Santos yang merujuk pada kota Los Angeles, San Fierro terinspirasi dari kota San Francisco, dan Las Venturas yang dikelilingi padang gurun seperti di Las Vegas, Nevada serta Arizona.

Selain menyelesaikan misi bersama-sama, para pemain dapat melakukan apa saja di San Andreas. Game yang menawarkan kehidupan geng jalanan ini tentunya menghadirkan situasi kriminal dan kekerasan yang intens.

Sama seperti game GTA lainnya, di sini kalian dapat berkelahi dengan geng saingan untuk memperebutkan wilayah. Bahkan jika diperlukan, kalian bisa melakukan pembunuhan, perampokan, hingga aksi dikejar-kejar kepolisian karena telah membuat onar.

4. Champions of Norrath: Realms of EverQuest (2004)

Champions of Norrath

* sumber: www.gamespot.com

Game ini sebenarnya dapat dimainkan hingga empat orang pemain dengan menggunakan network adapter yang bisa terhubung secara online. Nantinya, kalian akan bertarung satu sama lain atau membentuk sebuah kelompok petualangan untuk menyelesaikan misi tertentu.

Terdapat lima jenis ras karakter yang bisa kalian pilih dan mainkan di sepanjang permainan. Mereka di antaranya adalah Barbarian Warriors, Wood Elf Rangers, High Elf Clerics, Erudite Wizards, dan Dark Elf Shadowknights.

Champions of Norrath dimulai dengan membantu para elf dalam perang melawan pasukan orc dan goblin. Selanjutnya, kalian akan melakukan eksplorasi ke dunia bawah tanah untuk melakukan petualangan di sana.

5. The Warriors (2005)

The Warriors

* sumber: www.covercentury.com

The Warriors adalah sebuah video game yang didasarkan dari film keluaran tahun 1979 dengan judul yang sama. Maka tak heran jika permainan ini mempunyai latar waktu yang begitu jadul di periode 70an. Di sini, kalian dapat bekerjasama berkelahi dengan segerombolan geng, merampok, dan menyelesaikan beberapa misi yang sudah ditentukan.

Secara garis besar, game ini mengisahkan tentang geng bernama The Warriors yang harus berjuang untuk kembali ke wilayah kekuasaannya di Coney Island. Namun, mereka mempunyai waktu satu hari penuh untuk ke tempat tersebut sebelum seluruh geng di Kota New York memburu anggota The Warriors.

Game ini sendiri dikembangkan oleh Rockstar Toronto dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Permainan ini pertama kali dirilis di PS2 dan Xbox pada 17 Oktober 2005 di Amerika Serikat serta 21 Oktober 2005 di Eropa. Pada tahun 2013, The Warriors dirilis untuk PS3 dan PS4 melalui PlayStation Network.

6. Guitar Hero II (2006)

Guitar Hero II

* sumber: www.covercentury.com

Siapa yang tidak mengenal game yang satu ini? Game bermain gitar ini cukup populer dan menjadi salah satu permainan yang seru karena menjadikan kita layaknya gitaris band papan atas. Selain itu, daftar lagu yang dihadirkan dalam game ini bisa menambah wawasan kita tentang dunia musik.

Guitar Hero II memiliki tiga pilihan untuk mode multiplayer, yakni Cooperative, Face-Off dan Pro Face-Off. Untuk mode Cooperative, kalian berada dalam satu band yang sama dengan posisi sebagai lead guitar atau rhythm guitar.

Sedangkan untuk mode Face-Off, kalian mesti berduel satu sama lain untuk memainkan gitar dalam lagu yang sama. Kedua pemain bergantian memainkan bagian gitar dari lagu yang dipilih. Sementara itu, mode Pro Face-Off dapat dibuka atau dipilih jika pemain berhasil menyelesaikan semua level karir.

7. Tekken 5 (2005)

Tekken 5

* sumber: id.pinterest.com

Tekken 5 telah menjadi salah satu game favorit di semua platform PlayStation dari seri pertama hingga seri keempat. Pada eranya PS2, game ini sangat seru dimainkan berdua karena menawarkan konsep pertarungan yang sengit.

Sama seperti pada edisi Tekken terdahulu, game ini tetap menghadirkan karakter-karakter ikonik, seperti Jin Kazama, Hwoarang, Eddy Gordo, Yoshimatsu, Law, Panda, Nina dan masih banyak lagi. Game ini juga menampilkan hadiah berupa mata uang yang dapat digunakan untuk mengkustomisasi karakter yang dipilih.

Game pertarungan yang diproduksi oleh Namco ini telah sangat sukses secara kritik dan komersial. Tekken 5 pada akhirnya berhasil menjual lebih dari enam juta kopi di seluruh dunia.

8. Gran Turismo 4 (2004)

Gran Turismo 4

* sumber: cover.box3.net

Ini adalah salah satu permainan simulasi balap mobil yang sangat seru dimainkan di PS2. Maka tak heran, setelah perilisannya pun Gran Turismo 4 mendapat respon yang baik dan sukses secara finansial. GT 4 lalu menjadi game terlaris ketiga pada tahun 2005 di konsol PlayStation 2.

Dalam game ini terdapat 51 sirkuit balapan yang terbagi menjadi empat grup, terdiri dari World Circuits, Original Circuits, City Courses, dan Dirt & Snow. Banyak trek balapan merupakan versi baru atau modifikasi dari sirkuit yang ada di seri Gran Turismo terdahulu.

Selain jalur sirkuit yang menantang, game ini juga menghadirkan beragam tipe mobil dari beberapa pabrik otomotif ternama. Kalian dapat bebas mengikuti lomba balap mobil dengan menggunakan kendaraan seperti BMW, Toyota, Subaru, Mitsubishi, Honda, Toyota, Vauxhall VX220, dan masih banyak lagi.

9. Burnout 3: Takedown (2004)

Burnout 3

* sumber: ultracapas.blogspot.com

Berbeda dengan model balapan yang ada di Gran Turismo, Burnout 3: Takedown menawarkan gameplay bergaya arcade yang berbahaya, cepat dan penuh kerusakan. Game ini menampilkan balapan sirkuit standar yang berlangsung di jalan raya yang padat lalu lintas.

Mekanik atau fitur utama dari game ini bernama Takedown, yang di mana kalian sebagai pemain dapat saling menghancurkan mobil untuk menjatuhkan satu sama lain. Game ini memang berfokus pada balapan liar dan ekstrim, sehingga kalian bisa menimbulkan kerusakan pada jalan raya dan mobil yang digunakan masing-masing.

Burnout 3: Takedown menerima banyak penghargaan dari berbagai media video game. Majalah resmi PlayStation dan majalah Xbox menempatkannya di peringkat kedua sebagai Game of the Year di atas game Grand Theft Auto: San Andreas dan Halo 2 .

10. Pro Evolution Soccer 6 (2006)

Pro Evolution Soccer 6

* sumber: www.covercentury.com

Untuk pilihan game multiplayer di PS2, Pro Evolution Soccer (PES) 6 adalah game yang selalu wajib dimainkan oleh siapa saja. Permainan sepak bola ini menjadi game yang sangat seru jika dimainkan bersama teman-temanmu. Game ini pun telah berevolusi secara grafik di PS3 dan PS4, sehingga kondisi stadion, atmosfir penonton, serta wajah para pemain bolanya terasa realistis.

Game ini tentunya menghadirkan tim-tim sepak bola elit yang tersebar di seluruh kompetisi terbaik dunia. Selain itu, game yang satu ini juga mengasah kemampuanmu untuk mengatur strategi sepak bola agar di setiap pertandingannya tim yang kamu gunakan dapat menang mudah.

PES 6 adalah sebuah game sepak bola jadul yang tentunya menyimpan banyak nostalgia bagi kalian yang pernah memainkannya. Game ini kemudian mendapatkan Double Platinum dari Entertainment and Leisure Software Publishers Association (ELSPA) berkat penjualannya yang menembus 600 ribu kopi di seluruh Britania Raya.

Walaupun konsol ini sudah jarang dimainkan kembali, namun daftar pilihan game di atas menjadi saksi sejarah kejayaan PlayStation 2 pada masanya. Jika kamu mempunyai cerita seru saat memainkan game-game tersebut, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram