Carisinyal / Game PC / 10 Game Strategi yang Bisa Dimainkan Secara Offline di PC

10 Game Strategi yang Bisa Dimainkan Secara Offline di PC

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tidak bisa dipungkiri bahwa game berbasis strategi telah menjadi salah satu permainan yang digemari oleh para gamer. Game jenis ini menawarkan konsep yang seru untuk dimainkan karena memiliki fitur base building, eksplorasi, mengumpulkan sumber daya, crafting, dan tentunya berperang lewat taktik yang bisa disusun.

Game strategi biasanya menghadirkan berbagai macam genre, mulai dari building game, peperangan, fantasi, petualangan hingga aksi. Game jenis ini sampai dengan sekarang memiliki banyak judul yang bisa kalian pilih untuk dimainkan, baik secara online maupun offline.

Bagi yang ingin memainkannya secara offline, Carisinyal telah mempersiapkan 10 game strategi yang bisa dimainkan tanpa memerlukan koneksi internet. Kira-kira apa saja rekomendasinya? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Thronebreaker: The Witcher Tales (2018)

Thronebreaker The Witcher Tales

* sumber: wccftech.com

Di game ini pemain akan bermain sebagai Ratu Meve yang merupakan penguasa dari wilayah Lyria dan Rivia. Daerah kekuasaannya yang berada di wilayah Nilfgard sedang berada dalam bahaya setelah diinvasi oleh pasukan musuh. Pemain kemudian mempunyai tujuan untuk merebut wilayah tersebut dengan melawan mereka lewat cara peperangan.

Pemain mesti merekrut pasukan militer untuk diterjunkan ke medan perang dan mempertahankan wilayahnya dari serangan musuh. Selain itu, pemain harus mempertahankan moral para warganya dan membangun aliansi untuk memenangkan pertempuran.

Thronebreaker: The Witcher Tales merupakan sebuah game strategi berbasis RPG. Pemain nantinya dapat mengeksplorasi peta untuk mengumpulkan sumber daya, menjalankan misi serta berinteraksi dengan beragam pemain non karakter (NPC). Unduh gamenya di sini.

2. Halo Wars 2 (2017)

Halo Wars 2

* sumber: www.thqnordic.com

Halo Wars 2 mengambil latar waktu di tahun 2559, 28 tahun setelah peristiwa game pertamanya. Nantinya, ada dua faksi yang dapat dimainkan dalam game yang satu ini, yakni The United Nations Space Command dari pihak manusia, dan The Banished dari faksi alien.

Di sini, pemain mesti membangun basis operasi, mengumpulkan sumber daya untuk menghasilkan unit infantri dan kendaraan tempur. Setelah mendapatkan sumber daya yang cukup, pemain dapat membangun pangkalan tambahan, menguasai wilayah, dan memperbanyak pasukan militer.

Pemain dapat memimpin sejumlah pasukan untuk dibawa ke dalam medan peperangan. Selama pertempuran, pemain mempunyai misi untuk menghancurkan semua basis milik lawan atau mengendalikan tempat tersebut. Unduh gamenya di sini.

3. Aven Colony (2017)

Aven Colony

* sumber: store.steampowered.com

Aven Colony adalah sebuah permainan bergenre city-building strategy yang dikembangkan oleh Mothership Entertainment. Game ini akan membawa pemain untuk berada di sebuah planet baru bernama Aven Prime. Di planet tersebut, pemain harus membentuk sebuah koloni beranggotakan para manusia dengan membangun berbagai macam-macam pusat kehidupan.

Tempat yang akan dibangun nantinya mempunyai banyak fungsi mula dari, penciptaan oksigen, rumah, budidaya makanan, penambangan sumber daya, perlindungan koloni, eksplorasi dan ekspansi. Selain bertugas untuk mengawasi setiap jenis konstruksi, pemain juga dihadapkan dengan ancaman berupa serangan dari ras alien yang bermacam-macam.

Alien yang disebut dengan Creep dapat berkembangbiak di setiap bangunan koloni, dan mereka bisa dimusnahkan lewat penggunaan drone. Untuk menghadapi serangan alien yang lebih banyak lagi, pemain diharuskan membangun struktur pertahanan untuk melindungi koloni. Unduh gamenya di sini.

4. The Banner Saga 3 (2018)

The Banner Saga 3

* sumber: www.cgmagonline.com

Diceritakan bahwa dunia sedang diselimuti oleh kegelapan yang menghantui kehidupan ras bernama Varl. Mereka merupakan sebuah ras mirip manusia yang memiliki tanduk dan berbadan besar serta tinggi. Sementara itu, ras jahat yang dikenal sebagai Dredge mulai muncul sebagai kelompok yang menjadi ancaman berbahaya.

Untuk memulai permainan, pemain terlebih dahulu memilih dua karakter yang akan dimainkan, yakni Rook dan Alette. Pemain selanjutnya akan mengikuti kisah salah satu dari mereka, dan terlibat untuk melawan kegelapan termasuk ras Dredge.

Sistem pertarungan dalam game ini berbasis turn-based strategy, dan pemain serta lawan akan menyerang secara bergantian. Saat pertarungan terjadi, pemain bisa menggunakan armor sebagai pelindung, dan strength digunakan untuk menambah health point serta menyerang. Unduh gamenya di sini.

5. 8-Bit Armies (2016)

8-Bit Armies

* sumber: www.indiedb.com

Game yang satu ini menggunakan pendekatan real-time strategy (RTS) dengan menghadirkan tampilan permainan bergaya RTS klasik. 8-Bit Armies sendiri dikembangkan oleh Petroglyph Games dan dirilis untuk konsol PC, Xbox One, Nintendo Switch dan PlayStation 4.

Di awal permainan, pemain akan mempunyai sebuah gedung markas yang sederhana. Gedung tersebut nantinya digunakan untuk memperluas pangkalan agar bisa membangun berbagai unit militer dalam melawan musuh.


Sumber daya bisa dikumpulkan melalui penggunaan truk minyak dan kilang. Setiap unit dibangun melalui menu yang dapat diklik di sisi kanan layar. Permainan ini mempunyai skenario kontemperor dengan menampilkan berbagai macam senjata perang, seperti tank, artileri dan roket. Unduh gamenya di sini.

6. Civilization VI (2016)

Civilization VI

* sumber: civilization.fandom.com

Di sini, para pemain berupaya untuk membangun sebuah peradaban dan mesti mempertahankannya dari segala tantangan yang ada dalam permainan. Pemain dapat memimpin sebuah peradaban dari zaman batu hinga ke zaman yang lebih modern, dan mengukuhkan diri sebagai seorang penguasa dunia.

Untuk mencapai kebanggaan tersebut, pemain bisa melakukannya dengan cara diplomasi, berperang dan mengembangkan kebudayaan. Agar memiliki sumber daya yang kuat serta mumpuni, pemain dapat menciptakan kekuatan militer, membangun teknologi hingga seni budaya.

Jika nantinya mempunyai sumber daya yang kuat, pemain dapat menjelajahi dunia, melakukan invasi dengan mendirikan kota-kota baru. Selain itu, pemain juga bisa berdagang dan bernegosiasi dengan pemimpin-pemimpin dari peradaban lain. Unduh gamenya di sini.

7. Northgard (2017)

Northgard

* sumber: store.steampowered.com

Seorang Viking High King telah dibunuh dan benda miliknya yang dikenal dengan sebutan Regal Horn berhasil dicuri oleh pria bernama Hagen. Cerita kemudian berlanjut dengan putranya yang bernama Rig beserta temannya, Brand, akan menelusuri benua Northgard untuk mencari sang pelaku utama.

Dalam story mode tersebut, pemain akan dihadapkan pada eksplorasi panjang yang penuh dengan bahaya. Namun, ancaman sebenarnya bukan terletak pada Hagen, melainkan musuh-musuh mengerikan seperti monster serigala, raksasa, dan prajurit mayat hidup.Pada akhirnya, pemain mesti mencari tahu alasan dibalik pembunuhan yang terjadi kepada ayahnya Rig.

Northgard sendiri merupakan sebuah game strategi yang didasarkan pada mitologi Norse. Selain dapat bermain di story mode, pemain juga bisa mengontrol beberapa klan Viking untuk bersaing dalam mengendalikan benua Northgard. Unduh gamenya di sini.

8. XCOM 2 (2016)

XCOM 2

* sumber: www.gamespot.com

XCOM 2 merupakan sekuel langsung dari game terdahulunya berjudul XCOM: Enemy Unknown yang rilis pada tahun 2012. Seri ini mengambil latar waktu 20 tahun setelah kejadian di game tersebut, dan pemain akan berperan sebagai seorang komandan dari organisasi militer XCOM. Para pemain beserta pasukannya mempunyai misi melawan alien yang sedang menduduki dan menjajah planet Bumi.

Game ini dimainkan lewat perspektif top-down, dan elemen pertarungannya menggunakan sistem turn-based strategy, di mana pemain memerintahkan pasukan militer untuk melawan alien di setiap peta permainan. Selain itu, pemain juga bisa mengontrol operasi kapal asing Avenger yang digunakan sebagai basis pangkalan untuk XCOM. Unduh gamenya di sini.

9. Valkyria Chronicles 4 (2018)

Valkyria Chronicles 4

* sumber: www.gamereactor.asia

Dalam game yang satu ini, pemain akan dihadapkan pada permainan berbasis strategi militer, dan nantinya harus mengendalikan satu pasukan militer. Pemain mengontrol pasukan tersebut untuk mengambil alih daerah kekuasaan lawan, atau melakukan misi evakuasi dan penyelamatan.

Akan ada enam jenis personil militer yang memiliki kemampuan berbeda-beda, dan semuanya bisa dikendalikan oleh pemain. Mereka terdiri dari Lancers, Snipers, Scouts, Shocktroopers, Engineers dan Grenadiers.

Lancer mempunyai kemampuan menghancurkan musuh dengan meluncurkan roket, Scouts dapat digunakan untuk menganalisa medan perang, sedangkan Shock Troopers mempunyai kecepatan dalam menyerang. Sementar itu, Grenadiers dapat menembakkan bom granat ke lokasi musuh yang sangat jauh. Unduh gamenya di sini.

10. CastleStorm (2013)

CastleStorm

CastleStorm adalah game real-time strategy dengan elemen tower defense yang mengharuskan para pemain untuk mempertahankan kastil dari serangan musuh. Pemain kemudian dapat membangun kastil sendiri yang akan digunakan dalam pertempuran. Agar semakin kuat, pemain bisa mengatur jenis pasukan militer, memilih senjata, dan memanfaatkan segala sumber daya yang ada.

Pemain nantinya dapat menggunakan persenjataan Abad Pertengahan, dan meluncurkan bermacam-macam senjata peledak seperti, Morningstar’s, Apple Grenades, dan Homing Eagles. Selain lewat udara, pemain dapat mengarahkan para pendekar pedang, ksatria, penunggang kuda untuk bertempur di daratan melindungi gerbang kastil. Unduh gamenya di sini.

Dengan daftar rekomendasi yang sudah diberikan tersebut, kini kalian bisa merasakan pengalaman bermain game strategi tanpa harus mengkhawatirkan koneksi internet. Rekomendasi game-game di atas tentunya dijamin seru, menyenangkan dan menantang untuk kalian yang menyukai permainan adu taktik. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *