15 HP ASUS Terbaru Beserta Harga & Spesifikasi (Desember 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Siapa yang tidak mengenal produsen ponsel asal Taiwan yang satu ini? ASUS memang menjadi salah satu primadona di kalangan para pengguna smartphone belakangan ini. Dengan berbagai smartphone canggihnya, ASUS memang cukup berhasil merebut hati para pengguna smartphone di Indonesia.

Nah pada kesempatan kali ini Carisinyal mengulas deretan HP ASUS terbaru yang diluncurkan pada rentang waktu berbeda. Berbagai HP ini tentunya sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih dan mutakhir. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

1. ASUS ROG Phone 6 Batman Edition

ASUS ROG Phone 6 Batman Edition
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000+
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Bukan hal yang aneh ketika produsen meluncurkan sebuah HP edisi khusus. Misalnya, OPPO Reno5 yang hadir dengan edisi Marvel. Nah, kalau Anda bukan penggemar Marvel, melainkan DC, ada salah satu karakter yang nongol di HP bikinan ASUS.

Adalah Batman yang menjadi tema di HP Gaming ASUS ROG Phone 6 Batman Edition. HP ini sebetulnya sama persis seperti ROG Phone 6 biasa. Namun, ASUS menghias penuh HP ini dengan nuansa Batman.

Nuansa itu bisa dilihat dari tema, tampilan pembuka saat ponsel nyala, animasi saat HP dicas, logo RGB di sisi belakang HP, dan corak di hardcase. Satu lagi yang paling spesial adalah ASUS membekali paket penjualan HP ini dengan proyektor mini yang bisa menampilkan sorotan logo Batman.

Proyektor tersebut bisa dihubungkan ke ponsel melalui port USB C. Adapun ROG Phone 6 versi internasional ditenagai SoC MediaTek Dimensity 9000+, sedangkan versi Amerika Serikat dan Kanada memakai Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. Di Eropa, HP ini bisa dibeli mulai dari 1200 euro (Rp17,7 juta).

2. ASUS ROG Phone 6D Ultimate

ASUS ROG Phone 6D Ultimate
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000+
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Line up ASUS ROG Phone pada pada 2022 sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, ASUS meluncurkan dua ponsel yang namanya punya imbuhan huruf "D". Salah satunya adalah ASUS ROG Phone 6D Ultimate ini.

Kalau dilihat-lihat, HP ini nyaris tak ada bedanya dengan ASUS ROG Phone 6 Pro. Yang membedakannya adalah SoC-nya. Benar, ia memakai SoC MediaTek Dimensity 9000+. Inilah kali pertama ROG Phone memakai SoC MediaTek. Sebelumnya, ROG Phone selalu kenakan SoC Qualcomm Snapdragon.

Hal ini menjadi indikasi bahwa ASUS kini percaya bahwa performa SoC flagship MediaTek sudah mampu bersaing. Adapun ASUS membubuhkan konfigurasi memori yang build-to-last buat HP ini, yakni 16 GB RAM dengan penyimpanan 512 GB.

RAM dan penyimpanan sebesar itu menjamin ROG Phone 6D Ultimate tetap berada pada performa tinggi hingga beberapa tahun setelah rilis. Yang unik, ASUS menyematkan komponen cooling air vent bermotor. Komponen ini mungkin lebih mirip seperti blower yang mempercepat aliran pembuangan panas.

Komponen tersebut tentu dimaksudkan agar ponsel dapat mempertahankan kinerja tertingginya, khususnya saat dipakai main gim. ASUS mematok harga jual ROG Phone 6D Ultimate di angka 1370 euro (sekitar Rp20 juta).

3. ASUS ROG Phone 6D

ASUS ROG Phone 6D
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000+
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Gamers yang kepincut dengan ASUS ROG Phone 6D Ultimate tetapi ingin tampilan yang lebih kalem bisa memilih ROG Phone 6D. Tampilan ponsel ini lebih sederhana mengingat bagian belakangnya tidak dijejali panel OLED, melainkan hanya logo ROG Phone berbentuk RGB.

ROG Phone 6D juga bisa jadi pilihan jika pengguna sudah merasa cukup dengan memori 12/256 GB atau 16/256 GB. Tidak seperti ROG Phone 6D yang mencapai 16/512 GB. Soal performa, HP ini sama kencangnya dengan ROG Phone 6D Ultimate karena juga pakai SoC MediaTek Dimensity 9000+.

Hanya, komponen pendingin blower internal tidak dimilikinya. Maka pengguna mesti membeli kipas eksternal agar kinerja ROG Phone 6D bisa optimal saat jalankan gim. Adapun harga jual HP ini lebih murah daripada ROG Phone 6D Ultimate, yakni mulai dari 900 euro (setara Rp13,1 juta).

4. ASUS Zenfone 9

ASUS Zenfone 9
Layar AMOLED 5.9 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 6 GB, 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Siapa bilang hanya seri vivo X saja yang hadirkan gimbal OIS? Rupanya, kini ASUS pun menyematkannya pada salah satu produk terbaiknya yaitu ASUS ZenFone 9. Dikenal sebagai series yang memiliki bobot super ringan dan ramping, seri ini menghadirkan konfigurasi Dual Camera yang kece dengan gimbal OIS yang terletak di kamera utamanya.

Fungsi dari gimbal OIS ini adalah untuk menstabilkan pergerakkan pada foto dan video dengan optimal, secara teori lebih ampuh dari OIS biasa yang dimiliki mayoritas HP lainnya.

ASUS ZenFone 9 sendiri memiliki beberapa peningkatan ketimbang generasi pendahulunya. Ia memiliki kapasitas yang sedikit lebih besar namun dengan peningkatan ketahanan baterai yang cukup signifikan.

Sementara ZenFone 8 dapatkan endurance rating 88 jam, ZenFone 9 lebih tinggi karena meraih angka 108 jam (dihimpun dari GSM Arena). Jadi, ekspektasikan penggunaan smartphone yang lebih lama pada ZenFone 9 ini.

Bukan hanya kamera dan baterai yang alami peningkatan, kini ZenFone 9 juga telah diotaki dengan chipset paling bertenaga di tahun 2022 (pada waktu perilisannya). Bermain gim, membuka beragam aplikasi, dan melakukan aktivitas pengeditan konten akan terasa lebih buttery smooth dan tanpa gangguan.

Kerennya lagi, meski hanya hadirkan dua kamera belakang, ponsel ini menawarkan dukungan perekaman resolusi hingga 8K pada kecepatan 24 FPS! Resolusi video yang tinggi akan memudahkan content creator untuk melakukan pengeditan yang lebih leluasa lagi.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram