15 HP dengan Memori Internal 512GB Terbaru (Februari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Memori internal sebuah ponsel pintar kini tidak hanya berkisar di puluhan giga tetapi sudah mencapai ratusan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya HP yang menawarkan penyimpanan internal besar, misalnya 128 GB atau kini banyak HP yang sudah menawarkan memori internal 256 GB.

Tidak hanya 256 GB, di pasaran juga sudah banyak HP yang menawarkan memori internal 512 GB. Biasanya, HP yang menawarkan memori internal 512 GB adalah HP kelas atas atau high-end. Hal menariknya, beberapa tipe smartphone dengan memori internal 256 GB menawarkan memori internal dengan tipe UFS 3.0 ke atas.

Bagi yang belum tahu, memori internal di HP Android zaman sekarang menggunakan tipe penyimpanan yang disebut UFS atau Universal Flash Storage. UFS ini sudah hadir dengan berbagai versi. Yang terbaru adalah UFS 3.0 yang menawarkan performa yang baik. Meskipun begitu, beberapa HP di pasaran masih ada yang memakai UFS 2.1.

Sementara itu, sejak meluncurkan iPhone 6s, Apple selalu menggunakan memori internal berjenis NVMe (Non-Volatile Memory Express) pada produk HP-nya. Teknologi ini sama dengan yang dipakai oleh SSD komputer masa kini.

Nah, di Indonesia sendiri, sudah banyak deretan HP pintar dengan memori internal 512 GB yang bisa dipilih. Berikut ini kami sajikan deretan HP dengan memori internal 512 GB terbaru yang beberapa di antaranya dirilis di Indonesia.

Lantas, apa saja HP yang sudah menawarkan storage 512 GB dan beredar resmi di Indonesia? Langsung saja simak daftarnya di tabel berikut yang kemudian dilanjut dengan pembahasan tiap HP secara detail.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya

1. Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G (1)
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 200 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Tahukah Anda? Samsung Galaxy S23 series telah dirilis pada bulan Februari 2023. Otomatis, ponsel ini pun masuk dalam daftar yang sudah gunakan penyimpanan internal 512 GB. Standar yang digunakan sudah bukan lagi UFS 3.1 melainkan sudah UFS 4.0. Alhasil, transfer rate saat loading dan memindahkan data bisa terasa lebih cepat sekaligus hemat daya.

Penyimpanan internal ini disandingkan dengan RAM 12 GB pada standar LPDDR5x. Sementara untuk dapur pacunya, disokong dengan salah satu SoC terganas di tahun 2023 yaitu Snapdragon 8 Gen 2.

Chipset tersebut mendukung berbagai fitur inovatif yang tidak perah ada sebelumnya, seperti ray tracing pada gim mobile, serta horizon levelling yang dapat menstabilkan rekaman video meski diguncang dengan hebatnya.

Karena ini adalah varian Ultra, sudah pasti ia menyediakan S Pen secara built-in, masih sama-sama berkemampuan latensi 2,8 milidetik seperti pendahulunya. Ketahanan bodi di HP ini juga meningkat, kini dilapisi Gorilla Glass Victus 2 di sisi depan dan belakang alih-alih "sekadar" Gorilla Glass Victus+. Tapi, jangan sengaja dijatuhkan juga, ya.


Ponsel juga dapat mengurangi kemungkinan rusak karena terjatuh ke air, lantaran sudah tersertifikasi IP68. Adapun sisi bingkainya juga telah dirancang menggunakan bahan armour aluminium supaya jadi lebih tahan banting.

HP seharga Rp21,9 jutaan ini sangat cocok untuk pelaku kreasi konten, karena pasti membutuhkan storage lega untuk menampung hasil editan. Apalagi, HP ini sudah mendukung perekaman video hingga 8K, jadi tidak heran kalau file-filenya berukuran raksasa.

2. Samsung Galaxy S23 Plus

Samsung Galaxy S23 Plus
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4700 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Walau tanpa S Pen, kehadiran Samsung Galaxy S23 Plus tetap layak dinanti. Desain bodinya yang memiliki sisi-sisi melengkung alias rounded edge sungguh mengurangi kesan kaku. Tapi sayang, desain modul kamera belakangnya tidak terlihat ikonik seperti pada Galaxy S22 Plus. Soalnya, yang sekarang ini agak-agak mirip Galaxy A series.

Smartphone varian Plus ini memiliki dua opsi penyimpanan internal yaitu 256 GB dan 512 GB. Keduanya berada pada jenis UFS 4.0 dan ditopang dengan RAM 8 GB LPDDR5x. Jelas saja, sisi dapur pacunya pun tak berbeda dengan Ultra alias Snapdragon 8 Gen 2.

Desain HP ini punya banyak kesamaan dengan Galaxy S22 5G biasa. Hanya saja, versi Plus punya ukuran diagonal layar lebih luas yaitu 6,6 inci. Sudah cukup untuk berikan kepuasan mata saat menikmati konten. Hanya berkurang 0,2 inci saja dari versi Ultra-nya.

Sebagai versi tengah, untungnya ia mengadopsi fitur baterai dari versi atasnya yaitu Ultra. Soalnya, versi reguler hanya gunakan fast charging 25 W, sementara versi Plus dan Ultra sudah pakai 45 W. HP ini juga punya kapasitas baterai yang lebih di angka 4.700 mAh. Tidak seperti reguler yang cuman 3.900 mAh. Tertarik?

3. Apple iPhone 14 Plus

apple iphone 14 plus G
Layar Super Retina XDR OLED 6.7 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4323 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Di Amerika sana, iPhone 14 Plus jadi seri yang bisa dibeli terakhir. Ini bisa jadi karena produksi iPhone difokuskan pada seri Pro. Saat masuk resmi Indonesia, iPhone 14 Plus hadir berbarengan dengan iPhone 14, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Semua varian iPhone 14 series ini menawarkan RAM 6 GB dengan tipe storage NVMe. Apple iPhone 14 Plus punya varian storage 512 GB yang tentu membuatnya ada di artikel ini. Selain storage 512 GB, iPhone 14 Plus hadir pula dengan varian storage 128 GB dan 256 GB.

Berbeda dari saudaranya yang memiliki nama "Pro" di belakang,

Apple iPhone 14 Plus masih dibekali dengan cip Apple A15 Bionic seperti yang digunakan di Apple iPhone 13 series. Meski masih sama, jelas performa HP ini tetap menarik. Meski ada beberapa hal yang kurang menarik juga dari iPhone 14 Plus seperti tidak adanya refresh rate tinggi.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram