Carisinyal / Aksesoris / Ini Dia 8 Jenis USB yang Wajib untuk Kamu Ketahui

Ini Dia 8 Jenis USB yang Wajib untuk Kamu Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui

Perangkat komputer atau laptop zaman sekarang umumnya sudah dilengkapi dengan port USB. Tahu kan port USB? USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus merupakan penghubung perangkat elektronik yang bersifat eksternal seperti printer, mouse hingga keyboard ke komputer.

USB juga dapat digunakan sebagai media perantara untuk mentransfer data ke komputer atau laptop dari perangkat hard disk eksternal, flash disk hingga smartphone. Jika dilihat sekilas, semua port USB yang ada pada komputer atau laptop cenderung memiliki ukuran yang sama. Namun nyatanya tidak. Ada banyak sekali jenis-jenis USB.

Jenis-jenis USB tersebut dapat dibedakan melalui bentuk fisiknya. Paling sederhana mengenali bentuk port-nya. Selain dibedakan berdasarkan bentuk fisiknya, USB juga dapat dibedakan dari kecepatan transfer datanya. Penasaran kan dengan perbedaan dari semua jenis-jenis USB yang ada? Yuk simak bahasan mengenai perbedaan delapan jenis USB menurut bentuk fisik serta kecepatan transfer datanya di bawah ini!

Jenis USB Berdasarkan Bentuk Fisik

1. USB Standar Tipe-A

USB Tipe A

* sumber: www.amazon.com

USB tipe-A merupakan salah satu dari sekian banyak tipe USB yang paling sering digunakan dan sangat mudah ditemukan dimana-mana. USB tipe-A memiliki bentuk persegi dan cenderung lebar.

Biasanya, tipe satu ini digunakan untuk menghubungkan periferal seperti mouse dan keyboard ke komputer personal. Selain itu, USB tipe-A juga memiliki fungsi sebagai alat transfer data dari smartphone.

Karena USB tipe-A ini merupakan salah satu jenis USB yang paling umum, USB tipe-A bisa dipakai di berbagai jenis port USB seperti USB 3.0, USB 2.0 hingga USB 1.1 yang terdapat pada komputer personal, laptop dan perangkat elektronik lainnya.

Tidak hanya komputer personal dan laptop, konsol game seperti PlayStation, Xbox hingga Wii dilengkapi dengan USB tipe-A. Beberapa alat elektronik seperti televisI, DVD dan Blu-Ray player juga menggunakan USB jenis ini.

 2. USB Standar Tipe-B

USB Type B

Berbeda dengan USB tipe-A, jenis USB satu ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat tambahan seperti printer dan scanner ke komputer atau laptop. Tidak hanya itu, hard drive eksternal juga dilengkapi dengan USB tipe-B.

Meski sama-sama berbentuk persegi, bentuk USB tipe-B tidak selebar pendahulunya, USB tipe-A. dari sekian banyak jenis-jenis USB yang ada, USB tipe-B merupakan salah satu jenis USB yang tidak terlalu umum  dan jarang digunakan.

3. Mini USB

 

Mini USB

* sumber: www.excelvalley.com

Mini-USB memiliki bentuk yang lebih kecil dibanding USB tipe-A. USB jenis ini merupakan jenis USB yang umumnya digunakan pada berbagai mobile device seperti smartphone. Fungsi dari mini USB pada smartphone adalah untuk membantu pengisian daya baterai atau charging.

Selain smartphone, mini USB juga digunakan pada MP3 player serta beberapa kamera digital yang memiliki konektor dengan standar berbeda dari konektor pada umumnya. Namun kini, mini USB sudah jarang digunakan lagi. Penggunaan USB jenis ini sudah mulai berkurang sejak hadirnya micro USB.

4. Micro USB Tipe-A

Micro USB Tipe A

* sumber: www.cables4all.co.uk

Diantara banyak jenis-jenis USB yang ada, micro USB merupakan salah satu jenis yang paling banyak digunakan saat ini. Micro-USB dinilai sangat mobile friendly dibanding pendahulunya, mini USB.

Salah satu jenis dari micro-USB adalah micro USB tipe-A. Micro USB tipe-A memiliki bentuk yang lebih lebar dan pipih jika dibandingkan dengan mini-USB. USB jenis ini biasanya ditemukan pada ponsel, kamera digital serta PDA. Micro-USB A memiliki kecepatan transfer hingga 480 Mbps.

5. Micro USB Tipe-B

micro USB Type B

Selain micro USB tipe-A, ada satu tipe micro USB lainnya yaitu micro USB tipe-B. Berdasarkan makeusof Terdapat perbedaan pada bentuk dari micro USB ini. Jika micro USB tipe-A memiliki bentuk persegi panjang yang lebar dan pipih dengan kedua ujung besi yang lurus, kedua ujung besi micro USB tipe-B memiliki bentuk yang sedikit melengkung.

Sama halnya dengan micro USB tipe-A, micro USB tipe-B juga banyak ditemukan pada ponsel, kamera digital dan PDA. Untuk kecepatan transfer, micro USB tipe-A mempunyai ukuran kecepatan transfer yang sama dengan tipe-A yakni 480 Mbps.

6. USB Tipe-C

USB Tipe C

* sumber: style.tribunnews.com

 

Jenis USB yang selanjutnya adalah USB tipe-C. USB tipe-C digadang-gadang sebagai salah satu jenis USB dengan kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi dibanding pendahulunya yakni tipe-A dan tipe B. Di masa depan, akan banyak perangkat yang menggunakan port USB ini.

Penggunaan USB tipe-C sudah banyak di aplikasikan di berbagai pernagkat, seperti smartphone terbaru yang beredar saat ini. Sebenarnya, masih banyak juga smartphone yang masih memakai port microUSB tetapi untuk beberapa smartphone kelas menengah dan hampir semua smartphone kelas atas sudah menggunakan port USB tipe-C.

7. Lightning

Lightning USB

* sumber: www.moshi.com

 

Kalau kamu pengguna iPhone atau iPad mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya USB lightning cable. Ya, jenis USB yang satu ini adalah jenis USB yang memiliki ukuran hampir sama dengan micro USB. Namun, lightning USB dibuat khusus untuk produk Apple sehingga kompatibilitas dari USB ini sangat terbatas yakni hanya bisa digunakan pada produk Apple yang diproduksi setelah bulan September 2012.

Lightning USB sendiri memiliki fungsi yang sama dengan USB pada umumnya yakni menghubungkan perangkat Apple seperti iPod, iPad ataupun iPhone ke komputer, kamera dan mengisi daya baterai.

8. USB On-The-Go

USB OTG

* sumber: www.maxbhi.com

 

USB On-The-Go atau disingkat USB OTG memungkinkan penggunanya untuk membaca dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Misalnya, dari flash disk ke smartphone.

USB On-The-Go menjadikan smartphone sebagai host bagi flash disk yang terhubung, sehingga pengguna bisa membaca ataupun mentransfer file dari flash disk ke smartphone secara langsung tanpa menggunakan perantara PC ataupun laptop.

Jenis-Jenis USB Berdasarkan Kecepatan Transfer

perbandingan kecepatan USB

* sumber: www.everythingusb.com

Nah, selain dibedakan oleh bentuk fisiknya seperti yang dijelaskan diatas, jenis-jenis USB juga dapat dibedakan berdasarkan kecepatan transfer datanya. Mulai dari USB 1.1 dengan kecepatan 1.5 Mbps yang terbilang sangat lambat, USB 2.0 sebesar 480 Mbps hingga USB 3.0 yang memiliki tingkat kecepatan transfer sebesar 5 Gbps dan dijuluki sebagai USB Super Speed.

Tidak sampai disitu. pada tahun 2013 muncul versi terbaru dari USB 3.0 yaitu USB 3.1 Super Speed+ dengan kecepatan sebesar 10 Gbps. Tahun lalu, versi terbaru yakni USB 3.2 telah resmi dirilis. Tingkat kecepatan transfer data dari USB 3.2 ini lebih tinggi dari versi-versi sebelumnya yakni 20 Gbps.

Sejak awal kemunculannya pada tahun 90-an hingga saat ini, USB tetap memiliki peranan penting dalam menunjang berbagai jenis perangkat elektronik yang marak digunakan saat ini. Mulai dari PC, laptop bahkan hingga pemutar DVD agar dapat berfungsi dengan baik.

Dan sejak saat itu pula telah hadir banyak inovasi serta versi terbaru dari jenis-jenis USB. Kelak, mungkin akan ada lagi versi-versi terbaru dari USB dengan bentuk yang berbeda dari yang sudah ada sekarang. Atau, USB mungkin akan menghilang dari pasaran dan perannya digantikan oleh perangkat lain, mengingat sudah banyaknya teknologi bersifat wireless yang bermunculan saat ini.

Nah, itulah jenis-jenis USB yang dibedakan berdasarkan bentuk fisik serta kecepatan transfer data yang dimiliki masing-masing jenis USB yang wajib untuk kamu ketahui. Apakah kamu termasuk pengguna salah satu di antara delapan jenis-jenis USB yang sudah saya bahas diatas? Atau malah pernah menggunakan semuanya?

Jika anda memiliki masalah dengan USB yang tidak bisa terdeteksi, silahkan baca artikel 10 Cara Mengatasi USB Not Recognized yang Paling Mudah.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Jihan Fauziah
Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment