Carisinyal / Infinix 2020 / Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 5

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 5

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di waktu yang sama dengan peluncuran Infinix Zero 8, merk HP ini juga merilis produk pada segmen harga entry-level dengan harga yang teramat murah. Ya, Infinix Smart 5 hanya dibanderol dengan harga Rp1.249.000,-. Di harga yang semurah ini, rupanya Infinix menghadirkan fitur dan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari.

Bahkan ketimbang Infinix Smart 4, ada beberapa parameter yang ditingkatkan demi memenuhi standar zaman sekarang yang sudah lebih canggih. Nah, apa sajakah kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 5 yang membuatnya layak dimiliki? Ketahui jawabannya pada artikel ini.

Spesifikasi Infinix Smart 5

Infinix Smart 5

  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6.6 inches
  • Chipset: Mediatek MT6761D Helio A20 (12 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + QVGA + QVGA (model X657)
    8 MP + QVGA (model X657C)
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Infinix Smart 5

HP di pasaran harga Rp1 jutaan seperti Infinix Smart 5 memang sangat menarik untuk dibahas. Kita jadi tahu apa saja kenyamanan yang bisa didapatkan dengan kocek seminim mungkin. Simak beberapa poin kelebihan Infinix Smart 5 berikut.

1. Face Unlock dan Fingerprint Sensor

infinix smart 5 face unlock dan fingerprint

Fitur untuk membuka kunci layar adalah salah satu aspek yang jarang hadir dengan lengkap untuk HP entry-level. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan Infinix Smart 5 yang telah hadir dengan sensor lengkap, yakni fingerprint scanner (di belakang bodi) dan Face Unlock.

Sebagai informasi, cukup jarang HP di harga Rp1 jutaan yang menghadirkan sensor sidik jari, terutama pada Infinix Smart 5 yang berada pada banderol harga Rp1,2 juta. Inilah yang membuatnya memiliki value yang menambah pada daya tarik perangkat secara keseluruhan.

2. Layar Lega dengan Desain Poni

infinix smart 5 layar

Jangan merasa puas dengan layar yang kecil hanya karena harga murah. Karena, di tahun 2020 sudah banyak HP dari berbagai segmen harga yang memiliki bentang layar lebar. Contohnya ya seperti Infinix Smart 5 dengan layar panel IPS LCD berukuran 6,6 inci.

Meskipun resolusinya hanya berada di HD+ alias 720 x 1600 piksel, hal ini dapat dimaklumi untuk HP harga segini. Dan juga, Infinix Smart 5 menghadirkan Sunlight Display sehingga teks pada layar bisa tetap terbaca dengan mudah walau di bawah silaunya terik matahari.

Ponsel ini pun mengusung desain layar berponi yang membuat bezelnya terlihat sangat tipis, meraih rasio perbandingan bodi ke layar sebesar 83,2%. Kualitas layar yang cukup worth it untuk HP Rp1 jutaan.

3. Kapasitas Baterai Sangat Besar

infinix smart 5 baterai

Kapasitas baterai jumbo sudah banyak terdapat pada ponsel seharga Rp2 jutaan. Tapi kalau Anda menginginkan pilihan yang jauh lebih murah, sudah ada Infinix Smart 5 dengan kapasitas baterai 5.000 mAh yang bisa dibawa pulang.

Ponsel ini bisa dicas menggunakan kecepatan standar 10W sehingga perlu waktu yang cukup lama untuk mengisi daya hingga penuh. Apalagi, casan yang tersedia dalam boks pembelian hanya menggunakan daya 5W. Sebuah video pengujian dari Praiz Tech juga mengungkapkan bahwa Infinix Smart 5 baru meraih angka 22% setelah dicas selama 1 jam.

Berbicara soal ketahanan baterai, Infinix mengklaim bahwa perangkat bisa bertahan saat siaga selama 4 hari. Dengan kapasitas 5.000 mAh, umumnya HP bisa bertahan selama sehari dan bahkan dua hari saat pemakaian normal.

4. Desain Potongan Berlian yang Menawan

infinix smart 5 desain potongan berlian yang keren

Infinix terkenal sebagai ponsel yang selalu menghadirkan desain keren untuk hampir setiap produknya, tidak terkecuali Infinix Smart 5 dengan desain potongan berlian yang kece.

Masing-masing dari pilihan warnanya menampilkan guratan-guratan yang menghasilkan bentuk geometris dengan cahaya yang terlihat glowing.

Modul kameranya pun tampak seperti saat HP memiliki konfigurasi empat kamera, walau sebenarnya hanya ada tiga kamera dengan tambahan LED Flash.

Di sini Anda bisa memilih salah satu dari tiga varian warna, yakni Ocean Wave (biru tua), Quetzal Cyan (biru kehijauan), dan Midnight Black (hitam).

5. Menggunakan Android 10 Go Edition

galaxy a01 core android go edition

Sekadar informasi, Infinix Smart 5 selaku HP Rp1 jutaan hanya dihadirkan dengan RAM sebesar 2 GB dan memori internal dengan kapasitas 32 GB.

Ini merupakan ukuran RAM yang sangat kecil, dan umumnya Anda tidak akan dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa membuatnya lemot. Untuk mengatasi hal ini, berbagai vendor memang sengaja menyediakan sistem operasi Android Go Edition yang jauh lebih ringan.

Android Go Edition ini berbasiskan Android 10 sehingga fitur-fitur seperti Dark Mode, Smart Reply, dan sebagainya tetap bisa dirasakan pada HP ini. Android Go Edition memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang serupa seolah menggunakan Android biasa. Bedanya, kini OS ini memungkinkan HP untuk berjalan lebih cepat.

6. Hadir dengan Triple Camera

infinix smart 5 triple camera

Melihat dari harganya, Infinix Smart 5 nampaknya menjadi salah satu pesaing kuat untuk Redmi 9A. Dalam hal ini, vendor Infinix memenangkan satu skor berkat kehadiran triple camera di belakang bodi, karena Redmi 9A hanya membawa satu lensa 13 MP saja.


Infinix Smart 5 juga menghadirkan kamera utama dengan resolusi 13 MP, namun ditemani oleh dua lensa QVGA. Meski keberadaan dua lensa QVGA ini terkesan gimmick, tapi nyatanya hasil foto yang dihasilkan Infinix Smart 5 terbilang bagus untuk HP sekelasnya.

Hasil kamera selfie dengan resolusi 8 MP juga bisa diandalkan, memberikan foto potret dengan latar belakang bokeh ala-ala profesional. Anda bisa menilai kemampuan kamera depan dan belakangnya dari beberapa sampel berikut.

infinix smart 5 kamera utama

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Qp7UbIeHmi8 (Praiz Tech)

infinix smart 5 kamera utama 3

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QTgJcx_sov8 (sesuai harga)

infinix smart 5 kamera utama 3

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QTgJcx_sov8 (sumber harga)

infinix smart 5 selfie camera

Infinix Smart 5 selfie camera. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Qp7UbIeHmi8 (Praiz Tech)

Seperti yang terlihat di atas, kamera Infinix Smart 5 cukup bagus untuk seukuran ponsel Rp1 jutaan. Ketajamannya cukup baik saat tidak di-crop, warnanya cenderung halus dan tidak begitu tajam, tapi cukup terbilang oke.

Untuk kamera depannya, Anda masih dapat melihat sedikit background blur meski sisi-sisi objek pun jadi ikutan ngeblur juga. Kamera depan dan belakang juga sama-sama memiliki kemampuan merekam pada resolusi 1080p dengan 30 FPS.

7. Speaker dengan Dukungan DTS

infinix smart 5 speaker

Untuk bisa menikmati suara dari game, video, ataupun lagu, Anda bisa mencolokkan earphone kabel pada port 3,5mm jack audio yang tersedia. Namun apabila lebih suka memakai Hp tanpa headset, Infinix Smart 5 pun menyediakan speaker dengan pengolah suara dari DTS.

Anda pun bisa melakukan beragam penyetelan equalizer ataupun pengaturan-pengaturan tertentu agar membuat hasil suara speaker lebih jernih dan lebih ngebass. Bahkan Infinix pun mengklaim kalau pengolahan suara dari DTS ini bisa membuat ponsel terdengar seperti suara dalam teater.

Tapi, Anda pun jangan berharap kualitas suaranya sebanding dengan ponsel mid-range apalagi flagship. Keberadaan pengolahan suara di ponsel Rp1 jutaan tergolong sebuah keuntungan yang layak diapresiasi walau mungkin suara yang dihasilkan tetap tidak maksimal.

8. Memori Internal Cukup Besar + Slot Khusus

infinix smart 5 memori internal

Seiring perkembangan zaman, HP terus mengalami peningkatan. Di tahun 2018 mungkin Anda baru bisa mendapatkan memori internal sebesar 16 GB di harga Rp1 jutaan, namun kini Infinix Smart 5 menghadirkan kapasitas sebesar 32 GB pada standar eMMC 5.1.

Selain dari kapasitas memori internal, Infinix Smart 5 pun turut menyertakan slot tambahan pada SIM tray, Anda pun bisa menggunakan memori eksternal hingga kapasitas 256 GB dan kartu SIM kedua secara berbarengan.

Besaran memori internal 32 GB pun merupakan peningkatan dua kali lipat dari Infinix Smart 4 yang hanya menyediakan kapasitas sebesar 16 GB. Sebuah bargain yang menarik, bukan?

Kekurangan Infinix Smart 5

Mau tidak mau, HP murah pasti akan selalu punya kekurangan. Berikut adalah beberapa poin kekurangan Infinix Smart 5 yang wajib Anda ketahui sebelum beli.

1. Chipset Mengalami Penurunan

infinix smart 5 chipset

Ketika Anda menggunakan versi lanjutan dari generasi sebelumnya, tentu Anda mengharapkan peningkatan. Anehnya, berbeda dengan Infinix Smart 4 yang diotaki 4 CPU ARM Cortex A53 berkecepatan 2.0 GHz (Helio A22), Infinix Smart 5 memiliki clock speed sebesar 1.8 GHz saja.

Infinix tidak menyebutkan jenis chipset yang digunakan Infinix Smart 5, tapi GSMArena menyebutkan kalau perangkat ini dibekali Helio A20. Mengikuti logika penomoran, Helio A20 tentunya memiliki performa lebih rendah daripada Helio A22.

Padahal, berbagai HP yang berada di rentang harga Rp1 juta lainnya masih lebih unggul ketimbang Infinix Smart 5, seperti Redmi 9A dengan Helio G25 ataupun Infinix Hot 8 dengan Helio P22.

Infinix Smart 5 memang bukanlah HP budget terbaik untuk bermain game. Dengan performanya yang kalah saing, ada baiknya Anda memikirkan alternatif dengan sokongan chipset yang lebih menunjang.

2. Kemampuan Bluetooth Berkurang

infinix smart 5 bluetooth

Kekurangan ini hadir setelah membandingkan kemampuan Bluetooth antara Infinix Smart 5 dengan seri pendahulunya, Infinix Smart 4. Dibanderol dengan harga yang tidak beda jauh, Infinix Smart 5 hanya dibekali kemampuan Bluetooth 4.2 sementara Smart 4 menghadirkan versi Bluetooth 5.

Seperti yang diketahui, Bluetooth ini berfungsi sebagai sarana transfer data antar dua perangkat. Ini adalah cara yang paling konvensional untuk HP yang tidak memiliki NFC. Perbedaan Bluetooth 4.2 dan 5 terletak pada jarak dan kecepatan transfer.

Sementara Smart 4 mampu mentransfer dengan kecepatan maksimal 2 Mbps, Smart 5 hanya menghadirkan kecepatan 1 Mbps. Bluetooth 5 juga bisa mendeteksi perangkat lain dalam jarak 240 meter, jauh lebih unggul ketimbang Bluetooth 4,2 dengan dukungan jarak 60 meter saja.

Kalau Anda sering menggunakan Bluetooth mungkin hal ini bisa menjadi kekurangan. Tapi untungnya Infinix Smart 5 sudah dibekali kemampuan WiFi Direct untuk melakukan transfer data antar perangkat.

Simpulan

Infinix Smart 5 adalah ponsel super hemat dengan spesifikasi yang terbaik yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Harga murah tidak mencegah Infinix untuk menaruhkan sensor sidik jari dan kemampuan Face Unlock, serta menghadirkan kamera yang hasilnya cukup baik untuk foto dalam ruangan dan foto bokeh.

Cukup disayangkan chipset yang dimilikinya adalah salah satu yang performanya paling buruk di pasaran, tapi HP di harga segini memang tidak diperuntukkan untuk game berat.

Ini adalah salah satu ponsel termurah dengan fitur lengkap, dengan memori internal, RAM, dan performa yang sudah cukup menunjang untuk kebutuhan basic sehari-hari seperti bermedsos, fotografi ringan, ataupun sekadar meeting online. Miliki Infinix Smart 5 seharga Rp1.245.000,- pada link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *