Carisinyal / Infinix 2020 / Yuk Ketahui 5 Perbedaan Smartphone Infinix S5 & S5 Lite

Yuk Ketahui 5 Perbedaan Smartphone Infinix S5 & S5 Lite

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di tahun 2019, telah hadir ponsel murah lainnya yang ditawarkan oleh Infinix, yakni seri Infinix S5. Seperti yang sudah diketahui, Infinix senantiasa melakukan berbagai cara agar bisa menghasilkan ponsel dengan harga terjangkau, namun tetap spek yang lumayan dan tidak murahan.

Nah, ada dua varian Infinix S5 yang bisa Anda dapatkan yakni Infinix S5 biasa dan Infinix S5 Lite. Sesuai namanya, S5 Lite tentu saja lebih murah walau memiliki spek yang tidak segahar “kakak”-nya.

Lantas apa yang menjadi perbedaan di antara kedua ponsel ini? Apakah selisih harga yang ditawarkannya mampu membuat pengguna lebih condong ke Infinix S5 Lite? Simak beberapa poin perbedaan berikut ini.

Spesifikasi Infinix S5

Infinix S5

  • Rilis: Desember 2019
  • Layar: IPS LCD 6,6 inches  720 x 1600 20:9 ratio
  • Chipset: MediaTek Helio P22
  • GPU: PowerVR GE8320
  • CPU: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • Memori Internal: 128 GB, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated)
  • Kamera Belakang: 16 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai:Non-removable Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi Selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Spesifikasi Infinix S5 Lite

Infinix S5 lite

 

  • Rilis: Desember 2019
  • Layar: IPS LCD 6,6 inches  720 x 1600 20:9 ratio
  • Chipset: MediaTek Helio P22
  • GPU: PowerVR GE8320
  • CPU: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • Memori Internal: 32/3 GB, 64/4 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB (dedicated)
  • Kamera Belakang: 16 MP, f/1.8, PDAF + 2 MP + Lensa AI
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai:Non-removable Li-Po 4000 mAh

Spesifikasi Selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Perbedaan Infinix S5 dan Infinix S5 Lite

Apa iya Infinix S5 dan Infinix S5 Lite memiliki perbedaan yang sangat kentara? Atau hanya berbeda di harganya saja? Daripada sekedar bertanya-tanya, simak 5 poin perbedaan berikut ini.

1. Varian RAM dan Memori Internal

ram memori internal infinix s5

Pertama-tama, baik Infinix S5 dan varian Lite-nya tentu sudah dibekali dengan RAM dan memori internal yang cukup besar. Contohnya saja seperti Infinix S5 yang menghadirkan memori internal 128 GB serta RAM berkapasitas 6 GB. Di rentang harga 2 juta, ini adalah sebuah bargain yang sayang dilewatkan.

Sayangnya, varian Lite tidak menawarkan RAM dan memori internal sebesar itu. Detil spesifikasi yang ditampilkan pada laman resmi produk Infinix S5 Lite mengungkapkan kalau ponsel ini hanya hadir dengan memori internal 64 GB serta RAM berkapasitas 4 GB.

Mengingat harganya berada di rentang 1 jutaan, cukup wajar Infinix S5 Lite memiliki kapasitas sebesar itu. Toh, sebenarnya RAM 4 GB sudah dirasa cukup untuk menunjang kebutuhan sehari-hari dalam ber-multitasking. Belum lagi, RAM di kedua ponsel ini sudah LPDDR4X, lho!

Soal penyimpanan eksternal, penggiat ponsel Infinix bisa bersenang hati karena kedua ponsel telah dibekali dengan triple tray yang memungkinkan Anda memasangkan dua kartu SIM dan satu kartu microSD hingga 128 GB.

2. Quad Camera vs. Triple Camera

kamera infinix s5

Di zaman yang serba medsos ini, rasanya mustahil melirik ponsel tanpa mempertimbangkan kemampuan kameranya. Infinix S5 sudah dihadirkan dengan konfigurasi empat lensa di punggung bodi. Lensa-lensa tersebut terdiri dari lensa utama 16 MP, lensa ultra lebar berkekuatan 5 MP, sensor kedalaman 2 MP, dan terakhir adalah AI Lens.

Di balik itu, Infinix S5 Lite juga sama-sama menghadirkan AI Lens untuk melengkapi kombinasi triple camera yang dimilikinya. Dua lensa lainnya adalah lensa utama berkekuatan 16 MP dan sensor kedalaman 2 MP.

Modul kamera belakang kedua ponsel ini tidak begitu terlihat berbeda secara visual karena sama-sama disusun sejajar vertikal dengan tambahan Quad LED Flash di sampingnya.

Selain itu, baik Infinix S5 maupun S5 Lite juga sama-sama mampu menghasilkan video beresolusi 1080p dengan frame rate standar (30 fps). Lanjut ke bagian depan, dua-duanya sudah dibekali dengan desain punch-hole sebagai rumah bagi lensa selfie. Sementara Infinix S5 disertai dengan kamera 32 MP, varian Lite sayangnya hanya mentok di resolusi 16 MP.

Kedua ponsel ini telah dihadirkan dengan fitur HDR+ yang bisa diandalkan untuk mengambil selfie dengan membelakangi sumber pencahayaan. Selain itu, tersedia pula fitur AI 3D Face Beauty untuk mempercantik potret Anda, baik saat melakukan panggilan video maupun foto selfie.

3. Layar

layar (4)

Untuk harga yang ditawarkan, Infinix S5 dan S5 Lite memiliki layar yang cukup lebar untuk menonton series Netflix dan aktivitas lainnya. Keduanya sama-sama memiliki ukuran 6,6 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel.

Bedanya, layar Infinix S5 memiliki kerapatan piksel sebesar 270 ppi sementara Infinix S5 Lite dibekali dengan kerapatan piksel 266 ppi yang artinya Infinix S5 memiliki tingkat ketajaman yang lebih baik dari Infinix S5 Lite walau hanya sedikit. Namun jika Anda hanya menggunakan ponsel untuk kebutuhan sehari-hari, perbedaan layar ini tidak akan begitu terasa.

4. Desain Bodi Belakang

desain bodi belakang

Bagian depan kedua ponsel ini bisa jadi sama, namun yang membuat keduanya tampak berbeda adalah bodi bagian belakang. Sebagai informasi, kedua ponsel ini sama-sama menghadirkan varian warna Quetzal Cyan, Violet, dan juga Midnight Black.

Tapi Infinix mengambil approach yang berbeda untuk mempresentasikan pilihan warna tersebut. Untuk Infinix S5, Anda akan melihat desain bodi memukau dengan gradasi warna yang sungguh membuatnya terlihat premium.


Meski begitu, bukan berarti varian Lite-nya kalah keren. Soalnya, walau hanya menghadirkan desain warna polos, terdapat taburan-taburan glitter yang membuatnya tampak berkilau.

5. Harga

harga

Sudah bukan rahasia lagi kalau varian Lite dari sebuah produk tentunya memiliki harga yang lebih terjangkau, begitu pun dengan Infinix S5 Lite. Untuk mendapatkan ponsel ini, Anda hanya perlu membelinya dengan harga Rp1.599.000,-.

Ini adalah harga yang sangat terjangkau untuk segala kelebihan yang ditawarkannya. Karena cukup jarang ada ponsel berdesain punch-hole yang dihargai di rentang harga entry level. Jika Anda ingin membeli Infinix S5 reguler, tentunya perlu menyiapkan budget lebih karena ponsel ini dibanderol dengan harga Rp2.199.000,-.

Simpulan

Secara sekilas, Infinix S5 dan Infinix S5 Lite tampak seperti ponsel yang sama. Hal ini karena kedua ponsel ini memang tidak begitu memiliki banyak perbedaan – dua-duanya menggunakan chipset Helio P22, sama-sama dirilis menggunakan Android 9 Pie, dimensi bodi yang sama, dan masih banyak lagi.

Namun keduanya menawarkan kamera belakang dan depan yang berbeda. Jika ingin ponsel yang lebih cocok dipakai selfie, Infinix S5 adalah pilihan yang pas berkat lensa depan berkekuatan 32 MP.

Sekarang tinggal Anda yang pilih. Kalau kapasitas internal 64 GB dirasa belum cukup bagi Anda, tinggal siapkan dana lebih Rp600.000,- dan Anda sudah bisa mendapatkan Infinix S5 dengan kapasitas memori internal dua kali lipat lebih besar.

Apakah Anda sudah siap menentukan pilihan? Jika masih belum yakin, Anda bisa membaca artikel kelebihan dan kekurangan Infinix S5 dan juga Infinix S5 Lite.

Infinix tidak hanya sekali ini saja menawarkan ponsel di pasar entry-level. Sebagai perbandingan, Anda juga bisa mengetahui berbagai HP Infinix keluaran terbaru untuk memperluas opsi Anda. Atau, jika alasan Anda melirik Infinix karena harganya yang terjangkau, mengapa tidak pertimbangkan beragam HP lain di rentang harga Rp2-jutaan? Semoga berhasil mendapatkan HP yang diinginkan ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *