Carisinyal / Smartphone / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Lenovo K9

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Lenovo K9

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 November 2018

Lenovo K9, begitulah produk ini hadir secara resmi di Indonesia. Yang membawa HP ini bukan Lenovo Indonesia karena Lenovo Indonesia sudah mengangkat bendera putih di pasar ponsel Indonesia. Lenovo K9 yang datang resmi ke Indonesia dibawa oleh InOne Technology, perusahaan pihak ketiga yang ditunjuk Lenovo untuk mengurus divisi ponsel Lenovo di Indonesia.

Kehadiran Lenovo K9 tentu cukup mengagetkan mengingat sudah jarang HP terbaru Lenovo hadir di pasaran. Kehadiran Lenovo K9 ini jadi jawaban untuk mereka yang memang sedang HP terbaru Lenovo untuk masuk resmi ke Indonesia. Lantas, seperti apa Lenovo K9 ini? Tanpa berlama-lama lagi, simak langsung kelebihan dan kekurangan dari Lenovo K9 berikut ini.

Spesifikasi Lenovo K9

Lenovo K9

  • Layar: IPS 5.7 inches
  • Resolusi Layar:  IPS LCD Max Vision Display1440 x 720 pixels  18:9 282ppi
  • Chipset: Mediatek MT6762 Helio P22
  • CPU: Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU: PowerVR GE8320
  • Memori Internal: 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2, 1/3″, 1.12µm, PDAF + 5 MP, f/2.4, 1.12µm, depth sensor, Dual-LED dual-tone flash, panorama, [email protected]/60fps
  • Kamera Depan: 13 MP, f/2.2, 1/3″, 1.12µm, PDAF + 5 MP, f/2.4, 1.12µm, depth sensor, Dual-LED dual-tone flash, panorama, [email protected]/60fps
  • Baterai:  Removable Li-Ion 3000 mAh

Kelebihan Lenovo K9

1. Desain yang Cukup Bagus

Lenovo K9

Hal yang menarik dari Lenovo K9 adalah desain bodinya. HP ini hadir dengan desain cantik dan mewah dengan tepian garis vertikal di bagian belakang bodinya. Bodinya cukup mengkilat tetapi bahan bodinya bukanlah polikarbonat yang dilaminasi seperti tampilan kaca.

Bodi Lenovo K9 yang mengkilat adalah karena HP ini dibalut dengan frame kaca di bagian belakang dengan tepian yang melengkung. Seperti yang diungkapkan oleh Ibntimes.co.in, Lenovo K9 ini datang dengan unibody dengan balutan kaca yang terlihat indah. Karena hal inilah, bisa dibilang sektor desain bodi jadi kelebihan tersendiri untuk Lenovo K9.

2. Layar HD+ Max Vision Display

layar Lenovo K9

* sumber: www.deccanchronicle.com

Lenovo K9 hadir dengan layar 5,7 inci dengan resoludi HD+. Layarnya tergolong baik berkat teknologi Max Vision Display yang dibenamkan Lenovo pada HP ini. Seperti yang diungkakan oleh Youtuuber Teknologue, kualitas layar HP ini sudah oke dan tampilan layarnya sudah cukup tajam.

Hal yang sama juga diungkap oleh situs IndianExpress.com. Situs tersebut menyatakan kalau layar Lenovo K9 ini memiliki tampilan layar  yang cukup terang, tajam, dan juga memiliki warna  yang akurat. Layarnya juga tergolong cerah ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung. Untuk sektor layar ini, sudah jelas kalau layar Lenovo K9 ini sudah cukup bagus di kelasnya. 

3. Daya Tahan Baterai yang Baik

Lenovo K9

Lenovo K9 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Daya tahan baterai HP ini tampak biasa saja. Ternyata daya tahan baterai HP ini cukup kencang. Situs IndianExpress menguji daya tahan baterai HP ini yang ternyata bisa mencapai seharian penuh. Hasil tersebut didapatkan dengan penggunaan  bermain gim, internetan, dan streaming video.

DAYA TAHAN BATERAI LENOVO k9

* sumber: www.youtube.com

Terlihat dari gambar di atas, jika penggunaan Lenovo K9 bisa mencapai lebih dari seharian. Youtuber Teknologue mengatakan kalau daya tahan baterai HP ini bisa mencapai lebih dari 24 jam. Dan tentu saja pencapaian ini adalah hal yang bagus mengingat kapasitas baterai HP ini yang hanya 3.000 mAh. .

4. Mengusung Empat Kamera

Lenovo K9

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Lenovo K9 adalah kamera. Kamera pada HP ini hadir dengan empat kamera, yang terdiri dari dua kamera di bagian depan dan dua kamera di bagian belakang.

Kamera depan HP ini hadir dengan kombinasi 13 MP + 5 MP. Kamera belakang pun memiliki kombinasi yang sama, dengan detail dan fitur yang mirip dengan kamera depan. Tidak ada pembeda diantara kedua bagian kamera ini. Adapun hasil tangkapan kamera belakang Lenovo K9 dapat dilihat hasilnya berikut ini.

hasil kamera lenovo k9

* sumber: www.ibtimes.co.in

hasil kamera lenovo k9

* sumber: www.ibtimes.co.in

hasil kamera lenovo k9

* sumber: www.deccanchronicle.com

Hasil tangkapan kamera belakang ini tergolong cukup baik di kelasnya. Seperti kata Teknologue, hasil tangkapan kamera belakang HP ini dapat menghasilkan foto tergolong memiliki ketajaman warna yang bagus di kondisi cahaya yang cukup.

Pernyataan tersebut serupa dengan apa yang dikatakan situs IndianExpress di tulisan tentang HP ini. Situs tersebut mengatakan kalau hasil tangkapan kamera belakang HP ini dapat menghadirkan foto dengan kualitas gambar yang tajam. Selain itu, fotonya memiliki warna dan gambar yang hidup.

Yang mungkin bakal jadi hal yang kurang menyenangkan dari kamera HP ini adalah hasil tangkapan di kondisi cahaya rendah. Mengingat HP ini ada di kelas harga terjangkau, hal ini masih bisa dimaklumi apalagi banyak kamera HP di kelas menengah ke bawah yang juga memiliki masalah yang sama ketika memotret di kondisi gelap.

Untuk kamera depan, tampaknya tidak perlu dibahas detail. Seperti yang sudah disebutkan, spesfiikasi kamera depan dan belakang identik sehingga hasilnya pasti tidak jauh berbeda. Lantas, kenapa sektor kamera ada di poin kelebihan? Karena untuk harga kisaran Rp1,9 jutaan atau lebih, tidak ada HP yang menawarkan total empat kamera.

5. Tampilan UI yang Bersahabat

Lenovo K9

* sumber: www.youtube.com

Lenovo K9 menggunakan OS Android 8.1 Oreo. Tidak ada perubahan untuk tampilan antarmuka di HP ini sehingga antarmuka atau UI HP ini tergolong bersahabat. Lenovo hanya melakukan sedikit improvment di OS Android 8.1 Oreo ini.

Karena perubahan yang dihadirkan hanya minor, UI di HP ini tampak seperti OS Android murni. Layaknya UI yang ada di HP Android One. Karena tidak menggunakan fitur yang aneh-aneh, HP ini jelas terhindar dari fitur yang membuat OS jadi terasa lebih berat.

6. Performa Cukup Baik

ANTUTU LENOVO K9

* sumber: www.youtube.com

Terlihat di gambar atas, kalau Lenovo K9 memiliki skor Antutu sebesar 78.976. Untuk HP di kelas harga Rp1,9 jutaan, skor tersebut tergolong cukup. Memang di kelas harga ini, ada Redmi 5 dan Realme 2 yang menawarkan Snapdragon 450 dengan nilai Antutu yang cukup tinggi. Tetapi untuk standar di kelas harga ini, nilai tersebut tergolong cukup baik.

Situs IndianExpress mengatakan kalau HP ini dapat berjalan dengan lancar untuk menjalankan berbagai tugas ringan dan menengah. Layak diandalkan untuk kelas harganya. Hanya mungkin akan jadi masalah untuk memainkan gim yang berat.

Teknologue sendiri sedikit berbeda pendapat. Performa chipset Mediatek Helio P22 di HP ini sudah tergolong lumayan di kelas harga Rp2 juta kurang. Memainkan gim Mobile Legends dengan pengaturan grafis rata kanan ternyata cukup lancar. Memainkan gim Asphalt 9 Legends juga tergolong lancar meski sedikit mengalami penurunan frame.

Bagaimana dengan PUBG Mobile? Standar grafis HP ini saat memainkan PUBG Mobile ada di grafis “smooth” dengan framerates “medium” hasilnya tergolong lancar.

Yang menarik justru ketika HP ini dipakai memainkan gim cukup lama. Bagian belakang bodi tidak terasa panas alias adem. Karena alasan inilah, sektor performa jadi kelebihan tersendiri di HP ini.

7. Mengusung USB Type-C

Desain Lenovo K9

* sumber: www.ibtimes.co.in

Satu hal yang menarik dari Lenovo K9 adalah port yang digunakan. HP ini sudah meninggalkan microUSB dan beralih ke USB Type-C. Untuk kelas harga Rp1,9 juta, penggunaan port USB Type-C ini jadi satu kelebihan mengingat HP lain di kelas harga yang sama jarang ada, atau malah belum menggunakan port USB Type-C.

Sayangnya, meski hadir dengan port USB Type-C dan memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, HP ini ternyata tidak mendukung pengisian cepat. Menurut Teknologue, pengisian daya baterai ini bisa mencapai 2 jam lebih. Durasi yang cukup lama untuk HP dengan baterai 3.000 mAh.

Kekurangan Lenovo K9

1.  Sensor Kurang Lengkap

sensor lenovo K9

* sumber: www.youtube.com

Lenovo K9 bisa dibilang memiliki kekurangan yang tergolong minor di kelas harganya. Contoh sektor ini. Ketidakhadiran magnetic sensor, gyroscope sensor, dan orientation sensor tentu jadi nilai minus tersendiri. Pasalnya, banyak aplikasi dan penggunaan yang memanfaatkan sensor tersebut. Untuk yang tidak peduli dengan sensor sih, tampaknya tidak akan terlalu mempermasalahkan.

3. Face Unlock Kurang Responsif

Lenovo K9

Lenovo K9 sudah dibekali sensor sidik jari yang posisinya ada di bagian belakang. Sensor sidik jari ini tergolong cukup responsif dan bekal lebih sering digunakan. Mengapa? Karena meskipun HP ini sudah mendukung face unlock, performanya kurang responsif.

Seperti yang diungkapkan oleh Teknologue, performa  face unlock Lenovo K9 memiliki jeda dari saat membaca wajah ke saat HP membuka kunci layar. Untuk yang tidak sabaran, tentu hal ini bisa jadi masalah dan bakal condong untuk menggunakan sensor sidik jari.

4. Hybrid Sim Slot

hybrid slot SIM Lenovo K9

* sumber: www.youtube.com

Lenovo K9 datang dengan slot hybrid. Artinya, HP ini menawarkan kombinasi dua kartu SIM nyala bersamaan atau satu kartu SIM plus microSD. Mengingat HP ini hanya menawarkan ROM 32 GB, tentu penggunaan microSD jadi satu hal yang utama mengingat untuk kebutuhan sekarang, ROM 32 GB akan terasa kurang.

Jika pengguna HP ini hanya mengandalkan satu kartu SIM, slot hybrid tidak akan terlalu masalah. Lain cerita tentunya untuk mereka yang memang menggunakan dua kartu SIM plus slot untuk menambah memori.

Simpulan

Lenovo K9 adalah HP yang menarik di kelas harganya. HP ini bisa jadi andalan dan kebangkitan Lenovo masuk pasar Indonesia, meski tentu dibawah bendera perusahaan pihak ketiga. Banyak kelebihan yang ditawarkan HP ini, kekurangan yang dimiliki HP ini juga masih bisa dimaklumi.

Lenovo K9 ini cocok untuk yang menyukai HP dengan desain cantik, daya tahan lama, dan performa masih bisa diandalkan. Tetarik dengan Lenovo K9? Bagi yang tertarik, silakan beli Lenovo K9 di Bukalapak lewat link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

Leave A Comment