Carisinyal / Smartphone / Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 3!

Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 3!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 November 2018

Google Pixel 2 adalah ponsel Google yang bisa dibilang sebagai smartphone dengan kamera terbaik. Banyak yang memuji kualitas dari kamera Google Pixel 2 ini. Situs Businessinsider.sg  dan Androidpit adalah dua diantara banyak ulasan yang memuji kualitas kamera Google Pixel 2.

Tahun 2098, Google kembali mengumumkan smartphone anyar yang digadang-gadang sebagai smartphone dengan kamera terbaik saat ini dan menjadi penerus dari Google Pixel 2, Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL. Kali ini saya ingin mengajak Anda untuk mengetahui apa saja 10 kelebihan dan kekurangan dari Google Pixel 3. Penasaran? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini!

Spesifikasi Google Pixel 3

kelebihan dan kekurangan google pixel 3 gpixel3

  • Rilis: Oktober 2018
  • Layar: P-OLED capacitive touchscreen, 16M colors, 5.5 inches, 76.7 cm2 (~77.2% screen-to-body ratio)
  • Resolusi Layar: 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~443 ppi density)
  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.5 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.6 GHz Kryo 385 Silver)
  • GPU: Adreno 630
  • OS: Android 9 (Pie)
  • Memori Internal: 64/128 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 12.2 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, OIS, dual pixel PDAF, Dual-LED flash, Auto-HDR, panorama
  • Kamera Depan: 8 MP, f/1.8, 28mm (wide), PDAF
    8 MP, f/2.2, 19mm (ultrawide), no AF
  • Baterai: Non-removable Li-Po 2915 mAh battery

Kelebihan Google Pixel 3

1. Performa Kamera yang Ciamik

Pixel3_4

* sumber: www.techradar.com

Yap, ini dia yang membuat Google Pixel 3 terasa amat ‘sempurna’ di mata para insan teknologi dunia: Kameranya. Mengapa? Google Pixel 3 dibekali dengan tiga kamera yakni lensa kamera utama berukuran 12,2 megapixel dengan bukaan lensa f/1.8 dan focal length sebesar 28 mm (wide) serta dilengkapi dengan teknologi PDAF yang mampu mempercepat fokusnya kamera.

Untuk kamera depannya sendiri, Google melengkapi Pixel 3 dengan dua lensa kamera. Yang pertama berukuran 8 megapixel dengan bukaan lensa sebesar f/1.8 dan focal length sebesar 28 mm, kemudian satu lensa kamera berukuran 8 megapixel dengan bukaan lensa f/2.2 dan focal length sebesar 19 mm (ultrawide) tanpa tambahan autofocus.

Tidak seperti smartphone lainnya yang melengkapi flagship mereka dengan dua hingga tiga kamera belakang, Google tetap percaya diri mengusung satu lensa saja.

Menurut dormatekno, algoritma software yang menjadi penyebab mengapa hasil gambar dari kamera Google Pixel 3 sangat memuaskan. Penasaran? Cek langsung saja hasil jepretan dari kamera ciamik Google Pixel 3 di bawah ini ya!

Pixel3_Camsample2

* sumber: www.techradar.com

Pixel3_Camsample

* sumber: www.techradar.com

Pixel3_Camsample3

* sumber: www.techradar.com

Pixel 3_Selfiesample1

* sumber: www.techradar.com

google pixel 3 camera sample gallery 3

* sumber: www.digitaltrends.com

Oh ya, kamera dari Google Pixel 3 juga memiliki fitur-fitur yang super keren, salah satunya adalah fitur Night Sight. Salah satu contoh foto dengan kondisi cahaya rendah bisa disimak pada contoh hasil foto di atas. 

Techradar juga menuturkan bahwa hasil kamera dari Google Pixel 3 ini lebih tajam ketimbang iPhone XS dan Samsung Galaxy Note 9 yang hasil gambarnya cenderung warm-toned. Karena beberapa alasan itulah kamera Google Pixel 3 ini jadi salah satu keunggulan dan nilai jual paling menonjol. 

2. Kualitas Layar yang Bagus

pixel3

* sumber: www.trustedreviews.com

Selain sektor kameranya yang super mantap, satu kelebihan lain dari smartphone Google Pixel 3 ada di sektor layar. Yep, Google membekali Pixel 3 dengan layar yang menggunakan panel P-OLED capacitive touchscreen sebesar 5,5 inci dengan rasio 18:9 serta resolusi layar berukuran 1080 x 2160 pixels yang dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Adanya fitur HDR yang ditambahkan juga membuat tampilan layar semakin nyaman dan memiliki ketajaman yang pas. Cocok deh buat nonton Netflix atau YouTube, nggak bikin mata capek!

3. Didukung OS Android Pie

pixel3_1

* sumber: www.techradar.com

Beruntunglah Pixel 3 yang merupakan flagship milik Google. Ya, jika smartphone Android lainnya masih menggunakan OS Android 8.1 alias Oreo, Google Pixel 3 telah menggunakan OS Android terbaru, yakni Android 9 (Pie).

Android 9 (Pie) sendiri yang punya tampilan simpel dan tergolong super mulus. Penggunaan OS satu ini juga menjadikan Google Pixel 3 ‘bersih’ dari aplikasi yang tidak penting dan hanya diisi oleh aplikasi bawaan Google.

4. Dilengkapi Port USB Tipe-C

pixel3portc

* sumber: www.trustedreviews.com

Google Pixel 3 sudah dilengkapi dengan port USB tipe-C yang kekinian abis. Termasuk untuk audio jack-nya yang tidak lagi menggunakan jack berukuran 3.5 mm. Tapi tenang, Google membekali Pixel 3 dengan earphone yang memiliki port USB tipe-C juga, kok.

USB tipe-C yang banyak digunakan pada smartphone keluaran terbaru ini memiliki kecepatan transfer data yang baik dan dapat membantu proses pengisian daya menjadi lebih cepat dari biasanya.

5. Wireless Charging dan Water Resistance

Pixel3_Wi

* sumber: www.techradar.com

Sama halnya dengan iPhone XS, Google Pixel 3 mendukung fitur wireless charging. Yep, material kaca di bagian belakang bodi smartphone menjadi alasan mengapa Google Pixel 3 dapat melakukan proses pengisian daya tanpa kabel. Keren, bukan? Nggak perlu repot nyari kabel, nih kalau mau nge-charge.

Selain wireless charging, Google Pixel juga memiliki sertifikat IP68 yang artinya, smartphone ini memiliki water resistance yang tahan lama, yakni selama sekitar dua puluh menit di dalam air dengan kedalaman kurang lebih 1,5 meter.

Kekurangan Google Pixel 3

1. Performa yang Biasa Saja di Kelasnya

Pixel3_3

* sumber: www.techradar.com

Sektor dapur pacu dari  Google Pixel 3 dilengkapi dengan chipset keluaran Qualcomm, Snapdragon 845 (10nm) dan didukung oleh CPU Octa-core 4×2.5 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.6 GHz Kryo 385 Silver GPU Adreno 630 yang membuat Google Pixel 3 menjadi salah satu smartphone dengan performa ‘biasa saja’ di kelasnya.

GooglePixel3_GeekBenchTest (Multi

* sumber: www.gsmarena.com

Mengapa? Berdasarkan GeekBench Test (multi core) yang dilakukan GSMArena, Google Pixel 3 memiliki skor yang cukup tinggi, yakni 8146 dan skor-nya menjadi 8337 (cooled), masih kurang jika dibandingkan dengan Asus Zenfone 5z yang memperoleh skor sebesar 9030 dan Xiaomi Pocophone F1 yang memperoleh skor sebesar 9003.

GooglePixel3_GeekBenchTest (Single)

* sumber: www.gsmarena.com

GSMArena juga melakukan GeekBench Test khusus single core pada Google Pixel 3. Hasilnya, Google Pixel 3 memperoleh skor sebesar 2377 dan sebesar 2383 (cooled), tak jauh berbeda dengan Xiaomi Pocophone F1 yang memperoleh skor sebanyak 2438 dan Asus Zenfone 5z sebanyak 2488.

GooglePixel3_Antutu

* sumber: www.gsmarena.com

Memang, Untuk skor AnTuTu-nya, Google Pixel 3 memperoleh skor sebanyak 233699 dan 285044 dalam posisi cooled. Skor AnTuTu dalam posisi cooled bisa dikatakan sedikit lebih unggul dibanding Pocophone F1 dengan skor sebanyak 265314 dan Asus Zenfone 5z sebanyak 266590. Namun, kedua ponsel pesaing tersebut memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang Google Pixel 3.

Techradar juga menuturkan, meski smartphone satu ini tergolong cepat karena memiliki prosesor Snapdragon 845, namun karena RAM-nya hanya sebesar 4GB saja, sementara yang lain sudah 6 hingga 8GB, membuat Google Pixel 3 kemungkinan akan mengalami masalah saat bermain game 3D.

Berdasarkan hal-hal tersebut, bisa dibilang  Google Pixel 3 ini sebenarnya memiliki performa yang baik karena penggunaan Snapdragon 845. Sayangnya, di kelas harganya, performa Snapdragon 845 jadi terasa kurang optimal. Barangkali Google perlu “meracik” dengan pembaruan yang membuat performa Google Pixel 3 bisa lebih cepat jika menilik kelas harganya. 

2. Daya Tahan Baterai Kurang Baik

goopixel3

* sumber: www.trustedreviews.com

Bagaimana dengan sektor baterai? Hmmm.. Google menyematkan baterai non-removable Li Po 2.915 mAh untuk smartphone satu ini. Tergolong kecil, bukan? Penggunaan panel P-OLED yang menurut dormatekno dapat menghemat daya ponsel sepertinya masih belum cukup, ya.

GooglePixel3_battery test

* sumber: www.gsmarena.com

Berdasarkan hasil Battery Test yang dilakukan GSMArena, total daya tahan baterai dari Google Pixel 3 adalah selama 69 jam dengan rincian 23:08 jam untuk calling time dalam mode 3G, 10:16 jam untuk web browsing dan 11:01 jam untuk video playback. Masih kalah dibandingkan Nokia 7.1 dengan daya tahan baterai 80 jam lamanya.

3. Kapasitas Penyimpanan Terbatas

Pixel3_2

* sumber: www.techradar.com

Sangat disayangkan, untuk sektor penyimpanan, Google menyediakan dua versi saja bagi Google Pixel 3, yakni 64GB dan RAM 4GB serta versi 128GB dengan RAM berukuran sama. Selain itu tidak adanya tambahan slot memori eksternal menjadikan sektor penyimpanan terasa kurang ‘lega’ dan amat terbatas.

Namun, Anda dapat memanfaatkan cloud milik Google, yakni Google Drive sebagai tempat penyimpanan cadangan, jika kapasitas memori dari Google Pixel 3 dirasa kurang.

4. Tidak Ada Face Unlock

pixel3fp

* sumber: www.trustedreviews.com

Salah satu minus yang dimiliki Google Pixel 3 adalah tidak adanya fitur face unlock yang sudah marak digunakan oleh flagship lainnya dari para kompetitor. Yes, Google masih mengandalkan fingerprint sensor yang terletak di bagian belakang smartphone untuk membuka kunci layar.

5. Tidak Mendukung Dual SIM

pixel3_sim

* sumber: www.techradar.com

jika Anda menginginkan ponsel yang mendukung dual SIM card, maka Google Pixel 3 bisa dikatakan bukanlah pilihan yang tepat. Tidak seperti flagship dari kompetitor lain yang telah dilengkapi dua slot sim card, Google Pixel 3 memiliki satu slot SIM card saja.

Padahal kompetitor lain, seperti Apple misalnya, telah menyematkan dua slot SIM card pada flagship-nya yakni Apple iPhone XS.

Simpulan

Dari segi harga, flagship Google ini terbilang sangat mahal. Menurut Detikinet, Google Pixel 3 dibanderol dengan harga sebesar USD 799 atau jika dirupiahkan mencapai 12 jutaan. Kalau Anda memang tertarik dan memiliki budget yang cukup, terutama jika Anda memiliki hobi di bidang fotografi, smartphone yang hadir dengan tampilan layar minim bezel ini  sangat pas untuk Anda.

Dengan performa kamera yang mumpuni, hobi yang anda jalankan tentu akan tersalurkan dengan baik. Namun jika Anda adalah seorang gamer sejati, Anda dapat memilih alternatif smartphone lain dengan chipset sama atau yang lebih baik, namun dengan kapasitas RAM yang lebih besar pula.

Nah itu dia pembahasan mengenai 10 kelebihan dan kekurangan dari Google Pixel 3 yang wajib Anda ketahui. Bagaimana, tertarik untuk memiliki gadget satu ini? Bagi Anda yang tertarik dengan Google Pixel 3, Anda bisa membeli Google Pixel 3 di Bukalapak pada link berikut ini.

Jika Anda sedang mencari smartphone terbaik untuk bermain game di tahun 2018, silahan baca artikel 10 Rekomendasi HP Terbaik Untuk Main Game ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment