20 Laptop Lenovo Terbaru di Indonesia (Januari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Dari paket penjualannya, turut disertai stylus Lenovo Precision Pen yang bisa digunakan untuk mencatat, menggambar, ataupun sekadar mengarsir. Semua hal ini menjadikan Lenovo Yoga 9i (2022) cocok untuk keperluan content creation, menunjang aktivitas kuliah, serta multimedia ringan.

6. Lenovo Legion Slim 7 - 15ACH6

Lenovo Legion Slim 7 - 15ACH6_
  • Layar: 15.6 inci IPS WQHD (2560 x 1440 piksel) 16:9
  • Processor: AMD Ryzen 7 5800H
  • Graphic Card: AMD Radeon Graphics + NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti Laptop
  • RAM: 16 GB DDR4-3200 Dual Channel
  • Storage: 512 GB SSD M.2 NVMe PCIe 3 x4
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: Modem Intel Killer Wi-Fi AX1650x + Bluetooth 5.2
  • Port: 1x Audio Jack Cobo 3.5mm, 1x SD Card Reader, 1x USB 3.2 Gen, 1x USB 3.2 Gen 2 (support Always On), 1x DC-in, 2x USB-C 3.2 Gen 2
  • Baterai: 71 Whr

Di masa sekarang, banyak laptop memiliki spesifikasi layar yang sangat nyaman untuk menonton film. Nah, salah satunya adala Lenovo Legion Slim 7 15ACH6, laptop dengan layar keren yang mudah dijinjing ke mana saja berkat bodinya yang tipis.

Layarnya yang gunakan panel IPS LCD berada dalam resolusi WQHD di ukuran 15,6 inci. Jadi, selain berukuran lebar, tingkat ketajamannya pun dapat membuat isi layar terlihat crispy dan hidup. Apalagi, sudah ada sertifikasi Dolby Vision di dalamnya, sebagai pertanda bahwa layar akan hasilkan pengalaman sinematis terbaik seperti di layar lebar.

Untuk menonton film sudah terbukti oke, lalu bagaimana jika dipakai gaming? Tentu saja jago. Pasalnya, tersedia refresh rate 165 Hz yang diiringi G-Sync, demi tampilkan frame rate yang terlihat lebih mulus dan tanpa terkena isu tearing.

Laptop ini juga dijamin bisa kuat menangani beban kerja kuat seperti multi-tasking atau bermain gim. Sudah tersedia RAM 8 GB onboard yang ditambahkan dengan satu RAM 8 GB SODIMM. Totalnya, ada RAM 16 GB yang siap menunjang aktivitas apapun yang diinginkan.

Storage-nya menganut SSD M.2 NVMe dengan kapasitas 512 GB, sehingga Anda tidak akan merasa kekurangan saat menginstal beragam gim dan software. Melakukan booting dan loading pun hanya makan waktu hitungan detik. Dan apabila masih dirasa kurang, masih ada satu slot SSD M.2 kosong untuk memperluas kapasitas.

Untuk bobotnya sendiri, laptop terbilang sangat ringan karena berada di angka 1,92 kg. Memang bukan ukuran yang paling ringan. Tapi mengingat ini adalah laptop gaming, angka tersebut sudah tergolong nyaman dibawa ke mana-mana.

Namanya juga laptop gaming, tentu seharusnya tahan dipakai angkat gim berat dalam waktu lama, bukan? Nah, untuk menghindari isu overheating dan throttling, telah dibenamkan Legion Coldfront 3.0 sebagai sistem pendingin terpadu.

Pendingin ini gunakan pipa panas yang terbuat dari tembaga sebanyak tiga buah dengan dua kipas Liquid Crystal Polymer. Laptop juga sudah dirancang untuk mengeluarkan hawa panas melalui empat lubang outtake yang tersedia. Tetap dingin dan berada dalam performa maksimalnya, walau gim sudah dimainkan dalam waktu lama.

Sudah pasti, Lenovo Legion Slim 7 ini akan cocok untuk mahasiswa yang sering berpergian namun mendambakan laptop gaming ringan nan tipis untuk dimainkan kapan saja, di mana saja. Berkat layarnya yang oke punya, para kreator konten juga akan menemukan kenyamanan saat mengedit video dan gambar di laptop ini.

7. Lenovo IdeaPad Gaming 3i 15IAH7

Lenovo IdeaPad Gaming 3i 15IAH7_
  • Layar: 15.6 inci Full HD, IPS Panel, 165 Hz
  • Processor: Intel Core i7 12650H
  • Graphic Card: Intel UHD Graphics + NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti Laptop
  • RAM: 8 GB DDR4 3200 MHz Single Channel
  • Storage: 512 GB SSD M.2 NVMe
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: Realtek WiFi 6 + Bluetooth 5
  • Port: 1x HDMI, 1x Gigabit Ethernet, 1x Thunderbolt 4, 1x DC-in, 2x USB 3.2 Gen 1, 1x 3.5 mm audio combo jack
  • Baterai: 45 Whr

Sebagai series yang beroritentasi pada konsumen, IdeaPad menampilkan bahasa desain yang lebih kekinian dan nyaman digunakan. Khususnya pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i 15IAH7, desain yang ditampilkan merupakan penjelmaan seri IdeaPad yang sedikit dipadukan dengan DNA Legion series.

Ini terlihat dari desain engsel yang tak beda jauh dengan Lenovo Legion Slim 7, namun masih menghadirkan desain belakang khas IdeaPad dengan tampilan polos. Hanya menyisakan nama brand Lenovo yang mejeng di sisi kanan atas.

Berdasarkan namanya, kita tentu tahu kalau laptop ini ditujukan untuk bermain gim. Semua parameternya dirancang untuk memenuhi pengalaman gaming optimal, seperti penggunaan NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti dan Intel Core i7 12650H.

Penggunaan prosesor Intel seri "H" menandakan bahwa ia ditujukan untuk performa tinggi yang teroptimasi untuk mobile. Lain halnya dengan seri "U" yang difokuskan untuk efisiensi daya, seperti yang dimiliki laptop lain pada umumnya.

Untuk membuat tampilan layar begitu mulus saat memainkan gim kompetitif, tersedia refresh rate 165 Hz pada layar IPS Full HD miliknya. Bukan hanya cocok untuk bermain gim, tapi nyaman juga untuk aktivitas kreasi konten lantaran punya akurasi warna cuku oke.

Diketahui, layar mendukung gamut warna sRGB 100% dengan kecerahan hingga 300 nit. Pengerjaan proyek di luar ruangan pun bukan masalah, karena sinar matahari tidak akan menghalangi isi layar untuk tetap dapat terlihat dengan layak.

Dan, ada satu keunikkan yang tidak ditemui pada laptop secara umum. Tidak hanya tampilkan port di kiri dan kanan, sisi belakang bodi ini juga hadirkan sejumlah port beragam. Berbagai port tersebut adalah HDMI, LAN, USB-C yang mendukung Thunderbolt 4, dan juga lubang pengisian daya DC-in.

Laptop gaming dengan desain bodi yang unik dan ramping, dihargai dengan banderol lebih terjangkau, serta layar yang cocok untuk kreasi konten, adalah segelintir alasan yang bikin Lenovo IdeaPad Gaming 3i 15IAH7 begitu istimewa.

8. Lenovo Legion 5i Pro (2022)

Lenovo Legion 5i Pro (2022)_
  • Layar: 16 inci IPS (2560 x 1600 piksel), 165 Hz
  • Processor: Intel Core i7 12700H
  • Graphic Card: Intel Iris Xe Graphics + NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti Laptop
  • RAM: 16 GB DDR5 4800 MHz Dual Channel
  • Storage: 1 TB SSD M.2 NVMe
  • Optical Drive: -
  • Konektivitas: Intel Wi-Fi 6 AX201 + Bluetooth 5.2
  • Port: 1x Thunderbolt 4, 2x USB-C 3.2 Gen 2, 1x 3.5 mm jack audio combo jack, 3x USB 3.2 Gen 1 (Tipe-A), 1x Gigabit Ethernet (LAN port), 1x DC-in
  • Baterai: 80 Whr

Setelah Anda melihat spesifikasi di atas, tentu setuju kalau Lenovo Legion 5i Pro bukanlah laptop sembarangan. Tenaganya dalam menangani tugas-tugas super berat seperti gaming rata kanan dan rendering grafis tingkat tinggi bukan isapan jempol belaka.

Ini lantaran di dalamnya tersemat prosesor Intel Core i7 12900H dengan frekuensi mencapai 4.8 GHz. Sebagai penunjang daya grafisnya, sudah tersedia NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti yang punya VRAM sebesar 8 GB GDDR6. Gim populer AAA manapun akan sanggup dimainkan dengan pengaturan grafis tertinggi, dengan frame rate playable.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram