Macam-Macam Sistem Operasi Mobile yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Kita tentunya sudah sangat akrab dengan smartphone yang kita gunakan. Rata-rata saat ini menggunakan dua sistem operasi paling populer, yaitu Android dan iOS. Keduanya merupakan sistem operasi berbasis open sourece, sehingga bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Bahkan beberapa vendor bisa dengan mudah melakukan kustomisasi pada sistem operasi yang digunakan.

Tapi selain Android dan iOS, pernahkah kamu berpikir tentang sistem operasi mobile lainnya? Karena nyatanya masih ada banyak sistem operasi yang digunakan pada smartphone selain kedua OS tersebut. Sebelum membahas lebih jauh tentang macam-macam sistem operasi mobile, mari kita pahami dulu tentang pengertian sistem operasi.

Apa Itu Sistem Operasi?

Menurut pengertian umum, sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak berbentuk sistem yang mengelola sumber daya yang dimiliki oleh software dan hardware sebuah perangkat. Sistem operasi dapat menjadi jembatan antara pengguna dan perangkat komputer.

Mudahnya sistem operasi adalah sebuah sistem yang dapat membantu sebuah perangkat dapat dijalankan sesuai fungsinya. Dengan adanya sistem operasi, pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan perangkat yang dimiliki.

Macam-Macam Sistem Operasi Mobile

Umumnya operating system (OS) sangat identik dengan komputer. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi, sistem operasi juga bisa disematkan ke dalam perangkat mobile. Bahkan jauh sebelum Android dikenal seperti sekarang, kebanyakan handphone flagship sudah menggunakan OS yang canggih seperti Symbian.

Ketika BlackBerry mulai dikenal, mereka juga membawa OS mobile sendiri, yaitu BlackBerry OS. Saat ini bahkan sudah semakin banyak brand smartphone yang juga mengembangkan OS secara mandiri. Beberapa masih menggunakan stock Android sebagai basisnya, tapi ada juga yang memang mengembangkan sistem operasi mereka secara penuh.

Berikut beberapa macam sistem operasi mobile yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Android

android 11

Sistem operasi Android dikenalkan pertama kali pada tahun 2008. Tepatnya pada 20 September 2008. Awalnya OS ini bernama Astro. Setelah dikembangkan oleh Google, Android kemudian mendapat penamaan sesuai abjad dan nama-nama yang berhubungan dengan makanan, seperti Donut, Ice Cream, Sandwich hingga Pie.

Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Andy Rubin. Setelah Android Pie (Android 9), Google mengubah sistem penamaan Android jadi hanya berdasarkan abjad. Itu sudah dilakukan Google pada Android 10 (Q) dan Android 11 (R).

Saat ini Google sebagai salah satu yang masih fokus mengembangkan Android disebut tengah menyiapkan Android 12. Beberapa produsen smartphone seperti OPPO dan Samsung juga dikabarkan sedang menyiapkan sistem User Interface (UI) berbasis Android 12.

Meski beberapa produsen smartphone sudah mengembangkan sistem operasi buatan sendiri, nyatanya rata-rata sistem buatan mereka masih berbasis Android. Umumnya mereka menggunakan stock Android, kemudian dilakukan kustomisasi untuk menambahkan beberapa fitur yang mereka miliki.

2. iOS

ios 14

Bersaing ketat dengan Android, iOS yang sudah diperkenalkan sejak 2007 ini merupakan sistem operasi tertutup. Sistem operasi yang lahir pada 29 Juni 2007 ini dikembangkan oleh Apple dan hanya eksklusif untuk perangkat besutan Apple. Itulah kenapa iOS menjadi OS yang sangat berperan penting dalam ekosistem yang dibangun Apple.

Pada perangkat tablet terbarunya, Apple mengembangkan iOS sebagai sebuah OS baru yang dikhususkan untuk perangkat iPad, yaitu iPad OS. Sistem operasi yang sama-sama menawarkan optimalisasi penggunaan perangkat, serta tingkat keamanan yang sangat terjamin.

Sebagai sebuah sistem operasi yang tertutup, Apple menonjolkan kemampuan di sisi performa pada sistem operasi iOS. Sehingga bukan sesuatu yang mengherankan jika ada perangkat Apple yang mampu memberikan performa terbaik meski dibekali spesifikasi yang sangat minim jika dibandingkan Android.

3. HarmonyOS

HarmonyOS

Perang dagang yang terjadi antara Amerika dan Tingkok, membawa efek yang kurang menyenangkan bagi Huawei. Produsen smartphone itu tidak lagi bisa menggunakan Android sebagai OS utamanya. Tidak mau mati langkah, Huawei kemudian memutuskan untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri.

Tidak disangka dalam waktu singkat Huawei berhasil merilis OS mereka, yaitu HarmonyOS. Sebenarnya ini bukan sesuatu yang mengejutkan. Karena menurut beberapa sumber, Huawei sebelumnya sudah mengembangkan sistem operasi pertama mereka pada 2019 lalu.

Berbeda dengan HongMeng OS (sistem operasi pertama Huawei) yang lebih ditujukan untuk perangkat IoT, HarmonyOS disebut lebih difokuskan pada perangkat mobile. Seperti smartphone dan tablet yang kini terus dikembangkan Huawei.

4. KaiOS

KaiOS

Tidak semua orang dapat merasakan kemampuan internet yang begitu baik. Untuk alasan itulah sistem operasi ini lahir. KaiOS diluncurkan pertama kali pada 2017. Sistem operasi mobile berbasis Linux ni dikembangkan oleh KaiOS Technologies Limited.

Uniknya, KaiOS disebut sebagai sistem operasi yang dapat membuat feature phone (handphone dengan kemampuan standar) berjalan layaknya smartphone.

Menurut data yang dirilis oleh Quartz, pada tahun 2020 ada sekitar 9,2 miliar pengguna seluler. Sebanyak 1,4 miliar dari angka tersebut merupakan pengguna feature phone.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram