carisinyal web banner retina

Launching Laptop ROG ASUS Terbaru dengan Prosesor Powerful 2023

Ditulis oleh Listiorini pada 04/05/2023

Jakarta (4 Mei 2023) – Hari ini ASUS akhirnya resmi merilis jajaran laptop gaming ROG terbarunya dengan prosesor yang diklaim lebih bertenaga.

Sebelumnya, di bulan Februari silam, ASUS telah memberikan bocoran tentang jajaran laptop terbaru kali ini. Dan, di bulan Mei sekarang, semua laptop tersebut pun akhirnya resmi akan dilempar ke pasaran Indonesia.

Yup,  Jajaran laptop ini ditenagai oleh prosesor 13th Gen Intel® Core™ yang katanya lebih powerful. Semua laptop dan penjelasan mengenai prosesornya ini diperkenalkan dalam acara ROG Innovation Beyond Performance Launch Event: Unleash The Legend Inside with 13th Gen Intel® Core™ i7/i9 Processor.

Selain kelebihannya dalam performa, laptop-laptop ASUS ROG terbaru ini juga turut dilengkapi oleh fitur dan teknologi terkini lainnya. Seperti yang diungkap oleh Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, ASUS ROG kali ini kembali menghadirkan jajaran laptop gaming terbaru dengan pilihan yang paling lengkap. Ini merupakan komitmen kami dalam menghadirkan yang terbaik untuk semua gamers di Indonesia. Jajaran laptop gaming ROG terbaru kali ini tidak hanya sekadar tampil lebih powerful berkat prosesor 13th Gen Intel® Core™, tetapi juga dibekali dengan berbagai upgrade mulai dari sistem pendingin hingga kualitas layar. ROG tetap menjadi pilihan paling tepat dan paling lengkap para gamers di tahun 2023.”

Lantas apa saja jajaran laptop teranyar dari ASUS? Oke, berikut adalah enam laptop terbaru yang dihadirkan oleh ASUS, yaitu ROG Strix SCAR 16/18, ROG Zephyrus M16, ROG Zephyrus G16, ROG Strix G16/18, ROG Flow Z13, hingga TUF Gaming F15 terbaru.

Sebelum melirik semua laptop terbarunya, di sini kami akan menjelaskan sedikit tentang Prosesor High Performance 13th Gen Intel® Core™ terbaru. Prosesor ini diklaim memiliki teknologi terkini yang dirancang secara spesifik untuk menghadirkan performa terbaik.

Hal tersebut dibuktikan dengan hasil performa single thread hingga 11% lebih tinggi dari prosesor sebelumnya. Sementara peningkatan performa multitask-nya bisa meningkat hingga 49% dibanding generasi sebelumnya.

Dengan performa seperti tadi, bisa dikatakan bahwa semua jajaran laptop ROG yang pakai prosesor terbaru dari Intel ini adalah laptop dengan performa paling kencang untuk sekarang.

Selain kencang, tak lupa Intel juga membekalinya dengan teknologi terkini, yaitu Intel Killer™ WiFi 6E, Bluetooth® LE Audio, serta Thunderbolt™ 4 untuk konektivitas terbaik. Jadi semakin penasaran, kan, dengan laptop-laptop ROG terbaru tahun 2023 ini? Yuk, sekarang kita lihat daftar laptop terbarunya!

1. ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18

ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18_

Yang pertama, dengan bangga ASUS memperkenalkan ROG Strix SCAR. Ia disinyalir tampil sebagai laptop gaming powerful untuk para hardcore gamers. Tidak berlebihan memang, karena ASUS mengatakan bahwa laptop ini ditenagai oleh prosesor High Performance 13th Gen Intel® Core™ serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX™ 40 Series.

Yang lebih menariknya lagi, dalam seri Strix SCAR terbarunya, ASUS memberikan sebuah teknologi layer yang disebut dengan ROG Nebula™ dan ROG Nebula™ HDR sehingga bisa menghasilkan kualitas layar yang jauh lebih baik disbanding laptop pendahulunya.

Untuk yang tertarik dengan laptop ini, kamu bisa pilih salah satu dari dua varian, yaitu menggunakan layar berukuran 16-inci serta 18-inci. Meski ukuran layarnya bertambah besar, namun dimensi bodinya tidak berbeda jauh dengan pendahulunya yang masih menggunakan layar 15-inci dan 17-inci.

Beralih ke sistem pendingin, ROG Strix SCAR terbaru ini diberi ROG Intelligent Cooling™ Technology yang menggunakan full-width heatsink, full-surround vents dan Tri-Fan Technology.

Agar suhu tetap terjaga dengan baik, ASUS juga menambahkan laptop ini dengan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme liquid metal yang diaplikasi kan langsung ke CPU dan GPU-nya sehingga performa pendinginan ROG Strix SCAR lebih baik.

2. ROG Zephyrus M16

ROG Zephyrus M16_

Selain Strix SCAR, ROG Zephyrus M16 juga menjadi salah satu laptop terbaru dengan model dan desain yang lebih eye-pleasing.

Uniknya, di Zephyrus M16 terbaru, ASUS juga menambahkan sistem pendingin yang lebih canggih, yaitu full-width heatsink dan Tri-fan Technology. Berkat sistem pendingin tersebut, ASUS mengklaim bahwa laptopnya dapat bekerja pada TDP 25W lebih tinggi dibandingkan dengan model tahun lalu, sehingga performanya bisa bekerja secara lebih optimal.

Kelebihan lain dari ROG Zephyrus M16 ini adalah MUX Switch. Dan, ia juga kini dibekali dengan NVIDIA Advanced Optimus. Lalu, di bagian punggung laptop tersedia fitur andalan yang menarik perhatian, yaitu AniMe Matrix™ LED.

Sedangkan, di bagian layar, ASUS melengkapinya dengan ROG Nebula™ yang memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan refresh rate 240Hz. Layar ROG Nebula™ di laptop ini juga mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display dan mengusung resolusi QHD.

Jadi, laptop ini tidak hanya unggul dalam performa, namun juga unggul dalam lini lainnya, seperti layar, sistem pendingin, hingga fiturnya. Tertarik?

3. ROG Zephyrus G16

ROG Zephyrus G16

Bagi kamu yang mengharapkan laptop gaming dengan bodi yang lebih ramping, bisa pilih ROG Zephyrus G16 terbaru ini. Selain bodinya lebih compact, ASUS juga menawarkan prosesor yang powerful hingga

hingga Intel® Core™ i9-13900H. Selain itu, ia juga dibekali dengan chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 4070 yang dilengkapi MUX Switch serta NVIDIA Advanced Optimus.

Lalu, ROG Zephyrus G16 juga punya layar berkualitas cukup baik. ASUS mengandalkan layar dengan screen-to-body ratio hingga 94% serta menggunakan standar ROG Nebula™, jadi bisa dipastikan laptop ini akan cocok untuk para kreator.

Sedikit informasi, layar ROG Nebula™ di ROG Zephyrus G16 diklaim bisa menghasilkan warna yang kaya dan akurat, yaitu dengan color gamut 100% DCI-P3 serta telah tersertifikasi PANTONE Validated Display.

4. ROG Flow Z13

ROG Flow Z13

Ini dia laptop gaming tablet yang super ringan dan compact. Meski ia tipis dan ringan, namun tenaganya tetap powerful. Di bagian performa, ada prosesor 13th Gen Intel® Core™ yang didukung oleh konektivitas paling canggih seperti Thunderbolt 4.

Selain itu, layar di laptop mungil berukuran 13 inci ini telah dibekali layar ROG Nebula™. Berkat semua itu, ROG Flow Z13 kini hadir sebagai perangkat komputasi canggih yang ringkas dan powerful untuk kebutuhan gaming maupun membuat konten.

Apabila kamu belum puas dengan tenaganya, bisa ditambah dengan ROG XG Mobile, perangkat GPU eksternal terbaik. Berkat ROG XG Mobile, ROG Flow Z13 dapat berubah menjadi sebuah perangkat berperforma tinggi yang didukung oleh chip grafis kelas atas terkini.

Tidak hanya itu, ROG XG Mobile juga menawarkan berbagai port mulai dari HDMI, DisplayPort, serta USB Type-A untuk menghubungkan berbagai perangkat serta monitor tambahan.

5. ROG Strix G16/18

ROG Strix G16

Masih ada lagi laptop ROG terbaru tahun 2023 yang diperkenalkan hari ini, yaitu ROG Strix G16. Bisa dibilang, laptop ini cukup populer sehingga ASUS kembali merilisnya dengan desain serta fitur yang lebih fresh.

Ada dua varian layar yang ditawarkan, yaitu 16 dan 18-inci. Meski punya layar berbeda, namun ROG Strix G16 dan Strix G18 ini tetap sama ditenagai oleh prosesor hingga Intel® Core™ i9-13980HX serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX™ 4080. Dan pastinya, Seri laptop ini juga punya pilihan layar ROG Nebula™.

Sama seperti laptop ROG sebelumnya, ia juga mengandalkan sistem pendingin baru dengan menggunakan tiga kipas. Teknologi bernama Tri-Fan tersebut ditunjang dengan full-width heatsink sehingga membuat performanya menjadi lebih powerful.

6. TUF Gaming F15

ASUS TUF GAMING F15 FX506HC (16/512 GB)

Unik dan menarik, setelah lini ROG diperkenalkan, ada satu laptop gaming yang ditampilkan dalam acara launching hari ini, yaitu TUF Gaming F15. Laptop TUF yang cukup banyak peminat ini sekarang sudah dibekali dengan prosesor hingga 13th Gen Intel® Core™ i9-13900H.

Tak hanya itu, ASUS juga memberikan chip grafis NVIDIA GeForce RTX™ 4000 Series. Kelebihan lainnya, adalah di bagian layar karena ia sudah mengadopsi layar hingga 144Hz, dengan color gamut 100% sRGB, serta dukungan NVIDIA G-Sync.

Lebih menariknya lagi, ASUS memberikan sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). Bahkan, sistem pendinginnya pun diperbaharui dengan lebih canggih mengunakan lima heatpipe berbahan tembaga serta dua kipas yang mengadopsi empat jalur udara panas. Keren, kan?

Bagaimana tanggapan kamu setelah melihat semua jajaran laptop ROG dan TUF terbaru kali ini? Sekarang, kamu bisa punya banyak pilihan laptop ROG, bisa pilih yang tipis, ringan, bahkan yang tangguh pun ada. Tertarik membeli salah satunya?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram