carisinyal web banner retina

ROG Ally, Handheld Console untuk Main Game PC

Ditulis oleh Listiorini pada 21/06/2023

ASUS selalu tampil menarik dengan lini gamenya yang disebut ROG (Republic of Gamers). Jika sebelumnya mereka getol untuk menelurkan produk laptop khusus main game, laptop ROG, maka kali ini ASUS menawarkan game konsol yang lebih mudah untuk main game dimana pun dan kapan pun. Produk konsol tersebut adalah ROG Ally.

Sekilas, ROG Ally mengingatkan kita pada PSP, hanya saja dia memiliki bodi yang lebih besar. Meski begitu, ROG Ally tentu lebih unggul ketimbang PSP, karena di ROG Ally bisa memainkan semua game di platform gaming PC, entah itu kasual game hingga game AAA.

Lalu, keunggulan apa lagi yang bisa ditelisik dari ROG Ally? Berapa harganya? Dan, bagaimana spesifikasi di dalamnya? Untuk mendapatkan jawabannya, mari bahas lebih jauh dalam artikel di bawah ini!

Available untuk Game PC di Windows 11

ROG Ally 1_

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keunggulan pertama yang paling menonjol di ROG Ally adalah ketersediaan gamenya. ASUS telah membekali konsol ini dengan sistem operasi Windows 11 sehingga game dari berbagai platform, seperti Xbox, Steam, Epic Games, EA Play, GoG Galaxy, serta Ubisoft Connect, dapat dimainkan di ROG Ally.

Tidak hanya itu saja, ASUS juga membekalinya dengan Armoury Crate Special Edition (SE). Dengan fitur ini, penngguna bisa lebih mudah mengakses serta mengatur profil untuk setiap gamenya.

Spesifikasi Menarik untuk Sebuah Konsol

Setiap game memiliki spesifikasi yang berbeda. Khusus game AAA tentu saja membutuhkan perangkat yang lebih canggih dan modern agar gamenya bisa berjalan dengan mulus. Biasanya, game AAA dimainkan di laptop ROG atau TUF, tapi kali ini ASUS memberikan gebrakan baru dimana game AAA PC bisa dimainkan di konsol, ROG Ally. Bagaimana bisa?

Prosesor ROG Ally

Di dalam satu buah ROG Ally tersemat prosesor Ryzen Z1 Series terbaru dari AMD, prosesor terbaru yang telah dibangun menggunakan arsitektur Zen 4 dan AMD RDNA 3. Untuk varian tertingginya ada AMD Ryzen Z1 Extreme dilengkapi dengan konfigurasi 8 core 16 thread, serta memiliki performa komputasi grafis hingga 8.6 teraflop.

Dari spesifikasi di atas, ASUS mengklaim bahwa prosesornya itu telah mendukung teknologi upscaling AMD FidelityFXâ„¢ Super Resolution dan AMD Radeon Super Resolution untuk kinerja dan visual terbaik untuk game AAA maupun indie.

Lebih menariknya lagi, apabila gamers ingin mendapatkan pengalaman main game yang lebih lancar dan imersif, bisa kombinasikan dengan GPU eksternal ROG XG Mobile. Bahkan, ROG Ally ini bisa difungsikan layaknya seperti PC Dekstop!

Memori ROG Ally

Kemudian, untuk memorinya, ROG Ally sudah dilengkai dengan LPDDR5 6400 MHz berkapasitas 16 GB, penyimpanan PCIe® Gen4 512 GB, dan slot kartu microSD UHS-II untuk menambah kapasitas penyimpanannya.

Layar ROG Ally

Pada bagian layar, konsol ini sudah mendukung layar sentuh FHD (1080p) 120 Hz dengan teknologi AMD FreeSyncâ„¢ Premium. ASUS mengklaim bahwa konsol ini dijamin tidak akan menimbulkan tearing atau stuttering.

Masih dengan layar, untuk tingkat kecerahannya sendiri bisa dimaksimalkan hingga 500 nits, sehingga pengguna masih tetap bisa main game di luar ruangan dengan nyaman.

Fitur Lainnya

Di sisi sistem pendingin, ASUS memberikan sistem ROG Zero Gravity yang menggunakan dua kipas, heatsink khusus, dan heatpipe yang mampu disinyalir mampu mengalirkan panas secara optimal.

Dan, tentu saja di sini sudah ada fitur WiFi. Beruntungnya, ASUS memberikan dukungan WiFi 6E yang diklaim bahwa gamers akan dapat selalu terhubung ke internet dengan mudah.

Desain yang Ringkas

ROG Ally 2_

Yang namanya handheld gaming console, pasti diharapkan untuk memiliki desain yang ringkas dan ergonomis agar lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Gladly, ASUS bisa memberikan kebutuhan tersebut di dalam ROG Ally ini.

Sesuai dengan pernyataan ASUS pada tanggal 22 Juni 2023, ROG Ally hadir dengan bobot hanya 608 gram saja. Arsitektur dan desain genggaman di setiap sisinya pun begitu nyaman digunakan. Pegangan tersebut bahkan dilengkapi oleh tekstur khusus agar tidak mudah terlepas dari tangan.

Bahkan, di bagian belakang pegangannya ada desain segitiga yang bisa dijadikan 'dudukan' untuk memberikan pengalaman menggenggam ROG Ally dengan lebih nyaman lagi dari sudut mana pun.

Harga ROG Ally

ROG Ally 3_

Berdasarkan informasi dari pihak ASUS, ROG Ally yang hadir di Indonesia adalah versi prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme. Versi tersebut dibanderol dengan harga Rp11.299.000.

Namun, ASUS juga menyebutkan bahwa kelak akan ada ROG Ally versi prosesor Ryzen Z1 yang dijual dengan harga Rp10.099.000. Untuk kepastian kapan versi tersebut akan hadir di Indonesia, ASUS belum bisa mengonfirmasi tanggal pastinya.

Tetapi, untuk yang tertarik memiliki konsol ini bisa langsung memesannya dengan sistem pre-order dimulai tanggal 27 Juni 2023. Dan, pembelian ROG Ally bisa dipesan mulai tanggal 27 Juni 2023. Setiap 100 orang pertama yang memesan ROG Ally dalam jangka pre-order berhak mendapatkan bonus tambahan berupa ROG Ally Travel Case.

Jadi, apabila kamu memang seorang gamers yang tidak bisa lepas dari game kesayangan, bisa langsung memesan ROG Ally, ya!

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram