carisinyal web banner retina

Ponsel Kamera Periskop Layaknya DSLR Versi Ringkas Siap Dihadirkan realme Indonesia Jelang Ramadan 2024

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha pada 15/02/2024

Hal yang sudah pasti menjelang Ramadan dan Hari Raya Idulfitri adalah banyaknya produk ponsel yang rilis di pasaran. Para brand biasanya banyak meluncurkan berbagai ponsel baru di masa ini. Tujuannya jelas agar THR dibelanjakan ke produk ponsel mereka. 

Hal yang sama bakal dilakukan realme Indonesia. Mereka bakal bergelut dengan brand lain di Ramdan 2024 ini. Yang coba mereka lakukan adalah dengan hadirkan realme 12 series 5G. 

Hal yang menarik adalah realme 12 series 5G bakal hadirkan pengalaman fotografi lewat lensa telefoto periskop. 

Fotografi merupakan salah satu aktivitas yang banyak digemari oleh pengguna smartphone, terutama generasi muda. Kualitas kamera menjadi salah satu faktor penting dalam memilih smartphone, karena dapat mempengaruhi hasil jepretan yang diinginkan. Namun, tidak semua smartphone dapat memberikan pengalaman fotografi yang memuaskan, terutama jika ingin melakukan zoom pada objek yang jauh.

Lensa telefoto periskop adalah teknologi kamera yang dapat memberikan zoom optik yang lebih tinggi dibandingkan dengan lensa konvensional, tanpa mengorbankan kualitas gambar dan desain smartphone.

Kehadiran lensa telefoto periksop ini bertujuan karena generasi mudah banyak yang menyukai aktivitas fotografi. Dengan hadirnya ponsel dengan kamera teleskop, para generasi muda bisa punya lensa telefoto periskop yang mampu menghasilkan gambar dengan lebih tajam dan detail dibandingkan kamera smartphone dengan resolusi besar, layaknya DSLR namun versi yang lebih ringan. 

Ada sejumlah kelebihan dari lensa telefoto periskop, seperti zoom optik yang lebih tinggi dibandingkan dengan lensa konvensional yang masih digunakan di smartphone pada umumnya. 

Lensa telefoto periskop bekerja dengan cara memantulkan cahaya melalui serangkaian prisma atau cermin sebelum mencapai sensor gambar. Hal ini memungkinkan lensa pada smartphone memiliki panjang fokus yang lebih besar, sehingga dapat mendekatkan objek yang jauh dengan lebih detail dan tajam. 

Teknologi ini biasanya hanya hadir pada smartphone kelas atas atau flagship, namun realme berhasil mengembangkan formula dan teknologi yang memungkinkan untuk menghadirkan fitur ini pada smartphone kelas mid-range.

realme Indonesia mengklaim jika kehadiran kamera teleskop di kelas mid-range ini jadi yang pertama dilakukan mereka. Tentu lewat realme 12 series 5G. 

Kalau berdasarkan bocoran produk yang sudah rilis di negara lain, realme 12 series 5G sendiri hadir dengan dua varian, yakni  realme 12 Pro+ dan realme 12 Pro. Berdasarkan bocoran spesifikasi yang sudah rilis, kemungkinan yang hanya memakai kamera teleskop adalah varian realme 12 Pro+. Sementara realme 12 Pro hanya memakai kamera telefoto standar saja bukan periskop. 

Hanya saja bisa jadi asumsi saya salah. Karena kadang ada beberapa ponsel yang namanya serupa tapi spesifikasi yang rilis di Indonesia dan luar negeri berbeda. Terlebih ada bocoran bahwa ada satu varian realne 12 lagi yang bakal rilis. Kemungkinan bernama realme 12+. 

Tentu saya berharap kalau realme 12 series 5G semuanya memakai kamera teleskop. Ini bisa jadi nilai jual tersendiri bagi realme untuk bersaing di pasar Indonesia saat Ramadan nanti. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram